9 Manfaat Semangka, Buah yang Kaya Nutrisi untuk Kesehatan

Kunta Bayu Waskita

Editor: Kunta Bayu Waskita

Buah semangka (Yusuf/Skor.id).
Buah semangka memiliki banyak manfaat untuk kesehatan (Yusuf/Skor.id).

SKOR.id – Buah semangka belakangan viral sebagai bentuk dukungan masyarakat dunia terhadap Palestina. Di balik itu, semangka memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Buah ini merupakan sumber antioksidan dan nutrisi yang baik. Selain mendukung hidrasi, semangka juga dapat meningkatkan banyak aspek kesehatan dan mencegah kondisi kesehatan tertentu.

Semangka diyakini pertama kali dibudidayakan lebih dari 4.000 tahun yang lalu di Afrika Timur Laut.

Rasanya manis dan berair, menjadikannya suguhan sempurna untuk melepas dahaga Anda selama musim panas.

Buah berbentuk bulat besar ini memiliki kulit berwarna hijau dan daging buah berwarna merah cerah. Semangka juga kaya akan nutrisi, termasuk antioksidan dan vitamin A dan C.

Berikut adalah 9 manfaat kesehatan utama dari semangka:

1. Membantu Anda Tetap Terhidrasi          

Tetap terhidrasi penting agar tubuh Anda berfungsi dengan baik.

Pengaturan suhu tubuh, fungsi organ normal, dan pengiriman nutrisi ke sel mrupakan beberapa proses tubuh yang bergantung pada hidrasi yang memadai.

Mengonsumsi makanan dengan kandungan air tinggi dapat membantu memberikan tubuh Anda air yang dibutuhkan agar berfungsi dengan baik.

Semangka mengandung 92% air, menjadikannya pilihan tepat untuk asupan air harian.

Selain itu, karena kandungan airnya yang tinggi, semangka memiliki kepadatan kalori yang rendah. Dengan kata lain, kalori yang sangat sedikit untuk berat totalnya.

Mengonsumsi makanan dengan kepadatan rendah kalori, seperti semangka, dapat membantu pengelolaan berat badan dengan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Kesimpulan:

Kandungan air yang tinggi pada semangka dapat membantu Anda tetap terhidrasi yang mendukung kesehatan Anda secara keseluruhan, serta membuat Anda merasa kenyang.

Kulit semangka memiliki segudang manfaat yang bahkan melebihi daging buahnya. (Hendy AS/Skor.id)
Semangka memiliki kandungan air yang tinggi (Hendy Andika/Skor.id).

2. Memiliki Nutrisi dan Senyawa Tumbuhan Bermanfaat

Semangka mengandung berbagai nutrisi, termasuk potasium, magnesium, serta vitamin A dan C. Semangka juga relatif rendah kalori, hanya mengandung 46 kalori per cangkir (152 gram).

Berikut nutrisi dalam 1 cangkir (152 gram) semangka mentah yang dipotong dadu:

  • Kalori: 46
  • Karbohidrat: 11,5 gram
  • Serat: 0,6 gram
  • Gula: 9,4 gram
  • Protein: 0,9 gram
  • Lemak: 0,2 gram
  • Vitamin A: 5% dari Nilai Harian (NH)
  • Vitamin C: 14% dari NH
  • Kalium: 4% dari NH
  • Magnesium: 4% dari NH

Semangka juga kaya akan citrulline, asam amino yang dapat meningkatkan kinerja untuk berolahraga.

Selain itu, semangka mengandung antioksidan, termasuk vitamin C, karotenoid, likopen, dan cucurbitacin E.

Senyawa ini membantu melawan radikal bebas, yaitu molekul tidak stabil yang dapat merusak sel jika terakumulasi di dalam tubuh. 

Seiring waktu, kerusakan ini dapat menyebabkan kondisi seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

Kesimpulan:

Semangka mengandung banyak nutrisi, termasuk sejumlah besar vitamin A dan C. Semangka juga menawarkan antioksidan seperti likopen dan cucurbitacin E.

3. Diyakini Memiliki Efek Antikanker

Beberapa senyawa tumbuhan yang ditemukan dalam semangka, termasuk likopen dan cucurbitacin E, mungkin memiliki efek antikanker.

