14 Manfaat Kesehatan Luar Biasa dari Labu Siam yang Harus Anda Ketahui

Nurul Ika Hidayati

Editor:

  • Labu siam sarat dengan nutrisi dan senyawa antioksidan yang memberikan banyak manfaat kesehatan potensial.
  • Seluruh bagian tanaman memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengobati tekanan darah tinggi, batu ginjal dan gangguan pencernaan.
  • Juga dapat membantu dalam upaya penurunan berat badan, karena rendah kalori.

SKOR.id - Penting untuk mengonsumsi sayuran hijau untuk menjaga kesehatan tubuh.

Konsumsi teratur sayuran hijau yang kaya nutrisi berbeda, melindungi tubuh kita dari segala penyakit berbeda atau membantu dalam menyembuhkan banyak penyakit. Salah satu sayuran yang kaya akan berbagai nutrisi adalah labu siam.

Labu siam adalah sayuran bergizi tinggi. Tanaman dari keluarga ‘Cucurbitaceae’ ini aslinya dari Meksiko tengah dan berbagai bagian Amerika, tapi sekarang telah dibudidayakan di seluruh dunia.

Maka itu sayuran ini memiliki banyak nama umum seperti Chaco, Vegetable Pear, Chayote Chayote, Choko, Madeira Marrow, Choco, Custard Marrow.

Tetapi, di Jawa, orang menyebutnya manisa, yang cocok hanya dikukus dan disantap dengan sambel terasi, dibuat sambal goreng, atau tambahan sayur asem atau sayur lodeh.  

Satu hal yang penting adalah labu siam sarat dengan nutrisi dan senyawa antioksidan yang memberikan banyak manfaat kesehatan potensial.

Seluruh bagian tanaman, termasuk buah, batang dan daun, mengandung banyak nutrisi dan memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengobati tekanan darah tinggi, batu ginjal dan gangguan pencernaan. Labu siam juga dapat membantu upaya penurunan berat badan, karena rendah kalori.

DESKRIPSI TANAMAN

  • Labu siam adalah tanaman merambat yang tumbuh cepat yang ditandai dengan sulur. Tanaman ini memiliki daun berbentuk hati, lebar 10-25 cm dan sulur di batang. Ini memiliki bunga seks putih kecil dan buah berbentuk berdaun hijau. Setiap buah memiliki panjang sekitar 7,5 hingga 10 cm (sekitar 3 hingga 4 inci) dan berisi biji yang tertanam dalam daging berwarna hijau hingga hijau-putih. Beberapa jenis mengandung buah yang berwarna atau bulat.

