Susu Bukan Lagi Satu-satunya Cara untuk Dapatkan Nutrisi yang Tepat

Nurul Ika Hidayati

Editor:

  • Susu memberikan nutrisi penting bagi tubuh seperti kalsium, potasium, vitamin D, dan protein.
  • Asupan susu yang direkomendasikan setiap orang tergantung pada usia, jenis kelamin, tinggi badan, dan faktor lainnya.
  • Namun ada cara lain bagi mereka yang memiliki pantangan minum susu murni.

SKOR.id - Minuman ini disajikan saat sarapan dan makan siang di sekolah. Ini telah menjadi pusat kampanye nasional untuk meningkatkan konsumsinya sejak 1994, dan sekarang, ada lebih banyak pilihan daripada sebelumnya.

Itulah susu, dan para ahli mengatakan menjadikannya bagian dari diet Anda masih sangat dianjurkan, tetapi itu bukan satu-satunya cara untuk mendapatkan nutrisi yang tepat.

Alexis Motley, Direktur Magang Diet di Southern University A&M College dan seorang ahli diet terdaftar, mengatakan bagi orang yang memilih untuk minum susu, itu dapat membantu mereka membangun tulang yang kuat dan gigi yang kuat.

Susu juga dapat membantu menurunkan risiko massa tulang rendah ataupun osteoporosis, penyakit penipisan tulang, katanya.

“Jika seseorang telah didiagnosis menderita osteoporosis, jika mereka tersandung, jika salah batuk pun, mereka salah membungkuk, mereka dapat mematahkan tulang-tulang itu,” sang ahli diet itu menuturkannya kepada USA TODAY.

Tetapi apa yang harus Anda lakukan jika Anda tidak bisa minum susu? Dan apakah susu sapi terlalu berlemak untuk tetap sehat? Inilah yang perlu diketahui.

Mengapa kita harus minum susu?
Motley mengatakan susu memberikan nutrisi penting bagi tubuh seperti kalsium, potasium, vitamin D, dan protein, tetapi itu bukan satu-satunya cara untuk mendapatkan nutrisi ini.

Ada juga:
- Kalsium dari jus jeruk, labu musim dingin, edamame, tahu, almond, sayuran hijau, kangkung, dan bayam.

- Kalium dari buah-buahan kering, kacang-kacangan, kentang, bayam, pisang, melon, jeruk, dan tomat.

- Vitamin D dari ikan, kuning telur atau sereal yang diperkaya.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, asupan susu yang direkomendasikan setiap orang tergantung pada usia, jenis kelamin, tinggi badan, dan faktor lainnya, kata Motley.

Balita dan anak-anak membutuhkan sekitar 1 hingga 2,5 cangkir sehari, sementara orang dewasa membutuhkan sekitar 3 cangkir susu jika mereka memilih untuk meminumnya. Tapi, masalahnya, konsumsi susu kebanyakan orang tidak mendekati ini, kata para peneliti.

Tia Jeffery adalah seorang ahli diet terdaftar dan asisten profesor di departemen kesehatan, keperawatan dan nutrisi di University of the District of Columbia, mengatakan pilihan lainnya, terutama untuk anak-anak, termasuk secangkir susu yang dikombinasikan dengan secangkir yogurt atau keju.

Kena Torbert, seorang spesialis kehidupan keluarga di Fort Valley State University, beralasan susu sapi mengandung nutrisi dan vitamin paling banyak dalam sekali minum. Ada kalsium untuk tulang dan potasium untuk kesehatan jantung dan tekanan darah, katanya.

Susu, keju, yogurt, susu bebas laktosa, susu kedelai yang telah diperkaya, dan juga yogurt adalah pilihan yang bagus, katanya.

Apakah susu sapi terlalu berlemak?
Tidak harus begitu. Motley dari Southern University A&M College mengakui beberapa orang bahkan berpikir susu terlalu berlemak dan akan menyebabkan mereka memiliki kolesterol tinggi atau penyakit jantung, tetapi ada beberapa cara untuk mengatasinya.

"Anda tidak harus minum susu murni," kata Motley. "Anda dapat minum susu rendah lemak ataupun bebas lemak dan tetap mendapatkan kandungan nutrisi yang sama tetapi lebih sedikit lemak."

Dan Jeffery ingin orang tahu bahwa mereka tidak perlu khawatir jika barang-barang yang tidak boleh mereka konsumsi terdaftar sebagai makanan atau minuman yang direkomendasikan di situs web pemerintah seperti MyPlate.gov.

"Ada anggapan bahwa mereka tidak memenuhi kebutuhan kalsium atau kebutuhan protein mereka," kata Jeffery. "Itu tidak benar. Jika Anda memilih untuk minum susu sapi, itu bagus. Jika tidak, Anda memiliki pilihan lain untuk memenuhi kebutuhan kalsium Anda. Karena kalsium bisa datang dalam berbagai bentuk dan makanan yang berbeda."

Blackstrap molasses, misalnya, memiliki sekitar 200 miligram kalsium per sendok makannya. Dan beberapa alternatif susu diperkaya dengan jenis protein tertentu, serta kalsium.

