Viral, Air Rosemary Bisa Menambah Lebat Rambut

Rais Adnan

Editor: Rais Adnan

Tanaman herbal rosemary dipercaya bisa menambah lebat rambut. (Jovi Arnanda/Skor.id)
Tanaman herbal rosemary dipercaya bisa menambah lebat rambut. (Jovi Arnanda/Skor.id)

SKOR.id - Air rosemary merupakan ramuan alami terbaru yang sedang viral karena dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. 

Dengan laporan yang mengagumkan tentang peningkatan pertumbuhan rambut dan kesehatan kulit kepala, apakah ada bukti ilmiah yang mendukung klaim ini? Pelajari bagaimana cara membuat ramuan sederhana dan murah ini di rumah untuk melihat apakah efektif bagi Anda.

Saat ini, semakin banyak orang yang beralih ke upaya medis alternatif menggunakan bahan alami untuk kebutuhan kecantikan mereka. Dan salah satu bahan yang tengah menjadi sorotan dalam dunia pertumbuhan rambut adalah rosemary. 

Tanaman herbal yang harum ini dikenal karena peranannya dalam masakan, tetapi keterkaitannya dengan pertumbuhan rambut tidak terlalu banyak dimanfaatkan. Rosemary telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad untuk mengatasi berbagai kondisi, termasuk kerontokan rambut.

Baru-baru ini, air rosemary, menjadi viral karena potensinya dalam meningkatkan pertumbuhan rambut. Popularitasnya yang semakin meningkat disebabkan oleh fakta bahwa ramuan ini mudah dibuat sendiri dengan biaya terjangkau untuk memperkuat rambut.

Tagar #rosemarywater telah mengumpulkan sekitar 695 juta tayangan di TikTok, dengan banyak video yang menampilkan hasil sukses. Pengguna yang memposting video tersebut melaporkan pertumbuhan rambut yang lebih cepat, pertumbuhan rambut baru, dan bahkan peningkatan dalam mengatasi ketombe.

Namun, dengan segala hype tentang manfaat rosemary untuk pertumbuhan rambut, apakah ilmu pengetahuan mendukung klaim ini?

Apa Itu Rosemary

Rosemary, tanaman herbal hijau sepanjang tahun yang dikenal secara ilmiah sebagai salvia rosmarinus (sebelumnya dikenal sebagai rosmarinus officinalis), termasuk dalam keluarga mint, Lamiaceae. Tanaman ini berasal dari wilayah Mediterania ditandai dengan daun berbentuk jarum dan bunga putih.

Selama berabad-abad, aroma harumnya telah memperkaya hidangan kita dan digunakan sebagai tanaman obat dalam pengobatan tradisional untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan, termasuk kerontokan rambut. Saat ini, rosemary tidak hanya digunakan sebagai bumbu makanan, tetapi juga karena manfaat kesehatannya yang potensial. Banyak orang yang menggunakannya dengan keyakinan bahwa rosemary dapat meningkatkan daya ingat, membantu pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan merangsang pertumbuhan rambut. Selain itu, rosemary juga banyak digunakan dalam minyak esensial, produk kecantikan, pembersih, dan suplemen makanan.

Penyebab Rosemary Punya Berbagai Manfaat 

Apa yang menyebabkan rosemary memiliki berbagai manfaat? Semuanya terkait dengan senyawa-senyawa kuat dalam tanaman ini yang bertanggung jawab atas kemampuannya dalam terapi, termasuk flavonoid, terpena seperti asam ursolat, asam oleanolat, asam karnosik, dan karnosol, serta senyawa fenolik seperti asam kafeat dan asam rosmarinat.

Kombinasi dari senyawa-senyawa ini telah terbukti memiliki aktivitas anti-inflamasi, antimikroba, dan antioksidan, serta meningkatkan aliran darah dan merangsang pertumbuhan saraf. Efek-efek ini membuat rosemary menjadi terapi yang menjanjikan untuk berbagai kondisi kulit dan kesehatan.

Apa Itu Air Rosemary 

Air rosemary, kadang-kadang disebut teh rosemary, adalah campuran sederhana yang dibuat dengan merendam daun rosemary dalam air panas. Proses ini mirip dengan pembuatan teh herbal, tetapi air rosemary harus merendam lebih lama untuk mengekstrak senyawa-senyawa bermanfaat dari daun rosemary secara menyeluruh.

Air berwarna gelap yang diresapi rosemary ini kemudian dapat digunakan dalam berbagai cara untuk mendukung kesehatan rambut dan kulit kepala.

Dapatkah Air Rosemary Mengobati Kerontokan Rambut?

