Bob Marley Mencuat Lagi Berkat Film One Love, Sebar Adidas dari Jamaika ke Dunia

Kunta Bayu Waskita

Editor: Kunta Bayu Waskita

Bob Marley memiliki sisi lain dalam olahraga, yakni sebagai penggemar sepak bola dan Adidas (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).
Bob Marley memiliki sisi lain dalam olahraga, yakni sebagai penggemar sepak bola dan Adidas (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

SKOR.idAdidas lahir di Jerman dan memperoleh pengaruh besar di Inggris. Namun salah satu rumah budayanya sebenarnya berada di seberang Samudera Atlantik, yakni di Jamaika, Karibia. 

Masuk akal jika Jerman dan Inggris yang merupakan negara-negara pencinta sepak bola menyukai Three Stripes (sebutan lain Adidas mengacu pada logo).

Namun hal itu bukan semata karena apresiasi mereka terhadap permainan sepak bola yang indah, melainkan juga disebabkan oleh ekspor budaya terbesar Jamaika bernama Bob Marley.

Ya, mendiang Bob Marley, sang superstar reggae, belakangan kembali menjadi pusat pembicaraan. Bukan berarti masyarakat masih meratapi kepergiannya.

Melainkan karena One Love, sebuah film biografi yang menggambarkan kebangkitannya dari keterpurukan hingga kematiannya pada 1981, tayang di bioskop AS mulai 14 Februari 2024. 

Hal ini memberikan kesempatan kepada Adidas untuk meluncurkan produk, baik yang berafiliasi maupun tidak, yang menunjukkan ikatan antara Marley, Three Stripes, dan Jamaika.

Ada peluncuran kembali Adidas Island Series dengan sepatu Jamaika baru, kemitraan resmi antara Federasi Sepak Bola Jamaika dan Adidas yang dibuat oleh desainer all-star Grace Wales Bonner.

Selain itu juga proyek resmi antara Fear of God Athletics karya Jerry Lorenzo dan properti Marley melalui Rohan Marley.

Salah satu atribut terbesar Adidas adalah arsipnya. Hal ini tidak hanya mencakup sepatu yang disimpan di Herzogenaurach, Jerman.

Namun juga momen-momen selama bertahun-tahun yang berdampak pada banyak orang dan tidak akan pernah bisa dihapuskan. 

Beberapa hubungan terkuat dengan Adidas bagi sebagian orang terletak pada gambaran Bob Marley yang mengenakan merek tersebut.

Dia mengenakan sepasang SL72 atau Rod Lavers, sepasang sepatu bola sambil merobek-robeknya di lapangan atau minum-minum di pantai.

Atau, mengenakan salah satu track top Beckenbauer atau kaus Three Stripes.

Bob Marley seakan berfungsi sebagai papan reklame berjalan untuk merek tersebut. 

Ketika kemitraan antara artis dan perusahaan pakaian olahraga dapat diperhitungkan dan sering kali terasa membosankan, kombinasi Marley dan Adidas sangatlah menyegarkan. 

Dia memakai pakaian itu karena dia menyukainya, dan itu membuatnya lebih keren. 

Dia bukan “ikon sepatu kets” seperti yang kita kenal akhir-akhir ini, baik seorang atlet dengan sepatu signature-nya atau seorang seniman yang merancang produk hype.

Tapi seseorang yang keluar dan menjalani kehidupan yang luar biasa dan membuat barang-barang yang dia kenakan sebanyak itu lebih keren berdasarkan asosiasi.

Hal itulah yang menginspirasi desainer Fear of God, Jerry Lorenzo, untuk membuat koleksi merchandise bersama Marley Estate untuk film One Love

Lorenzo mengatakan dia berkolaborasi dengan putra Bob Marley, Rohan, untuk menyelesaikan proyek tersebut.

“(Bob Marley) duta besar tidak resmi 3 Stripes nomor satu di dunia, dan tidak diragukan lagi yang paling berpengaruh,” kata Lorenzo melalui akun Instagram-nya. 

“Itulah alasan mengapa 3 Stripes memiliki makna budaya bagi saya sebagai seorang anak,” Lorenzo menambahkan.

