15 Cara Sehat dalam Menggunakan Lemon dan Jeruk Nipis

Nurul Ika Hidayati

Editor:

  • Lemon dan jeruk nipis berbeda, tetapi memiliki banyak nilai gizi yang tumpang tindih.
  • Keduanya buah jeruk yang sangat populer dinikmati dalam banyak cara di seluruh dunia.
  • Berikut sederet cara sehat dalam menggunakan dua buah tersebut.

SKOR.id - Lemon dan jeruk nipis adalah buah jeruk yang sangat populer dinikmati dalam banyak cara di seluruh dunia, baik untuk hiasan, hidangan gurih, makanan penutup, atau minuman. Mereka sangat terkait erat dan memiliki banyak nilai gizi yang tumpang tindih.

Namun perlu diketahui perbedaan antara lemon dan jeruk nipis, bagaimana memasukkannya ke dalam diet Anda, pro dan kontra dari masing-masing, dan bagaimana menikmatinya.

Apa Itu Jeruk Nipis?
Ada beberapa spesies dan hibrida pohon dan semak dalam keluarga jeruk nipis (Rutaceace), dan sebagian besar tumbuh di iklim tropis dan subtropis.

Salah satu yang paling umum di toko adalah jeruk nipis Persia, buah hijau muda tegas yang sedikit lebih kecil dari lemon biasa.

Jeruk nipis (juga disebut jeruk nipis Meksiko) dan jeruk purut juga populer. Ini adalah bahan utama dalam beragam makanan Asia, khususnya bagian Selatan, dan jusnya sering digunakan untuk membumbui minuman, makanan, dan permen.

Jeruk nipis liar mungkin berasal dari Indonesia atau Asia daratan, dibawa para pedagang (bersama dengan lemon) dari India ke Mediterania dan Afrika sekitar tahun 1000 M.

Mereka kemungkinan menyebar ke bagian lain Mediterania dan Eropa, di masa Pasukan Salib pada abad ke-12 dan ke-13. Mereka digunakan sejak saat itu sebagai sumber vitamin C, terutama pada perjalanan laut yang panjang untuk mencegah penyakit kudis.

Jeruk nipis berwarna hijau, keras, rasanya asam, dan lebih kecil dari lemon dan jeruk.

Apa Itu Lemon?
Seperti jeruk nipis, ada beberapa jenis lemon yang tumbuh di pohon kecil atau semak-semak. Rasa biasanya asam atau astringen. Mereka cenderung memiliki lebih banyak warna kulit kuning daripada jeruk nipis.

Lemon sering digunakan untuk meningkatkan rasa daging, ikan, sayuran, atau Anda dapat menggunakannya untuk membumbui minuman (seperti limun) ataupun kue kering dan makanan penutup.

Lemon diperkenalkan ke wilayah Spanyol dan Afrika Utara sekitar tahun 1100 Masehi.

Bersama limau, mereka kemudian dibawa ke seluruh Eropa oleh Pasukan Salib. Pohon lemon selalu hijau dan berkembang dalam suhu yang lebih moderat daripada jeruk nipis, dan mereka ditemukan di iklim yang lebih dingin.

Lemon berbentuk oval, dan kulitnya dapat terlihat jelas dihiasi dengan kelenjar minyak, yang biasanya lebih besar dari jeruk nipis, tetapi lebih kecil dari jeruk manis.

Berikut ini tips sehat memaksimalkan lemon dan jeruk nipis dalam kehidupan sehari-hari: 

1. Menambahkan Sejumput Rasa
Apakah Anda memeras jusnya ke dalam air atau ke hidangan ikan yang lezat, buah yang beraroma tajam ini memberi Anda vitamin dan mineral yang sama seperti buah jeruk lainnya. Bagian terbaiknya: mereka melakukannya dengan lebih sedikit gula.

