Studi Baru Mematahkan 10 Mitos tentang Remaja dan Tidur

Nurul Ika Hidayati

Editor:

 

  • Sebuah studi mengungkap mitos yang salah terkait kebiasaan dan waktu tidur remaja yang tidak mencapai batas 8-10 jam per malam.
  • Para peneliti mengulas 10 anggapan yang selama ini menjadi pegangan bagi para orangtua dan pengasuh.
  • Simak penjelasannya berikut ini, termasuk bahwa remaja yang tidur saat jam sekolah dibilang malas.

SKOR.id - Penelitian baru mengungkap mitos umum terkait tidur remaja dan menjelaskan mengapa kebanyakan dari mereka tidak mencapai waktu tidur 8 hingga 10 jam yang direkomendasikan per malam.

Makalah yang diterbitkan pada 28 September dalam jurnal Sleep Health, mengulas 10 kiasan yang dipegang secara luas di antara para orangtua dan pengasuh, termasuk:

  • Begadang dan tidur di akhir pekan bukanlah masalah besar selama remaja cukup tidur selama waktu itu.
  • Waktu mulai sekolah yang tertunda mendorong waktu tidur yang lebih lambat.
  • Suplemen melatonin aman karena "alami".

Menurut analisa penulis studi Rebecca Robbins, seorang penyelidik di Brigham and Women's Hospital's Division of Sleep and Circadian Disorders dan instruktur kedokteran di Harvard Medical School, tidur remaja itu rumit.

"Selama masa remaja dan pubertas, ada perubahan biologis untuk tidur seperti keterlambatan sekresi melatonin, yang menghasilkan lebih banyak rasa kantuk," kata Robbins kepada TODAY Parents.

"Kondisi itu menciptakan tantangan yang, ditambah dengan tekanan sosial dan lingkungan, menghadirkan badai sempurna bagi remaja yang kurang tidur."

Tekanan sosial dan akademik, konsumsi minuman berenergi, dan stereotip "remaja malas" juga dapat membuat tidur remaja menjadi topik yang disalahpahami, catat Robbins.

Berikut adalah 10 mitos umum tentang remaja dan tidur:

Mitos 1: Anak-anak yang tidak termotivasi tertidur di kelas
Ada pembelaan yang terus berkembang untuk remaja yang tertidur di sekolah (dan itu bukan karena pelajarannya adalah tidur sebentar): Pubertas.

Penelitian yang dilakukan Robbins merujuk pada data yang lebih tua tentang kebiasaan tidur anak-anak berusia 10 tahun selama enam atau tujuh tahun.

Data itu menunjukkan bahwa rasa kantuk di siang hari meningkat seiring dengan pubertas, proses kematangan seksual yang biasanya dimulai antara usia 8 dan 13 tahun untuk anak perempuan dan usia 9 dan 14 tahun untuk anak laki-laki.

Dalam studi yang lebih tua, 92% anak-anak yang belum memasuki pubertas tetap terjaga selama penilaian siang hari, dibandingkan dengan 48% pada tahap perkembangan selanjutnya. Itu menunjukkan faktor fisiologi, bukan kemalasan, yang harus disalahkan atas kantuk selama hari sekolah.

Mitos 2: Remaja harus belajar semalaman sebelum mengikuti ujian
Tudak seorang pun, termasuk remaja, bisa berpikir jernih saat kurang tidur.

Begadang untuk belajar malah memperburuk kemampuan untuk menyimpan informasi, dan kelelahan keesokan harinya mengaburkan fungsi kognitif di bidang pemecahan masalah, penalaran, dan pemahaman.

“Hasil pembelajaran terbaik terjadi ketika remaja belajar dalam sepotong sepotong,” Robbins mengungkapkan lebih lanjut kepada TODAY Parents. "Jadi, jika ujian akan datang dalam dua minggu, ulasan informasi harian yang dikombinasikan dengan tidur sangat ideal."

Orangtua dapat membantu remaja yang menunda-nunda menyusun jadwal belajar, terutama ketika menghadapi kecemasan ujian dan tekanan sosial, tambahnya.

