Triple Crown of Motorsport, Gelar Prestisius bagi Pembalap Roda Empat

Muhamad Fadli Ramadan

Editor:

SKOR.id – Fernando Alonso telah resmi berseragam Renault dan akan kembali ke Formula 1 (F1) pada tahun depan. Sebelum itu, dia memiliki target ambisius yang telah lama diidamkannya.

Fernando Alonso ingin mencatatkan namanya dalam daftar peraih Triple Crown of Motorsport, yang merupakan pencapaian tertinggi seorang pembalap.

Triple Crown of Motorsport merupakan sebuah pencapaian prestisius tidak resmi dalam dunia balap roda empat.

Itu bukan sebuah ajang atau kejuaraan yang dibuat secara resmi oleh Federasi Automobil Internasional (FIA) dan semua pembalap bisa melakukannya.

Memang hanya pembalap-pembalap yang beruntung bisa meraih pencapaian itu karena mereka mendapat dukungan penuh dari tim, sponsor dan orang-orang di sekitar mereka.

Jika salah satu pihak tidak memberi dukungan maka pembalap tersebut hanya bisa bermimpi untuk merasakan indahnya Triple Crown of Motorsport.

Sebagian besar yang tak memberikan dukungan adalah tim-tim di Formula 1 (F1) yang pembalapnya ingin mencoba meraih gelar bergengsi tersebut.

Jelas, dari namanya saja sudah triple, itu berarti ada tiga ajang balap berbeda yang harus dimenangi oleh seorang pembalap untuk menyandang status Triple Crown of Motorsport.

Tiga seri balap tersebut adalah, Grand Prix (GP) Monako di F1, Le Mans 24 Jam di Kejuaraan Daya Tahan Dunia (WEC), dan Indianapolis 500 (Indy 500) yang merupakan bagian dari IndyCar Series.

Ada pengecualian bagi seorang pembalap F1 yang tak bisa memenangkan GP Monako tapi ingin meraih gelar Triple Crown of Motorsport.

Mereka tetap harus memenangkan Le Mans 24 Jam dan Indy 500, tetapi jika tak menang pada GP Monako, setidaknya mereka bisa menjadi juara dunia F1.

Berbeda dengan pencapaian Trebble Winners di sepak bola yang mana setiap tim yang ingin mendapatkannya harus memenangkan tiga gelar berbeda dalam satu musim.

Masing-masing kemenangan yang diharuskan dalam Triple Crown of Motorsport bisa didapatkan kapan saja.

Satu-satunya pembalap yang berhasil menyandang status Triple Crown of Motorsport adalah Graham Hill.

Bahkan, Graham Hill tak hanya memenangkan tiga seri balap berbeda tapi juga menjadi juara dunia F1.

Pembalap asal Inggris itu berhasil memenangkan lima GP Monako pada 1963, 1964, 1965, 1968 dan 1969. 

Graham Hill menjadi juara dunia ajang balap jet darat itu pada 1962 dan 1968.

Kemenangan Indy 500 ia dapatkan pada 1966 dan menempati podium tertinggi Le Mans 24 Hours pada 1972.

Hingga saat ini, belum ada yang bisa bersanding dengan Graham Hill sebagai pembalap dengan pencapaian paling prestisius.

Fernando Alonso saat ini menjadi satu-satunya yang memiliki peluang untuk menyamai pencapaian Graham Hill karena ia hanya membutuhkan kemenangan di Indy 500.

Pada tahun ini, pria asal Spanyol itu bakal berupaya keras untuk untuk meraih pencapaian tersebut bersama Arrow McLaren SP.

Tetapi, muncul pertanyaan besar mengapa tiga seri tersebut yang terpilih untuk menjadi bagian dari Triple Crown of Motorsport.

Semua itu tidak terlepas dari sejarah dan tantangan besar dari masing-masing ajang balap tersebut.

Grand Prix Monako

GP Monako misalnya yang sudah digelar sejak 1929. Ajang balap tersebut bahkan sudah diselenggarakan sebelum F1 dimulai, yaitu pada 1950.

Untuk itu, GP Monako adalah salah satu gelaran tertua dalam sejarah balap roda empat yang menggunakan konsep sirkuit jalan raya, yang mana hingga kini desainnya tak mengalami perubahan.