Meski koleksinya saat ini hanya berupa hoodie dan T-shirt bergambar Marley sedang bermain sepak bola, Lorenzo mengatakan masih banyak lagi yang akan datang.

Hal itu ia sampaikan dalam komentar Instagram di akun @complexstyle. “Benih kecil dan lihat apa yang akan terjadi,” Lorenzo menulis. 

“Ya, dirancang menjadi pakaian dan lain-lain, serta kisah mendalam seputar sepak bola Marley dan warisan sepak bola Amerika akan diceritakan secara menyeluruh.”

“Kami ingin memberikan sebuah koleksi kecil untuk merayakan film tersebut hari ini.”

“Ya, penghargaan apa pun terhadap Bob Marley layak mendapatkan koleksi bernuansa mendalam, dan itu akan terjadi,” ucap Lorenzo.

Produk Bertema Rasta

Sulit untuk tidak melihat pengaruh Bob Marley terhadap merek Adidas dan pengaruh Jamaika terhadap budaya sepatu kets. 

Kembali ke masa lalu ke awal tahun 2000-an dan kunjungi toko Journey mana pun, kemungkinan besar Anda akan melihat sejumlah produk bertema Rasta dari merek tersebut. 

Jari kaki cangkang dengan garis-garis merah, kuning dan hijau merupakan hal yang lumrah pada zaman itu, beberapa terbuat dari rami juga. 

Jaket dan T-shirt juga dibuat dengan gaya yang serasi. Pada 2008, Adidas menghadirkan koleksi dengan rekaman Tuff Gong Marley.

Koleksi mencakup sepatu kets Model Pro dengan gambar Singa Yehuda pada bagian tumit dan rangkaian pakaian yang semuanya dibuat dalam warna Rasta.

Garis keturunan Adidas Marley mungkin paling baik diungkapkan oleh lini SPZL Gary Aspden pada Musim Semi 2017.

Ketika itu, mantan kepala pemasaran hiburan Adidas membuat kampanye melalui lensa Jamaika. Dia tidak hanya menciptakan kembali gaya tahun 1970-an dan 1980-an.

Tetapi juga merekrut superstar reggae saat ini, Chronixx, untuk lookbook dan memotretnya di Jamaika untuk benar-benar menyampaikan maksudnya.

“Saya adalah penggemar berat Bob Marley (saya tidak percaya siapa pun yang bukan penggemarnya),” kata Aspden saat itu.

“Dia serta rekan-rekannya adalah orang pertama, sejauh yang saya tahu, yang mengadopsi pakaian olahraga dari kepala hingga ujung kaki sebagai tampilan di luar lapangan.”

“Itu dilakukanya jauh sebelum hip-hop dan rapper mengambil tampilan seperti itu,” Aspden menambahkan.

“Rangkaian pakaian menggunakan grafis bertuliskan 'Two Elevens Clash' mengacu pada benturan dua subkultur.”

“Yaitu, reggae asal Jamaika dan budaya 'santai' sepak bola Inggris. Keduanya memiliki hubungan yang kuat dengan Adidas,” Aspden menuturkan.

Kaitannya dengan Marley, Adidas, dan gaya Inggris juga dianut Sean Paul saat tampil dalam Full Size Run tahun 2022.

Adidas juga menjadi favorit saya untuk sementara waktu,” kata Paul, rapper asal Jamaika. 

“Marley dulu sering memakai sepatu bola Adidas. Tapi yang juga cukup terkenal di Jamaika, yang saya yakin Anda semua tahu, adalah Clarks.”

Meski tidak terkait langsung, ketiga dunia ini bersaing untuk mendapatkan salah satu sepatu kets terbaik tahun 2023 dengan karya Ronnie Fieg di Kith x Clarks x Adidas Samba.

Sangat mudah untuk melihat sepatu itu dan, jika Anda tahu sedikit sejarahnya, lihat bagaimana semuanya menyatu.

Sepasang sepatu sepak bola Samba dengan sol krep tebal dari Clarks, keduanya telah beredar di Jamaika selama beberapa dekade.

