Cara Mengkalkulasi dan Menghitung Kalori Makanan yang Anda Konsumsi Setiap Hari

Nurul Ika Hidayati

Editor:

  • Secara umum, kalori adalah jumlah energi yang didapatkan dari makanan dan minuman.
  • Dan, orang yang peduli dengan kesehatan serta penampilan fisiknya biasanya akan menghitung jumlah kalori mereka setiap harinya.
  • Menshealth meminta rekomendasi seorang ahli gizi untuk menjelaskan cara mengkalkulasi kalori dan jumlah energi yang dibutuhkan setiap orang.

SKOR.id - Jika Anda membaca artikel ini, itu karena Anda adalah orang yang peduli dengan kesehatan Anda dan suka menjaga fisik Anda. Termasuk juga peduli dengan produk yang Anda beli di supermarket, termasuk kalorinya.

Bahkan, bukan tidak mustahil bahwa lebih dari sekali Anda mengkhawatirkan jumlah kalori yang Anda makan. Tetapi pernahkah Anda bertanya-tanya apakah pada akhirnya jumlah kalori yang Anda konsumsi cukup?

Untuk mengetahui cara menghitung kalori yang kita makan dengan benar, dan perhitungan apa yang terbaik untuk melakukannya, Menshealth telah meminta rekomendasi Alejandra Rivera, Ahli Gizi dari Tim FullMusculo.com.

Secara umum, kalori adalah jumlah energi yang didapatkan dari makanan dan minuman. Ini juga merupakan jumlah energi yang dibakar tubuh melalui aktivitas sehari-hari.

Dalam rutinitas keseharian, kita membutuhkan suplai energi yang terus menerus untuk bisa menjalankan semua fungsi kita, mulai dari fungsi jantung dan sistem saraf, hingga proses biosintetik yang berkaitan dengan pertumbuhan, reproduksi, dan perbaikan jaringan.

Energi yang kita butuhkan berasal dari makanan yang kita makan dan diperoleh dari oksidasi karbohidrat, lemak dan protein. Kita mendefinisikan energi ataupun nilai kalori makanan dengan jumlah energi yang dihasilkan ketika dioksidasi dan dimetabolisme.

Semua makanan adalah sumber energi potensial tetapi dalam jumlah berbeda tergantung pada kandungan makronutriennya.

Nilai energi suatu makanan biasanya dinyatakan dalam kilokalori (kkal). Untuk itu kita harus membedakan antara kilokalori dan kalori. Karena, meskipun dalam bidang gizi sering digunakan sebagai sinonim, namun kedua istilah itu tidak sama persis.

Ada empat elemen yang dapat menyehatkan tubuh kita dengan energi, tetapi hanya tiga di antaranya yang memberi kita nutrisi: karbohidrat, protein, dan lemak.

Elemen keempat adalah alkohol, yang tidak memberi kita nutrisi apa pun, tetapi memberikan banyak kalori dan, yang terpenting, itu mengeringkan otot kita. Besarnya energi yang disumbangkan oleh masing-masing unsur tersebut adalah:

  • Karbohidrat = 4 kilokalori per gram
  • Protein = 4 kilokalori per gram
  • Lemak = 9 kilokalori per gram
  • Alkohol = 7 kilokalori per gram

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Gizi
Untuk memulainya, penting untuk diketahui bahwa kebutuhan nutrisi, baik itu makronutrien (protein, karbohidrat dan lipid) maupun kalori, ditentukan oleh beberapa faktor seperti jenis kelamin, usia, tinggi badan, beban latihan (durasi dan intensitas), aktivitas pelengkap, fisiologis. keadaan, komposisi tubuh dan tujuan. Artinya, setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda.

Secara umum, orang dewasa yang sehat membutuhkan antara 1.500-2.000 kkal (wanita) dan 2.000-2.500 (pria). Namun, seperti yang disebutkan di atas, itu tergantung pada masing-masing individu dan rencana makanan harus disesuaikan.

Bagaimana Cara Menghitung Pengeluaran Energi Saya?
Langkah pertama untuk mengetahui apakah Anda melakukan sesuatu dengan benar adalah menghitung kebutuhan kalori atau energi Anda.

