Bintang NBA Paul George: Saya Butuh Bantuan untuk Kesehatan Mental Saya, Anda Juga Bisa!

Nurul Ika Hidayati

Editor:

  • Paul George mengaku telah menghadapi tantangan mental sepanjang hidupnya.
  • Namun, hidup dalam gelembung NBA selama pandemi virus corona dirasakannya sebagai kekalahan pertama dalam perjuangannya tersebut.
  • Pada akhirnya dia memilih mendapatkan bantuan, menjadi lebih baik, dan sekarang ingin membantu orang lain yang menghadapi perjuangan yang sama.

SKOR.id - Beberapa minggu lalu, Paul George dan istrinya dapat kejutan yang tidak pernah mereka bayangkan sepanjang hidup mereka. Putri bungsu mereka yang baru berusia 5 tahun mengungkapkan bahwa dia mendengar suaranya sendiri di kepalanya!

"Sangat mengejutkan bagi anak berusia 5 tahun ini bahwa dia memiliki pemikiran batin, dan itu adalah pertama kalinya dia menyadari bahwa kita masing-masing memiliki "orang batin". Pada akhirnya kami sekelurga melakukan perjalanan mental itu."

Bintang Los Angeles Clippers itu sebelumnya mengungkapkan dirinya mengalami perjuangan serius dalam pertempuran kesehatan mentalnya selama musim NBA dalam gelembung pandemi virus corona di Orlando. Tanpa malu, pebasket profesional itu mengakui kalah. 

"Sepanjang hidup, saya telah menghadapi tantangan mental dan selalu merasa seperti saya telah memenangkan pertempuran itu, tetapi di sinilah saya berada dalam gelembung kekalahan."

"Saya tidak tahu ke mana harus pergi, apa yang harus dilakukan, bagaimana mengatasinya. Itu adalah pengalaman yang belum pernah saya alami. Kami semua tertutup dari dunia, terisolasi dan tidak bisa tidur, bersama dengan membaca postingan media sosial dan melihat komentar kebencian yang mulai memengaruhi saya."

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by LA Clippers (@laclippers)

Dalam sebuah kolom yang dituliskan untuk USA Today, George merasa seperti berada dalam simulator permainan di mana semuanya bergerak sama setiap hari, yang mau tidak mau harus dia ikuti dan jalani. Dia mulai merasa stres dan pada akhirnya sangat merugikannya.

"Saat itulah saya harus mengangkat tangan dan menyerahkan bendera dan berkata hei, saya butuh bantuan. Itu adalah langkah pertama untuk menjadi lebih baik – mengakui bahwa ada sesuatu yang terjadi. Dan melalui tim saya, saya dapat berbicara dengan terapis profesional, seseorang yang membantu saya mengatasi stres yang saya rasakan."

Orang mengira atlet adalah pahlawan super, bahwa mereka lebih unggul dan di atas dunia.

"Ada ekspektasi bahwa kami akan membuat permainan heroik dari waktu ke waktu. Gim ini dibangun berdasarkan persentase - Anda menghasilkan beberapa dan Anda melewatkan beberapa. Tetapi ketika Anda melewatkan satu bidikan, jutaan penggemar, mungkin melucu secara online dan menertawakannya," kata George.

Pada intinya, George menyebutkan ada tekanan dan stres menjadi seorang atlet, dan ada juga anggapan luas terkait atlet dan kesehatan mentalnya – terlebih lagi dalam orang komunitas kulit hitam.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Paul George (@ygtrece)

"Stigma di antara para atlet dan lebih luas lagi dalam budaya orang kulit hitam adalah bahwa mencari bantuan adalah tanda kelemahan."

"Ada kurang pemahaman dan kesadaran tentang cara mendapat bantuan, siapa yang harus diajak bicara, siapa yang dapat Anda percayai untuk terbuka tentang tantangan mental."

Elemen stres yang unik untuk atlet
George lalu menyinggung salah satu atlet bela diri campuran dan juga bintang UFC, George St. Pierre, yang berbicara mengenai kesehatan mental beberapa waktu laly.