Balapan yang digelar di kota Monte Karlo itu juga memberikan tantangan tersendiri, mengingat trek yang sempit membuat setiap pembalap harus pandai ketika menyalip.

Bahkan, karena rumitnya medan di GP Monako, legenda F1 Nelson Piquet menggambarkan balapan di Monte Karlo sama seperti mengendarai sepeda di ruang tamu.

Itu yang membuat GP Monako bisa hanya ditebus dengan juara dunia F1 jika seorang pembalap ingin meraih gelar Triple Crown of Motorsport.

Indy 500

Indinanapolis 500 atau Indy 500 merupakan salah satu ajang balap tertua di Amerika Serikat yang diadakan di Indianapolis Motor Speedway sejak 1911.

Itu merupakan sirkuit yang paling ikonik pada zamannya karena permukaan trek terbuat dari batu bata sehingga mendapat julukan The Brickyard pada 1909.

Bagi masyarakat Amerika Serikat, Indy 500 terasa spesial karena ajang balap tersebut digelar pada Mei atau di bulan yang sama dengan peringatan Memorial Day.

Itu adalah hari untuk mengingat orang-orang yang meninggal saat bertugas di angkatan bersenjata negara dalam perang dunia pertama dan kedua.

Indy 500 sebenarnya masuk dalam kalender balap F1 pada 1950, tapi harus berakhir pada 1960 atas dasar keselamatan.

Sejak 1966 hingga sekarang, Indy 500 berada di bawah naungan IndyCar Series dan menjadi salah satu seri paling bergengsi.

Indy 500 juga diklaim menjadi ajang balap paling cepat di Amerika Serikat karena seorang pembalap bisa mencapai kecepatan lebih dari 382 km/jam.

Butuh keberanian besar untuk berlomba di IndyCar, mengingat tak banyak celah untuk menghindar ketika terjadi insiden.

Le Mans 24 Hours

Le Mans 24 Jam ataua Le Mans 24 Hours adalah ajang balap ketahanan tertua yang masih eksis hingga saat ini yang pada awalnya menggunakan mobil jenis sports.

Ajang balap tersebut juga menggunakan sebagian trek yang digunakan oleh MotoGP ketika menggelar lomba di GP Prancis.

Tetapi, itu hanya seperlima saja dari trek yang digunakan oleh Le Mans 24 Jam. Pasalnya, trek yang digunakan bernama Circuit de la Sarthe dengan panjang 13,626 km.

Pada 2018 dan 2019, Fernando Alonso berhasil memenangkan ajang balap yang menguras stamina itu bersama Sebastien Buemi dan Kazuki Nakajima di bawah bendera Toyota Gazoo Racing dengan mengendarai Toyota TS050 Hybrid.

Keunikan dan sekaligus yang membuat Le Mans 24 Jam menjadi ajang balap berbahaya adalah seluruh kelas start dan finis dalam waktu yang berbarengan.

Maka dari itu mobil yang berbeda-beda, dengan klasifikasi LMP1, LMP2, LMGTE Pro dan LMGTE Am.

Pemenang akan ditentukan dari siapa yang pertama menyentuh garis finis setelah waktu balap dinyatakan selesai tak peduli dari kelas mana. Jadi bisa ada tiga kelas berbeda dalam satu podium.

Tetapi, itu juga membuat setiap pembalap harus memiliki fokus penuh karena Le Mans 24 Hours sudah banyak memakan korban jiwa sejak gelaran itu berlangsung.

Memang tidak ada klasifikasi khusus yang dikeluarkan oleh FIA atau lembaga ajang balap roda empat lainnya untuk kategori Triple Crown of Motorsport.

Namun, jika melihat dari sejarah ketika seri tersebut bisa dikatakan itu memang layak untuk dijadikan kategori dalam upaya seorang pembalap dalam meraih Triple Crown of Motorsport.

Ikuti juga InstagramFacebookYouTube, dan Twitter dari Skor Indonesia.