2. Menjauhkan Kerutan di Wajah
Mengandung semua vitamin C, yang juga dikenal sebagai asam askorbat. Tubuh Anda tidak dapat membuatnya, jadi Anda harus mendapatkannya dari makanan. Ini membantu membuat kolagen, yang membuat kulit Anda kenyal dan penuh. Tanpanya, kulit akan mulai keriput. Tentu, itu juga merupakan bagian alami dari penuaan, tetapi Anda dapat memperlambatnya dengan vitamin dan nutrisi yang tepat.

3. Memberi Anda Energi
Thiamin dan riboflavin, bagian dari kelompok vitamin yang disebut B kompleks, mengubah makanan Anda menjadi energi yang Anda butuhkan. Mereka juga membantu sel-sel dalam tubuh Anda untuk tumbuh dan melakukan tugasnya. Hanya satu lemon atau jeruk nipis berukuran sedang memberi Anda sebagian kecil dari apa yang Anda butuhkan setiap hari.

4. Jaminan Antioksidan
Vitamin C, flavonoid, asam fenolik, minyak esensial, dan kumarin semua sangat berlimpah dalam lemon dan limau. Mereka adalah bagian dari tim zat superhero yang disebut antioksidan. Mereka bersatu untuk melawan orang jahat -- radikal bebas -- yang merusak sel-sel Anda dan menyebabkan penyakit dan masalah kesehatan lainnya.

5. Bantu Bayi Anda Tumbuh
Mereka memiliki sejumlah kecil vitamin B yang disebut folat. Ini membantu anak-anak kecil terbentuk di dalam rahim. Sel menggunakannya untuk membelah untuk membuat lebih banyak sel. Ini juga menciptakan materi genetik di kedua tubuh Anda yang memberi tahu sel-sel bayi Anda bagaimana membangun tubuh mereka.

6. Membunuh Bakteri Jahat
Kandungan asamnya yang tinggi menambahkan gigitan asam yang sempurna untuk salad hijau Anda. Ini juga membantu membunuh bakteri salmonella yang mungkin ada di makanan, talenan, atau meja dapur Anda. Jangan berencana menggosok kamar mandi dengan itu, tetapi jika Anda ingin memastikan sayuran Anda bersih, setengah cuka, setengah campuran jus lemon akan menghilangkan sebagian besar bakteri dalam waktu sekitar 15 menit.

7. Darah rendah
Jus dan kulit lemon atau limau bisa membantu. Peras beberapa di air Anda sebelum dan sesudah Anda berjalan-jalan. Anda mungkin mendapatkan lebih banyak manfaat dari masing-masing. Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda menggunakan obat tekanan darah atau obat-obatan lainnya. Jeruk dapat mengganggu mereka. Jangan pernah menyesuaikan obat kecuali dokter memberi tahu Anda.

8. Mencegah Kanker
Meskipun tidak ada bukti bahwa lemon atau limau dapat melawan kanker yang sudah Anda miliki, mereka penuh dengan antioksidan yang dapat membantu mencegah Anda mendapatkannya. Hal ini terutama berlaku untuk kanker hati, tulang, perut, payudara, dan usus besar.

9. Mempompa Hati Anda
Ini semua tentang flavonoid. Konsumsi lebih banyak dari mereka ke dalam hidup Anda dan Anda cenderung tidak terkena penyakit jantung. Itu sebagian karena mereka membantu menjaga lemak dan gula dalam darah Anda pada tingkatan yang sehat. Tapi, terlalu banyak keduanya tidak baik untuk pembuluh darah Anda.

10. Tingkatkan Otak Anda
Lemon dan limau memiliki bahan kimia khusus yang dapat menjaga sel-sel otak aman dari zat beracun dalam tubuh Anda. Dan, karena mereka juga memberi perlindungan terhadap kerusakan sel umum dan peradangan, mereka dapat membantu mengurangi beberapa risiko penyakit otak seperti penyakit Parkinson dan Alzheimer.