Mitos 3: Remaja yang tidur siang, malas
"Salah satu keluhan orangtua adalah, 'Anak remaja saya malas', tetapi banyak yang bangun terlalu pagi untuk sekolah, antara pukul 5:30 dan 6," kata Robbins. "Remaja mungkin terjaga tetapi otak mereka ada di bantal mereka."

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika, waktu mulai sekolah lebih awal (sebelum jam 8:30 pagi) sebagian bertanggung jawab atas kelelahan remaja.

Baru-baru ini, California mengamanatkan bahwa kelas sekolah menengah umum tidak dapat dimulai sebelum jam 8:30 pagi dan kelas sekolah menengah tidak dapat dimulai sebelum jam 8 pagi. Para ahli memuji perubahan untuk membantu remaja meningkatkan kualitas pembelajaran dan kesehatan mereka.

Mitos 4: Jadwal tidur berada di luar kendali kebanyakan remaja
Ingat rutinitas waktu tidur yang ketat yang kita patuhi sebagai orang tua baru? Ulangi untuk anak remaja Anda.

Mematikan elektronik, membaca buku, minum teh, atau mengobrol bersama menciptakan lingkungan tidur yang optimal untuk semua orang.

"Lebih sulit bagi remaja untuk mengatakan, 'Saya ingin tidur lebih awal,' sehingga orangtua dapat membantu membatasi penggunaan teknologi dan mempersiapkan diri untuk malam hari," kata Robbins.

Mitos 5: Remaja mengompensasi waktu mulai sekolah yang terlambat dengan begadang di malam hari
Jangan mengira remaja akan menunda waktu tidur dengan waktu mulai sekolah yang lebih lambat.

"Kami memiliki data objektif yang menunjukkan bahwa (dalam kasus ini) remaja menjaga waktu tidur mereka tetapi tidur lebih lama di pagi hari," kata Robbins. Dia juga mencatat dalam makalahnya, "Satu studi benar-benar mendokumentasikan pergeseran ke waktu tidur rata-rata yang jauh lebih awal hingga 20 menit setelah penundaan waktu mulai sekolah."

Mitos 6: Minuman berenergi membalikkan efek malam tanpa tidur
Gula, kafein, dan stimulan lain dalam minuman berenergi dapat menyebabkan kecemasan, masalah kesehatan, dan insomnia, menurut CDC.

Namun, seperti yang dilaporkan oleh studi Robbins tadi, "30% dari siswa kelas 10 hingga 12 dilaporkan mengonsumsi minuman berenergi secara teratur."

"Minuman berenergi menipu otak untuk berpikir bahwa tubuh tidak lelah. Namun, kafein tetap ada di dalam tubuh, terkadang antara enam dan sembilan jam," kata Robbins, lagi.

Mitos 7: Melatonin adalah suplemen yang aman karena "alami"
Menurut Mayo Clinic, suplemen melatonin dapat membantu mengatasi jet lag atau gangguan tidur. Namun, Robbins menyoroti reputasi "kontroversial" mereka.

"Penggunaan suplemen meningkat dua kali lipat dalam 10 tahun di semua kelompok umur," kata sang pakar. "Tingkat peningkatan itu belum digabungkan dengan penelitian jangka panjang yang cukup untuk memahami implikasi suplemen melatonin."

Studi Robbins memasukkan data terpisah yang mempertanyakan keakuratan label melatonin dan mencatat bahwa remaja sering mengonsumsi suplemen tanpa pengawasan medis.

Mitos 8: Remaja membutuhkan waktu tidur yang lebih sedikit daripada anak-anak yang lebih muda
Ya, anak sekolah menengah membutuhkan waktu tidur lebih sedikit daripada rekan mereka yang lebih muda - 8 hingga 10 jam vs. 9 hingga 11 jam - tetapi kebanyakan remaja tidak mencapai pedoman yang direkomendasikan untuk memulai.

Oleh karena itu, mengkhawatirkan rata-rata remaja yang tidur "terlalu banyak" masih bisa diperdebatkan.

Mitos 9: Begadang dan tidur di akhir pekan tidak apa-apa selama remaja cukup istirahat selama waktu itu
"Banyak remaja memiliki jadwal tidur yo-yo di mana mereka memiliki satu jadwal tidur di malam sekolah dan satu lagi di akhir pekan," kata Robbins. "Kami tidak berbicara tentang perbedaan 30 menit - sering kali perbedaan waktu dua hingga empat jam."

