Mengulik Detail Teknis dan Ubahan Piaggio MP3 hpe Sport yang Baru Rilis di Indonesia

Kunta Bayu Waskita

Editor:

  • Bagian kepala merupakan tampilan yang benar-benar baru, komponen internal sepenuhnya didesain ulang.
  • Mesin Piaggio MP3 hpe Sport dikendalikan oleh Magneti Marelli MIUG4 ECU generasi terbaru.
  • Tersedia dua skema warna: Blu Oxygen dan Argento Cometa.

SKOR.id – Piaggio Indonesia baru saja meluncurkan Piaggio MP3 hpe Sport, sebuah skuter premium dengan banderol Rp330 juta.

Dari sisi teknis dan performa, Piaggio MP3 hpe Sport mengedepankan evolusi terbaru dari mesin Piaggio 300 cc silinder tunggal, 4 stroke, 4 valve.

Terpasang mesin berpendingin cair dengan injeksi elektronik hasil dari uji coba tim riset Piaggio Group dan dikenal sebagai 300 hpe (High Performance Engine).

Dibuat melalui penelitian berkelanjutan yang bertujuan meningkatkan performa, sekaligus menghemat konsumsi bahan bakar.

Tenaga mesin maksimum mencapai 19 kW (25,8 HP) pada 7.750 rpm, dan torsi maksimum mennyentuh 26,1 Nm pada 6.250 rpm.

Dari sisi ubahan dibanding edisi sebelumnya, bagian kepala merupakan tampilan yang benar-benar baru dan dicirikan oleh komponen internal yang sepenuhnya didesain ulang.

Geometri dan diameter saluran telah diubah, serta katup masuk dan buang, yang telah ditambahkan diameternya sebesar 3 mm.

Penggunaan piston dengan arsitektur yang didesain ulang, terutama pada bentuk bagian atas, menghasilkan ruang bakar yang efisien.

Sistem camshaft tunggal dengan katup overhead memiliki rocker dengan tappet gulung, bukan tappet datar.

Semuanya untuk memperhalus getaran mesin, memperkuat daya tahan, dan meminimalisasi kerugian mekanis.

Profil camshaft dirancang untuk mencapai angle over stroke yang lebih kuat.

Tetapi pada saat yang sama mampu mengurangi kebisingan yang dihasilkan oleh distribusi pembakaran.

Khususnya, lebih banyak angle over stroke valve time menjamin pengisian ruang bakar yang lebih besar.

Itu berarti efisiensi yang lebih baik. Akibatnya, beban dan dimensi pegas katup juga meningkat.

Pengenalan injektor multi-jet bertekanan tinggi juga membantu meningkatkan performa pembakaran.

Saluran masuk yang luas, dilengkapi dengan saluran dengan panjang yang dioptimalkan, meningkatkan torsi yang dihasilkan pada putaran rendah.

Sekaligus memastikan pengendaraan yang sangat mulus pada kecepatan apa pun.

Terakhir, namun tidak kalah pentingnya, busi pengapian iridium memastikan daya tahan yang lebih besar dalam kondisi pengoperasian yang sama.

Mesinnya dikendalikan oleh Magneti Marelli MIUG4 ECU generasi terbaru yang menampilkan kapasitas penghitungan yang lebih besar.

Ini berkontribusi meningkatkan efisiensi mesin secara keseluruhan dan memungkinkan mesin untuk dihidupkan hampir seketika, setelah hanya dua putaran poros engkol.

Dengan pembaruan pada mesin, Piaggio MP3 300 hpe Sport mengadopsi sistem pengereman anti-locking ABS yang terintegrasi dengan kontrol traksi ASR (Acceleration Slip Regulation).

ASR (pertama kali disematkan pada skuter oleh Piaggio) dapat dengan mudah dilepas.

Dan, hal itu menjamin keamanan dengan menjaga roda belakang agar tidak tergelincir pada permukaan berbahaya, seperti aspal basah.

Sistem ABS tiga saluran, yang dikembangkan bekerja sama dengan perusahaan ban Continental, memaksimalkan fitur keselamatan aktif.

Fitur ini mencegah penyumbatan roda saat mengerem dan memberikan kendali penuh pada kendaraan setiap saat.

Piaggio MP3 menggunakan sistem pengereman all-disc pada ketiga rodanya, dengan diameter cakram 258 mm di depan dan 240 mm di belakang.

Keamanan yang lebih baik dan pengendaraan yang lebih mulus disediakan oleh roda depan berdiameter 13 inci yang besar.