 

Berita Balap lainnya:

Fernando Alonso: Usia Tak Akan Menghalangi Saya

Monako Berniat Gelar Tiga Balapan Bergengsi dalam Sebulan pada 2021

Source: Wikipediamotorsport.com

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Timnas futsal Thailand vs Timnas futsal Indonesia pada futsal putra SEA Games 2025 di Thailand pada 19 Desember 2025. (Kevin Bagus Prinusa/Skor.id)

Futsal

Prediksi dan Link Live Streaming Thailand vs Timnas Futsal Indonesia di SEA Games 2025

Laga pada Jumat (19/12/2025) malam ini sekaligus jadi penentu perebutan medali emas futsal putra SEA Games 2025.

Taufani Rahmanda | 18 Dec, 15:52

Cabor Esports di SEA Games 2025. (Grafis: Kevin Bagus Prinusa/Skor.id)

Esports

SEA Games 2025: Indonesia Tambah Perak dan Perunggu dari Free Fire

Indonesia gagal meraih medali emas dan hanya berhasil meraih medali perak dan perunggu di nomor free fire cabor esports.

Gangga Basudewa | 18 Dec, 15:36

Cover SEA Games 2025 Thailand. (Grafis: Deni Sulaeman/Skor.id)

Other Sports

Target 80 Medali Emas di SEA Games 2025 Tercapai, Menpora Erick Thohir Apresiasi Perjuangan Para Atlet

SEA Games 2025 masih tersisa beberapa hari, kontingen Indonesia sudah berhasil memenuhi target awal yang dicanangkan.

Teguh Kurniawan | 18 Dec, 15:20

tim voli putra indo

Other Sports

Timnas Voli Putra Indonesia ke Final SEA Games 2025, Siap Ulang Rekor 32 Tahun Lalu

Kalahkan Vietnam lewat pertarungan sengit, Timnas Voli Putra Indonesia amankan tiket final SEA Games 2025.

Teguh Kurniawan | 18 Dec, 14:48

FC Mobile Luncurkan Komentator Bahasa Indonesia. (Grafis: Deni Sulaeman/Skor.id)

Esports

EA Sports FC Mobile Hadirkan Komentar Berbahasa Indonesia di In Game

Fitur komentator Indonesia kini sudah tersedia di EA SPORTS FC Mobile untuk seluruh pemain di perangkat iOS dan Android.

Nizar Galang | 18 Dec, 12:01

voli di sea games 2025

Other Sports

Voli SEA Games 2025: Jadwal, Hasil, dan Klasemen

Jadwal, hasil, dan klasemen cabor voli indoor di SEA Games 2025 yang terus diperbarui selama berjalannya event.

Teguh Kurniawan | 18 Dec, 11:51

Timnas futsal putri Vietnam vs Timnas futsal putri Indonesia dalam perebutan medali emas futsal putri SEA Games 2025 di Thailand pada 18 Desember 2025. (Kevin Bagus Prinusa/Skor.id)

Futsal

Dihajar Vietnam, Timnas Futsal Putri Indonesia Harus Puas Raih Medali Perak SEA Games 2025

Hasil dan jalannya pertandingan perebutan medali emas futsal putri SEA Games 2025 pada Kamis (18/12/2025) petang.

Taufani Rahmanda | 18 Dec, 11:15

Jungler Team Liquid PH, KarlTzy. (Grafis: Yudhy Kurniawan/Skor.id)

Esports

Raih Medali Emas, Pemain MLBB Filipina Sempat Kecewa Saat Hadapi Indonesia

Karltzy kecewa dengan susunan pemain Timnas MLBB Putra Indonesia yang mengalami perubahan di tengah jalan.

Gangga Basudewa | 18 Dec, 09:53

Blue Protocol: Star Resonance. (Hao Play)

Esports

Blue Protocol: Star Resonance, MMORPG Anime Resmi Hadir di PC dan Mobile

HaoPlay Limited secara resmi meluncurkan Blue Protocol: Star Resonance pada Kamis, 18 Desember 2025, pukul 10.00 WIB (UTC+7).

Gangga Basudewa | 18 Dec, 07:38

Pelatih Timnas Putri Indonesia, Akira Higashiyama.

Timnas Indonesia

Nyaris Bawa Pulang Medali, Pelatih Timnas Putri Indonesia Tegaskan Target ke Piala Dunia Wanita

Pelatih Timnas putri Indonesia, Akira Higashiyama, soal sepak bola putri SEA Games 2025 dan kaitkan ke Piala Dunia Wanita.

Taufani Rahmanda | 18 Dec, 07:28

Load More Articles