"Dia pensiun di puncak profesinya pada usia muda, dan alasannya sebagian besar adalah stres yang disebabkan oleh persiapan untuk setiap pertarungan. Itu mengingatkan saya bahwa kecuali Anda seorang atlet elite, Anda mungkin tak menyadari elemen unik dari stres yang dialami para atlet."

Seingat Paul George, pemain NBA pertama yang berbicara terus terang tentang pertarungan pribadi mereka dengan kesehatan mental adalah Kevin Love dan DeMar DeRozan. "Itu mengejutkan saya karena DeMar, yang bermain basket dengan saya di sekolah menengah merupakan teman baik saya."

Mendengar teman baiknya juga berjuang mengatasi kesehatan mentalnya membuar George saya sadar bahwa Anda tidak boleh berasumsi bahwa Anda tahu apa yang sedang dialami orang atau apa yang mungkin sedang dialami orang, dan tidak apa-apa untuk terbuka saat Anda membutuhkan bantuan. Bahwa hal terburuk yang dilakukan adalah mengabaikan atau menekan kesehatan jiwa seseorang.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Paul George (@ygtrece)

"Setiap orang mengalami stres karena hal-hal sehari-hari. Untuk para atlet, ada harapan untuk tampil di level yang sangat tinggi dan menghibur di depan jutaan penggemar, dan meski biasanya tidak 100% sehat."

"Stres itu bisa menyerang Anda, dan terkadang bisa menghancurkan Anda di saat-saat sulit. Tapi di situlah Anda harus mendapatkan ketangguhan mental itu dan mempelajari ketangguhan mental itu."

Lebih tangguh secara mental
Banyak orang berpikir bahwa kita tidak tangguh secara mental jika mencari bantuan, tetapi justru sebaliknya. "Anda bisa jadi atlet yang hebat dan tangguh secara mental dalam persaingan, tetapi jika Anda tahu ada sesuatu yang terjadi dalam kesehatan mental Anda dan dapat mencari bantuan, itu hanya akan membuat Anda lebih kuat."

Satu hal yang dipercaya George, tidak ada yang lebih besar dari masalah yang terjadi dalam hidup mereka dan itu dapat memengaruhi siapa pun, tidak peduli perkara status, agama, atau ras Anda.

"Ketika saya melalui pertempuran mental saya, dan terutama ketika datang dari media sosial yang penuh kebencian dari orang-orang yang belum pernah saya temui, itu membuat saya menghargai hubungan yang saya miliki dengan keluarga, orang-orang yang paling dekat dengan saya, yang tahu karakter saya. Merekalah orang-orang yang penting bagi saya."

Untuk itulah, George tidak segan untuk bekerja dengan seorang profesional sehingga dapat bermeditasi, menenangkan pikirannya, melakukan aktivitas yang dia sukai, bersama orang yang dia sukai, menutup diri dari hal negatif dan menempatkan diri kembali ke jalurnya.

Menyediakan akses 
Meningkatkan kesadaran, menghilangkan stigma, dan juga menyediakan akses ke perawatan profesional semuanya penting untuk menyelesaikan krisis kesehatan mental yang dihadapi begitu banyak orang di komunitas kita.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Paul George (@ygtrece)

George tidak menampik bahwa orang-orang takut untuk mengakui tantangan mental mereka dan mencari bantuan. "Saya pikir kita harus mulai dari sana, membuat orang merasa nyaman dengan membicarakannya. Lalu kita akan berbicara tentang menyediakan akses ke perawatan yang terjangkau."

"Saya tak merasa memiliki masalah dengan kesehatan mental, sampai saya melakukannya."

"Ketika orang mencapai momen itu, ketika mereka memiliki referensi dari orang lain yang terbuka tentang perjuangan mereka sendiri, yang mencari bantuan, menjadi lebih baik, itu akan sangat kuat. Itu yang membantu saya merasa nyaman pergi ke seseorang dan mencari bantuan."

