Daftar Belanja Makanan Ideal untuk Atlet

Tri Cahyo Nugroho

Editor: Tri Cahyo Nugroho

Bagi mereka yang menggemari olahraga lari, penting untuk memperhatikan makanan dan minuman yang bisa mendukung performa. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)
Bagi mereka yang menggemari olahraga lari, penting untuk memperhatikan makanan dan minuman yang bisa mendukung performa. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

SKOR.id – Bagi pelari jarak jauh, makanan jelas berkorelasi langsung dengan perasaan dan performa. Setiap kelompok makanan utama dan setiap vitamin membantu kinerja atletik dengan cara tertentu, mulai dari protein untuk pemulihan otot, hingga zat besi yang membantu membawa oksigen dalam sel darah merah ke seluruh tubuh. 

Meskipun ada banyak bubuk protein dan suplemen untuk atlet yang menjanjikan hasil luar biasa, performa terbaik Anda dimulai dengan mengonsumsi makanan bergizi setiap hari. 

Berikut panduan atlet ke toko kelontong ini mencakup daftar belanjaan yang cocok untuk atlet, utamanya pelari jarak jauh.

Susu untuk Atlet

Produk susu terkadang mendapat reputasi buruk karena menyebabkan peradangan, menyebabkan masalah kulit dan perut, dan banyak lagi. Namun jika Anda bisa menoleransinya, ada banyak makanan olahan susu yang dapat membantu kinerja dan pemulihan. 

Misalnya, bukan mitos bahwa susu cokelat bisa menjadi minuman pemulihan yang luar biasa. Ini penuh dengan protein, yang diperlukan untuk pemulihan otot, dan mengandung karbohidrat dan elektrolit. 

Dikutip dari health.usnews.com, Dan Benardot, ahli diet terdaftar dan ahli gizi tim Olimpiade, menjelaskan bahwa susu adalah minuman pemulihan yang optimal, bukan hanya karena mengandung protein dan karbohidrat, tetapi karena susu secara khusus mengandung asam amino yang disebut leusin dalam jumlah tinggi. 

Protein dalam susu mengandung asam amino leusin lebih banyak dibandingkan protein lainnya. Dan leusin merupakan stimulator sintesis protein otot, sehingga merangsang jaringan untuk mengambil nutrisi sehingga dapat pulih dan tumbuh,” kata Benardot. 

Makanan olahan susu lainnya juga bisa menjadi sumber protein yang bagus. Menurut USDA, secangkir keju cottage kecil mengandung 25 gram protein, dan yogurt Yunani mengandung sekitar 12 gram protein per wadah 150 gram. Beberapa yogurt Yunani telah menambahkan protein dan dapat mengandung 20 atau 30 gram dalam cangkir kecil. 

Produk susu juga mengandung kalsium, yaitu mineral yang membantu membangun dan membangun kembali tulang. Mendapatkan cukup kalsium dalam makanan Anda dapat membantu mencegah beberapa cedera olahraga yang berhubungan dengan tulang seperti patah tulang karena stres.

Protein Daging dan Non-Daging

Melatih otot menyebabkan robekan mikro pada serat otot yang harus dibangun kembali dengan bantuan protein. Selain produk susu, terdapat pilihan makanan daging dan non-daging, serta banyak sekali suplemen protein dan bubuk yang dapat dipilih. 

“Saya sangat merekomendasikan makanan utuh terlebih dahulu. Bubuk protein dan suplemen lainnya digunakan saat Anda tidak memiliki akses terhadap makanan atau saat Anda sedang bepergian,” ujar Ashley Harpst, ahli diet terdaftar yang berspesialisasi dalam nutrisi olahraga.

Harpst merekomendasikan telur, daging tanpa lemak seperti ayam dan ikan, susu dan yogurt sebagai pilihan protein terbaik.

Namun, atlet yang memilih hanya mengonsumsi makanan nabati masih mungkin mendapatkan cukup protein. Misalnya, leusin, asam amino yang terdapat dalam susu yang sangat membantu dalam membangun kembali otot, juga ditemukan dalam jumlah tinggi pada buncis. 

Protein nabati lainnya untuk atlet meliputi:   

  • Tempe, alternatif daging berbahan dasar kedelai yang memiliki 31 gram protein per cangkir.
  • Tahu, protein berbahan dasar kedelai serbaguna yang memiliki 20 gram protein per cangkir.
  • Protein kacang polong, yang sering dijual dalam bentuk bubuk dan dapat digunakan untuk membuat smoothie protein atau makanan panggang kaya protein.
  • Lentil dan kacang lainnya. Dimasak, secangkir lentil mengandung sekitar 18 gram protein.
  • Kacang-kacangan dan selai kacang. Setengah cangkir almond mengandung sekitar 15 gram protein. 