Meskipun hasil penelitian beragam, asupan likopen mungkin dikaitkan dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker prostat dan kolorektal.

Lycopene diyakini bekerja dengan menurunkan kadar faktor pertumbuhan seperti insulin (IGF), hormon yang mendorong pembelahan sel. 

Khususnya, kanker terbentuk ketika pembelahan sel menjadi tidak terkendali.

Selain itu, cucurbitacin E dapat menghambat pertumbuhan tumor dengan mendorong autophagy sel kanker. Autophagy adalah proses dimana tubuh Anda menghilangkan sel-sel yang rusak.

Meski begitu, penelitian lebih lanjut pada manusia masih diperlukan.

Kesimpulan:

Semangka mengandung senyawa tanaman yang dapat melawan beberapa jenis kanker. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian.

4. Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung

Beberapa nutrisi dalam semangka dapat mendukung kesehatan jantung. Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia. 

Perlu diperhatikan bahwa faktor gaya hidup seperti pola makan dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke dengan menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

Studi menunjukkan bahwa likopen dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah. 

Semangka juga dapat membantu mencegah kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh kadar kolesterol tinggi.

Semangka juga mengandung citrulline, asam amino yang dapat meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh Anda. 

Nitric oxide membantu pembuluh darah Anda melebar, yang menurunkan tekanan darah.

Vitamin dan mineral lain yang menyehatkan jantung dalam semangka termasuk magnesium, potasium, dan vitamin A, B6, dan C.

Kesimpulan:

Lycopene dan citrulline dalam semangka dapat mendukung kesehatan jantung dengan menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

5. Mengurangi Peradangan dan Stres Oksidatif

Peradangan adalah penyebab utama banyak penyakit kronis. Kombinasi antioksidan, likopen, dan vitamin C dalam semangka dapat membantu menurunkan peradangan dan kerusakan oksidatif.

Dalam sebuah penelitian, tikus yang diberi bubuk semangka untuk melengkapi pola makan yang tidak sehat mengalami lebih sedikit stres oksidatif.

Serta, tingkat protein C-reaktif penanda inflamasi yang lebih rendah dibandingkan dengan tikus yang dikelompokan dalam control group.

Selain itu, penelitian selama 8 minggu memberi 31 orang dengan obesitas dan penanda inflamasi tinggi 500 mg vitamin C dua kali sehari. 

Mereka menunjukkan penurunan penanda inflamasi yang signifikan dibandingkan dengan control group.

Sebagai antioksidan, likopen juga dapat menunda timbulnya perkembangan penyakit Alzheimer. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian.

Kesimpulan:

Semangka mengandung senyawa yang dapat membantu mengurangi peradangan, yang tingkat tingginya dikaitkan dengan berbagai penyakit.

6. Membantu Menyehatkan Mata

Senyawa likopen semangka mungkin memiliki manfaat untuk mata Anda.

Age-related macular degeneration (AMD) atau degenerasi macular terkait usia adalah masalah mata umum yang dapat menyebabkan kebutaan pada orang dewasa lanjut usia.

Peran likopen sebagai senyawa antioksidan dan anti-inflamasi dapat membantu mencegah dan menghambat AMD, meskipun penelitian masih terbatas.

Sebuah penelitian tabung reaksi yang merawat sel mata dengan likopen menemukan bahwa likopen menurunkan kapasitas penanda inflamasi untuk merusak sel.

Namun, penelitian lebih lanjut pada manusia masih diperlukan.

Kesimpulan:

Lycopene dapat membantu mencegah AMD karena sifat antioksidan dan anti-inflamasinya. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

7. Dapat Meredakan Nyeri Otot

Citrulline, asam amino yang ditemukan dalam semangka, dapat meningkatkan kinerja olahraga dan mengurangi nyeri otot. Ini juga tersedia sebagai suplemen.

Satu ulasan menemukan bahwa asupan citrulline secara teratur setidaknya selama 7 hari meningkatkan kinerja aerobik dengan meningkatkan produksi oksida nitrat dalam tubuh.

