Kurang Kompetitif di MotoGP 2024, Maverick Vinales Sebut Aprilia Salah Strategi

Doddy Wiratama

Editor: Doddy Wiratama

Pembalap Aprilia Racing Maverick Vinales
Pembalap Aprilia Racing Maverick Vinales sukses menjadi pemenang MotoGP Amerika 2024 di COTA, Austin, Texas. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

SKOR.id - Maverick Vinales merasa Aprilia menerapkan strategi yang keliru sehingga membuat pabrikan asal Noale, Italia itu gagal tampil konsisten pada MotoGP 2024.

Aprilia menatap MotoGP 2024 dengan membawa banyak perubahan untuk motor RS-GP yang berfokus pada aspek aerodinamika.

Perubahan itu awalnya berbuah manis karena mengantar Maverick Vinales memenangi sesi sprint MotoGP Portugal 2024 yang merupakan seri kedua musim ini.

Tren positif pun berlanjut kala Maverick Vinales memenangi sesi sprint dan balapan utama seri berikutnya yang digelar di Circuit of The Americas, Texas, Amerika Serikat.

Sayang, progres motor RS-GP seperti jalan di tempat karena Aprilia kesulitan tampil kompetitif pada seri-seri berikutnya meski sempat beberapa kali naik podium dalam sesi sprint.

Aprilia pada akhirnya mengakhiri kompetisi MotoGP 2024 sebagai pabrikan terbaik ketiga di bawah Ducati dan KTM, sama seperti posisi yang didudukinya pada MotoGP 2023.

Maverick Vinales yang musim depan bakal memperkuat tim Red Bull KTM Tech3 pun menilai Aprilia telah salah menerapkan strategi untuk kompetisi MotoGP 2024.

Juara dunia Moto3 2013 itu berpendapat Aprilia seharusnya mempertahankan konsep motor RS-GP edisi 2023 untuk menghadapi MotoGP 2024 ketimbang melakukan perubahan besar-besaran.

Maverick Vinales merasa perombakan yang dilakukan memaksa dirinya dan Aleix Espargaro kembali beradaptasi dengan motor RS-GP baru yang dikembangkan dengan arah berbeda dengan edisi 2023.

Apalagi motor RS-GP edisi 2023 sejatinya sudah cukup kompetitif karena mampu mengantarkan Aprilia meraih dua kemenangan via Aleix Espargaro di GP Inggris dan Catalunya.

“Saya meminta dua hal saat musim 2023 berakhir di Valencia, yakni memperbaiki performa start saat balapan dan motor yang sama karena saya menyukai motor tersebut,” kata Vinales.

“Namun, ceritanya berbeda saat kami berada di Sepang untuk tes pramusim (MotoGP 2024). Itu satu-satunya hal yang saya sesali.”

Vinales merasa RS-GP edisi 2023 yang memiliki lebih sedikit komponen aero dan efek downforce adalah motor yang kompetitif.

Rider 29 tahun itu memang tak sepenuhnya yakin RS-GP 2023 bisa menyaingi dominasi Ducati. Namun, ia yakin jika motor itu bisa membawanya konsisten menembus empat besar.

Apalagi motor RS-GP 2023 telah menunjukkan penampilan yang lebih konsisten dan kru Aprilia sudah mengetahui segalanya untuk memaksimalkan performa motor.

“Saya tak tahu (apakah Aprilia terlalu banyak melakukan perubahan di motor 2024) tetapi saat kami mengetahuinya, semuanya sudah terlambat,” Vinales menjelaskan.

“Kami tak bisa mengubahnya kembali. Saya pun akhirnya harus mengendarai motor yang tidak saya sukai di sepanjang musim.”

Dalam kesempatan tersebut, Maverick Vinales pun mengucapkan terima kasih kepada Aprilia yang sudah diperkuatnya sejak enam seri terakhir MotoGP 2021 selepas berkonflik dengan Yamaha.

Pembalap asal Spanyol itu merasa dapat sambutan hangat dari kru Aprilia yang membuatnya kerasan di tiga musim berikutnya.

“Dari sisi kemanusiaan, saya merasa sangat puas dengan perjalanan saya bersama Aprilia. Saya menemukan orang-orang yang sangat baik dan bersemangat,” katanya.

“Mereka sangat hangat sejak saya bergabung hingga akhir. Jadi, ini sebuah pertanda yang bagus. Itu artinya kami telah melakukan pekerjaan dengan baik.”

“Dari sisi teknis, tentu saja ada beberapa hal yang kami lewatkan terutama pada tahun ini. Namun, kami harus tetap merasa bahagia karena pada akhirnya kami dapat hasil yang bagus,” ia melanjutkan.

