Sejarah Hari Ini: PT PBB Terbentuk untuk Mengelola Persib Bandung Secara Modern

Arief Nugraha K

Editor:

  • Pada 11 tahun silam, PT PBB yang menjadi pengelola Persib Bandung resmi berdiri.
  • PT PBB adalah pengelola Persib Bandung sejak 2009 dengan cara modern.
  • Persib Bandung adalah salah satu klub besar eks-Perserikatan yang cukup punya banyak basis pendukung.

SKOR.id - Rabu, 22 Juli 2009, suasana Pendopo Kota Bandung tidak seperti biasanya. Persib Bandung pun menjadi "penyebab" hal tak biasa itu.

Pada 11 tahun silam, Pendopo Kota Bandung sebagai rumah dinasnya wali kota tidak lagi sepi.

Satu per satu kendaraan roda empat dan sesekali roda dua hilir mudik memasuki pendopo.

Mereka yang datang mulai dari birokrat, pengurus Persib Bandung sampai pemimpin klub-klub amatir anggota Persib plus sejumlah awak media.

Semua yang datang tidak terasa sudah berkumpul sebelum akhirnya bergabung bersama di ruang Arab Pendopo, yang merupakan tempat rapat walikota dan bisa menampung banyak tamu.

Kedatangan para tamu itu memang atas undangan Dada Rosada selaku Wali Kota Bandung sekaligus Ketua Umum Persib ketika itu.

Mereka diundang dalam rangka membahas kelangsungan masa depan Persib Bandung.

Sebab saat itu, pengelola Persib menghadapi situasi sulit pasca-diturunkannya Permendagri era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Pada momen inilah, cikal bakal lahirnya PT PBB atau PT Persib Bandung Bermartabat. Ini adalah lembaga legal bagi keberadaan Persib dalam memasuki era profesional.

Berawal di Pendopo Kota Bandung itulah, PT PBB dibentuk untuk menjalankan anjuran operator kompetisi kala itu, PT Liga Indonesia (PT LI).

PT LI meminta kepada klub-klub peserta kompetisi pro Tanah Air untuk menjadi sebuah klub profesional yang berbadan hukum.

Anjuran PT LI itu mengacu kepada aturan yang diterapkan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

AFC mengatur jika 2008 sebagai batas terakhir bagi peserta Liga Indonesia agar klub pesertanya telah memiliki legalitas yang jelas.

PT PBB terbentuk semasa Wali Kota Bandung Dada Rosada sekaligus sebagai Ketua Umum Persib kala itu dan disaksikan 31 anggota Persib.

Selain Dada Rosada, bebarapa nama yang tercatat sebagai saksi berdirinya PT PBB. Mereka antara lain: Zaenuri Hasyim, Wahyu Hamijaya, Yoyo S Adireja, dan Chandra Solehan.

Lalu ada, Edi Djoekardi, Iwan D Hanafi, Kuswara S Taryono, dan Umuh Muchtar.

Sementara itu, Dada bertindak sebagai Ketua Badan Pengelola (Bapola) Persib seiring keluarnya aturan yang tidak membolehkan birokrat masuk jajaran kepengurusan klub sepak bola profesional.

Pada saat itu, Dada memberi garansi bahwa pembentukan PT PBB tidak main-main.

Pendirian PT PBB telah dilengkapi dengan berbagai persyaratan berupa modal awal sebesar Rp10 miliiar plus enam sektor yang siap menopang pendanaan Persib.

Dari sana, Dada pun menunjuk Umuh Muchtar sebagai Direktur Utama PT PBB sebagai pengelola anyar Maung Bandung.

Pada Indonesia Super League 2009-2010, Persib secara resmi menjadi sebuah klub yang telah berbadan hukum.

Maung Bandung pun siap mengikuti Indonesia Super League (ISL) dengan legalitas jelas mereka. 

Umuh berdampingan dengan Iwan D Hanafi sebagai komisaris utama) dan Kuswara yang menduduki komisaris I.

Keabsahan PT PBB atau legal aspeknya langsung diproses di kantor notaris Jalan Pungkur untuk dilaporkan kepada PT LI sebagai pemenuhan syarat Persib mengikuti kompetisi.

"Penunjukan berdasarkan hasil rapat seluruh pengurus sebagai tindak lanjut pendirian PT PBB yang telah kami bentuk sebelumnya," ujar Dada Rosada pada 11 tahun silam.

