Kurang Kompetitif di MotoGP 2024, Maverick Vinales Sebut Aprilia Salah Strategi

Doddy Wiratama

Editor: Doddy Wiratama

Pembalap Aprilia Racing Maverick Vinales
Pembalap Aprilia Racing Maverick Vinales sukses menjadi pemenang MotoGP Amerika 2024 di COTA, Austin, Texas. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

SKOR.id - Maverick Vinales merasa Aprilia menerapkan strategi yang keliru sehingga membuat pabrikan asal Noale, Italia itu gagal tampil konsisten pada MotoGP 2024.

Aprilia menatap MotoGP 2024 dengan membawa banyak perubahan untuk motor RS-GP yang berfokus pada aspek aerodinamika.

Perubahan itu awalnya berbuah manis karena mengantar Maverick Vinales memenangi sesi sprint MotoGP Portugal 2024 yang merupakan seri kedua musim ini.

Tren positif pun berlanjut kala Maverick Vinales memenangi sesi sprint dan balapan utama seri berikutnya yang digelar di Circuit of The Americas, Texas, Amerika Serikat.

Sayang, progres motor RS-GP seperti jalan di tempat karena Aprilia kesulitan tampil kompetitif pada seri-seri berikutnya meski sempat beberapa kali naik podium dalam sesi sprint.

Aprilia pada akhirnya mengakhiri kompetisi MotoGP 2024 sebagai pabrikan terbaik ketiga di bawah Ducati dan KTM, sama seperti posisi yang didudukinya pada MotoGP 2023.

Maverick Vinales yang musim depan bakal memperkuat tim Red Bull KTM Tech3 pun menilai Aprilia telah salah menerapkan strategi untuk kompetisi MotoGP 2024.

Juara dunia Moto3 2013 itu berpendapat Aprilia seharusnya mempertahankan konsep motor RS-GP edisi 2023 untuk menghadapi MotoGP 2024 ketimbang melakukan perubahan besar-besaran.

Maverick Vinales merasa perombakan yang dilakukan memaksa dirinya dan Aleix Espargaro kembali beradaptasi dengan motor RS-GP baru yang dikembangkan dengan arah berbeda dengan edisi 2023.

Apalagi motor RS-GP edisi 2023 sejatinya sudah cukup kompetitif karena mampu mengantarkan Aprilia meraih dua kemenangan via Aleix Espargaro di GP Inggris dan Catalunya.

“Saya meminta dua hal saat musim 2023 berakhir di Valencia, yakni memperbaiki performa start saat balapan dan motor yang sama karena saya menyukai motor tersebut,” kata Vinales.

“Namun, ceritanya berbeda saat kami berada di Sepang untuk tes pramusim (MotoGP 2024). Itu satu-satunya hal yang saya sesali.”

Vinales merasa RS-GP edisi 2023 yang memiliki lebih sedikit komponen aero dan efek downforce adalah motor yang kompetitif.

Rider 29 tahun itu memang tak sepenuhnya yakin RS-GP 2023 bisa menyaingi dominasi Ducati. Namun, ia yakin jika motor itu bisa membawanya konsisten menembus empat besar.

Apalagi motor RS-GP 2023 telah menunjukkan penampilan yang lebih konsisten dan kru Aprilia sudah mengetahui segalanya untuk memaksimalkan performa motor.

“Saya tak tahu (apakah Aprilia terlalu banyak melakukan perubahan di motor 2024) tetapi saat kami mengetahuinya, semuanya sudah terlambat,” Vinales menjelaskan.

“Kami tak bisa mengubahnya kembali. Saya pun akhirnya harus mengendarai motor yang tidak saya sukai di sepanjang musim.”

Dalam kesempatan tersebut, Maverick Vinales pun mengucapkan terima kasih kepada Aprilia yang sudah diperkuatnya sejak enam seri terakhir MotoGP 2021 selepas berkonflik dengan Yamaha.

Pembalap asal Spanyol itu merasa dapat sambutan hangat dari kru Aprilia yang membuatnya kerasan di tiga musim berikutnya.

“Dari sisi kemanusiaan, saya merasa sangat puas dengan perjalanan saya bersama Aprilia. Saya menemukan orang-orang yang sangat baik dan bersemangat,” katanya.

“Mereka sangat hangat sejak saya bergabung hingga akhir. Jadi, ini sebuah pertanda yang bagus. Itu artinya kami telah melakukan pekerjaan dengan baik.”

“Dari sisi teknis, tentu saja ada beberapa hal yang kami lewatkan terutama pada tahun ini. Namun, kami harus tetap merasa bahagia karena pada akhirnya kami dapat hasil yang bagus,” ia melanjutkan.

“Bahkan dalam periode di mana satu pabrikan (Ducati) sudah mencapai bulan (sangat dominan), kami masih mampu berada di barisan depan. Jadi, kami mampu melakukan hal-hal bagus.”