Ikatan lain budaya Jamaika dan Adidas adalah kemitraan baru-baru ini antara merek tersebut dan Timnas Sepak Bola Jamaika berjulukan Reggae Boyz dan Reggae Girlz.

Desainer Inggris-Jamaika, Grace Wales Bonner, juga mendapatkan perhatian yang layak melalui karyanya di Adidas Samba. 

Bonner mampu merancang jersey resmi dan jaket warming up untuk Timnas Jamaika yang mengingatkan kita pada masa lalu dan sangat sesuai dengan etos merek tersebut.

Bonner juga beberapa kali mengerjakan ulang Adidas SL72, sepatu yang terkenal dikenakan Bob Marley dengan celana panjang dan kemeja berkancing. 

Ada juga SL72 yang merupakan bagian dari koleksi sepak bola Jamaika dalam warna hijau, kuning, dan hitam.

Rasta pada Adidas Samba x Ajax Amsterdam

Pada 2021 kita mendapatkan kembali sepatu kets Bob Marley x Adidas, ketika klub sepak bola Belanda, Ajax Amsterdam, berkolaborasi dengan merek tersebut dalam sebuah Adidas Samba.

Sepatu ini mengenakan garis-garis Rasta dan terinspirasi oleh lagu Marley, Three Little Birds.

Pendukung klub menyanyikan lagu ini dalam pertandingan, dengan lirik, “Jangan khawatir tentang apa pun/karena segala sesuatu yang kecil akan baik-baik saja.

Itu seakan memberikan harapan kepada umat beriman, bahkan dalam masa-masa sulit. 

Klub Ajax juga mengenakan seragam ketiga yang terinspirasi oleh Marley dan lagunya.

Hubungan antara Adidas dan musik reggae masih kuat, terutama di Inggris, di mana kedua dunia tersebut terhubung sebagai persimpangan budaya.

“Musik Reggae adalah kehidupan,” kata kolektor dan kolaborator Adidas Inggris-Jamaika Robert Brooks dalam film Adidas SPZL tahun 2019 

“Musik reggae adalah detak jantung. Itu bagian dari kehidupan saya sehari-hari.” 

“Sepasang sepatu latihan baru di acara all-dayer mengatakan banyak hal. Dan pada usia itu, Anda ingin mengatakan banyak hal,” ujar Brooks.

Adidas Jamaica                                                  

Momen lain yang datang dari kombinasi trio Adidas, Bob Marley, dan Jamaika adalah peluncuran ulang Adidas Jamaica yang akan datang. 

Sepatu ini hadir dalam warna abu-abu arang pada bagian atas dan garis-garis hitam, dengan garis-garis garis berwarna merah Rasta, kuning, dan hijau. 

Adidas Jamaica terakhir kali keluar pada tahun 2015 dengan warna kuning dan hitam.

Kita sudah lebih dari 40 tahun melewati kematian Bob Marley, dan warisannya lebih kuat daripada sebelumnya. 

Bob Marley memang tidak pernah menginginkan kesan abadinya ada di dunia footwear dan pakaian.

Tapi, tidak ada salahnya jika Marley menjadi wadah untuk menyebarkan pesan perdamaian, cinta, dan persatuan.

Source: complex.com

RELATED STORIES

Bob Marley dan Sepak Bola: Keterikatan yang Kuat

Bob Marley dan Sepak Bola: Keterikatan yang Kuat

Bob Marley adalah penggemar sepak bola sejati, dan bahkan pernah bercita-cita untuk menjadi seorang pemain profesional.

Adidas AE 1 ‘All-Star’ Dirilis Februari 2024

Adidas AE 1 ‘All-Star’ Dirilis Februari 2024

Peluncuran Adidas AE 1 “All-Star” ini dilakukan untuk menyambut NBA All-Star Weekend 2024.

Adidas Akan Jual Sepatu Yeezy dan Sumbangkan Hasilnya

Adidas Akan Jual Sepatu Yeezy dan Sumbangkan Hasilnya

Adidas siap menjual beberapa sepatu kets dan produk lain hasil kerja sama dengan rapper Kanye West dan menyumbangkan sebagian hasilnya untuk amal.