Ketidakseimbangan itu menciptakan "jet lag sosial" yang "memperburuk ketidaksejajaran sirkadian yang mengarah pada gangguan fungsional, termasuk kinerja akademik yang lebih rendah, perilaku berisiko seperti konsumsi alkohol berlebihan, dan peningkatan gejala kesehatan mental," catat studi tersebut.

"Jika kita melanjutkan siklus itu, otak percaya kita terbang ke zona waktu lain," jelas Robbins. "Itulah mengapa mereka berjuang pada hari Senin jika Anda tidak cukup tidur pada hari Sabtu."

Mitos 10: Terlalu banyak tidur buruk bagi remaja
Tidak ada alasan untuk khawatir jika remaja tidur kadang-kadang versus teratur.

"Pedoman (Tidur) berkaitan dengan durasi tidur malam yang konsisten, bukan tidur malam 'pemulihan' sesekali setelah periode kurang tidur," kata studi tersebut.

"Karena sebagian besar remaja bahkan tidak memenuhi batas bawah dari kisaran yang direkomendasikan untuk tidur 8-10 jam secara konsisten di malam hari, sangat jarang bagi remaja untuk secara rutin tidur lebih dari 10 jam di malam hari."***

Berita Entertainment Bugar Lainnya:

Awas, Diet 'Bulking and Cutting' pada Remaja dan Dewasa Muda terkait Gangguan Makan dan Dismorfia Otot

Jutaan Remaja Terganggu dengan Masalah Kesehatan Mental, 10 Tanda yang Tidak Boleh Diabaikan

Depresi Lebih Menyerang Remaja Putri daripada Remaja Laki-laki, Apa Penyebabnya?

Source: Today.com

RELATED STORIES

Tips Menjaga Resolusi Tahun Baru Anda Tetap Berjalan

Tips Menjaga Resolusi Tahun Baru Anda Tetap Berjalan

Menjadi spesifik, namun fleksibel adalah salah satu cara Anda dapat mencapai tujuan Anda dengan lebih baik

Cara Terbaik untuk Detoksifikasi setelah Pesta Tahun Baru; 5 Kebiasaan untuk Usus Sehat

Cara Terbaik untuk Detoksifikasi setelah Pesta Tahun Baru; 5 Kebiasaan untuk Usus Sehat

Setelah semua kesenangan dan kemeriahan, saatnya mendetoksifikasi sistem pencernaan Anda. Seorang ahli gizi berbicara tentang cara terbaik untuk membersihkan usus Anda setelah pesta makan.

Tantangan Dry January: Ini Cara Mempertahankan Kebiasaan Sehat Itu Sepanjang Tahun

Tantangan Dry January: Ini Cara Mempertahankan Kebiasaan Sehat Itu Sepanjang Tahun

Dry January, tantangan tanpa alkohol, menawarkan penangguhan, reset, kesempatan untuk merenungkan pengaruh alkohol terhadap kehidupan kita. Orang-orang bersumpah untuk menukar kegemaran mabuk selama 31 hari dengan kejernihan mental.

Martina Navratilova Didiagnosis Kanker Tenggorokan dan Payudara: 14 Tanda yang Perlu Anda Ketahui

Martina Navratilova Didiagnosis Kanker Tenggorokan dan Payudara: 14 Tanda yang Perlu Anda Ketahui

Martina Navratilova telah didiagnosis menderita kanker tenggorokan dan payudara. Jara tunggal Grand Slam 18 kali itu, yang divonis kanker payudara pada 2010, akan memulai pengobatan di New York bulan ini.

Berjalan Kaki sebagai Olahraga: 7 Mitos dan Fakta yang Perlu Diketahui

Berjalan Kaki sebagai Olahraga: 7 Mitos dan Fakta yang Perlu Diketahui

Ada banyak alasan mengapa jalan kaki begitu populer. Olahraga ini menawarkan semua manfaat kesehatan dan kebugaran dari latihan cardio intensitas rendah (LISS) lainnya.