Senyawa ini membantu melebarkan pembuluh darah sehingga jantung tidak perlu bekerja keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Terlebih lagi, beberapa bukti menunjukkan bahwa semangka itu sendiri – bukan hanya citrulline – dapat membantu tubuh Anda setelah berolahraga.

Sebuah penelitian yang lebih tua memberikan atlet jus semangka biasa, jus semangka dicampur dengan citrulline, atau minuman kontrol. 

Kedua minuman semangka mengurangi nyeri otot dan pemulihan detak jantung lebih cepat dibanding minuman kontrol. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian.

Kesimpulan:

Citrulline dalam semangka dapat membantu meningkatkan kinerja saat olahraga dan mengurangi nyeri otot.

8. Membantu Kesehatan Kulit

Vitamin A dan C yang terdapat pada semangka penting untuk kesehatan kulit.

Vitamin C, baik saat dimakan atau dioleskan, membantu tubuh Anda membuat kolagen, protein yang membuat kulit Anda kenyal dan rambut Anda kuat.

Sebuah ulasan menemukan bahwa asupan vitamin C yang lebih tinggi dari makanan dan/atau suplemen dapat mengurangi kemungkinan Anda terkena keriput dan kulit kering.

Vitamin A juga penting untuk kesehatan kulit karena membantu menciptakan dan memperbaiki sel-sel kulit.

Dalam sebuah ulasan, hewan dengan kekurangan vitamin A memiliki penyembuhan luka yang lebih buruk dibanding hewan yang diberi makanan bergizi lengkap.

Namun, penelitian lebih lanjut pada manusia tentang semangka secara khusus tetap diperlukan.

Kesimpulan:

Beberapa nutrisi dalam semangka meningkatkan kesehatan rambut dan kulit, meskipun diperlukan lebih banyak penelitian.

9. Memperbaiki Pencernaan

Semangka mengandung banyak air dan sedikit serat, keduanya penting untuk kesehatan pencernaan.

Serat membantu menjaga usus Anda tetap teratur, sementara air memindahkan limbah melalui saluran pencernaan Anda dengan lebih efisien.

Sebuah survei terhadap 4.561 orang dewasa menemukan bahwa mereka yang memiliki asupan cairan dan serat yang rendah lebih mungkin mengalami sembelit. Meskipun demikian, faktor-faktor lain mungkin juga berperan.

Kesimpulan:

Kandungan serat dan air dalam semangka dapat membantu kesehatan pencernaan Anda dengan mendukung pergerakan usus yang teratur.

Ringkasan

Semangka adalah buah yang lezat dan menghilangkan dahaga yang kerap dinikmati banyak orang pada musim panas.

Buah ini memiliki kandungan air yang sangat tinggi dan memberikan nutrisi seperti likopen, citrulline, vitamin A, dan vitamin C.

Penelitian menunjukkan bahwa semangka merah yang manis bahkan dapat meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi nyeri otot, dan mengurangi peradangan, meskipun diperlukan lebih banyak penelitian.

Source: healthline.com

RELATED STORIES

Semangka Tidak Dianjurkan bagi Penderita Diabetes, Begini Faktanya

Semangka Tidak Dianjurkan bagi Penderita Diabetes, Begini Faktanya

Buah semangka kabarnya tidak dianjurkan buat para pengidap diabetes, benarkah?

Buah Delima Ampuh untuk Mencegah Penyakit Jantung dan Kanker

Buah Delima Ampuh untuk Mencegah Penyakit Jantung dan Kanker

Buah delima kaya akan nutrisi di dalamnya, mulai dari vitamin C hingga vitamin K

Buah untuk Makan Malam: 3 Buah Pilihan yang Tidak Akan Mempengaruhi Kadar Gula

Buah untuk Makan Malam: 3 Buah Pilihan yang Tidak Akan Mempengaruhi Kadar Gula

makan buah sebelum tidur dapat mengganggu pencernaan dan tidur nyenyak karena dapat meningkatkan kadar gula darah, sesuatu yang harus dihindari di malam hari.