Artinya, berapa banyak kalori yang Anda butuhkan sesuai dengan faktor-faktor yang telah disebutkan di atas sebelumnya. Dan, salah satu rumus yang paling disukai dan paling akurat untuk menghitungnya adalah Mifflin-St Jeor:

Pria: (9,99 * berat dalam kg) + (6,25 * tinggi dalam cm) – (4,92 * usia) + 5

Wanita: (9,99 * berat) + (6,25 * tinggi dalam cm) – (4,92 * usia) – 161

Anda hanya perlu memasukkan data yang diminta (berat badan, tinggi badan dan usia) dan kemudian melakukan perhitungan. Hasilnya akan memberi Anda Basal Energy Expenditure (BEE/Pengeluaran Energi Basal) Anda, yang tak lebih adalah jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh Anda saat istirahat.

Tetapi itu tidak akan cukup. Untuk menghitung total energi yang Anda bakar, penting untuk mempertimbangkan aktivitas fisik yang Anda lakukan sepanjang hari dan intensitasnya.

Setelah Anda mendapatkan hasil dari persamaan di atas itu, kalikan dengan faktor aktivitas fisik, dan itu berkisar dari 1,2 (jika Anda tidak banyak bergerak) hingga 2 (jika sangat intens) tergantung pada beban dan intensitas latihan Anda.

Sekarang Anda akan memiliki Pengeluaran Energi Total atau kalori yang Anda bakar per hari. Ingatlah bahwa itu hanya perkiraan cepat yang dapat Anda buat.

Masih ada yang lain. Kita juga harus mengetahui berapa banyak Kkal yang Anda butuhkan dalam sehari, sesuai dengan tujuan yang Anda miliki. Untuk melakukan ini, Anda hanya perlu memperhitungkan apa tujuan Anda dan menambah atau mengurangi kalori bila perlu:

a) Peningkatan massa otot (tambahkan antara 250 dan 400 kkal ke hasil Anda)

b) Definisi atau kehilangan lemak tubuh (kurangi antara 250 dan 500 kkal)

c) Pemeliharaan (+/- 0 kkal)

Sekarang Anda tahu persis berapa banyak kalori yang Anda butuhkan sehari untuk mencapai tujuan Anda.

Aplikasi dan Kalkulator Terbaik untuk Menghitung Kebutuhan Kalori
Ternyata, ada beberapa aplikasi yang dapat memudahkan Anda menghitung kalori.

Ada aplikasi yang memungkinkan Anda menghitung kalori, yaitu membuat proses yang telah kami jelaskan di atas menjadi lebih sederhana. Dan ada orang lain yang membantu Anda menghitung kalori, yaitu, dengan mereka, Anda memastikan bahwa apa yang Anda makan memenuhi kebutuhan kalori Anda.

Ada kalkulator kalori yang tak hanya menggunakan rumus paling akurat untuk menghitung, tetapi juga memungkinkan Anda untuk memodifikasi dan menyesuaikan kalori Anda sesuai dengan tingkat aktivitas fisik Anda, surplus atau defisit yang Anda butuhkan sesuai tujuan Anda dan distribusi zat gizi makro, sesuai jenis diet yang ingin Anda ikuti (keto, rendah karbohidrat, sedang, tinggi protein, dll).

Sangat mudah untuk menggunakan aplikasi ini. Yang harus dilakukan adalah memasukkan data Anda seperti usia, jenis kelamin, tujuan, dan kemudian memasukkan makanan yang Anda makan setiap hari. Aplikasi ini seperti buku harian, tetapi dengan kalori! Dan mereka membantu Anda melacak apa yang telah Anda makan dan mencapai tujuan Anda.

Aplikasi ini tidak hanya memberi tahu Anda berapa banyak kalori yang telah Anda makan, tetapi juga menunjukkan jumlah makro (protein, karbohidrat, lipid) yang dimiliki setiap makanan dan yang Anda makan di penghujung hari.

Telah terbukti secara luas bahwa nutrisi adalah salah satu faktor terpenting tak hanya dalam performa latihan tetapi juga dalam hasil. Jadi ingat: "Anda tidak dapat memperoleh hasil 100% jika Anda tidak berusaha 100%."