Cara Membaca Label Nutrisi dengan Benar

Label nutrisi — kotak kecil persegi panjang yang dicetak pada setiap makanan dan minuman kemasan — dimaksudkan sebagai alat yang berguna untuk membuat pilihan makanan sehat.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Laga Tottenham Hotspur vs Arsenal di Liga Inggris 2023-2024. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

Liga Inggris

Prediksi dan Link Live Streaming Tottenham Hotspur vs Arsenal di Liga Inggris 2023-2024

Berikut ini prediksi dan link live streaming Tottenham Hotspur vs Arsenal di Liga Inggris 2023-2024.

Pradipta Indra Kumara | 28 Apr, 05:53

Liga TopSkor

Liga TopSkor U-16 2024: Tak Diperkuat Pemain Inti, ASAD Purwakarta Berhasil Taklukkan Cipta Gemilang

Duel antara ASAD Purwakarta kontra Cipta Gemilang digelar di Lapangan Nirwana Park, Sawangan, Sabtu (27/4/2024).

Sumargo Pangestu | 28 Apr, 04:28

Legenda Manchester United asal Serbia, Nemanja Vidic. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

Bola Internasional

Dengarkan Langsung Cerita Nemanja Vidic di Stadeo Live Room!

Stadeo Live Room menghadirkan legenda Manchester United, Nemanja Vidic, pada Minggu (28/4/2024) mulai pukul 11.00 WIB.

Thoriq Az Zuhri | 28 Apr, 03:07

EVOS Esports. (Hendy Andika./Skor.id)

Esports

Sejarah Posisi Klasemen EVOS di Musim Reguler MPL Indonesia

Berikut ini adalah sejarah posisi EVOS di klasemen Musim Reguler turnamen Mobile Legends: Bang Bang, MPL Indonesia.

Thoriq Az Zuhri | 27 Apr, 23:32

Turnamen Valorant, VCT 2024: Pacific Stage 1. (Hendy Andika/Skor.id).

Esports

VCT 2024 Pacific Stage 1: Hasil, Jadwal, Klasemen Lengkap

Gelaran VCT 2024 Pacific Stage 1 sedang dihelat. Ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkap turnamen Valorant Asia Pasifik ini.

Thoriq Az Zuhri | 27 Apr, 23:11

Turnamen PUBG Mobile, Ruthless Pro Series: Clash of Giants. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

RPS Clash of Giants Season 4: Hasil, Jadwal, dan Klasemen

Berikut ini adalah hasil, jadwal lengkap, format, dan klasemen turnamen PUBG Mobile, Ruthless Pro Series: Clash of Giants Season 4.

Thoriq Az Zuhri | 27 Apr, 23:10

Turnamen Dota 2, ESL One Birmingham 2024. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

ESL One Birmingham 2024: Hasil, Jadwal, Klasemen Lengkap

Turnamen Dota 2, ESL One Birmingham 2024, sedang dihelat. Berikut ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkapnya.

Thoriq Az Zuhri | 27 Apr, 23:09

FFWS alias Free Fire World Series (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

Esports

FFWS SEA Spring 2024: Hasil, Jadwal, Klasemen Lengkap

Gelaran FFWS SEA Spring 2024 sedang dihelat. Ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkap turnamen Free Fire se-Asia Tenggara ini.

Thoriq Az Zuhri | 27 Apr, 23:08

Turnamen Mobile Legends, MPL Indonesia Season 13. (Yusuf/Skor.id)

Esports

MPL Indonesia Season 13: Hasil, Jadwal, Klasemen Lengkap

Gelaran MPL Indonesia Season 13 sedang dihelat. Ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkap turnamen tertinggi Mobile Legends: Bang Bang Indonesia.

Thoriq Az Zuhri | 27 Apr, 23:07

Liga 3 Nasional atau putaran nasional Liga 3. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

National

Tim Debutan Putra Angkasa Kapal FC Bertekad Ukir Sejarah di Liga 3 Nasional 2023-2024

Klub asal Bali, Putra Angkasa Kapal FC, punya mimpi besar di Liga 3 Nasional 2023-2024.

Teguh Kurniawan | 27 Apr, 22:13

Load More Articles