MANFAAT KESEHATAN LABU SIAM

  • Menjaga Kesehatan Jantung
    Sayuran labu siam yang kaya fitokimia memainkan peran utama dalam meningkatkan aliran darah, sehingga mengendalikan tekanan darah tinggi. Kehadiran myricetin, antioksidan tidak hanya mengurangi kadar kolesterol tetapi juga melawan peradangan, sehingga mencegah penyakit kardiovaskular kronis. Tambahkan sayuran ini ke dalam diet harian Anda untuk melindungi organ terpenting Anda, jantung.
  • Meningkatkan Fungsi Hati
    Fatty liver adalah kondisi berbahaya, dan juga dapat terjadi pada orang tanpa alkohol. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa konsumsi teratur sayuran bergizi ini secara signifikan mengurangi akumulasi lemak di hati dan juga mengurangi tingkat kolesterol jahat dalam LDL. Konsumsi teratur sayuran ini akan memicu aktivitas metabolisme dan meningkatkan kapasitas hati dalam pemrosesan lemak.
  • Mengatur Gula Darah
    Rendah gula dan kaya serat makanan, Labu siam harus jadi bagian dari rencana diet diabetes. Labu siam tidak hanya membuat tubuh Anda hangat untuk waktu yang lama, kehadiran serat di dalamnya mencegah penyerapan karbohidrat yang cepat dan dengan demikian mengatur kadar gula darah. Studi mengungkapkan bahwa kehadiran senyawa kimia tertentu dalam labu siam meningkatkan sensitivitas insulin, membantu orang yang menderita diabetes tipe-2 untuk mengontrol kadar gula darah dengan lebih baik.
  • Dukung Kehamilan Sehat
    Folat adalah nutrisi dasar yang dibutuhkan setiap wanita hamil untuk melahirkan bayi yang sehat. Juga dikenal sebagai vitamin B9. Setiap wanita yang mencoba untuk hamil disarankan untuk mengonsumsi folat karena berperan penting dalam perkembangan otak janin yang sehat, sumsum tulang belakang, dan perkembangan bayi yang tepat. Labu siam memiliki 40% asupan folat harian yang disetujui untuk wanita hamil.
  • Kaya Antioksidan
    Labu siam mengandung berbagai antioksidan termasuk quercetin, myricetin, campferol, morin yang melawan berbagai kondisi kronis termasuk diabetes, kanker dan peradangan. Berkat kehadiran vitamin C yang menarik, sayuran ini sangat penting bagi Anda untuk melawan berbagai infeksi bakteri dan virus yang umum terjadi di musim hujan dan musim dingin.
  • Mencegah Kanker
    Labu siam melawan radikal bebas untuk berkembang dengan antioksidan dan dengan demikian mengurangi perkembangan sel kanker, terutama pada orang dengan leukemia dan kanker serviks. Kehadiran flavonoid dalam labu siam tidak hanya mencegah aktivitas anti kanker tetapi juga membatasi pertumbuhan sel kanker dan mencegah metastasis. Senyawa ini menghilangkan molekul oksidan yang bertanggung jawab untuk perkembangan tumor yang cepat dan untuk alasan ini, sangat dianjurkan dalam daftar diet pasien kanker.
  • Memperlambat Penuaan
    Sayuran ini secara efektif dapat mengurangi stres oksidatif, yang dapat berpengaruh negatif pada sel-sel dalam tubuh, sehingga membuat kulit kusam dan pucat. Makan Labu siam mengurangi gejala metabolisme, sehingga melindungi tubuh dari kerusakan sel, menyebabkan kulit bersinar dari dalam.
  • Bagus untuk Pencernaan
    Fungsi pencernaan yang sangat baik berarti Anda sehat dan makan labu siam untuk penyerapan nutrisi terbaik meningkatkan pencernaan, memastikan detoksifikasi teratur. Adanya flavonoid yang cukup, senyawa tanaman ini mencegah sembelit, mengontrol pergerakan usus, menjaga pertumbuhan bakteri usus yang sehat dan dengan demikian mengoptimalkan berbagai fungsi saluran pencernaan.
  • Membantu dalam penurunan berat badan
    Jika Anda melakukan diet ketat, labu siam adalah sayuran penting Anda, berharap bisa menurunkan berat badan ekstra itu. Menjadi rendah kalori sangat bermanfaat bagi pemantau berat badan dan bagi mereka yang mempraktikkan rencana makan defisit kalori. Menjadi kaya serat makanan membantu dalam mencegah rasa sakit kelaparan tengah hari dan menekan rasa lapar.
  • Memicu Fungsi Kognitif
    Kaya akan antioksidan, flavonoid dan senyawa tanaman lain sangat bermanfaat bagi mereka yang menderita penurunan kognitif. Berbagai penelitian membuktikan sayuran ini sangat efektif dalam mengurangi durasi antara kejadian kontraksi, memperbaiki gangguan mood, dan mencegah depresi. Juga banyak direkomendasikan untuk meningkatkan koordinasi motorik pada orang dengan penyakit Parkinson dan penyakit Alzheimer.
  • Pengobatan Batu Ginjal
    Daun labu siam dapat digunakan untuk mengobati batu ginjal. Ini diterbitkan dalam hasil penelitian yang dilakukan di 'Universitas Florida Utara'.
  • Mencegah Sembelit
    Dengan menambahkan labu siam ke dalam makanan, kita dapat memberi tubuh kita serat yang diperlukan. Serat akan membantu dalam pencernaan dalam tubuh sehingga dapat mencegah sembelit.
  • Mencegah Anemia
    Kekurangan vitamin B2 dan zat besi dapat menyebabkan kekurangan darah merah atau anemia pada seseorang. Labu siam mengandung dua bahan yang dapat menghasilkan sel darah merah dan hemoglobin dalam tubuh, untuk mencegah anemia.
  • Menurunkan Tekanan Darah
    Makan labu siam dipercaya bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian di Universitas Purdue. Dalam penelitian tersebut, labu siam digunakan sebagai teh atau dikonsumsi sebagai minuman, dan hasilnya menunjukkan bahwa ia menurunkan tekanan darah.

