Ternyata, Ini Gejala dan Penyebab Penyakit Hernia!

Nurul Ika Hidayati

Editor:

  • Hernia, atau turun berok, terjadi ketika organ tubuh menonjol keluar melalui jaringan di sekitarnya yang melemah.
  • Gejalanya dapat bervariasi, tergantung pada jenis yang dialami pasien.
  • Penyakit ini biasanya tidak sembuh dengan sendirinya, dan pembedahan mungkin satu-satunya cara untuk memperbaikinya.

SKOR.id - Hernia adalah benjolan yang muncul akibat keluarnya organ dalam tubuh melalui jaringan di sekitarnya yang melemah. Jika tidak ditangani, akibatnya sangat fatal.

Pemeriksaan fisik yang biasanya dilakukan oleh dokter, dapat mendiagnosis hernia yang oleh sebagian orang Indonesia sering dikenal dengan sebutan turun berok.

Umumnya, pembengkakan hernia terlihat ketika berdiri tegak dan kemudian masuk kembali saat istirahat, pemeriksaan ultrasonografi dapat membantu mendiagnosis hernia.

Harvey Rainville, seorang ahli bedah umum di Hackensack Meridian Mountainside Medical Center di New Jersey, mengatakan hernia adalah cacat atau pembukaan di lapisan otot Anda di mana organ, seperti usus, selama atau setelah aktivitas berat.

Aktivitas berat seperti buang air besar (BAB), batuk, bersin, tertawa dan membungkuk dapat meningkatkan tekanan di perut hingga memaksa organ atau jaringan untuk menekan melalui lubang.

Bukan hal aneh bagi hernia untuk "muncul", kemudian kembali seperti semula, tetapi hernia yang hilang masih harus ditanggapi serius, kata Rainville dalam rilis berita pusat medis.

Setiap hernia berpotensi berbahaya. Jika Anda curiga memilikinya, temui dokter Anda.

 

Jenis hernia yang paling umum adalah:

  • Hernia inguinalis: Pada pria, kanalis inguinalis adalah saluran untuk korda spermatika dan pembuluh darah yang menuju ke testis. Pada wanita, kanalis inguinalis mengandung ligamen yang memberikan dukungan untuk rahim. Pada hernia inguinalis, jaringan lemak atau bagian usus menonjol ke selangkangan bagian dalam. Ini jenis hernia yang paling umum, dan lebih sering terjadi pada pria daripada wanita.
  • Hernia femoralis: Jaringan lemak atau bagian usus menonjol ke selangkangan di bagian atas paha bagian dalam. Hernia femoralis jauh lebih jarang daripada hernia inguinalis dan terutama sering terjadi pada wanita yang lebih tua.
  • Hernia umbilikalis: Jaringan lemak atau bagian usus menonjol melalui perut dekat pusar (pusar).
  • Hiatal (hiatus) hernia: Bagian dari perut mendorong ke dalam rongga dada melalui lubang di diafragma (lembaran horizontal otot yang memisahkan dada dari perut).
    Apa penyebab hernia?

Hernia inguinalis dan femoralis disebabkan oleh kelemahan otot yang mungkin ada saat lahir, atau berhubungan dengan penuaan dan ketegangan berulang pada daerah perut dan selangkangan.

Ketegangan dapat berasal dari aktivitas fisik, obesitas, kehamilan, sering batuk, atau mengejan di toilet karena sembelit.

Orang dewasa mungkin mendapatkan hernia umbilikalis dengan mengejan di daerah perut, kelebihan berat badan, batuk berat yang berlangsung lama atau setelah melahirkan.

Penyebab hernia hiatus tidak sepenuhnya dipahami, tetapi melemahnya diafragma seiring bertambahnya usia atau tekanan pada perut mungkin berperan.

Lebih Sering Terjadi pada Pria
Pria jauh lebih mungkin mengembangkan hernia inguinalis daripada wanita karena mereka memiliki lubang kecil di otot selangkangan mereka untuk dilewati pembuluh darah untuk mengantarkan darah ke testis mereka, kata Rainville.