“Bahkan dalam periode di mana satu pabrikan (Ducati) sudah mencapai bulan (sangat dominan), kami masih mampu berada di barisan depan. Jadi, kami mampu melakukan hal-hal bagus.”

Source: Motorsport

RELATED STORIES

Jorge Martin Ungkap Target 2025, Bukan Pertahankan Gelar MotoGP

Jorge Martin Ungkap Target 2025, Bukan Pertahankan Gelar MotoGP

Juara dunia MotoGP 2024 Jorge Martin menyadari tantangan besar yang akan dihadapinya dengan Aprilia tahun depan.

Tiga Rival yang Bantu Jorge Martin Juara Dunia MotoGP 2024

Tiga Rival yang Bantu Jorge Martin Juara Dunia MotoGP 2024

Ada tiga pembalap rival yang penampilannya dipuji Jorge Martin dalam perjalanannya menuju gelar juara dunia MotoGP 2024.

Enea Bastianini Ingin Tetap Kompetitif Meski Tak Lagi Kendarai Motor Ducati

Sejak naik kelas ke MotoGP pada musim 2021, Enea Bastianini selalu mengendarai motor Desmosedici GP buatan Ducati.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Identitas baru dari kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia atau Liga 1 di musim ini, Super League 2025-2026. (Deni Sulaeman/Skor.id)

Liga 1

Laga Persija vs Bali United Catatkan Rekor Penonton Terbanyak

Laga Persija vs Bali United yang digelar di JIS, Jakarta, Minggu (14/9/2025), dihadiri 29.389 penonton.

Arista Budiyono | 16 Sep, 10:35

Cover Black Steel.

Futsal

Black Steel Tak Lepas Semua Pemainnya ke Timnas Futsal Indonesia, FFI Ikut Aturan FIFA

Federasi Futsal Indonesia mengungkapkan Black Steel Papua tidak melepas dua pemainnya ke Timnas futsal Indonesia.

Taufani Rahmanda | 16 Sep, 10:31

Laptop ASUS

Esports

ASUS Dominasi Pasar Copilot dan PC di Indonesia

Industri laptop sudah memasuki fase baru yang ditandai dengan hadirnya laptop AI.

Gangga Basudewa | 16 Sep, 10:14

Gema gelaran Piala Presiden 2025 mendunia. (Deni Sulaeman/Skor.id)

National

Piala Presiden 2026 Tanpa Klub Super League dan Championship

Piala Presiden 2026 direncanakan diikuti 64 klub daerah/amatir pada April-Mei 2026.

Rais Adnan | 16 Sep, 10:08

Ilustrasi pertandingan golf (Hendy AS/Skor.id).

Other Sports

Masuk Kalender Event Premium International Series, JAKIC 2025 Siap Digelar Oktober

Jakarta International Championship 2025 akan digelar di Damai Indah Golf PIK Course, Jakarta, pada 2-5 Oktober 2025.

Taufani Rahmanda | 16 Sep, 10:01

Indonesia Kings Laga 2025 atau IKL Fall 2025. (Honor of Kings)

Esports

Rekap IKL Fall 2025, Winstreak RRQ Putus

Vesakha Esports tampil luar biasa di Week 4 dengan meraih kemenangan penting atas RRQ.

Gangga Basudewa | 16 Sep, 09:56

Erick Thohir

National

Erick Thohir Ganti Ketua Komdis PSSI

Erick Thohir mengumumkan ada perubahan di empat komite PSSI, salah satunya dia tak lagi jadi Ketua Komite Wasit.

Rais Adnan | 16 Sep, 08:57

The International (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

TI 2025: Team Falcons Juara, Penonton Terus Meningkat

Team Falcons jadi juara The International 2025 yang memiliki jumlah penonton yang terus meningkat dari tahun sebelumnya.

Thoriq Az Zuhri | 16 Sep, 04:22

Roster Team Liquid ID untuk MPL ID Season 16. (Grafis: Deni Sulaeman/Skor.id)

Esports

Apa yang Salah dengan Team Liquid ID Musim Ini?

Musim ini, apa yang salah dengan Team Liquid ID? Padahal dua musim lalu mereka jadi juara MPL Indonesia.

Thoriq Az Zuhri | 16 Sep, 04:00

Liga Champions. (Hendy AS/Skor.id)

World

5 Fakta Unik Tim Liga Champions 2025-2026

Di Fase Liga Liga Champions 2025-2026, ada beberapa fakta soal tim-tim yang ikut serta. Apa saja?

Thoriq Az Zuhri | 16 Sep, 03:55

Load More Articles