11. Menjaga Kesehatan Gusi
Gusi bengkak, berdarah, dan gigi goyang adalah tanda penyakit kudis. Sudah lama terjadi ketika orang tidak memiliki akses mudah ke makanan dengan vitamin C. Tetapi Anda bisa mendapatkannya sekarang jika Anda lebih tua, perokok, berpenghasilan rendah, atau kecanduan narkoba atau alkohol.

Sebelum Anda memakan jeruk untuk mencegah kondisi di atas, ketahui ini: Asam sitrat baik untuk apa yang membuat Anda sakit tetapi buruk untuk email gigi. Tunggu setidaknya 30 menit setelah Anda makan atau minum sesuatu yang mengandung asam sebelum Anda menyikat gigi.

12. Mencegah Flu
Adalah mitos bahwa vitamin C dalam lemon dan jeruk nipis akan mencegah masuk angin. Tapi Anda memang membutuhkannya untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda berjalan pada tingkat puncak. Mengambilnya pada tanda pertama pilek dapat membantu Anda merasa lebih baik lebih cepat.

13. Menjaga Kolesterol Anda
Campuran bawang putih dan jus lemon setiap hari bisa menjadi kabar baik bagi penderita kolesterol tinggi. Tingkat yang tidak sehat terkait dengan pengerasan arteri (dokter Anda akan menyebutnya aterosklerosis), yang dapat menyebabkan penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.

14. Menurunkan Berat Badan
Polifenol, sejenis antioksidan khusus yang ditemukan di lemon dan limau, dapat menahan penambahan berat badan dan lemak tubuh. Para ilmuwan berpikir zat ini mengubah cara tubuh Anda memproses lemak dan meningkatkan responsnya terhadap insulin. Tetapi sebelum Anda meminum air lemon, ketahuilah bahwa penelitian ini dilakukan pada tikus, bukan manusia.

15. Mencegah Batu Ginjal
Jika Anda pernah mengalami salah satu batu kecil yang menyakitkan ini menghalangi saluran yang Anda gunakan untuk buang air kecil, kemungkinan Anda sudah segera melenyapkannya. Batu-batu itu terbentuk ketika mineral dalam tubuh Anda menggumpal. Zat yang disebut sitrat dalam lemon, limau, dan buah jeruk lainnya dapat membantu menghentikan penumpukan ini.***

Berita Bugar Lainnya:

Segudang Manfaat Air Perasan Lemon untuk Rambut Lebih Berkilau

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Mitos atau Fakta, Minum Air Lemon Bisa Turunkan Berat Badan

Source: webmd.com

RELATED STORIES

Seberapa Serius Tekanan Darah Rendah Berbahaya bagi Tubuh

Seberapa Serius Tekanan Darah Rendah Berbahaya bagi Tubuh

Ketika kebanyakan orang khawatir tentang tekanan darah tinggi, tekanan darah rendah dapat memiliki konsekuensi yang serius.

Suka Makan Udang, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Suka Makan Udang, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Tak hanya lezat, udang juga kaya akan nutrisi penting yang baik untuk kesehatan tubuh.

The Batman: Ketahui Diet Ketat Robert Pattinson untuk Perannya yang Paling Penting

The Batman: Ketahui Diet Ketat Robert Pattinson untuk Perannya yang Paling Penting

Agar sesuai dengan peran ksatria gelap, Robert Pattinson harus menjalani diet sangat ketat dan berlatih fisik lima atau enam hari seminggu.

Apakah Anda Menderita Hipertensi? Berikut Langkah Kunci untuk Mengurangi Konsumsi Garam

Apakah Anda Menderita Hipertensi? Berikut Langkah Kunci untuk Mengurangi Konsumsi Garam

Anda dapat mengonsumsi hingga enam gram natrium per hari dalam konteks diet yang seimbang.

Banyak Kalori yang Mampu Terbakar oleh Seks: Tergantung Posisi, Waktu, dan Seberapa Aktif Anda

Seks sering digambarkan sebagai latihan fisik yang hebat, tetapi apakah itu benar-benar membantu Anda menurunkan berat badan?