Orang yang melakukan pekerjaan berat yang melibatkan angkat berat juga dapat mengembangkan hernia pada tingkat yang lebih tinggi. Mereka yang melakukan pekerjaan menetap memiliki risiko lebih rendah.

Tidak Turun-Temurun
Beberapa tipe hernia terjadi saat lahir. Hernia umbilikalis terjadi ketika bagian dari isi perut menusuk melalui dinding perut di pusar. Muncul sebagai benjolan di bawah pusar. Ini tidak menyakitkan dan sebagian besar hernia umbilikalis hilang dengan sendirinya pada usia 4 atau 5 tahun.

Hernia inguinalis akan muncul sebagai benjolan di area selangkangan, kata Rainville. Mereka dapat terjadi pada bayi baru lahir.

Gejala-gejala Hernia
Hernia di perut atau selangkangan dapat menghasilkan benjolan atau tonjolan yang terlihat yang dapat didorong ke belakang, atau mungkin hilang saat berbaring. Tertawa, menangis, batuk, mengejan saat buang air besar, atau aktivitas fisik dapat membuat benjolan muncul kembali.

Gejala hernia lainnya termasuk:

  • Pembengkakan atau tonjolan di selangkangan atau skrotum (kantung yang berisi testis).
  • Peningkatan rasa sakit di lokasi tonjolan.
  • Sakit saat mengangkat.
  • Peningkatan ukuran tonjolan dari waktu ke waktu.
  • Sensasi nyeri tumpul.
  • Perasaan penuh atau tanda-tanda obstruksi usus.

Dalam kasus hernia hiatus tidak ada tonjolan di bagian luar tubuh. Sebaliknya, gejala yang muncul mungkin termasuk mulas, gangguan pencernaan, kesulitan menelan, sering regurgitasi (membawa makanan kembali) dan nyeri dada.

Cara Mendiagnosis
Biasanya mungkin untuk melihat atau merasakan tonjolan di area tempat hernia telah terjadi pada pemeriksaan fisik. Sebagai bagian dari pemeriksaan fisik khas laki-laki untuk hernia inguinalis, dokter meraba daerah sekitar testis dan selangkangan saat pasien diminta untuk batuk. Dalam beberapa kasus, pencitraan jaringan lunak seperti CT scan akan secara akurat mendiagnosis kondisi tersebut.

Konsekuensi Tidak Diobati
Selain hernia umbilikalis pada bayi, hernia tak akan hilang dengan sendirinya. Seiring waktu, hernia dapat tumbuh lebih besar dan lebih menyakitkan atau dapat menyebabkan komplikasi.

Komplikasi hernia inguinalis atau femoralis yang tidak diobati mungkin termasuk:

  • Obstruksi (penahanan): Bagian dari usus tersangkut di saluran inguinalis, menyebabkan mual, muntah, sakit perut, dan benjolan yang menyakitkan di selangkangan.
  • Iskemik: Bagian usus yang terperangkap tidak mendapat suplai darah. Dalam kasus seperti itu, operasi darurat (dalam beberapa jam setelah kejadian) diperlukan untuk mencegah kematian jaringan.

Cara Mencegah

  • Menjaga berat badan ideal dengan makan makanan yang sehat dan berolahraga.
  • Makan cukup buah, sayuran, dan biji-bijian untuk menghindari sembelit.
  • Gunakan alat yang benar saat mengangkat beban atau benda berat. Hindari mengangkat apa pun yang berada di luar kemampuan Anda.
  • Temui dokter ketika Anda sakit dengan batuk atau bersin yang terus-menerus.
  • Hindari merokok, karena kebiasaan ini dapat menyebabkan batuk yang memicu hernia.

Pengobatan
Sebagian besar hernia dapat didiagnosis selama pemeriksaan rutin. Anda mungkin menjalani CT scan, yang menunjukkan ukuran, lokasi, dan jenis jaringan/organ yang terkena.

Kebanyakan hernia diobati dengan laparoskopi invasif minimal atau operasi robotik. Prosedur ini biasanya hanya memakan waktu 30 menit hingga satu jam dan dalam banyak kasus dilakukan operasi pada hari yang sama, memungkinkan pasien untuk pulang setelah operasi, kata Rainville.