"Saya sebagai Ketua Bapola berhak untuk melaksanakan amanah ini sebagai jaminan bahwa Persib akan mengikuti kompetisi yang akan datang, tidak boleh tidak," tegasnya.
 
Mengenai dana secara keseluruhannya yang dibutuhkan, kata Dada, sudah diperhitungkan  dan sudah ada serta diserahkan semuanya kepada PT PBB sebagai pengelola.

"Semua kegiatan Persib dari mulai pembentukan tim, penunjukan pemain atau pelatih, sampai mengelola sumber keuangannya jadi tugas mereka," ujar Dada.

"Saya sebagai Ketua Bapola sekaligus wali kota berharap siapa saja yang telah ditunjuk untuk proaktif satu sama lainnya."

"Mereka bergerak cepat sampai September (2009) saat kami mendaftar ke PT LI," ucap Dada menambahkan.

Namun, posisi Dada masih 50 persen sebagai Ketua Bapola Persib. Karena itu, begitu PT PBB sudah sah dan tercatat di kantor hukum otomatis nama Dada sebagai pengelola hilang.

Lelaki kelahiran Ciparay, Kabupaten Bandung itu tak ada lagi sangkut pautnya dengan Persib hingga sekarang.

“Tetapi sebagai walikota, saya tetap akan berada di belakang Persib. Saya tetap membantu Persib dan bidang olahraga lainnya," ucap Dada setelah selesai mengantarkan Persib jadi klub profesional.

Di sisi lain, Umuh Muchtar mengaku, bahwa amanah yang diterimanya itu sebagai tantangan yang cukup berat.

Namun, dia berjanji akan berupaya maksimal untuk membangun Persib dengan suasana dan kinerja yang berbeda dari sebelumnya.   

"Intinya, ini tugas dan pekerjaan saya yang cukup berat. Tetapi, saya tetap punya komitmen bahwa setelah kami susun PT PBB ini, kinerja Persib diharuskan menjadi klub yang profesional akan berjalan efektif," ujar Umuh.

"Saya berterima kasih kepada wali kota yang telah memberikan kepercayaan ini. Saya harap tugas ini menjadikan kami bersama bisa membangun Persib dengan baik."

"Apa yang diamanatkan walikota untuk segera bergerak cepat membentuk PT akan saya laksanakan termasuk program-programnya," kata Umuh kala itu.

Setelah terbentuk sebagai klub yang berstatus perseroan terbatas (PT), PT PBB mencoba untuk mandiri melalui penjualan saham atau go public.

Hal ini dilakukan dalam mengantisipasi dihentikannya bantuan dana APBD kepada Persib yang sudah berbentuk badan hukum.

Lalu, Pemerintah Kota Bandung waktu itu pun meragukan peran dari para legislator dalam hal ini DPRD.

Kata Dada, DPRD Kota Bandung tidak memungkinkan lagi mengalokasikan anggaran bagi Persib dalam bentuk bantuan sosial maupun dana hibah.

Karena itu, satu-satunya cara yang efektif adalah penyertaan modal dari beberapa perusahaan daerah.

Namun, itu juga dirasakan tidak akan menutup pembiayaan Persib dalam berkompetisi selama semusim dengan anggaran maksimal Rp25 miliar.

Dengan cara menjual saham atau go public pun ternyata tidak sesuai yang diharapkan.

Karena, ada beberapa faktor yang menyulitkan dalam melakukan penjualan saham tersebut.

Tidak diperbolehkannya klub sepak bola pro menggunakan anggaran pemerintah sudah diatur di dalam Peraturan Pemerintah Dalam Negeri (Permendagri) No.1 tahun 2011.

Itu merupakan revisi Permendagri No.13 tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah dimana mulai saat itu.

Kemudian, klub-klub sepak bola profesional tidak boleh lagi menggunakan anggaran dari dana APBD.

Praktis memasuki musim kompetisi ISL 2010-2011, Persib mulai kesulitan mencari dana untuk berkompetisi.

Sambil mempersiapkan tim, manajemen PT PBB mencoba menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan.

Tak hanya itu, Persib menerbitkan Persib Card untuk para bobotoh dimana hasilnya diharapkan bisa membantu pendanaan Persib.

Sayang, cara ini pun tidak berjalan efektif karena jauh dari target kebutuhan dana yang dibutuhkan.

Dalam situasi yang serba kesulitan, PT PBB yang nyaris frustrasi akhirnya memaksa Wakil Gubernur Jawa Barat kala itu, Dede Yusuf untuk turun tangan.

