Senin Adrenalin: Mengenal Triatlon

Tri Cahyo Nugroho

Editor:

  • Ide olahraga triatlon muncul di Prancis pada awal era tahun 1900-an.
  • Triatlon modern baru dikenal pada pertengahan era 1970-an dan pertama dikembangkan di Amerika Serikat.
  • Triatlon ini muncul sebagai alternatif untuk mengatasi kebosanan berlatih di lintasan lari.

SKOR.id - Banyak yang menyebut triatlon alias olahraga tiga cabang yang disatukan, kali pertama diciptakan pada awal abad ke-20 di Prancis. Di awal-awal triatlon, ketiga jenis olahraga yang dilakukan bisa bermacam-macam sehingga namanya pun beragam.

Kendati begitu, lomba triatlon pertama yang berhasil dicatat adalah yang digelar di Joinville-le-Pont, sekitar 10 km arah tenggara dari Paris, Prancis, pada 1901.

Lomba tersebut diberi nama "Les trois sports" alias Tiga jenis olahraga. Dipromosikan sebagai lomba untuk "Olahragawan terhebat", ajang itu terdiri dari bersepeda dan kano.

Pada 19 Juni 1921, ajang di Joinville-le-Pont seolah menjadi standar triatlon setelah kano digantikan renang. Lomba kala terdiri dari lari sejauh 3 km, balap sepeda 12 km, dan renang menyeberang Sungai Marne yang dilakukan secara berurutan tanpa istirahat.

Sepanjang era tahun 1920-an itu, ajang yang melombakan balap sepeda, lari, dan renang banyak muncul di sejumlah kota di Prancis. Sebut saja "Course des Trois Sports" yang digelar di Marseille atau "La Course des Débrouillards" di Poissy.

Perlahan, lomba tiga olahraga yang disatukan ini menyebar ke berbagai wilayah di Prancis seperti "Les Trois Sports" yang digelar pada 1934 di kota La Rochelle.

Di lomba ini, bentuk triatlon sudah mulai jelas dan spesifik dengan renang sejauh 200 meter, balap sepeda di sekitar Pelabuhan La Rochelle dan Taman Laleu sejauh 10 km, dan terakhir lari di sekitar Stadion Andre-Barbeau sejauh 1,2 km.

Triatlon Modern

Pada era tahun 1970-an, triatlon kali pertama dilakukan oleh San Diego Track Club di Amerika Serikat (AS) sebagai alternatif untuk mengatasi kebosanan berlatih di lintasan lari.

Seperti dikutip World Triathlon sebagai pemegang otoritas tertinggi olahraga ini, lomba adu cepat renang-balap sepeda-lari modern pertama diadakan di Mission Bay, San Diego, California, AS,

Dua anggota San Diego Track Club, Jack Johnstone dan Don Shanahan, mengatur dan mengarahkan lomba ini pada 24 September 1974.

Digelar di sekitar San Diego Mission Bay, lomba tersebut terdiri dari lari sejauh 8,5 km lalu balap sepeda sepanjang 8 km, dan renang sejauh 550 meter. Total, 46 orang berhasil finis lomba ini.

Sebelum lomba digelar, pada 1973, Johnstone terinspirasi dan belajar dari Dave Pain Birthday Biathlon yang melombakan lari sejauh 4,5 mil (7,2 km) dan diikuti renang dengan jarak seperempat mil (jarak sebenarnya antara 200-300 yard atau 183-275 meter).

Setahun kemudian, saat ikut untuk kali kedua dan mampu menembus 10 besar, Johnstone ingin melakukan ubahan pada olahraga campuran ini yang mampu memberikan tantangan sama beratnya dengan renang.

Johnstone lalu meminta bos San Diego Track Club untuk membuat lomba sepeti Dave Pain Biathlon dan masuk kalender tahunan. Johnstone lalu diminta klubnya untuk mengatur penyelenggaraan.

Saat menghubungi Shanahan, Johnstone disarankan untuk menambahkan lomba balap sepeda dan menyetujuinya. Keduanya juga setuju menamakan lomba tiga cabang itu seperti yang sudah ada, yakni pentathlon, heptathlon, dan decathlon.