Ada dua bentuk rosemary yang digunakan untuk manfaat pertumbuhan rambut yaitu minyak rosemary dan air rosemary. Meskipun penelitian tentang air rosemary dan pertumbuhan rambut terbatas, studi mengenai minyak rosemary yang lebih kuat menunjukkan beberapa harapan. Dua studi khususnya menunjukkan bahwa minyak rosemary mungkin membantu dengan pertumbuhan rambut.

Satu studi menemukan bahwa setelah enam bulan, minyak rosemary sama efektifnya dalam mengobati alopesia androgenetik (kerontokan rambut pola pria dan wanita) seperti minoxidil, salah satu pengobatan pertumbuhan rambut umum yang dikenal dengan merek Rogaine.

Dalam studi lain dengan mencoba pada tikus, para peneliti menemukan bahwa ekstrak rosemary mungkin dapat menghalangi hormon yang dikenal menyebabkan kerontokan rambut - dihidrotestosteron (DHT). Hasil penelitian ini menunjukkan tanda-tanda positif bahwa rosemary mungkin membantu merangsang pertumbuhan rambut pada kasus-kasus seperti ini.

Meskipun temuan-temuan ini cukup optimistis, lebih banyak penelitian diperlukan untuk memahami peran rosemary dalam pertumbuhan rambut, terutama dalam bentuk air rosemary. Namun, penting untuk diingat bahwa karena kerontokan rambut memiliki berbagai penyebab, air rosemary mungkin tidak berfungsi untuk setiap orang.

Potensi rosemary untuk merangsang pertumbuhan rambut mungkin terkait dengan sifat-sifat menguntungkan tanaman ini. Beberapa manfaat kunci meliputi:

  • Meningkatkan aliran darah: Air rosemary mungkin dapat meningkatkan aliran darah ke kulit kepala, yang menyediakan oksigen dan nutrisi penting untuk folikel rambut. Hal ini membantu folikel menerima apa yang mereka butuhkan untuk pertumbuhan optimal.
  • Sifat anti-inflamasi: Peradangan dapat menghambat pertumbuhan rambut dan menyebabkan iritasi kulit kepala. Menggunakan rosemary water dapat membantu mengurangi peradangan dan menenangkan kulit kepala.
  • Sifat antioksidan: Air rosemary mungkin dapat melindungi kulit kepala dari kerusakan akibat radikal bebas, seperti kerusakan UV dan polusi, serta membantu melindungi folikel rambut dari stres oksidatif.
  • Merangsang pertumbuhan saraf: Asam karnosat yang terdapat dalam rosemary telah terbukti merangsang pertumbuhan saraf, yang mungkin membantu merevitalisasi saraf di sekitar folikel rambut.

Walaupun lebih banyak penelitian diperlukan, banyak pengguna telah melaporkan hasil positif untuk pertumbuhan rambut dengan penggunaan air rosemary secara teratur.

Mengobati Ketombe

Selain mungkin merangsang pertumbuhan rambut, beberapa pengguna juga menemukan bahwa air rosemary membantu dalam mengobati dan mencegah ketombe serta kulit kepala yang gatal. Sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antijamur dari rosemary mungkin menjadi alasan di balik hal ini, terutama karena salah satu penyebab ketombe adalah jamur pada kulit kepala.

Cara Membuat Rosemary Water di Rumah

Ternyata, membuat air rosemary di rumah sangat mudah. Dengan hanya dua bahan utama - daun rosemary dan air - Anda dapat membuat ramuan unik untuk pertumbuhan rambut.

-Bahan untuk membuat air rosemary:

  • Daun rosemary organik segar atau kering (segar lebih baik; jika menggunakan kering, pilih daun utuh)
  • Air murni atau air suling
  • Opsional: Daun mint untuk menambah aroma yang menyenangkan

Resep berikut hanya satu dari banyak resep, jadi jangan ragu untuk mencoba berbagai variasi. Misalnya, menggunakan lebih banyak bahan dapat menghasilkan campuran yang lebih konsentrasi dan kuat.

-Langkah-langkah untuk membuat air rosemary:

  • Bersihkan daun dan batang rosemary segar (sekitar 12-24 cabang) dengan baik.
  • Dalam panci, didihkan empat cangkir air.
  • Tambahkan daun rosemary ke dalam air mendidih, kecilkan api dan rebus selama 15-20 menit. Proses ini memungkinkan senyawa-senyawa bermanfaat dari rosemary meresap ke dalam air, sehingga cairan berubah warna menjadi lebih gelap. Tutup panci selama merebus untuk mengurangi penguapan.
  • Matikan api dan biarkan campuran itu dingin sampai suhu ruangan.
  • Saring cairan ke dalam wadah, buang daun dan batang rosemary. Tuangkan cairan ke dalam wadah bersih untuk penyimpanan. Beberapa pengguna lebih suka menggunakan botol semprot atau toples mason besar untuk kemudahan penggunaan.