Berkat petunjuk dan arahan Dede Yusuf, PT PBB akhirnya menemukan sponsor bagi kelangsungan Persib.

Pertemuan demi pertemuan dilakukan hingga melahirkan kesepakatan, PT PBB akhirnya berpartner dengan investor yang pas.

Sejak masuknya sponsor baru, Persib yang semula redup dan pesimistis akhirnya kembali bergairah.

Glenn Sugita, yang saat ini masih tetap sebagai investor Persib, datang menjadi bagian penting pendanaan Persib.

Sejak dipimpin Glenn Sugita, semua ditata dan dibenahi demi menjadikan Persib sebuah perusahaan dengan pengelolaan bagus dan itu benar-benar dibuktikan.

Penataan setiap bidang diarahkan dengan personil sesuai job description masing-masing.

Pengaturan aliran uang baik untuk gaji karyawan maupun kontrak pemain tertata rapi dan realistis.

Dari sini, beberapa sponsor mulai berdatangan. Dengan kondisi tersebut, Persib tak lagi khawatir akan kesulitan pendanaan.

Beberapa sponsor yang masuk karena Persib sudah dibidani tangan-tangan profesional. Jumlah sponsor yang bergabung dari musim ke musim terus mengalami penambahan.

Pada era manajemen profesional itulah nama Persib semakin dikenal. Apa yang telah dilakukan Glenn dalam mengelola PT PBB berbuah pujian dan apresiasi dari PT LI.

Bahkan,  sepak terjang PT PBB pun dikisahkan dalam sebuah buku berjudul Persib Bandung Menuju Klub Indonesia Modern.

"Saya tergerak mengelola Persib karena besar di Bandung dan di lingkungan olahraga,” ucap Glenn seperti ditulis di dalam buku tersebut.

"Jadi, saya berpikir kenapa tidak coba membantu Persib yang sedang kesulitan saat itu," tuturnya.

Sejak dikelola tangan-tangan profesional, Maung Bandung pun bermarkas di gedung megah bernama Graha Persib di Jalan Sulanjana 17, Kota Bandung.

Ini seolah menjadi jati diri Persib sebagai sebuah perusahaan profesional dengan aktivitas industri olahraga.

"Kami dari awal menargetkan untuk bisa berdikari tanpa suntikan pemegag saham pada akhir tahun kelima,” kata Glenn memaparkan dalam buku tersebut.

"Alhamdulilah pada tahun kelima sejak berdirinya PT PBB, para pemegang saham tidak perlu injeksi dana lagi."

Menurut Glenn, defisit atau kerugian pada tahun pertama yang cukup besar berhasil berkurang masuk tahun kedua dan seterusnya.

"Sehingga, PT PBB pada tahun kelima bisa break-even point bahkan ada sedikit cash flow," ujar Glenn.

"Yang kami kejar adalah pendapatan, inilah kunci suksesnya. Tetapi, kami sadar dari sejak awal bahwa menjadi klub profesional tidaklah mudah."

"Semua harus dilakukan secara perlahan, semua itu membutuhkan proses yang panjang dan sekarang pun kami masih terus belajar," tutur Glenn.

Ikuti juga InstagramFacebookYouTube, dan Twitter dari Skor Indonesia

Berita Persib Lainnya:

Eks-striker Persib Masih Bermimpi Perkuat Persija dalam Kompetisi

Persib Belum Gelar Latihan Bersama, Supardi Pilih Main Futsal

 

Source: Skor.id

RELATED STORIES

Tinggalkan Persib, Boy Jati Asmara Malah Bisa Beli Tanah Luas di Bandung

Tinggalkan Persib, Boy Jati Asmara Malah Bisa Beli Tanah Luas di Bandung

Boy Jati Asmara jadi satu-satunya pemain binaan Persib yang jadi pemain Persipura, yakni saat berusia 21 tahun.

Bursa Transfer: PSMS Tak Kontak Persib Soal Ghozali Siregar

Bursa Transfer: PSMS Tak Kontak Persib Soal Ghozali Siregar

Umuh Muchtar, Komisaris Persib, meyakini Ghozali Siregar akan tetap bertahan karena hatinya masih berada di Bandung.

Lepas Penat, Dedi Kusnandar Relaksasi dengan Berenang

Lepas Penat, Dedi Kusnandar Relaksasi dengan Berenang

Berenang menjadi cara Dedi Kusnandar, gelandang Persib, untuk membuat suasana hati dan pikirannya tetap fresh.