KEGUNAAN LABU SIAM
Berbagai hidangan dimasak dengan sayuran lezat ini. Umbi, akar, buah, daun mentah, biji dan batangnya dapat dikonsumsi. Buah, batang, daun dan akar lunak dimakan sebagai sayuran. Sayuran ini bisa dimakan dengan menambahkan salad dan lentil.

EFEK SAMPING LABU SIAM
Pada dasarnya, konsumsi labu siam secara teratur tak akan menimbulkan efek samping bagi kesehatan, namun konsumsi yang berlebihan dapat menimbulkan efek samping.

Anda juga harus hati-hati saat mengupas labu siam karena cairan bening yang keluar darinya dapat menempel seperti lem di tangan atau jari yang dapat menyebabkan gatal dan kaku .

Konsumsi labu siam yang disertai obat-obatan tertentu seperti aspirin dalam pengobatan penyakit kardiovaskular dapat memiliki efek samping. Konsultasikan dengan dokter Anda.***

 

Baca Juga Berita Bugar Lainnya:

Mengenal Manfaat Biji Labu yang Baik untuk Kesehatan Jantung dan Kesuburan Pria

Manfaat Buah Labu yang Perlu Diketahui, Salah Satunya Memperkuat Imun

Source: Helthy Leaf

RELATED STORIES

Vitamin Apa yang Baik untuk Menghindari Peradangan?

Vitamin Apa yang Baik untuk Menghindari Peradangan?

Ada lima gejala yang dapat menunjukkan peradangan akut: kemerahan, panas, bengkak, nyeri dan sulit untuk menggerakkan area tubuh yang terdampak secara normal.

Empat Jenis Makanan yang Sebaiknya Tidak Dimakan pada Malam Hari

Empat Jenis Makanan yang Sebaiknya Tidak Dimakan pada Malam Hari

Ternyata, ada makanan yang disarankan untuk tidak dimakan pada malam hari.

Simak 10 Kebiasaan Sepele yang Mungkin Menyebabkan Anda Sakit Punggung

Simak 10 Kebiasaan Sepele yang Mungkin Menyebabkan Anda Sakit Punggung

Sakit punggung dapat disebabkan oleh berbagai kebiasaan gaya hidup, seperti bekerja di meja, melihat ponsel, dan banyak lagi.

Mengenal Manfaat Minum Kopi Sebelum Olahraga di Pagi Hari

Mengenal Manfaat Minum Kopi Sebelum Olahraga di Pagi Hari

Kopi merupakan olahan minuman yang dipercaya mampu meningkatkan kinerja seseorang.

Manfaat dan Nutrisi yang Terkandung dalam Kelapa

Manfaat dan Nutrisi yang Terkandung dalam Kelapa

Anda mungkin bertanya-tanya, apakah kelapa benar-benar kacang? Kenyataannya, kelapa dapat diklasifikasikan sebagai kacang, buah, atau biji, tergantung pada kriteria yang digunakan.

Nasi vs Kentang, Mana yang Lebih Sehat?

Nasi vs Kentang, Mana yang Lebih Sehat?

Kentang dan nasi menjadi dua sumber karbohidrat yang banyak dikonsumsi.