Satu studi tentang teh rosemary mengungkapkan bahwa merendam daun rosemary selama 15 menit mengekstrak lebih banyak sifat bermanfaat daripada merendam selama 5 menit saja. Namun, jangan berlebihan - merendam lebih lama dari waktu yang direkomendasikan dapat mengurangi beberapa senyawa bermanfaat.

Cara Penyimpanan Air Rosemary 

Untuk hasil optimal, simpan air rosemary buatan sendiri di dalam kulkas dan gunakan dalam waktu seminggu. Penanganan yang tepat membantu mencegah pertumbuhan bakteri.

Cara Menggunakan Air Rosemary untuk Pertumbuhan Rambut

Berikut adalah beberapa cara umum dalam mengaplikasikan air rosemary:

  • Perawatan kulit kepala: Oleskan rosemary water langsung ke kulit kepala dan pijat perlahan.
  • Perawatan ini dapat dibiarkan selama beberapa jam atau bahkan semalaman.
  • Berkumur dengan air setelah keramas: Setelah keramas dan kondisioning rambut, siram kulit kepala dengan rosemary water sebagai langkah terakhir dalam rutinitas pencucian rambut. Pastikan untuk memijatnya ke kulit kepala - jangan dibilas.

Ingat, seperti halnya perawatan DIY lainnya, hasilnya bervariasi. Oleh karena itu, pantau bagaimana rambut dan kulit kepala bereaksi terhadap air rosemary dan sesuaikan penggunaannya jika diperlukan.

Tips Penggunaan Air Rosemary

Berikut beberapa tips untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari air rosemary:

  • Lakukan tes: Meskipun rosemary adalah bahan alami, dapat menyebabkan iritasi pada sebagian orang. Disarankan untuk melakukan tes di bagian kulit kepala yang terlihat untuk memeriksa reaksi negatif. Oleskan air rosemary ke area yang sama selama beberapa hari berturut-turut dan perhatikan adanya iritasi. Jika iritasi terjadi, hentikan penggunaan.
  • Fokus pada kulit kepala: Kulit kepala adalah tempat di mana rosemary memberikan manfaat untuk pertumbuhan rambut. Pastikan untuk berfokus pada kulit kepala saat mengaplikasikannya dan pijat secara menyeluruh. Semakin lama solusi berkontak dengan kulit, semakin baik.
  • Frekuensi penggunaan: Karena penelitian terbatas, sulit untuk merekomendasikan frekuensi ideal penggunaan. Namun, banyak pengguna menemukan bahwa mengaplikasikannya 2-4 kali seminggu, bahkan setiap hari, berfungsi baik bagi mereka.
  • Kesabaran dan konsistensi adalah kunci: Pertumbuhan rambut adalah proses yang lambat, jadi jangan harap hasil yang instan. Misalnya, dalam studi yang membandingkan minyak rosemary dengan minoxidil, perubahan yang terlihat muncul setelah enam bulan.

Tindakan Pencegahan dan Kemungkinan Efek Samping 

Secara umum, rosemary aman digunakan dan reaksi yang tidak diinginkan jarang terjadi. Namun, penting untuk menyadari potensi masalah yang mungkin terjadi.

  • Dermatitis kontak: Jika muncul gejala dermatitis kontak, seperti kemerahan atau iritasi kulit, hentikan penggunaan rosemary water segera dan konsultasikan dengan tenaga medis.
  • Alergi atau hipersensitivitas: Jangan gunakan jika Anda memiliki alergi atau hipersensitivitas terhadap rosemary atau tanaman dalam keluarga Lamiaceae atau Labiatae (mint).
  • Ibu hamil atau menyusui: Rosemary memiliki potensi aktivitas pengaturan hormon dan belum diuji secara ekstensif pada ibu hamil dan menyusui. Karena itu, tidak disarankan selama kehamilan atau menyusui.
  • Kemungkinan pengecapan rambut: Beberapa pengguna melaporkan rambut mereka menjadi lebih gelap atau terwarnai karena warna air rosemary. Bagi rambut berwarna lebih terang atau yang khawatir tentang pewarnaan rambut, gunakan lebih sedikit daun rosemary untuk menciptakan infus yang lebih ringan atau hindari penggunaan air rosemary.

Air rosemary merupakan pendekatan alami yang berpotensi untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan meningkatkan kesehatan kulit kepala. Meskipun penelitian lebih spesifik diperlukan, studi awal dan laporan pengguna berbagai hasilnya menjanjikan. 

Namun, ingatlah bahwa karena kerontokan rambut memiliki berbagai penyebab, apa yang berhasil bagi seseorang mungkin tidak berhasil bagi orang lain.

