Cara Membaca Label Nutrisi dengan Benar

Nurul Ika Hidayati

Editor:

  • Kita diharapkan untuk sangat berhati-hati saat membeli produk makanan atau minuman kemasan jika ingin mencoba untuk makan sehat.
  • Setiap produk memiliki label nutrisi yang menjelaskan informasi penting mengenai apa yang Anda makan dan jenis bahan yang dikandungnya.
  • Seorang ahli diet membagikan cara membaca, memahami, dan menggunakan label nutrisi.

SKOR.id - Produsen bahan makanan bisa menjadi kacau, terutama jika Anda melakukannya dengan hati-hati dan mencoba untuk makan sehat.

Untungnya, produk memiliki label nutrisi yang menjelaskan informasi penting mengenai apa yang Anda makan dan jenis bahan yang dikandungnya. Jika Anda tahu apa yang harus dicari, proses menemukan makanan sehat untuk diet Anda bisa lebih mudah.

Ahli diet terdaftar Kayla Kopp, RD, membagikan cara membaca, memahami, dan menggunakan label nutrisi untuk membuat keputusan makanan sehat hanya dalam tujuh langkah mudah.

Apa itu label nutrisi?
Label nutrisi — kotak kecil persegi panjang yang dicetak pada setiap makanan dan minuman kemasan — dimaksudkan sebagai alat yang berguna untuk membuat pilihan makanan sehat.

Tetapi ada banyak fakta nutrisi yang bisa dicerna di dalam kotak kecil itu. Mengetahui apa yang harus dilakukan dengan informasi tersebut terbukti menantang, kata Kopp.

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) mengubah label fakta nutrisi pada tahun 2016 lalu. Tujuannya: Untuk membantu orang lebih mudah menemukan informasi tentang apa yang mereka masukkan ke dalam tubuh mereka.

Pabrikan memiliki waktu hingga 2021 untuk memperbarui label mereka, itu sebabnya Anda mungkin memperhatikan perubahannya sekarang. Meski dengan tampilan baru, mencari tahu cara membaca label nutrisi masih bisa sedikit rumit.

“Informasi pada label nutrisi dapat membantu Anda lebih memahami dampak makanan atau minuman terhadap kesehatan dan tujuan diet Anda,” kata Kopp.

Dia menawarkan tips bermanfaat tentang tujuh item berikut yang akan Anda temukan di label nutrisi:

1. Ukuran porsi dan jumlah porsi
Ukuran porsi mengacu pada jumlah makanan atau minuman yang biasanya Anda konsumsi. Misalnya, ukuran porsi bisa berupa 15 kerupuk, 1 cangkir yogurt, atau sebotol soda 8 ons.

Tidak memahami atau salah membaca ukuran porsi adalah salah satu kesalahan utama yang dilakukan orang saat membaca label nutrisi, kata Kopp. Label nutrisi juga menunjukkan jumlah porsi dalam suatu produk.

Apa yang harus diingat: Ukuran porsi memberikan dasar untuk label nutrisi lainnya - dan di sinilah hal itu bisa menjadi rumit. “Orang-orang meremehkan ukuran porsi,” kata Kopp.

"Kecuali jika Anda menghitung jumlah kerupuk yang sebenarnya atau menggunakan alat ukur atau timbangan makanan, Anda mungkin makan lebih dari satu porsi."

Kopp merekomendasikan untuk mengukur makanan dan minuman Anda selama beberapa minggu sampai Anda merasa yakin memperkirakan porsinya.

2. Kalori
“Kalori adalah ukuran energi yang disediakan makanan atau minuman,” Kopp menjelaskan.

Label nutrisi didasarkan pada diet harian per 2.000 kalori. Tetapi kebutuhan kalori sangat bervariasi tergantung pada usia seseorang, jenis kelamin saat lahir, tinggi badan, berat badan, dan tingkat aktivitas.

Karena banyak orang Amerika saat ini memperhatikan kalori untuk menurunkan berat badan ataupun mempertahankan berat badan yang sehat, Anda akan melihat kalori yang disorot dalam CETAK BOLD BESAR di bagian atas label nutrisi.

Apa yang harus diingat: Ukuran porsi suatu produk memengaruhi jumlah kalorinya.

“Katakanlah ada tiga porsi dalam satu paket kue. Jika Anda makan seluruh paket, Anda telah makan tiga kali lipat dari jumlah kalori yang tertera pada label nutrisi,” kata Kopp.

Secara umum, makanan dengan sekitar 100 kalori per sajian merupakan makanan berkalori sedang yang cocok dengan pola makan sehat. Cobalah untuk menghindari atau membatasi makanan berkalori tinggi yang memiliki 400 kalori atau lebih per porsi.