Piaggio MP3 juga menuai sukses berkat teknologi eksklusif Piaggio yang dipatenkan untuk roda depan ganda yang independen.

Roda depan ganda ini dapat diatur kemiringannya oleh suspensi penghubung empat batang yang unik.

Suspensi dirancang dan dikembangkan oleh Piaggio untuk memastikan kenikmatan berkendara dengan keamanan yang optimal.

Mekanisme gulungan terdiri dari empat lengan aluminium menyatu pada empat engsel yang terhubung dengan kuat ke selongsong tengah.

Serta, dua selongsong samping terhubung ke lengan melalui poros dan bantalan bola.

Pada bagian dalam lengan samping, tabung kemudi kanan dan kiri berputar dalam pengaturan lengan tunggal klasik.

Mekanisme pemblokiran untuk suspensi depan, fitur yang membedakan skuter roda tiga Italia ini, mengubah keseimbangan Piaggio MP3 300 hpe dari dinamis menjadi statis.

Nyalakan kendaraan dan tetap seimbang di tiga roda tanpa perlu penyangga (walau tetap terpasang).

Untuk melanjutkan pengendaraan normal, lakukan akselerasi atau gunakan tombol tekan khusus.

Pilihan warna

Piaggio MP3 300 hpe Sport tampil menonjol berkat berbagai detailnya yang memiliki sentuhan akhir hitam matt.

Seperti "dasi" pada pelindung, garis-garis pada terowongan tengah, dan area pegangan penumpang.

Tampilan sporty-nya semakin menawan dengan pegas shock absorber depan dan belakang yang dicat merah, warna yang juga tampak pada jahitan jok yang kontras.

Rem depan cakram dengan profil gelombang dan papan kaki dengan sisipan aluminium disertakan sebagai standar. Tersedia dua skema warna: Blu Oxygen dan Argento Cometa.

Aksesori

Piaggio MP3 300 hpe Sport dilengkapi dengan berbagai aksesori yang didasarkan pada filosofi desain yang tepat.

Menggabungkan kenyamanan on-board dengan kegunaan sehari-hari yang nyata, sesuai dengan perannya sebagai kendaraan metropolitan.

Adapun rangkaian aksesorinya meliputi:

1. Kotak kompartemen yang dapat dilepaskan dengan cepat berukuran 37 liter

Cukup luas untuk satu helm. Bagian cangkang atas dicat serupa dengan warna kendaraan, serta dilengkapi dengan sandaran yang nyaman.

Hal ini membuat perjalanan penumpang lebih menyenangkan, lengkap dengan material dan warna yang serupa jok.

Tas internal kotak atas terbuat dari material poliester, dirancang berbentuk kotak kompartemennya.

Serta, dilengkapi dengan resleting eksternal untuk barang-barang kecil, pegangan dan tali bahu.

2. Kaca penahan angin

Dibuat dengan bahan anti-chip berkualitas tinggi, menjamin perlindungan optimal dari udara dan cuaca buruk.

Perhatian besar terhadap detail difokuskan pada estetika juga, dengan desain dan finishing yang pas dengan kendaraan.

3. Sarung pelindung luar ruang Piaggio

Penutup pelindung kendaraan dengan pengaturan resleting untuk menampung aksesori tambahan.

Dibuat dengan material polyester hitam dengan garis reflektif dan disematkan Logo Piaggio.

Berita Otomotif Lainnya:

Piaggio MP3 300 hpe Sport Meluncur di Indonesia, Skuter Premium Berharga Rp330 Juta

Renault dan Geely Kerja Sama Dirikan Pabrik Baru untuk Produksi Mesin ICE dan Hybrid

Mengenal Safety Car Hyundai i30 Fastback N yang Akan Bertugas di WSBK Mandalika

 

RELATED STORIES

Bukan Innova, Toyota Rilis Teaser Hybrid Baru Misterius yang Akan Debut 16 November

Bukan Innova, Toyota Rilis Teaser Hybrid Baru Misterius yang Akan Debut 16 November

Penggunaan kata "Reborn" yang berarti "dilahirkan kembali" mengisyaratkan mobil hybrid baru Toyota ini merupakan pembaruan dari model yang sudah ada pada jajarannya.

Piaggio Indonesia Lebarkan Sayap, Hadirkan Diler 3S Piaggio Vespa di Padang

Piaggio Indonesia Lebarkan Sayap, Hadirkan Diler 3S Piaggio Vespa di Padang

Kolaborasi PT Delapan Belas Sejahtera dengan PT Piaggio Indonesia sebagai potensi besar untuk ambil bagian dalam peta pasar kendaraan roda dua di Sumatra Barat.