4 Tips Menghadapi Serangan Asma Bergejala Ringan

Berikut tips menghadapi serangan asma atau munculnya gejala yang memburuk secara tiba-tiba.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

LeBron James, Arnold Schwarzenegger, dan Kurt Russell diyakini sebagai aktor terbaik Hollywood dengan latar belakang atlet. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Culture

3 Aktor Hollywood Terbaik Berlatar Belakang Atlet

Arnold Schwarzenegger, Kurt Russell, dan LeBron James menduduki tiga besar aktor berlatar belakang atlet dengan sejumlah parameter.

Tri Cahyo Nugroho | 02 May, 16:46

Joao Almeida, pelatih asal Portugal yang menangani Unggul FC Malang di Pro Futsal League 2023-2024. (Yusuf/Skor.id)

National

Joao Almeida Tegaskan Target Unggul FC di Putaran Kedua Pro Futsal League 2023-2024

Pelatih Unggul FC Malang, Joao Almeida menegaskan masih memiliki target yang sama seperti putaran pertama Pro Futsal League 2023-2024.

Taufani Rahmanda | 02 May, 16:42

Stadion Kenan Memoriam di Universitas North Carolina disinyalir terkait dengan peristiwa Pembantaian Wilmington. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Culture

Stadion Kenan Memorial Dikaitkan dengan Sejarah Pembantaian Wilmington

Stadion Kenan Memorial di UNC Chapel Hill dihubungkan dengan sejarah kelam yang tersembunyi 100 tahun lebih: Pembantaian Wilmington.

Tri Cahyo Nugroho | 02 May, 16:38

Proliga 2024

Other Sports

Update Proliga 2024 Sektor Putra: Jadwal, Hasil, dan Klasemen

Kompetisi sektor putra Proliga 2024 bakal diikuti oleh tujuh tim dan dijadwalkan berlangsung pada 25 April–21 Juli nanti.

Doddy Wiratama | 02 May, 15:27

Subaru Indonesia dalam JDM Run Mandalika Time Attack 2024 (Yusuf/Skor.id).

Other Sports

Subaru Indonesia Gemilang dalam JDM Run Mandalika Time Attack 2024

Ajang JDM Run Mandalika Time Attack 2024 melibatkan 91 starter dari seluruh Indonesia.

Kunta Bayu Waskita | 02 May, 14:41

Timnas U-23 Indonesia.

National

Timnas U-23 Indonesia Lewati Target, Bung Towel Apresiasi Semua Pihak

Bung Towel menilai pencapaian Timnas U-23 Indonesia yang luar biasa adalah berkat banyak pihak, bukan hanya pelatih Shin Tae-yong.

Sumargo Pangestu | 02 May, 14:21

Women Pro Futsal League 2023-2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

National

Women Pro Futsal League 2023-2024: Jadwal, Hasil dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Women Pro Futsal League 2023-2024 yang terus diperbarui seiring berjalannya kompetisi.

Taufani Rahmanda | 02 May, 14:14

Piala Asia Wanita U-17 2024. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Timnas Indonesia

Piala Asia Wanita U-17 2024: Jadwal, Hasil dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Piala Asia Wanita U-17 2024, yang terus diperbarui seiring berjalannya turnamen.

Taufani Rahmanda | 02 May, 13:58

Cover Proliga. (Dede Mauladi/Skor.id)

Other Sports

Antusiasme Penonton Tinggi, Tiket Proliga 2024 via PLN Mobile Cepat Ludes Terjual

Hari ini, ada 6.000 tiket laga Proliga 2024 yang tersedia di aplikasi PLN Mobile dan itu ludes terjual dengan cepat.

Doddy Wiratama | 02 May, 13:52

Penyerang Chelsea, Nicolas Jackson. (Yusuf/Skor.id).

Liga Inggris

Chelsea vs Tottenham: Nicolas Jackson Ingin Perbaiki Rapornya yang Buruk

Penyerang Chelsea ini di tiga teratas pemain yang paling banyak gagal memanfaatkan peluang terbaik mencetak gol di Liga Inggris 2023-2024 ini.

Irfan Sudrajat | 02 May, 13:35

Load More Articles