Karena hanya tiga (trias) jenis olahraga, Shanahan dan Johnstone sepakat menambahkannya dengan kata athlos dalam bahasa Yunani yang berarti kompetisi. Dari situlah nama Mission Bay Triathlon muncul untuk ajang pada September 1974 tersebut.

Dalam satu dekade berikutnya, popularitas triatlon terus berkembang dan langsung menarik perhatian.

Kejuaraan Dunia Pertama

Pesatnya perkembangan triatlon di seluruh dunia juga menarik perhatian Komite Olimpiade Internasional (IOC). Dari situlah diskusi untuk memasukkan triatlon sebagai cabang Program Olimpiade mulai dilakukan pada 1988.

Pada 1989, Persatuan Triatlon Internasional (International Triathlon Union/ITU) dibentuk di Avignon, Prancis, sekaligus menggelar Kejuaraan Dunia Triatlon pertama. Lebih dari 800 atlet asal 40 negara turun pada Kejuaraan Dunia Triatlon pertama tersebut.

Jarak resmi dan urutan lomba triatlon pun ditetapkan, yakni renang sejauh 1.500 meter, 40 km balap sepeda, dan lari 10 km. Jarak ini diambil dari nomor-nomor dari disiplin renang-balap sepeda-lari yang sudah dilombakan di Olimpiade.

Olimpiade, Seri Piala Dunia, dan Jenis Triatlon

ITU berkembang sangat pesat hingga memiliki anggota asosiasi negara hingga 170. Pada 1991, ITU membuat seri Kejuaraan Dunia Triatlon dan Piala Dunia yang digelar setiap tahun yang awalnya diselenggarakan 12 lomba di sembilan negara berbeda.

Trik ITU menggelar banyak lomba triatlon berhasil saat cabang ini resmi dilombakan mulai Olimpiade Sydney 2000. Simon Whitfield dari Kanada dan Brigitte McMahon asal Swiss berhasil merebut emas putra dan putri.

Pada 1991, sebuah perusahaan swasta, World Triathlon Corporation (WTC), didirikan di Tarpon Springs, Florida, AS, dan menggelar Ironman dan Ironman 70.3 setiap tahunnya.

Konflik pun muncul terkait regulasi, standardisasi, dan kebijakan WTC yang tidak mau mengikuti aturan Badan Anti-Doping Dunia (WADA). Namun, sejak pergantian kepemimpinan pada 2008, hungan ITU dan WTC mulai membaik.

Hasil kesepakatan pada 2012 dan 2014 memunculkan ide bila Ironman (milik WTC) akan memiliki aturan baku per 2015 dan memulai uifikasi dengan triatlon jarak jauh versi ITU dengan aturan tersendiri.

Mengacu standar ITU, ada tiga jenis triatlon yang dibedakan berdasarkan jarak lomba, yakni standar - renang 1.500 m, 40 km balap sepeda, 10 km lari; sprint - renang 750 m, 20 km balap sepeda, 5 km lari; dan estafet campuran tim.

Estafet campuran tim terdiri dari 4 kali (300 m renang, 7,5 km sepeda, dan 1,5 km lari), setiap atlet melakukan renang-sepeda-lari sebelum dilanjutkan atlet berikutnya. Komposisi triatlon estafet campuran tim ini adalah putri, putra, putri, dan putra.

Renang baik untuk standar, sprint, maupun estafet dilakukan di tempat terbuka (open-water) dengan start massal. Adapun sepeda yang digunakan adalah sepeda balap.

Kejuaraan Dunia Triatlon yang kali pertama digelar pada 1989 dihentikan pada 2008. Sebagai gantinya adalah ITU World Triathlon Series yang dimulai sejak 2009 dan hingga kini sudah menyambangi 27 kota di 19 negara.

Atlet asal Spanyol, Javier Gomez, menjadi pemegang gelar juara dunia triatlon terbanyak di bagian putra, lima (2008, 2010, 2013, 2014, 2015).