Penelitian telah menunjukkan bahwa kebanyakan orang Amerika mengonsumsi lebih banyak protein daripada yang mereka perlukan dalam sehari, dan banyak orang mengonsumsi sebagian besar protein tersebut dalam satu kali makan besar saat makan malam. 

Namun, ada batasan jumlah protein yang dapat diserap seseorang dalam sekali makan. Batasan tersebut berbeda-beda pada setiap orang, namun bagi atlet sering kali mencapai sekitar 25 gram. 

Meskipun penting untuk memasukkan makanan kaya protein ke dalam diet Anda, terutama setengah jam setelah berolahraga, mengonsumsi protein secara berlebihan tidak ada gunanya karena tubuh Anda tidak dapat menyerap kelebihannya. 

Mengonsumsi protein berlebih justru dapat memperburuk bau badan karena amonia, salah satu produk sampingan metabolisme protein, akan dikeluarkan melalui keringat dan menimbulkan bau tidak sedap.

Buah dan Sayur untuk Performa Atletik

Sebutir apel sehari tidak akan cukup untuk mendapatkan semua vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan seorang atlet dari buah-buahan dan sayuran. Selain itu, salah satu hal terpenting adalah memastikan Anda mengonsumsi makanan yang beragam, bukan hanya makanan yang sama setiap hari. 

Untuk mendapatkan fitonutrien yang saya butuhkan dari buah-buahan dan sayuran sambil tetap berpegang pada anggaran belanjaan, saya sering memilih produk segar yang sedang dijual dan sedang musimnya, menambahkan buah-buahan beku untuk smoothie dan sayuran beku ketika pilihan produk terbatas. 

Benardot mengatakan bahwa pendekatan memakan produk yang tersedia secara musiman akan membantu kita mendapatkan nutrisi yang kita butuhkan, saat kita membutuhkannya.

Misalnya, labu jeruk, labu parang (pumpkin), dan wortel yang semuanya mengandung beta-karoten, yang diubah tubuh menjadi vitamin A. Kabar baiknya, vitamin A ini disimpan di adiposa, atau jaringan lemak, dan bisa bertahan selama berbulan-bulan. 

Jadi memakan labu jeruk saat sedang musimnya akan membantu Anda mendapatkan cukup vitamin A untuk bertahan sepanjang musim dingin. 

Jus ceri asam adalah salah satu buah favorit karena manfaat antioksidan dan anti-inflamasinya. Telah terbukti meningkatkan waktu pemulihan dengan mengurangi stres oksidatif dan peradangan berlebih yang menghambat pemulihan. 

Perlu diingat bahwa satu makanan tidak akan menjadi obat ajaib untuk pemulihan. Semua makanan yang Anda makan berkontribusi terhadap peradangan dan tingkat stres oksidatif, dan karenanya pemulihan Anda.

Beberapa buah dan sayur favorit lainnya bagi para atlet di antaranya: 

  • Pisang. Tinggi potasium, ini bisa menjadi makanan sebelum latihan yang bagus untuk membantu mencegah kram otot.
  • Bit. Sayuran berakar merah ini memiliki efek antioksidan dan telah ditunjukkan dalam penelitian untuk meningkatkan kinerja atletik.
  • Bluberi. Buah beri yang kecil namun kuat ini telah terbukti memiliki manfaat bagi seluruh tubuh Anda, dan merupakan sumber serat dan antioksidan yang baik. Tambahkan ke yogurt Yunani untuk sarapan seusai latihan.
  • Sayuran berdaun hijau tua. Chard, kangkung, bayam dan brokoli memiliki begitu banyak nutrisi penting, termasuk zat besi. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari sayuran ini, rebus sayuran tersebut dalam air mendidih dan tambahkan jus lemon di atasnya, kata Benardot. Ini akan membantu Anda menyerap lebih banyak zat besi dari sayuran dibanding memakannya mentah.

Minuman Olahraga dan Hidrasi untuk Atlet

Memang benar bahwa beberapa minuman olahraga seperti Gatorade dan Powerade mengandung persentase gula tambahan harian yang tinggi yang direkomendasikan. 

