Belajar Cara Mudah Olahraga Memanjat dengan Prinsip-prinsip Dasar Ini

Nurul Ika Hidayati

Editor:

  • Olahraga panjat tebing semakin banyak digemari setelah menjadi cabang yang dilombakan di Olimpiade.
  • Ini adalah salah satu olahraga yang membutuhkan ketrampilan, kekuatan, dan strategi.
  • Di bawah ini adalah beberapa prinsip dasar pendakian yang dianggap penting jika Anda ingin belajar memanjat.

SKOR.id - Panjat tebing merupakan salah satu olahraga yang membutuhkan ketrampilan, kekuatan dan strategi.

Gerakan-gerakan yang dilakukan untuk memanjat dinding, apakah di dinding batu di udara terbuka maupun di papan panjat tebing, sangat dibutuhkan pengetahuan yang cukup dari para pemanjat untuk menghadapi pendakian itu dengan cara yang praktis, efektif dan cepat.

Untuk itu, penting untuk mengetahui beberapa prinsip dasar agar dapat berlatih memanjat tebing secara mandiri dan tanpa komplikasi.

Mendaki telah menjadi sangat terkenal berkat fakta bahwa, hari ini, mendaki telah menjadi cabang olahraga yang dilombakan di Olimpiade.

Jelas itu merupakan prestise yang besar dan pengakuan internasional dan semakin banyak orang ingin belajar memanjat dengan benar.

Namun, sangatlah mudah untuk memiliki sifat buruk dan kebiasaan buruk, oleh karena itu perlu ada seorang pemantau yang dapat mengajarkan atau, setidaknya, memberikan pengetahuan tertentu yang dapat diterapkan selama latihan.

Untuk mendaki perlu memposisikan tubuh dengan baik, melakukan gerakan dengan lengan dan kaki dengan cara yang tepat dan tidak mengambil postur yang buruk selama pendakian.

Maklum, karena kebiasaan yang tidak tepat dapat diadopsi dan dengan begitu menyebabkan cedera atau kelelahan yang lebih besar yang, pada dasarnya, dapat menyebabkan lebih banyak ketidakstabilan.

Dalam hal ini, Anda harus mengetahui beberapa strategi dan langkah-langkah tepat untuk melakukan pendakian secara efisien dan langsung.

Di bawah ini adalah beberapa prinsip dasar pendakian yang dianggap penting jika Anda ingin belajar memanjat.

1. Tetapkan tujuan jangka pendek
Langkah pertama adalah menetapkan tujuan yang layak dan fungsional, yaitu, tujuan yang ingin dicapai dalam jangka pendek. Artinya, pada dasarnya, latihan olahraga ini dimulai di dinding panjat yang bahkan ada sistem keamanan dan rute yang sederhana. Pada akhirnya nanti ada kesempatan lain untuk pendakian batuan alam.

2. Pantau perkembangan diri
Penting untuk memeriksa apakah ada perkembangan dan semua latihan dilakukan dengan benar. Untuk alasan ini, penting juga untuk mengenal diri sendiri, tahu apa batasan kemampuan Anda dan mencoba menetapkan tujuan dengan mengetahui itu dapat dicapai.

3. Memiliki etos/sikap baik
Jelas, sikap sangatlah penting. Adalah penting bahwa visi positif dipertahankan setiap saat tentang segala sesuatu yang dapat dicapai, yaitu, harus ada latihan motivasi diri. Untuk melakukan ini, tujuan tertentu dapat dipenuhi dan dengan begitu mencapai rasa kepuasan.

4. Posisi tubuh
Tentu saja, posisi tubuh adalah prinsip mendasar. Pinggang dan panggul harus dekat dengan dinding, berat badan harus seimbang di seluruh tubuh dan tidak hanya terpaku di lengan, seperti halnya kaki tidak boleh dalam posisi terlalu dipaksakan, tapi harus membantu untuk melaksanakan impuls dan mencapai pendakian yang lebih efisien.

5. Pelatihan adalah segalanya
Jika Anda berlatih tiap hari, Anda akan mencapai resistensi yang lebih besar, kekuatan yang cukup besar, dan kemajuan yang pasti akan terlihat dalam jangka pendek. Tentu saja, dianjurkan untuk banyak menerapkan disiplin dan mencoba menikmati olahraga ini dengan cara yang sehat.***

Berita Entertainment Bugar Lainnya:

10 Makanan yang Harus Dikonsumsi agar Kuat Mendaki Gunung

Hal-hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mendaki Gunung

7 Kesalahan yang Harus Dihindari dalam Mendaki Gunung

Source: Mundo Deportivo

RELATED STORIES

Berapa Kali Pasangan Harus Berhubungan Seks dalam Seminggu, Menurut Para Ahli

Berapa Kali Pasangan Harus Berhubungan Seks dalam Seminggu, Menurut Para Ahli

Frekuensi melakukan hubungan seksual pada setiap pasangan berbeda-beda. Dan itu harus dilakukan tidak hanya dengan keinginan yang Anda miliki, tetapi juga dengan keadaan kehidupan sehari-hari, yaitu dengan konteksnya.