Buah Terbaik untuk Pertumbuhan Otot, Lebih Baik daripada Kebanyakan Suplemen

Selain makanan yang dikonsumsi dan olahraga yang bisa diikuti, buah-buahan dan sayuran adalah area yang banyak diabaikan untuk pertumbuhan otot.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Stadion GBK untuk sementara ditutup untuk umum termasuk untuk kegiatan olahraga pada Selasa dan Rabu (14-15/11/2023) namun ada sejumlah lokasi yang bisa jadi pengganti. (Hendy AS/Skor.id)

All Culture

Gaya Hidup Sehat Bisa Imbangi Faktor Genetik hingga 60% dan Menambah Usia

Orang dengan gaya hidup tidak sehat memiliki peluang kematian dini 78%, terlepas dari risiko genetik

Kunta Bayu Waskita | 02 May, 02:56

Chelsea vs Tottenham Hotspur di Liga Inggris 2023-2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

Liga Inggris

Prediksi dan Link Live Streaming Chelsea vs Tottenham Hotspur di Liga Inggris 2023-2024

berikut ini prediksi dan link live streaming Chelsea vs Tottenham Hotspur pada pertandingan Liga Inggris 2023-2024.

Pradipta Indra Kumara | 02 May, 01:50

MPL Indonesia (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

Daftar Pemenang Penghargaan Mingguan MPL Indonesia Season 13

Di MPL Indonesia Season 13, ada beberapa penghargaan mingguan yang diberikan. Berikut ini adalah daftar pemenangnya.

Thoriq Az Zuhri | 02 May, 00:51

MDL Indonesia (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

MDL Indonesia Season 9: Hasil, Jadwal, Klasemen Lengkap

Gelaran MDL Indonesia Season 9 sedang dihelat. Ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkap turnamen kasta kedua Mobile Legends Indonesia.

Thoriq Az Zuhri | 02 May, 00:48

Laga Borussia Dortmuns vs Paris Saint-Germain (PSG) di leg pertama semifinal Liga Champions 2023-2024, di Stadion Signal Iduna Park, Kamis (2/5/2024) dini hari WIB. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

World

5 Catatan Laga Borussia Dortmund vs PSG di Semifinal Liga Champions 2023-2024

Berikut ini 5 catatan yang tercipta pada laga Borussia Dortmund vs Paris Saint-Germain (PSG), di semifinal Liga Champions 2023-2024.

Pradipta Indra Kumara | 01 May, 23:53

Tom Saintfiet - Timnas Filipina

World

Pelatih Timnas Filipina Mulai Pantau Pemain Keturunan di Eropa

Pelatih Timnas Filipina, Tom Saintfiet, berburu amunisi tambahan buat pasukannya jelang dua laga pamungkas Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Teguh Kurniawan | 01 May, 21:48

Kiper Manchester United David De Gea. (Dede Mauladi/Skor.id)

La Liga

David de Gea Berpeluang Kembali ke Atletico Madrid Gantikan Jan Oblak

David de Gea berstatus bebas transfer dan tidak memiliki klub sejak 1 Juli 2023.

Tri Cahyo Nugroho | 01 May, 21:34

FFWS alias Free Fire World Series (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

Esports

FFWS SEA Spring 2024: Hasil, Jadwal, Klasemen Lengkap

Gelaran FFWS SEA Spring 2024 sedang dihelat. Ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkap turnamen Free Fire se-Asia Tenggara ini.

Thoriq Az Zuhri | 01 May, 21:28

Turnamen Valorant, VCT 2024: Pacific Stage 1. (Hendy Andika/Skor.id).

Esports

VCT 2024 Pacific Stage 1: Hasil, Jadwal, Klasemen Lengkap

Gelaran VCT 2024 Pacific Stage 1 sedang dihelat. Ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkap turnamen Valorant Asia Pasifik ini.

Thoriq Az Zuhri | 01 May, 21:25

Turnamen PUBG Mobile, Ruthless Pro Series: Clash of Giants. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

RPS Clash of Giants Season 4: Hasil, Jadwal, dan Klasemen

Berikut ini adalah hasil, jadwal lengkap, format, dan klasemen turnamen PUBG Mobile, Ruthless Pro Series: Clash of Giants Season 4.

Thoriq Az Zuhri | 01 May, 21:22

Load More Articles