"Semakin banyak kita dapat berbicara secara terbuka tentang kesehatan mental, semakin baik keadaan kita semua."

Dan, Paul George ingin menjadi bagian dari solusi, itulah sebabnya dia berbicara sekarang.

Maka itu sebabnya Yayasan Paul George miliknya baru-baru ini menjalin kemitraan dengan perusahaan perawatan kesehatan mental terkemuka BetterHelp untuk menciptakan kesadaran dan memberikan bantuan hingga $3 juta dalam bentuk terapi gratis selama satu bulan kepada siapa saja yang membutuhkan yang mendaftar.

"Manfaat menjaga kesehatan mental kita, berbicara dengan terapis profesional, tentu saja, bersifat pribadi tetapi juga bagi kita semua sebagai masyarakat."

"Siapa yang tahu apa yang bisa datang dari lebih banyak kesadaran, lebih sedikit stigma dan akses yang lebih terjangkau ke perawatan kesehatan mental – lebih sedikit kekerasan, lebih banyak pengertian, lebih banyak cinta dan empati."

"Kita semua manusia, kita semua bersama-sama. Dalam hal kesehatan mental, memahami bahwa tidak satu pun dari kita adalah pahlawan super adalah tempat yang bagus untuk memulainya."***

Berita Entertainment Bugar Lainnya:

Tertawa Obat Terbaik untuk Kesehatan Mental: Jaga Otot Humor Anda

Lindsay Lohan Berbagi Rahasia Rutinitas Kesehatan Mental dan Kebugaran

Pernah Depresi, Paul George Berdonasi untuk Kampanye Kesehatan Mental

Source: usa today

RELATED STORIES

Gianluca Vialli Meninggal karena Kanker Pankreas: 14 Tanda yang Tidak Boleh Anda Abaikan

Gianluca Vialli Meninggal karena Kanker Pankreas: 14 Tanda yang Tidak Boleh Anda Abaikan

Legenda Chelsea, Juventus, Sampdoria, dan tim nasional Italia, Gianluca Vialli. meninggal dunia pada usia 58 tahun setelah berjuang melawan kanker pankreas sejak tahun 2017.

Mengapa Memberi Sangat Baik untuk Kesehatan Anda

Mengapa Memberi Sangat Baik untuk Kesehatan Anda

Anda dapat membuat perbedaan besar di dunia dengan menawarkan waktu dan dukungan kepada teman dan keluarga, menjadi sukarelawan untuk organisasi, atau menyumbang untuk amal.

Haruskah Anda Benar-benar Tetap Berolahraga saat Sakit?

Haruskah Anda Benar-benar Tetap Berolahraga saat Sakit?

Haruskah Anda Benar-Benar Berolahraga Saat Sakit? Jika gejalanya di atas leher, lakukanlah! Di bawah leher, sebaiknya istirahat.

Tren Kebugaran yang (Mungkin) Akan Mendominasi di Tahun 2023

Tren Kebugaran yang (Mungkin) Akan Mendominasi di Tahun 2023

Men's Health mengumpulkan pendapat dari beberapa penasihat dan pakar kebugaran untuk mencari tahu tentang tren kebugaran pada tahun 2023.

5 Mitos Tidur Singkat yang Mungkin Anda Percayai

5 Mitos Tidur Singkat yang Mungkin Anda Percayai

Dari hanya tidur 6 jam hingga akhir pekan yang malas, ini 5 mitos tidur sebentar yang mungkin Anda percayai.

Hasil NBA 2022-2023: Celtics Pertajam Rekor, Lakers Kalah Tanpa LeBron James

Hasil NBA 2022-2023: Celtics Pertajam Rekor, Lakers Kalah Tanpa LeBron James

Boston Celtics mencatatkan rekor terbaik pada paruh musim NBA 2022-2023 berkat kemenangan atas Chicago Bulls, Selasa (10/1/2023) WIB.

NBA Berencana Gelar Musim Reguler di Paris pada 2024

NBA Berencana Gelar Musim Reguler di Paris pada 2024

Chicago Bulls dan Detroit Pistons adalah dua tim pertama yang sepakat dengan rencana musim reguler di Paris pada 2024.