3. Nutrisi: lemak, karbohidrat dan protein
Lemak, karbohidrat, dan protein merupakan tiga makronutrien utama dalam makanan dan minuman. Mereka memberi Anda energi, membangun otot, dan membantu menyerap vitamin.

Apa yang perlu diingat: Jenis lemak dan karbohidrat tertentu lebih sehat daripada yang lain. Inilah yang harus diperhatikan, untuk masing-masing hal di atas:

*Fat/lemak
"Fokus pada jumlah lemak jenuh dalam makanan daripada jumlah lemak totalnya," kata Kopp, memberikan sarannya.

Itu karena diet tinggi lemak jenuh dapat berkontribusi pada penyakit jantung. Lemak jenuh terjadi secara alami pada daging dan produk susu. Mereka juga ada dalam minyak kelapa, minyak sawit, makanan ringan tertentu dan makanan yang dipanggang dan digoreng. Orang yang mengikuti diet harian 2.000 kalori tidak boleh makan lebih dari 20 gram lemak jenuh per hari.

*Karbohidrat
Label nutrisi memecah karbohidrat, atau "karbo", menjadi serat makanan, gula total, dan gula tambahan.

  • Serat: Serat makanan membantu pencernaan, mencegah sembelit dan mendorong penurunan berat badan. Kopp merekomendasikan untuk mengonsumsi antara 25 hingga 35 gram serat setiap hari.
  • Karbohidrat: Orang dengan pradiabetes dan diabetes perlu memperhatikan jumlah karbohidrat harian mereka, yang dapat meningkatkan kadar gula darah.
  • Gula tambahan: Ditemukan dalam soda, makanan penutup, permen, saus salad, dan sereal, berkontribusi pada kalori kosong atau non-gizi yang dapat menyebabkan penambahan berat badan. Kopp dan American Heart Association (AHA) merekomendasikan agar pria dan orang yang ditetapkan sebagai pria saat lahir (AMAB) mengonsumsi gula tambahan tidak lebih dari 36 gram (9 sendok teh) per hari. Wanita dan orang yang ditetapkan sebagai wanita saat lahir (AFAB) harus mendapatkan tidak lebih dari 25 gram (6 sendok teh) gula tambahan setiap hari.

*Protein
Kecuali Anda pulih dari cedera atau mencoba membentuk otot, Anda bisa melewatkan bagian protein dari label nutrisi, kata Kopp. Jika Anda sedang memulihkan diri dari cedera atau mencoba membentuk otot, Anda sebaiknya bicara dengan dokter untuk menentukan jumlah protein yang harus Anda konsumsi setiap hari.

"Tidak ada yang tidak sehat tentang protein," katanya. Dan, sangatlah jarang makan terlalu banyak protein. Plus, protein membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Kopp merekomendasikan untuk menargetkan 20 hingga 30 gram protein per makanan.

4. Kolesterol
Selama Anda memperhatikan angka lemak jenuh pada label nutrisi, kolesterol adalah bagian lain yang bisa Anda lewati. “Sebagian besar makanan yang mengandung kolesterol tinggi juga tinggi lemak jenuhnya,” kata Kopp.

Apa yang perlu diingat: Tubuh Anda membuat semua kolesterol yang dibutuhkan, jadi tidak ada alasan untuk mendapatkan "ekstra" dari daging atau produk susu. Jika Anda ingin melacak angka ini, rekomendasi seseorang dengan diet 2.000 kalori adalah kurang dari 300 miligram kolesterol per hari.

5. Natrium
Sodium adalah elektrolit yang menyeimbangkan cairan dalam tubuh Anda dan membantu saraf dan otot Anda bekerja dengan baik.

Tapi terlalu banyak natrium dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, stroke, dan kerusakan ginjal. Menurut FDA, kebanyakan orang Amerika mengonsumsi sekitar 3.400 miligram sodium setiap hari – itu 1.100 miligram lebih banyak dari jumlah yang disarankan.

Apa yang perlu diingat: Kopp merekomendasikan untuk menjaga asupan natrium kurang dari 600 miligram untuk masing-masing dari tiga makanan harian Anda dan kurang dari 200 miligram untuk dua makanan ringan setiap hari.

6. Vitamin dan mineral
Vitamin dan mineral membantu tubuh Anda tumbuh, berkembang dan bekerja dengan baik. Banyak makanan orang Amerika kekurangan kalsium, vitamin D, zat besi, dan potasium.

Karena rendahnya asupan vitamin dan mineral ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti anemia, osteoporosis, tekanan darah tinggi, serta penyakit jantung, para ahli menyebutnya sebagai "nutrisi yang menjadi perhatian kesehatan masyarakat".