Tidak seperti gula putih umumnya, blackstrap molasses adalah pemanis yang mengandung berbagai jenis mineral yang baik untuk kesehatan. Merupakan sumber zat besi dan kalsium. 

Dan "tidak semua susu non-susu diciptakan sama," Jeffery menambahkan, jadi lihat label dan bandingkan untuk melihat mana yang terbaik untuk Anda dan diet Anda.

“Misalnya, susu kedelai mungkin memiliki kandungan nutrisi yang paling sebanding dengan susu sapi,” kata Jeffery kepada USA TODAY.

"Susu lain bisa jika mereka diperkaya dengan kalsium, tapi proteinnya lebih rendah. Anda dapat melihat jenis susu lain dan mungkin memenuhi kebutuhan mineral Anda (seperti kalsium) jika mereka diperkaya dengan kalsium, tetapi pastikan Anda mendapatkan cukup protein dari cara lain."

Torbert, dari FVSU, mengatakan beberapa alternatif nabati dapat memberikan kalori lebih rendah dan lemak lebih rendah dibandingkan dengan susu sapi.

Untuk memberikan nutrisi, mereka biasanya harus difortifikasi. Mereka cukup beraroma dan menyenangkan, katanya, dan mereka bagus untuk vegan atau orang yang memiliki alergi atau intoleransi laktosa.

Berdasarkan penjabaran WHO, fortifikasi pangan adalah menambahkan atau meningkatkan zat gizi tertentu ke dalam bahan pangan untuk meningkatkan kualitas pangan.

Biasanya fortifikasi dilakukan untuk menambahkan zat gizi yang secara alami tidak ada di dalam makanan atau minuman tertentu.

Fortifikasi juga bisa dilakukan untuk mengembalikan suatu zat gizi yang hilang dalam proses pengolahan makanan atau minuman. Tujuan utama dilakukan fortifikasi pangan adalah membantu memastikan anak-anak, maupun orang dewasa, mendapat asupan gizi cukup.

Apakah beberapa 'susu' lebih sehat daripada yang lain? Dan apa yang orang minum hari ini?
Seperti ahli diet lain, Jeffery dari University of the District of Columbia menekankan betapa pentingnya melibatkan semua orang dalam diskusi tentang asupan susu. Ini dikarenakan beberapa orang tidak bisa mengkonsumsi susu sapi.

Apa yang "paling sehat" tergantung pada kebutuhan setiap orang.

Misalnya, 75% populasi dunia memiliki beberapa bentuk intoleransi laktosa, menurut para peneliti, membuat pilihan non-susu terbaik untuk orang-orang dalam kelompok ini.

Hal yang sama juga berlaku untuk orang yang vegan, vegetarian, atau orang yang memiliki alergi susu, kata Jeffery, lalu menambahkan, "Itu sangat tergantung pada orang dan lingkungan, termasuk preferensi dan kondisi medis. Pertimbangkan itu."

Dan ada beberapa pilihan lain di toko-toko kelontong saat ini, selain susu sapi seperti susu pisang, susu oat, dan susu almond.

“Saya sedang menghadiri konferensi makanan dan nutrisi di Orlando, ketika saya memberi tahu bahwa ada begitu banyak 'susu' yang berbeda di pasaran, yang hampir membuat kewalahan sebagai praktisi, dan juga sebagai konsumen," kata Motley kepada USA TODAY per 10 Oktober lalu.

Dan dalam pekerjaannya, orang-orang tampaknya menyukai susu bebas laktosa Fairlife, dan susu berbasis kedelai serta almond. Bagi sebagian orang, susu nabati adalah yang terbaik. Bagi yang lain, susu sapi lebih memuaskan.

Dan peningkatan pilihan mungkin juga karena lebih banyak penyakit yang didiagnosis seperti penyakit celiac, atau kepekaan terhadap makan gluten, protein yang ditemukan dalam gandum, barley dan gandum hitam.

"Kami mulai melihat di mana kami dapat membuat perubahan di pasar," kata Motley.***

Berita Entertainment Bugar Lainnya:

7 Manfaat Oat Milk atau Susu Gandum untuk Kesehatan

Ini yang Terjadi pada Tubuh Anda jika Anda Minum Susu Setiap Hari

Kenali Perbedaaan Susu Full Krim, Susu Rendah Lemak dan Susu Skim

Source: yahoo.comusa today

RELATED STORIES

Hanya 2 menit sehari: metode Jepang untuk menurunkan berat badan

Hanya 2 menit sehari: metode Jepang untuk menurunkan berat badan

Aktor Jepang, Miki Ryôsuke, mengungkapkan metode yang dia temukan ketika dia mencoba menemukan cara untuk menenangkan sakit punggungnya

4 Cara Menghilangkan Komedo dengan Lebih Aman, Solusi untuk Tak Pakai Pasta Gigi

4 Cara Menghilangkan Komedo dengan Lebih Aman, Solusi untuk Tak Pakai Pasta Gigi

Tidak sedikit anggapan pasta gigi menjadi solusi untuk menghilangkan komedo di wajah.

