New Porsche 911 Dakar Meluncur: Mobil Sport Off-Road dengan DNA Juara

Kunta Bayu Waskita

Editor:

  • Ground clearance meningkat 80 milimeter dengan sasis lift-function.
  • Porsche 911 Dakar merupakan mobil langka yang diproduksi terbatas 2.500 unit.
  • Secara opsional tersedia Rallye Design Package untuk menggambarkan tampilan mobil pemenang Rally Paris-Dakar 1984.

SKOR.id – Porsche menggelar peluncuran World Premiere (perdana dunia) yang luar biasa dalam pameran Los Angeles Auto Show, 19-28 November 2022.

Kendaraan yang diluncurkan itu adalah Porsche 911 Dakar baru, yang saat melaju dalam medan off-road diklaim sama nyamannya seperti di jalan raya.

Model eksklusif, diproduksi terbatas 2.500 unit, ini tidak hanya menunjukkan bahwa hampir tidak ada batasan untuk konsep Porsche 911.

Model ini juga merupakan persembahan atas kemenangan pertama secara keseluruhan oleh Porsche dalam reli Paris-Dakar 1984.

Kemenangan penting ini juga menandai kehadiran model penggerak all-wheel drive (AWD) pada Porsche 911.

Inilah alasan Porsche 911 Dakar baru juga ditawarkan dengan Rallye Design Package opsional, yang mengingatkan pada mobil juara yang ikonik itu.

Detail mencolok pertama dari Porsche 911 Dakar adalah ground clearance-nya, yang 50 milimeter lebih tinggi daripada Porsche 911 Carrera dengan suspensi sport.

Sistem lift standar dapat menaikkan ujung depan dan belakang setinggi 30 milimeter. Ground clearance dan sudut kemiringannya menyaingi SUV konvensional.

Sistem lift tidak hanya digunakan untuk melintasi rintangan secara perlahan, tetapi merupakan bagian tidak terpisahkan dari sasis yang dipasang ulang.

Pengaturan high level tersedia untuk perjalanan off-road yang ambisius dengan kecepatan hingga 170 km/jam. Di atas kecepatan itu, mobil otomatis turun kembali ke level normal.

Ban Pirelli Scorpion All Terrain Plus dikembangkan khusus (berukuran 245/45 ZR 19 di depan dan 295/40 ZR 20 di belakang) melengkapi atribut mobil sporty off-road ini.

Dengan pola tapak chunky sedalam sembilan milimeter, dinding samping yang diperkuat, dan benang yang terdiri dari dua carcass plies.

Semua ini menjadikan ban Porsche 911 Dakar ideal bahkan untuk medan yang menantang.

Ban Pirelli P Zero musim panas dan musim dingin tersedia sebagai opsi, dan juga dengan dua carcass plies.

Sedangkan ban all-terrain (untuk semua medan) hadir sebagai standar dan menawarkan dinamika mobil sport di jalan juga.

Memiliki kekuatan untuk semua permukaan

Mesin tiga liter biturbo enam silinder dengan tenaga 480 PS (353 kW) dan torsi 570 Newton meter memberikan performa superior dengan suara mesin boxer yang memikat.

Mobil sport baru ini mampu berlari hingga 100 km/jam dalam 3,4 detik dengan kecepatan tertinggi dibatasi hingga 240 km/jam.

Sebagai standar, mesin dilengkapi dengan PDK delapan kecepatan dan all-wheel drive (AWD) Porsche.

Perlengkapan standar juga mencakup rear-axle steering, dudukan mesin dari Porsche 911 GT3, dan stabilisasi anti-roll PDCC.

Interaksi semua komponen menghasilkan Porsche 911 Dakar sama dinamisnya saat melaju di atas pasir maupun permukaan lepas seperti di Sirkuit Nurburgring Nordschleife.

Performa off-road yang maksimal juga dipastikan dengan dua mode berkendara baru, yang dapat dipilih menggunakan sakelar putar pada kemudi.

Mode Rallye sangat ideal untuk permukaan yang longgar dan tidak rata serta fitur all-wheel drive yang berfokus pada roda belakang.

Dalam mode off-road, high clearance diaktifkan secara otomatis. Mode ini dirancang untuk traksi maksimum dpada medan yang sulit dan di atas pasir.

Kedua mode berkendara baru ini juga menampilkan Rallye Launch Control baru.

Yang memungkinkan akselerasi mengesankan pada permukaan longgar dan memungkinkan roda selip sekitar 20 persen.