3 Hal yang Harus Dilakukan setelah Bangun Tidur untuk Waspada Sepanjang Hari

3 Hal yang Harus Dilakukan setelah Bangun Tidur untuk Waspada Sepanjang Hari

3 hal ini harus Anda lakukan segera setelah bangun tidur untuk merasa waspada sepanjang hari.

Cara Mengkalkulasi dan Menghitung Kalori Makanan yang Anda Konsumsi Setiap Hari

Cara Mengkalkulasi dan Menghitung Kalori Makanan yang Anda Konsumsi Setiap Hari

Apa metode terbaik untuk mengetahui berapa banyak kalori yang harus Anda konsumsi dalam sehari untuk menjadi hebat dan mengetahui persisnya dari makanan.

Enam Cara Mengatasi Bayi Susah Tidur, Terutama bagi Orang Tua Baru

Berikut ini berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi bayi susah tidur.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Peluncuran jersey baru Timnas Indonesia di Jakarta, 18 Maret 2024.

National

PSSI Jawab Persoalan Pendaftaran Logo Garuda atas Nama Pribadi

Logo Timnas Indonesia didaftarkan pada 19 Desember 2023 dan diumumkan sebagai HAKI Muhammad Sadad dan PSSI pada 26 Januari 2024.

Nizar Galang | 19 Jun, 16:29

Ajang Copa America 2024 akan digelar di Amerika Serikat.  (Hendy Andika/Skor.id).

World

Copa America 2024: Semua Hal yang Harus Kamu Tahu tentang Turnamen Ini

Berikut ini semua hal tentang Copa America 2024 yang harus anda ketahui, dari daftar stadion, hingga penyelenggaraan.

Pradipta Indra Kumara | 19 Jun, 16:12

Beragam merek sepatu voli kini banyak tersedia di pasaran (Yusuf/Skor.id).

Sneakers

5 Rekomendasi Sepatu Voli Terbaik 2024, Telah Diuji dan Diulas Para Ahli

Sepatu voli terbaik harus memungkinkan pemakainya bergerak bebas di lapangan.

Kunta Bayu Waskita | 19 Jun, 15:24

Bike to Care 2024

Bike to Care 2024 Sukses Digelar, Pesepeda Tempuh 270 Km Melintasi Sumba

Bike to Care 2024 mengusung tema #DimulaiDariKeluarga dengan konsep Ultra-Distance Cycling sepanjang 270 Km.

Arin Nabila | 19 Jun, 15:08

Timnas U-16 Laos (Laos U-16). (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Timnas Indonesia

Intip Calon Lawan Timnas U-16 Indonesia di ASEAN U-16 Championship 2024: Laos U-16

Timnas U-16 Indonesia dijadwalkan akan menghadapi Laos U-16 pada pertandingan ketiga di Stadion Manahan, Solo, 27 Juni 2024 mendatang.

Nizar Galang | 19 Jun, 14:54

Angkatan pertama lulusan Papua Football Academy. (Foto: Papua Football Academy/Grafis: Rahmat Ari Hidayat)

National

Papua Football Academy Luluskan Angkatan Pertama

Ada 24 siswa lulusan angkatan pertama Papua Football Academy, yang diharapkan bisa menjadi pesepak bola profesional.

Rais Adnan | 19 Jun, 14:50

Trekking pole digunakan oleh pencinta hiking untuk membantu melintasi medan yang berat (Hendy Andika/Skor.id).

All Culture

Cara Berjalan dengan Trekking Pole, Ketinggian Ideal dan Kapan Menggunakannya

Trekking Pole membantu mengurangi dampak cedera dan meningkatkan elastisitas serta keseimbangan.

Kunta Bayu Waskita | 19 Jun, 14:19

Koleksi sneaker kolaborasi Panini x Reebok "Prizm" (Hendy Andika/Skor.id).

Sneakers

Koleksi Panini x Reebok Prizm Meluncur Juni 2024

Tiga sepatu unik menjadi pusat perhatian, masing-masing mengambil inspirasi dari trading card Prizm.

Kunta Bayu Waskita | 19 Jun, 13:29

Laga Grup C Euro 2024 (Piala Eropa 2024) antara Denmark vs Inggris. (Hendy Andika/Skor.id).

World

Prediksi dan Link Live Streaming Denmark vs Inggris di Euro 2024

Berikut ini prediksi dan link live streaming Denmark vs Inggris, pada laga Grup C Euro 20224 (Piala Eropa 2024).

Pradipta Indra Kumara | 19 Jun, 13:11

Turnamen Mobile Legends, MSC 2024, di Piala Dunia Esports alias Esports World Cup 2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Esports

Hasil Drawing Babak Grup MSC 2024, EVOS vs RRQ Tercipta

Duel klasik di skena esports Mobile Legends tercipta di Grup A MSC 2024 yang akan mempertemukan EVOS dan RRQ.

Gangga Basudewa | 19 Jun, 12:18

Load More Articles