Namun bagi atlet yang berolahraga dan berkeringat dalam jangka waktu lama, minuman olahraga dapat menjadi bagian penting dari latihan dan latihan mereka karena minuman tersebut mengandung karbohidrat dan elektrolit yang bekerja cepat. 

Harpst mengaku menyukai Gatorade karena natriumnya yang tinggi. Itu sangat penting karena saat berkeringat, Anda akan kehilangan natrium yang merupakan kunci fungsi otot. Otot tidak dapat berkontraksi tanpa natrium. 

“Saya tahu beberapa orang takut karena mengandung gula. Tetapi gula boleh digunakan untuk berolahraga karena Anda memerlukan gula untuk menyerap elektrolit yang membantu tubuh Anda menahan cairan,” ujarnya.

Jika khawatir dengan tambahan gula, perasa, dan warna, Anda juga bisa membuat “Gatorade” buatan sendiri, kata Harpst. Untuk membuatnya, gabungkan: ¾ cangkir air kelapa, ¾ cangkir jus nanas, setengah jeruk nipis, dan ¼ sendok teh garam.

Karbohidrat untuk Atlet 

Karbohidrat merupakan sumber utama bahan bakar energi bagi tubuh, baik untuk olahraga maupun fungsi otak. Umumnya dibagi menjadi dua kategori: karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana. Jenis karbohidrat yang Anda butuhkan pada waktu tertentu akan bergantung pada aktivitas dan tujuan Anda.

Karbohidrat kompleks dicerna lebih lambat dan menjaga kadar gula darah tidak melonjak. Beberapa contoh karbohidrat kompleks antara lain:

  • Biji gandum. Biji-bijian alami bebas gluten ini kaya akan nutrisi dan resep yang mudah ditemukan secara online. Anda bisa memakannya dengan mangkuk gandum atau salad dan bahkan membuatnya menjadi kulit piza.
  • Beras merah. Sebagai pengganti nasi putih, yang merupakan karbohidrat sederhana, nasi merah bisa menjadi lauk atau bahan dasar mangkuk biji-bijian yang enak.

Untuk makanan sehari-hari, karbohidrat kompleks adalah pilihan yang bagus. Karbohidrat ini biasanya lebih padat nutrisi dan menjaga kadar gula darah Anda lebih konsisten dibandingkan karbohidrat sederhana. 

Namun, atlet juga mengandalkan karbohidrat sederhana untuk aspek tertentu dari olahraganya. Jika Anda berolahraga tanpa cukup karbohidrat dalam sistem Anda, tubuh Anda akan mulai memecah otot untuk dijadikan bahan bakar, yang tidak hanya tidak efisien tetapi juga mungkin berbahaya bagi kinerja atletik Anda. 

“Ketika tidak mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang cukup, Anda akan menguras otak dan hal ini akan memengaruhi energi Anda. Anda akan menyadari bahwa Anda akan merasa agak berkabut, pusing, dan sering kali orang menjadi mudah tersinggung ketika mereka tidak mengonsumsi cukup karbohidrat, kata Harpst. 

Karbohidrat sederhana sangat baik dikonsumsi sebelum, selama, dan setelah berolahraga saat tubuh Anda paling membutuhkan bahan bakar. Ini dapat mencakup:

  • Makanan ringan buah.
  • Kantong saus apel.
  • Roti putih atau bagel.
  • Sereal dengan gula lebih tinggi.

Daftar Belanjaan untuk Atlet

Ingatlah bahwa daftar ini akan bervariasi setiap minggunya dan daftar belanjaan seorang atlet tidak akan berlaku untuk setiap atlet, berikut ini salah satu contoh belanjaan untuk minggu ini:

Penghasil Energi – pisang, stroberi, bit, bluberi, mahkota brokoli, campuran salad sayuran, asparagus, alpukat, mentimun, kentang, ceri beku, dan edamame beku.

Produk susu susu cokelat, susu, mentega, keju parut, yogurt Yunani, dan es krim.

Protein – dada ayam, tempe, tahu, ikan salmon, buncis, almond dan kacang lainnya, selai kacang, lentil, kacang-kacangan lainnya, dan bubuk protein kacang polong.

Gandum utuh – beras merah, biji gandum.

Karbohidrat sederhana – makanan ringan buah, sereal dengan gula lebih tinggi, nasi putih, kantong saus apel, roti putih atau bagel, semacam spageti.

Minuman – air kelapa, minuman elektrolit, dan jus ceri asam.