Opsi rak atap atau tenda atap serta kronograf Porsche Design

Fitur karakteristik tambahan dari 911 Dakar termasuk spoiler belakang ringan yang baru dikembangkan terbuat dari CFRP.

Serta, tutup kompartemen bagasi depan CFRP dengan outlet udara mencolok yang diambil dari Porsche 911 GT3.

Ada juga detail standar off-road seperti towing lugs aluminium merah di depan dan belakang, wheel wells dan kusen roda yang lebar.

Serta elemen pelindung stainless steel pada kusen depan, belakang, dan samping.

Ventilasi udara samping di ujung depan yang didesain ulang juga terlindungi dari ancaman batu yang beterbangan dengan kisi-kisi stainless steel.

Atap Porsche 911 Dakar menampilkan stopkontak 12 volt yang terlihat untuk lampu depan pada opsi rak atap.

Dengan kapasitas 42 kilogram, rak ini dapat menampung peralatan reli seperti tabung bahan bakar dan air, sekop lipat, dan papan traksi dengan tanpa masalah.

Tenda atap juga tersedia untuk 911 Dakar. Pada interior, Porsche 911 Dakar menonjolkan ambisi sporty-nya dengan jok standar full bucket dan penghilangan jok belakang.

Kaca ringan dan baterai ringan makin mengurangi bobot, memungkinkan Porsche 911 Dakar berbobot 1.605 kg, hanya 10 kg lebih berat daripada 911 Carrera 4 GTS dengan PDK.

Fitur yang menentukan interior Dakar adalah permukaan Race-Tex standar dengan jahitan dekoratif dalam warna Shade Green.

Fitur ini juga tersedia secara eksklusif sebagai lapisan luar atau logam metalik untuk Porsche 911 Dakar.

Paket Rallye Sport menyediakan roll-over bar, sabuk pengaman enam titik, dan pemadam api yang opsional.

Rallye Design Package dengan gaya yang menggambarkan mobil pemenang Paris-Dakar Rally tahun 1984.

Inti opsi Rallye Design Package dari Porsche Exclusive Manufaktur adalah lapisan cat dua warna dalam warna Putih/Enzian Biru Metalik.

Ini adalah pertama kalinya Porsche menerapkan kombinasi cat dua warna dan lapisan dekoratif dalam produksi seri.

Pada bagian samping kendaraan, pelanggan dapat memilih nomor balapan individu antara 0 hingga 999.

Porsche 911 Dakar Rallye Design Package yang tampilannya didasarkan pada kendaraan juara Paris-Dakar Rally 1984, juga menampilkan tulisan "Roughroads" pada pintunya.

Terdapat pula garis reli berwarna merah dan emas. Istilah Roughroads adalah trademark yang terdaftar.

Serta, mencerminkan konsep Porsche 911 Dakar dan kesesuaiannya untuk berkendara off-road.

Pelek bercat putih dan setrip lampu belakang merah, kontras dengan kendaraan standar, melengkapi tampilan yang khas.

Beberapa hal menarik lebih lanjut yang dapat ditemukan pada interior adalah Extended Race-Tex dengan lapisan kulit serta sabuk pengaman dengan aksen Sharkblue.

Porsche Design Chronograph

Pelanggan Porsche 911 Dakar dapat memesan secara eksklusif Porsche Design Chronograph 1-911 Dakar atau Chronograph 1-911 Dakar Rallye Design Edition.

Untuk pertama kalinya, housing terbuat dari karbida titanium ringan dan tahan gores.

Uji Konsumsi Bahan Bakar Porsche 911 Dakar

NEDC: Kombinasi konsumsi bahan bakar: 10,5 l/100 km; Gabungan emisi CO2: 239 g/km.

WLTP: Kombinasi konsumsi bahan bakar: 11,3 l/100 km; Gabungan emisi CO2: 256 g/km.

Berita Otomotif Lainnya:

Porsche Indonesia Buka Lokasi Porsche Destination Charging pertama di Bandung

40 tahun Grup C, Para Pembalap Legendaris Porsche Reuni di Leipzig

Porsche dan Audi Akan Gabung F1 di 2026

Source: Porsche

RELATED STORIES

Kesan Partisipan KTT G20 Usai Menggunakan Wuling Air EV

Kesan Partisipan KTT G20 Usai Menggunakan Wuling Air EV

Wuling Motors juga ikut berpartisipasi sebagai official car partner dengan menghadirkan 300 kendaraan listriknya, Wuling Air ev, selama KTT G20.