5 Manfaat Olahraga Tinju bagi Wanita

5 Manfaat Olahraga Tinju bagi Wanita

Manfaat tinju bagi wanita, dari membantu Anda mengelola stres dan kecemasan hingga mencapai tubuh yang kencang.

Memahami Agresi Anak dan Bagaimana Orangtua Harus Berperilaku

Memahami Agresi Anak dan Bagaimana Orangtua Harus Berperilaku

Kemarahan dan agresi adalah dua hal yang berbeda dan penting untuk dipahami bahwa agresi anak Anda bukanlah kemarahannya.

3 Latihan Pembentukan Otot yang Dapat Mengurangi Nyeri Punggung, Dari Plank hingga Pelvic Tilt

3 Latihan Pembentukan Otot yang Dapat Mengurangi Nyeri Punggung, Dari Plank hingga Pelvic Tilt

Sakit punggung mungkin membuat Anda ingin berhenti bergerak, tetapi olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk membantu meringankan dan mencegah sakit punggung.

5 Cara Mandiri Mengatasi Ambeien Tanpa Obat

Ambeien atau wasir umum terjadi dan dapat disebabkan karena beberapa hal, tapi bisa diobati secara mandiri.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

pb persani kirim wakil ke parkour world cup 2024

Other Sports

Indonesia Kirim Perwakilan ke Parkour World Cup 2024 di Prancis

Untuk kali pertama, Indonesia akan berpartisipasi dalam single event parkour terbesar di bawah bendera FIG, yakni Parkour World Cup 2024.

Teguh Kurniawan | 06 May, 17:45

Jersey kandang-tandang Corinthians 2024-2025 memiliki makna sangat dalam. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Culture

Corinthians Melawan Rasisme lewat Jersey 2024-2025 dari Nike

Tak kurang 41 persen pemain di liga utama sepak bola Brasil mengalami perlakuan berbau rasisme.

Tri Cahyo Nugroho | 06 May, 16:23

Stres berlebihan sangat memengaruhi kadar gula dalam darah dan memicu penyakit lain seperti diabetes tipe 2. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Culture

Bagaimana Stres Pengaruhi Glukosa Darah dengan 3 Konsekuensi Serius yang Harus Diperhatikan

Stres tak hanya mengubah kadar glukosa, tetapi juga meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Tri Cahyo Nugroho | 06 May, 15:38

Mural Pele di Kota Santos karya seniman jalanan Brasil (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

Art

Mural Pele di Santos Terinspirasi dari Foto Ikonik Tahun 1976

Seni jalanan Santos di area pelabuhan dibuat oleh Eduardo Kobra, Strikerfeno, dan Jack Lack.

Kunta Bayu Waskita | 06 May, 15:33

Presiden Amerika Serikat ke-45, Donald Trump

Formula 1

McLaren Buka Suara tentang Kontroversi Kehadiran Donald Trump di F1 GP Miami 2024

Kehadiran Donald Trump di garasi tim McLaren saat penyelenggaraan F1 GP Miami 2024 menimbulkan kontroversi.

Arin Nabila | 06 May, 15:09

The Roast of Tom Brady mengungkap sisi pribadi mantan bintang NFL dalam kemasan komedi. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Culture

Gisele Bundchen Jadi Bahan Lelucon di The Roast of Tom Brady

Acara eksklusif bergenre komedi olahraga di Netflix itu menghadirkan mantan bintang NFL Tom Brady.

Tri Cahyo Nugroho | 06 May, 15:08

Irina Voronkova at Proliga 2024

Other Sports

Rekap Pekan 2 Proliga 2024: Jakarta Popsivo Polwan Belum Tersentuh Kekalahan

Jakarta Popsivo Polwan jadi satu-satunya tim voli yang belum menelan kekalahan hingga pekan kedua Proliga 2024 bergulir.

Doddy Wiratama | 06 May, 14:56

pemain indonesia di eropa

National

Rapor Pemain Indonesia di Eropa: Lima Nama Main, Thom Haye dan Jay Idzes Tampil Penuh

Lima pemain di Belanda, tiga pada Belgia, satu di Inggris, dan satu Italia, pada periode awal Mei 2024.

Nizar Galang | 06 May, 14:48

Djembe, alat musik pukul khas Afrika yang berasal dari Guinea (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

Music

Mengenal Djembe, Kendang asal Guinea yang Kerap Dibawa Suporter Afrika

Djembe pertama kali dibuat pada abad ke-12 di wilayah cikal bakal negara Guinea.

Kunta Bayu Waskita | 06 May, 14:16

Pelatih Crystal Palace, Oliver Glsaner. (Jovi Arnanda/Skor.id).

Liga Inggris

Crystal Palace Asuhan Oliver Glasner, Ancaman Serius Manchester United

Oliver Glasner berhasil membawa Crystal Palace tidak terkalahkan dalam empat laga terakhir, termasuk menang atas Liverpool.

Irfan Sudrajat | 06 May, 13:34

Load More Articles