RELATED STORIES

4 Manfaat Daging Kambing bagi Tubuh dan Cara Tepat Mengolahnya

4 Manfaat Daging Kambing bagi Tubuh dan Cara Tepat Mengolahnya

Daging kambing merupakan salah satu sumber protein atau asam amino yang bagus.

5 Manfaat Yogurt yang Akan Menginspirasi Anda untuk Lebih Sering Makan Itu

5 Manfaat Yogurt yang Akan Menginspirasi Anda untuk Lebih Sering Makan Itu

topik makan sehat terkadang memecah belah (dan membingungkan!), setidaknya ada beberapa kebenaran universal yang membuat hampir setiap ahli sepakat.

6 Manfaat Kesehatan yang Didapat dari Karbohidrat Sederhana

Karbohidrat adalah makronutrien yang dapat ditemukan dalam bentuk gula, pati, dan serat. Gula dan pati menghasilkan glukosa pada hidrolisis, yang merupakan jenis molekul energi.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Turnamen Mobile Legends, MPL Indonesia Season 13. (Yusuf/Skor.id)

Esports

Moonton Umumkan Kategori Baru di MPL Award Season 13

Terhitung ada 13 total kategori yang akan ditampilkan selama The Awards MPL ID Season 13

Gangga Basudewa | 16 Apr, 14:39

Jersey eksklusif FC Barcelona dengan logo Karol G ini akan dipakai untuk laga El Clasico melawan Real Madrid di La Liga pada Minggu (21/4/2024) depan. (Hendy AS/Skor.id)

Culture

FC Barcelona Pasang Logo Karol G di Kaus untuk El Clasico

Sebelum dipakai tim pria nanti, logo Karol G sudah muncul di kaus FC Barcelona Femeni.

Tri Cahyo Nugroho | 16 Apr, 14:39

Publisher pembesut Mobile Legends: Bang Bang, Moonton. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

Esports

Program Moonton Cares Sukses Rebut Hati Ratusan Mahasiswa

Program inisiatif regenerasi talenta esports membuat lebih dari 500 mahasiswa mendaftarkan diri.

Gangga Basudewa | 16 Apr, 14:06

Liga Inggris 2023-2024 dimulai sejak 11 Agustus 2023 lalu. (Zulhar Kurniawan/Skor.id).

Liga Inggris

Liga Inggris 2023-2024: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Klub Lengkap

Berikut ini klasemen Liga Inggris 2023-2024, jadwal dan hasil per pekan serta profil klub lengkap.

Irfan Sudrajat | 16 Apr, 13:52

Melihat peluang Chelsea lolos ke kompetisi Eropa (Liga Champions dan Liga Europa). (Hendy Andika/Skor.id)

Liga Inggris

Peluang Berat Chelsea Tembus Liga Champions, Liga Europa Realistis

Jalan Chelsea untuk lolos ke Liga Champions musim depan cukup berat, tetapi peluang ke Liga Europa masih realistis.

Pradipta Indra Kumara | 16 Apr, 13:47

Rans Nusantara vs Barito Putera. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Liga 1

Prediksi dan Link Live Streaming Rans Nusantara vs Barito Putera di Liga 1 2023-2024

Laga Rans Nusantara vs Barito Putera akan digelar di Stadion Sultan Agung, Bantul, Rabu (17/4/2024) malam WIB.

Rais Adnan | 16 Apr, 12:01

Borneo FC vs Madura United. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Liga 1

Prediksi dan Link Live Streaming Borneo FC vs Madura United di Liga 1 2023-2024

Laga Borneo FC vs Madura United pada pekan ke-31 Liga 1 2023-2024 akan digelar di Stadion Batakan, Rabu (17/4/2024).

Rais Adnan | 16 Apr, 10:51

Liga 1 2023-2024. (M. Yusuf/Skor.id)

Liga 1

Liga 1 2023-2024: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Klub Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Liga 1 2023-2024 yang terus diperbarui seiring berjalannya kompetisi, plus profil tim peserta.

Taufani Rahmanda | 16 Apr, 10:08

Cover Piala Asia U-23 2024. (Hendy Andika/Skor.id)

Timnas Indonesia

Piala Asia U-23 2024: Jadwal, Hasil dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Piala Asia U-23 2024, yang terus diperbarui seiring berjalannya turnamen.

Taufani Rahmanda | 16 Apr, 09:48

Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia

Other Sports

Proliga 2024: Daftar Pemain Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia, Andalkan pemain Binaan

Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia membuka lembaran baru di Proliga 2024 dengan banyak mengandalkan pemain binaan.

Doddy Wiratama | 16 Apr, 09:44

Load More Articles