Apa yang perlu diingat: Tergantung pada produknya, label nutrisi bisa mencantumkan hingga 14 vitamin berbeda dan 14 mineral berbeda. Tetapi semua label nutrisi juga harus menyertakan empat nutrisi yang menjadi perhatian kesehatan masyarakat ini:

  • Kalsium meningkatkan gigi dan tulang yang kuat, membantu pembekuan darah dan mengatur irama jantung dan fungsi saraf.
  • Vitamin D membantu memperkuat tulang dan mengatur tekanan darah dan hormon.
  • Zat besi membuat darah teroksigenasi dan sehat, mencegah anemia. Ini juga melindungi terhadap infeksi dan membantu pertumbuhan dan perkembangan, terutama selama kehamilan.
  • Kalium, yang juga merupakan elektrolit, membantu menjaga tekanan darah yang sehat.

7. Persen nilai harian (% DV)
Kolom sebelah kanan label fakta nutrisi akan mencantumkan persentase nilai harian (ditulis sebagai % DV) untuk setiap nutrisi dalam satu porsi makanan atau minuman.

Anda dapat menggunakan nomor ini untuk mengetahui apakah suatu makanan mengandung nutrisi tertentu yang tinggi atau rendah.

Apa yang harus diingat: Meskipun persentase nilai harian bisa menjadi alat yang berguna, itu juga bisa membingungkan.

Nutrisi dengan DV 5% atau lebih rendah memiliki nilai harian yang rendah. Nutrisi dengan DV 20% atau lebih memiliki nilai harian yang tinggi.

Tetapi apakah Anda ingin % DV menjadi tinggi atau rendah? Kopp menjelaskan:

  • Untuk tambahan gula, natrium, atau lemak jenuh, Anda menginginkan nilai harian yang rendah.
  • Untuk serat, vitamin dan mineral, Anda menginginkan nilai harian yang lebih tinggi.
  • Untuk mencegah kebingungan, dia merekomendasikan untuk berfokus pada angka nutrisi di sisi kiri label daripada nilai hariannya.

Mengapa label nutrisi penting
Ketika Anda memahami cara membaca label nutrisi dengan benar, ini dapat membantu Anda membandingkan dan memilih antara berbagai merek atau produk serupa.

Juga, mempelajari bagaimana angka pada label nutrisi memengaruhi kesehatan Anda secara keseluruhan dapat membantu Anda melakukan pembelian toko bahan makanan yang terinformasi.

Ini merupakan nilai tambah yang besar, terutama bagi mereka yang belanja dengan tergesa-gesa atau keluar untuk mendapatkan barang-barang kebutuhan di menit-menit terakhir.***

Berita Entertainment Bugar Lainnya:

Kekurangan Nutrisi 'Penyebab Utama' Kerontokan Rambut, Konsumsi Ini untuk Mencegahnya

Waspada Tanda-tanda Malnutrisi pada Anak, Ini 11 Gejala Fisiknya

6 Sayuran Paling Padat Nutrisi

RELATED STORIES

10 Tren Kesehatan yang Diharapkan Viral Sepanjang Tahun 2023

10 Tren Kesehatan yang Diharapkan Viral Sepanjang Tahun 2023

Untuk mengantisipasi tahun 2023, Cleveland Clinic mencari tahu mengenai penyedia layanan kesehatan, praktik kesehatan, dan kebugaran mana yang diprediksi pantas menjadi tren di tahun baru. Dari diet dan olahraga hingga perawatan kulit dan perawatan diri, berikut adalah 10 kebiasaan sehat yang kami harap akan berhasil di tahun mendatang.

Memahami Commotio Cordis: Fenomena Langka yang Sebabkan Jantung Pemain NFL Damar Hamlin Berhenti

Memahami Commotio Cordis: Fenomena Langka yang Sebabkan Jantung Pemain NFL Damar Hamlin Berhenti

Para ahli mengatakan Damar Hamlin, bintang Buffalo Bills yang pingsan di tengah lapangan pada Senin malam, mungkin menderita penyakit jantung langka, namun mengancam jiwa yang dapat terjadi jika jantung menerima pukulan di antara detak yang disebut commotio cordis.

Beragam Manfaat Kesehatan dari Aktivitas Mewarnai untuk Orang Dewasa

Beragam Manfaat Kesehatan dari Aktivitas Mewarnai untuk Orang Dewasa

Aktivitas mewarnai tak hanya untuk anak, tapi juga bermanfaat bagi orang dewasa yang melakukannya.

Diet Mediterania Cara Makan Paling Sehat Tahun 2022, yang Ke-6 Kali Berturut-turut

Diet Mediterania Cara Makan Paling Sehat Tahun 2022, yang Ke-6 Kali Berturut-turut

Diet Mediterania dinobatkan sebagai cara makan paling sehat selama enam tahun berturut-turut oleh panel ahli untuk US News & World Report.