Di sektor putri, empat atlet, yakni Emma Moffatt (2009, 2010), Helen Jenkins (2008, 2011), Gwen Jorgensen (2014, 2015), dan Flora Duffy (2016, 2017) sama-sama mengoleksi dua gelar juara dunia.

Vincent Luis dan Georgia Taylor-Brown menjadi juara dunia triatlon terakhir (2020) di sektor putra dan putri.

Adapun hasil nota kesepahaman ITU dan WTC pada 2017 memunculkan sejumlah kelas triatlon dari level anak-anak sampai yang paling berat.

Kids of Steel (anak-anak usia 7-15 tahun) melombakan renang 100-750 m, sepeda 5-15 km, dan lari 1-5 km.

Ada juga tiga kategori Novice, yakni Australia (300 m renang, 8 km sepeda, 2 km lari), Selandia Baru (300 m, 9 km, 3 km), dan Eropa (400 m, 20 km, 5 km).

Di bawah Novice Eropa ada kategori Super Sprint (400 m, 10 km, 2,5 km) lalu di atasnya ada Sprint (750 m, 20 km, 5 km). Kategori Sprint ini juga biasa disebut Half-Ollympic karena separuh dari jarak triatlon Olimpiade (1,5 km, 40 km, 10 km).

Lalu, Triathlon 70.3 karena total jarak lomba yang mencapai 70,3 mil (1,9 km/1,2 mil, 90 km/56 mil, 21,1 km/13,1 mil). Kategori ini juga disebut Half-Ironman.

Triathlon 140.6 (3,9 km, 181 km, 42,2 km) juga dikenal dengan sebutan Ironman Triathlon, long distance, atau full distance.

Terakhir ada ITU-Long Distance, alias triple Olympic Distance karena atlet harus berenang sejauh 4 km, bersepeda 120 km, dan lari sejauh 30 km.

Untuk jarak Ironman Triathlon (Triathlon 140.6), atlet harus berenang sejauh 3,86 km lalu balap sepeda 180,25 km, dan berlari maraton dengan jarak 42,20 km.

Triatlon Ironman ini juga memiliki batas waktu lomba, yakni 16 atau 17 jam, tergantung jenis lintasan.

Jan Frodeno masih memegang rekor Ironman di bagian putra dengan total waktu tempuh 7 jam, 35 menit, dan 39 detik yang dibuat saat memenangi Challenge Roth 2016, Jerman. Frodeno juga mampu merebut emas di Olimpiade Beijing 2008.

Di bagian putri, Chrissie Wellington asal Inggris menjadi wanita terkuat setelah mencatatkan rekor 8:18:13 ketika menguasai Challenge Roth 2011.

Ikuti juga InstagramFacebook, dan Twitter dari Skor Indonesia.

Berita Olahraga Lain:

IOC Melarang Olimpiade Tokyo Jadi Sarana Penyampian Protes

Komite Olimpiade Jepang Lakukan Upaya Melindungi Atlet Putri dari Pelecehan Seksual

Kematian Tragis Atlet Triatlon Korsel Choi Sook Hyun Gemparkan Publik

 

 

 

 

Source: triathlon.orgolympic.org

RELATED STORIES

Chris Nikic, Penderita Down Syndrome Pertama yang Berhasil Menyelesaikan Triatlon Ironman

Chris Nikic, Penderita Down Syndrome Pertama yang Berhasil Menyelesaikan Triatlon Ironman

Triatlon Ironman selama ini dikenal sebagai perlombaan olahraga paling ekstrim di dunia karena dilakukan hanya dalam satu hari.

Buntut Pemukulan Hewan di Tokyo 2020, Berkuda akan Dicoret dari Penthatlon Modern Olimpiade

Buntut Pemukulan Hewan di Tokyo 2020, Berkuda akan Dicoret dari Penthatlon Modern Olimpiade

Mulai Los Angeles 2028, berkuda tidak lagi menjadi bagian dari disiplin pancalomba mdern di ajang Olimpiade.