Pelatih Persib Alami Serangan Jantung, Ini Penjelasan Terbaru Dokter Klub

Pelatih Persib Alami Serangan Jantung, Ini Penjelasan Terbaru Dokter Klub

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts mengalami serangan jantung dan harus dilarikan ke rumah sakit.

Robert Rene Alberts Sudah Bicara soal Agenda Latihan Persib Bandung

Robert Rene Alberts memastikan Persib Bandung akan kembali berlatih.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Liga 1 2023-2024. (M. Yusuf/Skor.id)

Liga 1

Liga 1 2023-2024: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Klub Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Liga 1 2023-2024 yang terus diperbarui seiring berjalannya kompetisi, plus profil tim peserta.

Taufani Rahmanda | 28 Apr, 23:59

AFC Futsal Asian Cup atau Piala Asia Futsal. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

World

Piala Asia Futsal 2024: Jadwal, Hasil dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Piala Asia Futsal 2024, yang terus diperbarui seiring berjalannya turnamen.

Taufani Rahmanda | 28 Apr, 23:48

Cover Timnas U-17 Putri Indonesia.

Timnas Indonesia

Timnas Putri U-17 Indonesia Harus Lebih Sering Komunikasi di Lapangan

Dua pekan melakoni pemusatan latihan di Bali, Timnas Putri U-17 Indonesia masih banyak pekerjaan rumah.

Teguh Kurniawan | 28 Apr, 21:43

Frank Skinner dan David Baddiel bekerja sama dengan Ian Broudie dari Lightning Seed memproduseri lagu Three Lions yang menjadi hits pada Euro 1996. (Hendy AS/Skor.id)

Culture

Penyanyi Three Lions Serukan Lagu Baru untuk Inggris di Euro 2024

Lagu Timnas Sepak Bola Inggris yang paling ikonik Three Lions telah bertahan selama hampir 30 tahun.

Tri Cahyo Nugroho | 28 Apr, 20:47

Pegulat bintang WWE Cody Rhodes siap berkarier di Hollywood. (Hendy AS/Skor.id)

Culture

Bintang WWE Cody Rhodes Melangkah ke Hollywood

Pegulat WWE Cody Rhodes bakal membintangi Naked Gun bersama Pamela Anderson dan Liam Neeson.

Tri Cahyo Nugroho | 28 Apr, 20:40

Nike Zoom GT Cut “Cool Grey” melanjutkan kesuksesan produk “Greater Than” (GT). (Hendy AS/Skor.id)

Culture

Nike Zoom GT Cut 3 Kembali ke Nuansa Klasik ‘Cool Grey’

Di Indonesia, Nike Zoom GT Cut 3 “Cool Grey” dibanderol Rp3 jutaan.

Tri Cahyo Nugroho | 28 Apr, 20:31

ragnar oratmangoen - fortuna sittard

National

Hanya Main 11 Menit, Ragnar Oratmangoen Telan Kekalahan bersama Fortuna Sittard

Ragnar Oratmangoen kembali menjadi pengganti saat Fortuna Sittard kalah di pekan ke-31 Eredivisie 2023-2024, Minggu (28/4/2024).

Teguh Kurniawan | 28 Apr, 19:05

Liga Inggris 2023-2024 dimulai sejak 11 Agustus 2023 lalu. (Zulhar Kurniawan/Skor.id).

Liga Inggris

Liga Inggris 2023-2024: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Klub Lengkap

Berikut ini klasemen Liga Inggris 2023-2024, jadwal dan hasil per pekan serta profil klub lengkap.

Irfan Sudrajat | 28 Apr, 17:51

Liga TopSkor

Liga TopSkor U-16 2024: Tanpa Striker Murni FIFA Farmel Tumbangkan Diklat ISA

FIFA Farmel berhasil meraih poin penuh usai mengalahkan Diklat ISA pada lanjutan laga grup Top Liga TopSkor U-16 2024.

Nizar Galang | 28 Apr, 17:21

Putaran nasional Liga 3 atau Liga 3 Nasional. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

National

Rekrut 7 Pemain Anyar, Persikota Bidik Gelar Juara Liga 3 Nasional 2023-2024

Persikota Tangerang akan melakoni laga pembuka melawan Persab Brebes pada Senin (29/4/2024) siang di Stadion Benteng Reborn.

Teguh Kurniawan | 28 Apr, 16:11

Load More Articles