Hitungan Kalori Tidak Bisa Menjadi Bagian dari Diet Sehat Jangka Panjang?
Jelas, kalori dihitung dalam hal penurunan berat badan, karena mencerminkan kandungan energi makanan.

Tapi bagi pakar obesitas Giles Yeo, tidak perlu terobsesi: "Tentu saja mereka membantu. Jika saya perlu mengurangi kalori saya, saya dapat mengurangi porsi kentang goreng saya menjadi separuhnya, dari 500 menjadi 250 kalori. Itu sah, karena itu jenis makanan yang sama. Jumlah kalorinya juga membantu saat berbelanja."

"Jika Anda menyadari sepotong muffin memiliki 400 kalori, itu memengaruhi peluang Anda untuk membeli barang itu lebih atau kurang jika Anda ingin menurunkan berat badan."

"Yang tidak masuk akal itu adalah buta menghitung karena itu sangat membuat perbedaan jika Anda makan 100 kalori dari seledri versus 100 kalori dari gula."

"Orang mengatakan semua kalori diciptakan sama dan yang jelas, dalam praktiknya, tidak benar, terutama jika Anda ingin menambah otot dengan memilih opsi lain seperti mempercepat metabolisme Anda untuk menurunkan berat badan.***

Berita Entertainment Bugar Lainnya:

Makan Telat Bikin Anda Lebih Lapar, Membakar Sedikit Kalori dan Menyimpan Banyak Lemak, Kata Studi

Makanan Rahasia Pemain Sepak Bola Elite: Banyak Protein dan Rendah Kalori

Pejuang Diet, Menghitung Kalori Tidak Sekadar Mengatur Angka-angka

Source: menshealth.com

RELATED STORIES

Enam Cara Mengatasi Bayi Susah Tidur, Terutama bagi Orang Tua Baru

Enam Cara Mengatasi Bayi Susah Tidur, Terutama bagi Orang Tua Baru

Berikut ini berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi bayi susah tidur.

Stres Pandemi Sebabkan Perubahan Siklus Haid Wanita, Hasil Studi Baru

Stres Pandemi Sebabkan Perubahan Siklus Haid Wanita, Hasil Studi Baru

Studi baru menyebut lebih dari separuh wanita melihat perubahan dalam siklus menstruasi karena stres terkait pandemi Covid-19.

Mantan Ibu Negara AS Michelle Obama Dibayangi Ketakutan Berat Badan saat Menopause

Mantan Ibu Negara AS Michelle Obama Dibayangi Ketakutan Berat Badan saat Menopause

Mantan Ibu Negara Michelle Obama berbagi pengalaman menopausenya dengan harapan membuat wanita bicara tentang fase kesehatan wanita yang sering diabaikan ini.

Makanan Ultra-Olahan Dapat Membuat Ketagihan, Menurut Para Peneliti

Makanan Ultra-Olahan Dapat Membuat Ketagihan, Menurut Para Peneliti

Makanan olahan sangat adiktif dengan standar yang sama dengan kecanduan tembakau, kata sebuah penelitian.

Berat Badan Naik Setelah Melahirkan, Ini Lima Cara Ampuh Menurunkannya

Berat Badan Naik Setelah Melahirkan, Ini Lima Cara Ampuh Menurunkannya

Mengalami kenaikan berat badan setelah hamil dan melahirkan adalah mimpi buruk para ibu, tapi ada cara mengakalinya.

7 Jenis Sakit Kepala Kronis dan Apa yang Harus Dilakukan ketika Kepala Anda Terus-menerus Sakit

7 Jenis Sakit Kepala Kronis dan Apa yang Harus Dilakukan ketika Kepala Anda Terus-menerus Sakit

Sakit kepala bisa menjadi sangat meresahkan. Mereka dapat mempersulit Anda untuk fokus dan menjauhkan Anda dari hal-hal yang ingin Anda lakukan, apakah itu membaca, mendengarkan musik, berlari dengan anjing Anda, atau apa pun itu.