Adidas Bentangkan Spanduk Lionel Messi di Luar Angkasa

Adidas hadirkan gambar Lionel Messi di luar angkasa dalam kampanye iklan terbaru mereka.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

buriram united.jpeg

World

Rival Tersungkur, Buriram United Hat-trick Juara Liga Thailand

Kekalahan Bangkok United dari Police Tero, Jumat (17/5/2024), memastikan gelar Thai League 1 ketiga beruntun buat Buriram United.

Teguh Kurniawan | 17 May, 20:42

Panjat tebing, salah satu cabang olahraga yang cukup diminati di Indonesia. (Dede Mauladi/Skor.id)

Other Sports

Panjat Tebing Indonesia Punya Kans Raih Tambahan 2 Tiket ke Olimpiade Paris 2024

Atlet panjat tebing Indonesia akan berjuang lolos ke Paris 2024 lewat dua seri kualifikasi terakhir di Shanghai dan Budapest.

I Gede Ardy Estrada | 17 May, 17:48

saddil ramdani.jpg

National

Main Penuh, Saddil Ramdani Bawa Sabah FC Raih Kemenangan Perdana Musim Ini

Sabah FC menang 3-2 atas Kelantan Darul Naim di Liga Super Malaysia 2024-2025, Jumat (17/5/2024), Saddil Ramdani ikut terlibat.

Teguh Kurniawan | 17 May, 16:13

Eurokars Pre-Owned Car Expo digelar di markas Eurokars Group of Indonesia kawasan Pondok Indah, Jakarta(Yusuf/Skor.id).

Automotive

Eurokars Group Indonesia Umumkan Pre-Owned Car Expo Pertama

Berbagai mobil pre-owned mewah hadir dari Porsche, BMW, McLaren, Maserati, hingga Bentley.

Kunta Bayu Waskita | 17 May, 15:59

Kiri ke kanan: Lebron, Forward, Magic, Good for a Girl, dan Michael Jordan: The Life (Yusuf/Skor.id).

All Culture

Hari Buku: 5 Rekomendasi Autobiografi dan Biografi Atlet yang Inspiratif

Biografi dan memoar olahraga berikut dikemas dengan drama atletik yang akan dinikmati tiap pembaca.

Kunta Bayu Waskita | 17 May, 15:15

Berlari tidak melibatkan peralatan mewah apa pun. (Hendy AS/Skor.id)

Other Sports

Brand Kecantikan Nu Skin Indonesia Pertama Kali Gelar Event Lari, Peserta Didominasi Perempuan

Nu Skin Run 10K 2024 diikuti sebanyak 1.500 peserta yang 60% diantaranya merupakan perempuan.

Arin Nabila | 17 May, 15:13

Jude Bellingham, Achraf Hakimi, dan Nuri Sahin pernah bermain untuk Real Madrid dan Borussia Dortmund. (Yusuf/Skor.id).

La Liga

3 Pemain Terbaik yang Membela Borussia Dortmund dan Real Madrid

Berikut ini 3 pemain terbaik yang pernah membela Borussia Dortmund dan Real Madrid.

Pradipta Indra Kumara | 17 May, 14:52

bojan hodak persib

Liga 1

Championship Series Liga 1 2023-2024: Bojan Hodak Pede Persib Kalahkan Bali United

Pelatih Persib Bandung, Bojan Hodak bicara duel semifinal leg kedua Championship Series Liga 1 2023-2024 lawan Bali United.

Nizar Galang | 17 May, 14:49

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra.

Liga 1

Championship Series Liga 1 2023-2024: Pelatih Bali United Antisipasi Kemungkinan Adu Penalti

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra bicara duel lawan Persib pada leg kedua semifinal Championship Series Liga 1 2023-2024.

Nizar Galang | 17 May, 14:28

Timnas Denmark mengandalkan pemain-pemain Liga Inggris saat berlaga di Euro 2024 (Yusuf/Skor.id).

World

Profil Tim Grup C Euro 2024: Denmark

Denmark diperkuat bintang-bintang Liga Inggris dari Christian Eriksen hingga Rasmus Hojlund.

Kunta Bayu Waskita | 17 May, 14:20

Load More Articles