Source: Motorsport

RELATED STORIES

Jorge Martin Ungkap Target 2025, Bukan Pertahankan Gelar MotoGP

Jorge Martin Ungkap Target 2025, Bukan Pertahankan Gelar MotoGP

Juara dunia MotoGP 2024 Jorge Martin menyadari tantangan besar yang akan dihadapinya dengan Aprilia tahun depan.

Tiga Rival yang Bantu Jorge Martin Juara Dunia MotoGP 2024

Tiga Rival yang Bantu Jorge Martin Juara Dunia MotoGP 2024

Ada tiga pembalap rival yang penampilannya dipuji Jorge Martin dalam perjalanannya menuju gelar juara dunia MotoGP 2024.

Enea Bastianini Ingin Tetap Kompetitif Meski Tak Lagi Kendarai Motor Ducati

Sejak naik kelas ke MotoGP pada musim 2021, Enea Bastianini selalu mengendarai motor Desmosedici GP buatan Ducati.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Nova Arianto sebagai pelatih Timnas U-17 Indonesia. (Yusuf/Skor.id)

Timnas Indonesia

Cari Komposisi Terbaik, Nova Arianto Beberkan Progres Timnas U-17 Indonesia

Timnas U-17 Indonesia saat ini sedang melakukan persiapan di Bali menuju Piala Dunia U-17 2025.

Rais Adnan | 02 Aug, 04:57

ole romeny - timnas indonesia

Timnas Indonesia

Gol Ole Romeny ke Gawang Bahrain Masuk Nominasi Terbaik AFC

Gol Ole Romeny masuk daftar nominasi gol terbaik AFC pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Rais Adnan | 02 Aug, 04:29

Update bursa transfer Liga Italia (Serie A) musim 2025-2026. (Deni Sulaeman/Skor.id).

Liga Italia

Update Bursa Transfer Liga Italia 2025-2026

Update bursa transfer Liga Italia (Serie A) musim 2025-2026, Napoli, Inter Milan, Juventus, hingga AC Milan berburu pemain baru.

Pradipta Indra Kumara | 02 Aug, 03:30

Update bursa transfer La Liga (Liga Spanyol) di musim 2025-2026. (Grafis: Deni Sulaeman/Skor.id).

La Liga

Update Bursa Transfer La Liga 2025-2026

Update bursa transfer La Liga (Liga Spanyol) musim 2025-2026, Real Madrid, Barcelona, hingga Atletico Madrid beruburu pemain baru.

Pradipta Indra Kumara | 02 Aug, 03:24

Update bursa transfer Liga Inggris (Premier League) musim 2025-2026. (Grafis: Deni Sulaeman/Skor.id).

Liga Inggris

Update Bursa Transfer Liga Inggris 2025-2026

Berikut ini update bursa transfer Liga Inggris (Premier League) musim 2025-2026.

Pradipta Indra Kumara | 02 Aug, 03:05

Victor Osimen tampil tajam bersama Galatasaray pada musim 2024-2025. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

World

Daftar Rekor Transfer Liga Top Eropa, Ada Cristiano Ronaldo hingga Victor Osimhen

Daftar rekor transfer di liga top Eropa, dari Cristiano Ronaldo hingga terbaru Victor Osimhen.

Pradipta Indra Kumara | 02 Aug, 02:52

Liga Inggris 2025-2026. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

Liga Inggris

Wacana Pengurangan Tim di Kasta Tertinggi Liga Inggris Ditolak

Wacana pengurangan jumlah tim di kasta tertinggi Liga Inggris, Premier League, ditolak.

Pradipta Indra Kumara | 02 Aug, 00:16

Penyerang Newcastle United, Alexander Isak. (Hendy Andika/Skor.id).

Liga Inggris

Tawaran Liverpool untuk Alexander Isak Ditolak, Newcastle United Ingin Rp3 Triliun Lebih

Liverpool ingin mendatangkan Alexander Isak, tetapi Newcastle United ingin tawaran lebih tinggi.

Pradipta Indra Kumara | 01 Aug, 23:20

Dewa United Banten-IBL

Basketball

Dewa United Banten Resmi Berpisah dengan Pelatih Pablo Favarel

Usai mengantar Dewa United Banten juara IBL 2025, Pablo Favarel pulang ke kampung halamannya, Argentina.

Teguh Kurniawan | 01 Aug, 21:07

persiba balikpapan ver. 2

Liga 2

Jelang Championship 2025-2026, Kebugaran Skuad Persiba Balikpapan Didukung Mitra Lokal

Manajemen Persiba menegaskan kerja sama ini bukan sekadar soal fasilitas, tetapi membangun kultur baru di tubuh tim.

Arista Budiyono | 01 Aug, 19:52

Load More Articles