Pemulihan cepat bagi sebagian besar pasien dan banyak yang kembali beraktivitas normal dalam beberapa hari. Pembatasan setelah operasi termasuk tidak mengangkat beban berat dan tidak berolahraga selama 3 sampai 4 minggu.

Hernia dulu memiliki kemungkinan 10% hingga 15% untuk kambuh pada pasien, tapi teknik bedah yang lebih baru telah menurunkan kemungkinan kekambuhan menjadi 1% hingga 2%, tetapi masih bisa terjadi.

Pasien diabetes memiliki risiko lebih tinggi untuk hernia, terutama jika gula darahnya tidak terkontrol dengan baik. Orang dengan gangguan autoimun, indeks massa tubuh tinggi, masalah penyembuhan, atau kebiasaan merokok juga lebih mungkin mengalami hernia, kata Rainville.

Yang jelas, dokter akan merekomendasikan terapi terbaik untuk hernia Anda, dan mungkin merujuk Anda ke ahli bedah.

Jika ahli bedah menganggap perlu untuk memperbaiki hernia Anda, maka ahli bedah akan menyesuaikan metode perbaikan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dalam kasus hernia umbilikalis pada anak, pembedahan mungkin direkomendasikan jika hernianya besar atau jika belum sembuh pada usia 4 hingga 5 tahun .

Jika orang dewasa memiliki hernia umbilikalis, pembedahan biasanya dianjurkan karena kondisinya tidak akan membaik dengan sendirinya dan risiko komplikasi lebih tinggi.***

Berita Entertainment Bugar Lainnya:

Aktor Laga Jason Momoa Tak Ingin Lakukan Sit-up Lagi setelah Operasi Hernia

Jalani Operasi Hernia, Daniil Medvedev Umumkan Rehat hingga 2 Bulan

Source: AlodokterEMC HealthcareThe Exponent

RELATED STORIES

5 Makanan Rekomendasi Ahli Gizi Olahraga untuk Diet Pembentukan Otot

5 Makanan Rekomendasi Ahli Gizi Olahraga untuk Diet Pembentukan Otot

Meskipun tidak ada satu makanan pun yang akan membuat Anda lebih kuat, ada beberapa makanan yang dapat membantu proses tersebut, menurut ahli gizi olahraga Angie Asche.

Ini yang Terjadi pada Tubuh saat Anda Melewatkan, Bahkan Melupakan, Makan Siang

Ini yang Terjadi pada Tubuh saat Anda Melewatkan, Bahkan Melupakan, Makan Siang

Apakah Melewatkan Makan Siang Itu Buruk? Inilah Yang Terjadi Pada Tubuh Anda Saat Anda Melakukannya. Ahli gizi memperingatkan untuk tidak melakukannya dan beberapa alasan mungkin mengejutkan Anda.

Makanan Terbaik dan Terburuk untuk Kesehatan Jantung, Menurut Dokter

Makanan Terbaik dan Terburuk untuk Kesehatan Jantung, Menurut Dokter

Ketika berbicara tentang makanan "baik" dan "buruk" sebagai masyarakat, kita masih cenderung fokus pada apakah makanan itu akan membuat kita menambah berat badan atau membantu kita menurunkannya.

Hewan Peliharaan Dapat Meningkatkan Kekuatan Otak Anda, Menurut Penelitian

Hewan Peliharaan Dapat Meningkatkan Kekuatan Otak Anda, Menurut Penelitian

Hewan peliharaan dapat meningkatkan kekuatan otak Anda, menurut temuan sebuah penelitian terbaru.

Tips Menjaga Kesehatan dari Bahaya Duduk Terlalu Lama

Tips Menjaga Kesehatan dari Bahaya Duduk Terlalu Lama

Berikut tips untuk mengurangi risiko penyakit yang ditimbulkan oleh aktivitas duduk terlalu lama.