Hasil NBA 2022-2023: Bucks Superior di Kandang Pacers, Warriors Bungkam Raptors

Giannis Antetokounmpo mencetak 41 poin untuk membantu Milwaukee Bucks menang di markas Indiana Pacers dalam lanjutan NBA, Sabtu (28/1/2023) WIB.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Seragam baru Liverpool untuk musim 2023-2024 dari Nike. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Culture

Jersey Kandang Liverpool 2024-2025 Kental Sejarah Tim 1984

Seragam baru Liverpool untuk musim 2024-2025 ini bisa jadi yang terakhir dari Nike.

Tri Cahyo Nugroho | 03 May, 17:27

Iga Swiatek vs Aryna Sabalenka

Tennis

Madrid Open 2024: Iga Swiatek vs Aryna Sabalenka, Final Ideal Tersaji di Caja Magica

Dua tunggal putri terbaik dunia, Iga Swiatek dan Aryna Sabalenka, akan berhadapan di partai puncak Madrid Open 2024.

I Gede Ardy Estrada | 03 May, 16:11

Selain memiliki banyak manfaat, sinar matahari juga bisa berbahaya bagi tubuh (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

All Culture

Hari Matahari Internasional: Daftar Manfaat dan Bahaya Sinar Matahari

Berikut ini adalah lima manfaat dan enam bahaya sinar matahari.

Kunta Bayu Waskita | 03 May, 15:05

Persikabo 1973.

Liga 1

Skor Stats: Persikabo 1973 Turun ke Liga 2 dengan Status Paling Banyak Kalah di Liga 1

Uraian fakta menarik dari hasil Persikabo 1973 vs Barito Putera di pekan ke-34 atau akhir Regular Series Ligaa 1 2023-2024.

Nizar Galang | 03 May, 14:40

bojan hodak persib

Liga 1

Harapan Pelatih Persib Jelang Championship Series Liga 1 2023-2024 Lawan Bali United

Kekalahan di akhir Regular Series Liga 1 2023-2024 tak jadi masalah bagi pelatih Persib Bandung, Bojan Hodak.

Taufani Rahmanda | 03 May, 14:06

Bigetron Esports

Esports

Bigetron Esports Alami Kesulitan Cari Pemain Honor of Kings

CEO Bigetron sampai menanyakan saran kepada followersnya untuk mencari pemain HOK.

Gangga Basudewa | 03 May, 13:30

Persib Bandung - M Yusuf - Skor.id

Liga 1

Skor Stats: Persib Paling Minim Kalah dan Terproduktif

Persib Bandung menorehkan catatan positif, kendati di laga terakhir fase reguler kalah dari PSS Sleman.

Rais Adnan | 03 May, 13:27

Persiba Bantul - Jovi Arnanda.

National

Tampil Dominan, Ini Resep Persiba Bantul Hadapi Jadwal Padat Liga 3 Nasional 2023-2024

Pelatih Persiba Bantul, Endro Bawono mengungkapkan mempunyai strategi dalam menghadapi padatnya jadwal Liga 3 Nasional 2023-2024.

Nizar Galang | 03 May, 13:13

Jakarta STIN BIN dan Jakarta Pertamina Enduro

Other Sports

Proliga 2024: Jakarta STIN BIN dan Jakarta Pertamina Enduro Masih Sempurna

Jakarta STIN BIN dan Jakarta Pertamina Enduro sama-sama sukses menyapu bersih kemenangan pada tiga laga awal mereka di Proliga musim ini.

I Gede Ardy Estrada | 03 May, 13:06

Max Verstappen

Formula 1

Max Verstappen: Red Bull Tak Terlalu Terdampak dengan Kepergian Adrian Newey

Adrian Newey dan Red Bull sepakat berpisah pada kuartal pertama 2025 setelah hampir 20 tahun bekerja sama di ajang Formula 1.

Arin Nabila | 03 May, 12:39

Load More Articles