Tips Berkendara Aman Saat Wisata ke Alam Terbuka, 'Healing' Makin Asyik

Tips Berkendara Aman Saat Wisata ke Alam Terbuka, 'Healing' Makin Asyik

Pengendara harus melalui medan jalanan yang ekstrem, berkelok, tanjakan curam, dan badan jalan sempit. Hal ini tentunya membutuhkan dukungan kendaraan mumpuni dan kemampuan mengemudi yang andal.

Reli Dakar 2023: Juara Kategori Motor Mundur di Etape 1

Sam Sunderland terpaksa mengubur impian mempertahankan gelar pada Reli Dakar 2023 usai terjatuh di Etape 1.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Pemain timnas Italia, Matteo Pessina, Nicolo Barella, dan Riccardo Orsolini, dan pelatih Luciano Spalletti. (M. Yusuf/Skor.id).

World

Jumlah Pemain Ditambah, Timnas Italia Siap Perluas Skuad untuk Euro 2024

Saat ini sudah ada 13 pemain yang dijamin masuk skuad Italia untuk Euro 2024.

Tri Cahyo Nugroho | 03 May, 22:30

Air Jordan 6 "Olympic" bakal memiliki versi retro terbarunya pada awal Agustus 2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Sneakers

Air Jordan 6 ‘Olympic’ Bakal Muncul Lagi pada Agustus 2024

Air Jordan 6 muncul perdana menjelang Olimpiade Sydney 2000.

Tri Cahyo Nugroho | 03 May, 21:52

Seragam baru Liverpool untuk musim 2023-2024 dari Nike. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Culture

Jersey Kandang Liverpool 2024-2025 Kental Sejarah Tim 1984

Seragam baru Liverpool untuk musim 2024-2025 ini bisa jadi yang terakhir dari Nike.

Tri Cahyo Nugroho | 03 May, 17:27

Iga Swiatek vs Aryna Sabalenka

Tennis

Madrid Open 2024: Iga Swiatek vs Aryna Sabalenka, Final Ideal Tersaji di Caja Magica

Dua tunggal putri terbaik dunia, Iga Swiatek dan Aryna Sabalenka, akan berhadapan di partai puncak Madrid Open 2024.

I Gede Ardy Estrada | 03 May, 16:11

Selain memiliki banyak manfaat, sinar matahari juga bisa berbahaya bagi tubuh (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

All Culture

Hari Matahari Internasional: Daftar Manfaat dan Bahaya Sinar Matahari

Berikut ini adalah lima manfaat dan enam bahaya sinar matahari.

Kunta Bayu Waskita | 03 May, 15:05

Persikabo 1973.

Liga 1

Skor Stats: Persikabo 1973 Turun ke Liga 2 dengan Status Paling Banyak Kalah di Liga 1

Uraian fakta menarik dari hasil Persikabo 1973 vs Barito Putera di pekan ke-34 atau akhir Regular Series Ligaa 1 2023-2024.

Nizar Galang | 03 May, 14:40

bojan hodak persib

Liga 1

Harapan Pelatih Persib Jelang Championship Series Liga 1 2023-2024 Lawan Bali United

Kekalahan di akhir Regular Series Liga 1 2023-2024 tak jadi masalah bagi pelatih Persib Bandung, Bojan Hodak.

Taufani Rahmanda | 03 May, 14:06

Bigetron Esports

Esports

Bigetron Esports Alami Kesulitan Cari Pemain Honor of Kings

CEO Bigetron sampai menanyakan saran kepada followersnya untuk mencari pemain HOK.

Gangga Basudewa | 03 May, 13:30

Persib Bandung - M Yusuf - Skor.id

Liga 1

Skor Stats: Persib Paling Minim Kalah dan Terproduktif

Persib Bandung menorehkan catatan positif, kendati di laga terakhir fase reguler kalah dari PSS Sleman.

Rais Adnan | 03 May, 13:27

Persiba Bantul - Jovi Arnanda.

National

Tampil Dominan, Ini Resep Persiba Bantul Hadapi Jadwal Padat Liga 3 Nasional 2023-2024

Pelatih Persiba Bantul, Endro Bawono mengungkapkan mempunyai strategi dalam menghadapi padatnya jadwal Liga 3 Nasional 2023-2024.

Nizar Galang | 03 May, 13:13

Load More Articles