Waspada 4 Infeksi Virus yang Menyerang pada Musim Hujan, Tidak Cuma Flu

Ada sejumlah infeksi virus yang mengintai kesehatan Anda ketika musim hujan mulai melanda.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Pelatih Timnas Spanyol, Luis de la Fuente, dengan medali dan trofi saat merayakan gelar juara Euro 2024, Senin (15/7/2024) dini hari WIB. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

World

Luis de la Fuente: Hari yang Indah, Saya Ingin Melanjutkan Melatih Timnas Spanyol

Setelah membawa Spanyol juara Euro 2024, Luis de la Fuente menyatakan akan menerima tawaran perpanjangan kontrak dari RFEF.

Irfan Sudrajat | 15 Jul, 01:52

Spanyol tampil sebagai juara Euro 2024 setelah menang 2-1 atas Inggris dalam final, Senin (15/7/2024) dini hari WIB. (Dede Sopatal Mauladi/Sko.id).

World

Euro 2024: Jadwal, Hasil, dan Klasemen Lengkap

Euro 2024 akan digelar mulai 14 Juni 2024 di Jerman, berikut ini jadwal pertandingannya, serta hasil, dan klasemen yang akan diperbarui saat turnamen ini bergulir.

Irfan Sudrajat | 15 Jul, 00:12

Dani Olmo dengan trofi top scorer Euro 2024. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

World

Euro 2024: Dani Olmo dan Harry Kane berbagi Gelar Top Scorer

Gelar pencetak gol terbanyak di Euro 2024 ini diraih oleh 6 pemain, termasuk Dani Olmo dan Harry Kane.

Irfan Sudrajat | 14 Jul, 23:55

Final Copa America 2024 menampilkan Lionel Messi dan Lautaro Martinez (Argentina) menghadapi James Rodriguez dan Luis Diaz (Kolombia). (Yusuf/Skor.id).

World

Prediksi dan Link Live Streaming Argentina vs Kolombia di Final Copa America 2024

Lionel Messi mengincar trofi internasional ketiganya berturut-turut.

Kunta Bayu Waskita | 14 Jul, 23:21

Spanyol vs Inggris bertemu di final Euro 2024. (Jovi Arnanda/Skor.id).

World

10 Rekor Tercipta Usai Final Euro 2024, Spanyol vs Inggris

Tercipta setidaknya 10 catatan rekor setelah final Euro 2024 antara Spanyol vs Inggris.

Pradipta Indra Kumara | 14 Jul, 22:21

Nico Williams dengan trofi Man of the Match. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

World

Man of the Match Final Euro 2024 - Spanyol vs Inggris: Nico Williams

Nico Willams mendapat penghargaan sebagai Man of the Match laga final Euro 2024 antara Spanyol vs Inggris.

Pradipta Indra Kumara | 14 Jul, 21:22

Turnamen Free Fire, FFWS Indonesia Fall 2024. (Yusuf/Skor.id)

Esports

FFWS Indonesia Fall 2024: Hasil, Jadwal, Klasemen Lengkap

Berikut ini adalah hasil, jadwal, format, dan klasemen lengkap turnamen Free Fire, FFWS Indonesia Fall 2024.

Thoriq Az Zuhri | 14 Jul, 21:20

Team Falcons juara FFWS SEA Spring 2024 (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Esports

Team Falcons Kubur Ambisi EVOS Divine Jadi Juara di Free Fire Esports World Cup 2024

Team Falcons unggul 7 poin dari EVOS Divine untuk memastikan gelar juara Free Fire Esports World Cip 2024.

Gangga Basudewa | 14 Jul, 20:47

Selangor Red Giants Esports juara MPL Malaysia. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

Esports

Selangor Red Giants Sabet Gelar MSC 2024

Di laga final Selangor Red Giants mampu mengalahkan Falcons AP Bren dengan skor 4-3.

Gangga Basudewa | 14 Jul, 19:51

Turnamen Mobile Legends, MSC 2024, di Piala Dunia Esports alias Esports World Cup 2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Esports

MSC 2024: Hasil, Jadwal, dan Klasemen Lengkap

Gelaran MSC 2024 sedang dihelat. Ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkap turnamen tingkat dunia Mobile Legends: Bang Bang ini.

Thoriq Az Zuhri | 14 Jul, 19:31

Load More Articles