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

dony tri pamungkas - timnas u-20 indonesia

Liga TopSkor

Baru Bergabung di Timnas U-20 Indonesia, Dony Tri Pamungkas Dapat Latihan Fisik ala Militer

Alumni Liga TopSkor, Dony Tri Pamungkas mengaku mendapat pengalaman baru usai menjalani program latihan fisik bersama Timnas U-20 Indonesia.

Nizar Galang | 15 May, 13:57

Liga TopSkor

Garnier Men Liga TopSkor U-17: Target Kantongi Poin, Star Soccer Indonesia Akan Turunkan Skuad Terbaik Lawan Erlangga FA

Pelatih Star Soccer Indonesia merasa yakin timnya dapat melewati laga ini dengan hasil positif.

Sumargo Pangestu | 15 May, 13:51

Brighton vs Chelsea di Liga Inggris 2023-2024. (Yusuf/Skor.id).

Liga Inggris

Prediksi dan Link Live Streaming Brighton vs Chelsea di Liga Inggris 2023-2024

Prediksi dan link live streaming Brighton vs Chelsea di Liga Inggris 2023-2024 yang akan digelar pada Kamis (16./5/2024) pukul 01.45 WIB.

Irfan Sudrajat | 15 May, 13:31

Bek Timnas Indonesia, Justin Hubner dengan seragam klub asal Jepang, Cerezo Osaka.

National

Justin Hubner Dicadangkan, Cerezo Osaka Takluk dari Machida Zelvia

Justin Hubner masuk dalam daftar susunan pemain namun tidak dimainkan di pertandingan ini.

Sumargo Pangestu | 15 May, 12:46

logo timnas vietnam

World

Jadi Pesaing Indonesia, Timnas U-16 dan U-19 Vietnam Mulai Bersiap

Timnas U-16 dan U-19 Vietnam mulai dipersiapkan untuk menatap Piala AFF U-16 dan U-19 yang akan digelar di Indonesia.

Rais Adnan | 15 May, 12:00

Nikola Jokic, pemain basket Denver Nuggets

Basketball

Semifinal Wilayah NBA 2024: Cetak 40 Poin, Nikola Jokic Bawa Nuggets Berbalik Unggul

Nikola Jokic cetak 40 poin saat Denver Nuggets bekuk Minnesota Timberwolves pada game kelima Semifinal Wilayah Barat NBA 2024.

Arin Nabila | 15 May, 11:34

National

Bursa Transfer Futsal: Pendekar United Gaet Pivot Kolombia

Stiven Hernandez menggantikan peran Hamidreza yang sebelumnya bertugas sebagai pivot Pendekar United.

Sumargo Pangestu | 15 May, 11:08

Achmad Zulkifli, pelatih kepala Persiraja Banda Aceh pada Liga 2 2023-2024. (Hendy Andika/Skor.id)

Liga 2

Kontrak di Persiraja Selesai, Achmad Zulkifli Didekati Beberapa Klub Liga 2

Achmad Zulkifli mengakui sempat menjadi kandidat pelatih PSIM Yogyakarta.

Sumargo Pangestu | 15 May, 10:40

Logo FIFA (Hendy Andika/Skor.id).

World

FIFA Resmi Tetapkan Sekjen Baru dan Jumlah Peserta Piala Dunia Antarklub Wanita 2026

Sementara itu, untuk tuan rumah Piala Dunia Wanita 2027 akan ditetapkan dalam Kongres FIFA ke-74 di Bangkok, Thailand, Jumat (17/5/2024) nanti.

Rais Adnan | 15 May, 09:25

Shin Tae-yong. (Dok. PSSI/Grafis Jovi Arnanda)

Timnas Indonesia

Shin Tae-yong Tegaskan Bakal Belajar Bahasa Indonesia

Shin Tae-yong menegaskan bakal belajar bahasa Indonesia lantaran bakal lebih lama tinggal di Indonesia.

Rais Adnan | 15 May, 07:50

Load More Articles