PT Piaggio Indonesia Menggelar Aftersales and Service Competition 2022

PT Piaggio Indonesia Menggelar Aftersales and Service Competition 2022

Ini merupakan kompetisi bagi seluruh jajaran aftersales and service PT Piaggio Indonesia di seluruh pelosok Tanah Air.

PT Piaggio Indonesia Buka Diler Motoplex 4 Brand di Jakarta Barat

PT Piaggio Indonesia melanjutkan kemitraan strategisnya dengan PT Dwi Pratama Mandiri melalui pembukaan resmi diler Motoplex 4 Brands ketiga di Wilayah Metropolitan Jakarta.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Pendukung Liverpool memenuhi Stadion Andfield. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

Music

Dua Chant Suporter Ini Ungkit Kemiskinan dan Pengangguran di Liverpool

Chant bertajuk “Feed the Scousers” dan “Sign On” sering terdengar sepanjang pertandingan Liverpool dan Everton.

Kunta Bayu Waskita | 01 May, 16:29

Sejumlah film bertema olahraga ternyata bagus untuk ditonton anak-anak. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Culture

5 Film Olahraga yang Bagus untuk Tontonan Anak-anak

Sejumlah film olahraga tidak hanya menghibur namun juga mampu menginspirasi anak-anak.

Tri Cahyo Nugroho | 01 May, 16:21

Cover artikel Elena Rybakina

Tennis

Madrid Open 2024: Elena Rybakina ke Semifinal Usai Comeback Lawan Kompatriot

Petenis Elena Rybakina melaju ke semifinal tunggal putri Madrid Open 2024 setelah menang tiga set atas rekan senegaranya, Yulia Putintseva.

I Gede Ardy Estrada | 01 May, 16:19

Tunnel fits LeBron James dalam beberapa laga terkininya di NBA menarik perhatian karena produk yang dikenakannya. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Culture

Outfit NBA Tunnel LeBron James Merujuk Bagian Penting dari Sejarahnya

LeBron James belakangan terlihat gemar memakai busana dari Hillwood, perusahaan milik sahabatnya.

Tri Cahyo Nugroho | 01 May, 16:08

Air Jordan 4 "Oxidized Green" akan meluncur ke pasar dalam waktu dekat. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Sneakers

Air Jordan 4 ‘Oxidized Green’ Dilepas Juli 2024

Air Jordan 4 “Oxidized Green” akan dibanderol sekira Rp3,4 juta dan tersedia dalam semua ukuran.

Tri Cahyo Nugroho | 01 May, 15:59

Asosiasi Pesepak bola Profesional Indonesia (APPI)

Liga 1

Didampingi APPI, Privat Mbarga Temui Suporter Pelaku Rasisme

Winger Bali United, Privat Mbarga, memaafkan satu pelaku rasisme dan berniat melaporkan satu lainnya.

Teguh Kurniawan | 01 May, 15:03

Penyerang Real Madrid, Vinicius Junior. (Yusuf/Skor.id).

La Liga

Statistik Gol Vinicius Junior Makin Meningkat di Real Madrid

Dengan dua gol ke gawang Bayern Munchen, Vinicius Junior rata-rata mampu mencetak 1 gol setiap 129 menit.

Irfan Sudrajat | 01 May, 15:02

Publisher pembesut Mobile Legends: Bang Bang, Moonton. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

Esports

Pernyataan Moonton Soal Rumor Match Fixing yang Libatkan ONIC PH

ONIC PH yang performanya tengah menanjak diguncang isu match fixing alias pengaturan skor.

Gangga Basudewa | 01 May, 14:06

Duel Bayern Munchen vs Real Madrid, Harry Kane (kiri) dan Jude Bellingham. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

World

Jude Bellingham Dinilai Tidak Menghormati Harry Kane dalam Momen Penalti

Fans Inggris mengkritik Jude Bellingham yang mencoba menggagalkan konsentrasi Harry Kane saat menembak penalti di laga Munchen vs Real Madrid.

Irfan Sudrajat | 01 May, 13:26

Gilbert Agius, pelatih PSIS Semarang asal Malta.

Liga 1

Gilbert Agius Kecewa PSIS Gagal Lolos Championship Series Liga 1 2023-2024

Pelatih PSIS Semarang, Gilbert Agius, tak bisa menyembunyikan kekecewaan karena gagal membawa timnya ke Championship Series Liga 1 2023-2024.

Teguh Kurniawan | 01 May, 12:06

Load More Articles