3 Atlet Triatlon Indonesia, Juara di Thailand dengan Biaya Mandiri

Manajer Timnas Triatlon Indonesia, Dika Chrisna Irzandi, mengamini bahwa tiga atlet triatlon nasional bertanding secara mandiri.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Thomas Tuchel, saat menangani Bayern Munchen. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

World

Di Kandang Real Madrid, Pelatih Bayern Munchen Siapkan 3 Perubahan

Pelatih Bayern Munchen Thomas Tuchel telah berlatih serius bersama Matthijs de Ligt, Aleksandar Pavlovic, dan Serge Gnabry sebelum berangkat ke kandang Real Madrid.

Tri Cahyo Nugroho | 07 May, 18:37

Nike Kobe 9 Elite Protro "Masterpiece" akan muncul lagi tahun depan. (Dede S Mauladi/Skor.id)

Culture

Nike Kobe 9 Elite Protro ‘Masterpiece’ Dirilis Musim Semi 2025

Nike Kobe 9 Elite Protro “Masterpiece” siap memikat para penggemar bola basket.

Tri Cahyo Nugroho | 07 May, 16:46

Mantan petenis wanita dunia Maria Sharapova tampak anggun dalam gaun karya Prabal Gurung di acara Met Gala 2024. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Culture

Prabal Gurung Wujudkan Mimpi Dongeng Maria Sharapova di Met Gala 2024

Prabal Gurung menemukan inspirasi untuk gaun kuning daffodil dramatis yang dikenakan Maria Sharapova dalam “kelembutan bunga yang mekar”.

Tri Cahyo Nugroho | 07 May, 15:54

alfeandra dewangga - timnas indonesia

Timnas Indonesia

Sampai di Paris, Alfeandra Dewangga Siap Bantu Timnas U-23 Indonesia Lolos Olimpiade

Kehadiran Alfeandra Dewangga dibutuhkan untuk menambah kedalaman lini belakang Timnas U-23 Indonesia jelang lawan Guinea U-23.

Teguh Kurniawan | 07 May, 15:50

PMSL SEA (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Esports

PMSL SEA Summer 2023: Daftar Lengkap Roster Tim Indonesia

Sejumlah tim melakukan perombakan, namun ada beberapa juga yang mempertahankan roster lama.

Gangga Basudewa | 07 May, 14:33

Semifinal Liga Champions 2023-2024. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

World

4 Hal Menarik dari Semifinal Kedua Liga Champions 2023-2024

Ada 4 hal yang menarik yang dinantikan dari dua laga semifinal kedua antara Paris Saint-Germain vs Borussia Dortmund dan Real Madrid vs Bayern Munchen.

Irfan Sudrajat | 07 May, 13:47

Booth Mazda di GIIAS 2023 (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

Automotive

GIIAS 2024 Akan Jadi Penyelenggaraan Pameran GIIAS Terbesar

GIIAS 2024 penuhi 11 hall ICE BSD, dan bakal diramaikan merek-merek baru.

Kunta Bayu Waskita | 07 May, 13:33

Marco Reus. (Hendy AS/Skor.id)

World

10 Sisi Menarik Legenda Borussia Dortmund Marco Reus

Selama 12 tahun membela Borussia Dortmund, banyak hal menarik yang ditorehkan Marco Reus.

Tri Cahyo Nugroho | 07 May, 13:05

Liga 3 Nasional atau putaran nasional Liga 3. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

National

Liga 3 Nasional 2023-2024: Persaingan Grup L Ketat, PSHW UMY Jalani Partai Penentu di Laga Terakhir

PSHW UMY akan menjalani laga penentu melawan Putra Angkasa Kapal FC pada pertandingan keempat Grup L Liga 3 Nasional 2023-2024.

Nizar Galang | 07 May, 13:02

claudia scheunemann timnas u-17

Timnas Indonesia

Claudia Scheunemann Ingin Timnas Putri U-17 Indonesia Lebih Kompak Saat Hadapi Korsel

Striker Timnas Putri U-17 Indonesia, Claudia Scheunemann, bertekad tampil lebih baik pada laga kedua Piala Asia Wanita U-17 2024.

Teguh Kurniawan | 07 May, 12:54

Load More Articles