Source: healthnews.com

RELATED STORIES

Belajar dari Kasus Dele Alli, Kenali 3 Gejala Trauma pada Anak

Belajar dari Kasus Dele Alli, Kenali 3 Gejala Trauma pada Anak

Trauma pada anak harus segera ditangani karena bisa menimbulkan gejala membahayakan bagi penderita.

Sindrom Kelelahan Kronis, Gejala dan Pengobatannya

Sindrom Kelelahan Kronis, Gejala dan Pengobatannya

Sindrom Kelelahan Kronis merupakan gangguan yang menyebabkan kelelahan yang sangat parah dan berlangsung selama minimal enam bulan.

Tips Aman Mengonsumsi Cokelat agar Bermanfaat untuk Kesehatan

Konsumsi cokelat berlebihan, terutama yang mengandung gula tambahan, timbulkan risiko bagi kesehatan.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Trofi Piala Eropa atau UEFA European Championship. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

World

Kilas Balik Piala Eropa 1964: Gelar Pertama Spanyol

Berikut ini kilas balik Piala Eropa 1964 (Euro 1964), ketika Spanyol meraih gelar pertama mereka.

Rais Adnan | 16 May, 16:12

Timnas Indonesia

Timnas Indonesia

Uji Coba Timnas Indonesia Lawan Tanzania Sebelum Menjamu Irak-Filipina

Timnas Indonesia akan menjalani laga persahabatan melawan Tanzania sebelum melawan Irak dan Filipina.

Sumargo Pangestu | 16 May, 15:28

Pemain timnas Italia, Matteo Pessina, Nicolo Barella, dan Riccardo Orsolini, dan pelatih Luciano Spalletti. (M. Yusuf/Skor.id).

World

Delapan Pemain Perebutkan Tiga Tempat Tersisa di Timnas Italia untuk Euro 2024

Pelatih Timnas Italia Luciano Spalletti tinggal membutuhkan masing-masing satu pemain untuk posisi kiper, gelandang, dan penyerang.

Tri Cahyo Nugroho | 16 May, 14:48

Air lemon tidak bisa untuk turunkan berat badan meskipun memiliki sejumlah kegunaan lainnya. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Culture

Fakta soal Isu Air Lemon Mampu Turunkan Berat Badan

Belakangan merebak isu bila air lemon mampu menurunkan berat badan.

Tri Cahyo Nugroho | 16 May, 14:35

Bali United.jpg

Liga 1

Bali United Pertahankan Lisensi Klub Profesional sejak Musim Pertama Liga 1

Club Licensing Officer Bali United FC, Richi Kurniawan menjelaskan soal pencapaian klubnya itu.

Nizar Galang | 16 May, 14:32

Trail of The Kings

Other Sports

Trail of The Kings Danau Toba Diharapkan Bisa Masuk Kalender UTMB World Series

Event lari lintas alam Trail of The Kings Zero Edition yang sukses digelar di Danau Toba pada 4-5 Mei 2024 lalu diikuti 736 pelari dari 12 negara.

I Gede Ardy Estrada | 16 May, 14:15

PSBS Biak - M Yusuf - Skor.id

Liga 2

Jadi Kapten PSBS Biak di Liga 2 2023-2024, Ruben Sanadi Tak Masuk Skuad untuk Liga 1

Kapten PSBS Biak, Ruben Sanadi mengaku kecewa dengan cara klub tidak mempertahankannya untuk ke Liga 1.

Sumargo Pangestu | 16 May, 14:15

Proliga 2024

Other Sports

Update Proliga 2024 Sektor Putra: Jadwal, Hasil, dan Klasemen

Kompetisi sektor putra Proliga 2024 bakal diikuti oleh tujuh tim dan dijadwalkan berlangsung pada 25 April–21 Juli nanti.

Doddy Wiratama | 16 May, 14:10

Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri yang juga sempat melatih timnas U-22 Indonesia yang meraih emas sepak bola putra SEA Games 2023. (Skor.id/Abdul Rohim)

Timnas Indonesia

Dapat 7 Pemain Keturunan, Pelatih Timnas U-20 Indonesia Akan Seleksi di Turnamen Toulon 2024

Pelatih timnas U-20 Indonesia, Indra Sjafri bicara pemain keturunan yang dicari dan percobaan pada Toulon 2024.

Nizar Galang | 16 May, 13:49

Profil tim Italia di Grup B Euro 2024 (Piala Eropa 2024). (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

World

Profil Tim Grup B Euro 2024: Italia

Berikut ini profil tim Grup B Euro 2024 (Piala Eropa 2024), Italia, yang akan menghadapi Albania, Kraosia, dan Spanyol.

Pradipta Indra Kumara | 16 May, 13:36

Load More Articles