5 Makanan yang Dapat Memaksimalkan Tinggi Badan

5 Makanan yang Dapat Memaksimalkan Tinggi Badan

Ada sederet makanan yang dapat membantu membuat Anda lebih tinggi atau mempertahankan tinggi badan

Cara Memenuhi Kebutuhan Vitamin A

Vitamin A adalah vitamin yang larut dalam lemak yang berperan penting dalam menjaga penglihatan, pertumbuhan tubuh, fungsi kekebalan tubuh dan kesehatan reproduksi.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Laga MPL Indonesia, RRQ Hoshi vs Dewa United. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

MPL ID S13: Head-to-Head RRQ Hoshi vs Dewa United

Berikut ini sejarah pertemuan head-to-head RRQ Hoshi vs Dewa United, laga yang akan kembali tersaji di MPL Indonesia Season 13.

Thoriq Az Zuhri | 17 May, 03:25

Gelandang Barcelona, Fermin Lopez.  (Jovi Arnanda/Skor.id).

La Liga

Almeria vs Barcelona: Blaugrana Menang 2-0, Fermin Lopez Cetak Dua Gol

Fermin Lopez mencetak dua gol dan membawa Barcelona menang 2-0 atas Almeria, dalam laga La LIga 2023-2024, Jumat (17/5/2024) dini hari WIB.

Irfan Sudrajat | 16 May, 23:28

MPL Indonesia (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

Daftar Pemenang Penghargaan Mingguan MPL Indonesia Season 13

Di MPL Indonesia Season 13, ada beberapa penghargaan mingguan yang diberikan. Berikut ini adalah daftar pemenangnya.

Thoriq Az Zuhri | 16 May, 21:23

PMSL SEA 2024 (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

Esports

PMSL SEA Summer 2024: Hasil, Jadwal, dan Klasemen Lengkap

Berikut ini adalah hasil, jadwal lengkap, format, dan klasemen lengkap turnamen PUBG Mobile, PMSL SEA Summer 2024.

Thoriq Az Zuhri | 16 May, 21:21

MDL Indonesia (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

MDL Indonesia Season 9: Hasil, Jadwal, Klasemen Lengkap

Gelaran MDL Indonesia Season 9 sedang dihelat. Ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkap turnamen kasta kedua Mobile Legends Indonesia.

Thoriq Az Zuhri | 16 May, 21:20

Honor of Kings (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

Honor of Kings Siap Pra-registrasi dan Gelar Turnamen

Mulai Kamis (16/5/2024), pemain dapat melakukan pra-registrasi untuk peluncuran global.

Gangga Basudewa | 16 May, 18:43

Turnamen Mobile Legends, MPL Indonesia Season 13. (Yusuf/Skor.id)

Esports

Jadwal Pekan Kesembilan MPL ID Season 13, Penentuan Tiket Playoff

Lima tim masih akan berjuang untuk memperebutkan tiga tiket tersisa untuk menuju babak playoff.

Gangga Basudewa | 16 May, 18:22

Trofi Piala Eropa atau UEFA European Championship. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

World

Kilas Balik Piala Eropa 1964: Gelar Pertama Spanyol

Berikut ini kilas balik Piala Eropa 1964 (Euro 1964), ketika Spanyol meraih gelar pertama mereka.

Rais Adnan | 16 May, 16:12

Timnas Indonesia

Timnas Indonesia

Uji Coba Timnas Indonesia Lawan Tanzania Sebelum Menjamu Irak-Filipina

Timnas Indonesia akan menjalani laga persahabatan melawan Tanzania sebelum melawan Irak dan Filipina.

Sumargo Pangestu | 16 May, 15:28

Pemain timnas Italia, Matteo Pessina, Nicolo Barella, dan Riccardo Orsolini, dan pelatih Luciano Spalletti. (M. Yusuf/Skor.id).

World

Delapan Pemain Perebutkan Tiga Tempat Tersisa di Timnas Italia untuk Euro 2024

Pelatih Timnas Italia Luciano Spalletti tinggal membutuhkan masing-masing satu pemain untuk posisi kiper, gelandang, dan penyerang.

Tri Cahyo Nugroho | 16 May, 14:48

Load More Articles