Bintang NBA Paul George: Saya Butuh Bantuan untuk Kesehatan Mental Saya, Anda Juga Bisa!

Bintang NBA Paul George menyebutkan bahwa dia butuh bantuan untuk kesehatan mentalnya. Dan itu berarti siapa saja juga dapat menemukan bantuan dari pihak lain.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Di atas adalah beberapa makanan penurun kolesterol Jahat menurut pakar Universitas Harvard. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Culture

10 Makanan Penurun Kolesterol ‘Jahat’ Menurut Pakar dari Universitas Harvard

Para ahli Universitas Harvard mengungkap makanan terbaik untuk menurunkan profil kolesterol jahat dalam darah ke tingkat yang sehat.

Tri Cahyo Nugroho | 02 May, 19:17

Irak U-23 vs Indonesia U-23. (Yusuf/Skor.id)

Timnas Indonesia

Skor Stats: Rating Pemain dan MotM Indonesia U-23 vs Irak U-23 di Piala Asia U-23 2024

Timnas U-23 Indonesia gagal meraih tiket lolos langsung ke Olimpiade 2024 setelah takluk di perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024, Kamis (2/5/2024) malam WIB.

Taufani Rahmanda | 02 May, 19:03

Ilustrasi Basket. (Hendy AS/Skor.id)

Basketball

FIBA Buka Kantor Perwakilan Asia Tenggara di Jakarta, Kepercayaan Dunia Basket untuk Indonesia

FIBA berencana mendirikan kantor perwakilan untuk wilayah Asia Tenggara di Jakarta dan diproyeksi beroperasi tahun ini.

Arin Nabila | 02 May, 18:52

AS Roma vs Bayer Leverkusen di semifinal Liga Europa 2023-2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

World

Prediksi dan Link Live Streaming AS Roma vs Bayer Leverkusen di Liga Europa 2023-2024

Prediksi dan link live streaming AS Roma vs Bayer Leverkusen di Liga Europa 2023-2024 yang akan digelar pada Jumat (3/5/2024) pukul 02.00 WIB.

Irfan Sudrajat | 02 May, 18:07

Chelsea vs Tottenham Hotspur di Liga Inggris 2023-2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

Liga Inggris

Prediksi dan Link Live Streaming Chelsea vs Tottenham Hotspur di Liga Inggris 2023-2024

berikut ini prediksi dan link live streaming Chelsea vs Tottenham Hotspur pada pertandingan Liga Inggris 2023-2024.

Pradipta Indra Kumara | 02 May, 18:05

LeBron James, Arnold Schwarzenegger, dan Kurt Russell diyakini sebagai aktor terbaik Hollywood dengan latar belakang atlet. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Culture

3 Aktor Hollywood Terbaik Berlatar Belakang Atlet

Arnold Schwarzenegger, Kurt Russell, dan LeBron James menduduki tiga besar aktor berlatar belakang atlet dengan sejumlah parameter.

Tri Cahyo Nugroho | 02 May, 16:46

Joao Almeida, pelatih asal Portugal yang menangani Unggul FC Malang di Pro Futsal League 2023-2024. (Yusuf/Skor.id)

National

Joao Almeida Tegaskan Target Unggul FC di Putaran Kedua Pro Futsal League 2023-2024

Pelatih Unggul FC Malang, Joao Almeida menegaskan masih memiliki target yang sama seperti putaran pertama Pro Futsal League 2023-2024.

Taufani Rahmanda | 02 May, 16:42

Stadion Kenan Memoriam di Universitas North Carolina disinyalir terkait dengan peristiwa Pembantaian Wilmington. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Culture

Stadion Kenan Memorial Dikaitkan dengan Sejarah Pembantaian Wilmington

Stadion Kenan Memorial di UNC Chapel Hill dihubungkan dengan sejarah kelam yang tersembunyi 100 tahun lebih: Pembantaian Wilmington.

Tri Cahyo Nugroho | 02 May, 16:38

Proliga 2024

Other Sports

Update Proliga 2024 Sektor Putra: Jadwal, Hasil, dan Klasemen

Kompetisi sektor putra Proliga 2024 bakal diikuti oleh tujuh tim dan dijadwalkan berlangsung pada 25 April–21 Juli nanti.

Doddy Wiratama | 02 May, 15:27

Subaru Indonesia dalam JDM Run Mandalika Time Attack 2024 (Yusuf/Skor.id).

Other Sports

Subaru Indonesia Gemilang dalam JDM Run Mandalika Time Attack 2024

Ajang JDM Run Mandalika Time Attack 2024 melibatkan 91 starter dari seluruh Indonesia.

Kunta Bayu Waskita | 02 May, 14:41

Load More Articles