Porsche Hidupkan Lagi Mobil Balap LMP 2000 Setelah 25 Tahun

Kunta Bayu Waskita

Editor: Kunta Bayu Waskita

Mobil balap Porsche LMP 2000 yang baru saja disegarkan kembali ini pertama kali diperkenalkan pada 1999 (Yusuf/Skor.id).
Mobil balap Porsche LMP 2000 yang baru saja disegarkan kembali ini pertama kali diperkenalkan pada 1999 (Yusuf/Skor.id).

SKOR.id – Peluncuran di lintasan uji coba Weissach Development Centre mengawali perjalanan kembali ke 1999. Porsche LMP 2000 awalnya dirancang untuk meraih kemenangan di Le Mans

Namun, di tengah pengembangan, perusahaan memutuskan untuk menghentikan proyek tersebut setelah mobil selesai karena alasan anggaran. 

Setelah hanya menempuh 78 kilometer saat pengujian, sebuah penutup mobil dipasang di atasnya dan diparkir selama lebih dari dua dekade. 

Hingga akhirnya tim dari Porsche Heritage and Museum baru-baru ini menghidupkan kembali Porsche LMP 2000, lengkap dengan berbagai mitos yang beredar seputar keberadaannya. 

A project close to our heart adalah frasa yang selalu didengar di Weissach Development Centre ketika orang-orang membicarakan LMP 2000. 

Mobil yang belum pernah melakukan satu putaran balap ini tidak pernah jauh dari pikiran orang-orang yang menciptakannya selama dua setengah dekade terakhir. 

Tepat pada ulang tahun ke-25 dari perjalanan orisinalnya (2 dan 3 November 1999), tim Porsche Heritage and Museum telah membuat Porsche LMP 2000 siap untuk dikendarai kembali. 

Menariknya di belakang kemudi kembali dikendarai Allan McNish, yang merupakan orang terakhir yang mengemudikan mobil balap ini pada 1999. 

Pembalap berusia 54 tahun ini mengendarai lap pertama dari lintasan uji coba sepanjang 2,88 km.

Allan McNish kembali mengambil tempatnya di belakang kemudi LMP 2000 setelah 25 tahun (Dok. Porsche).
Allan McNish kembali mengambil tempatnya di belakang kemudi Porsche LMP 2000 setelah 25 tahun (Dok. Porsche).

Beberapa anggota tim yang terlibat dalam proyek yang menggunakan nama internal “9R3” pada seperempat abad yang lalu juga ikut serta dalam kegembiraan. 

Mereka yang hadir di sana antara lain Norbert Singer, yang saat itu menjabat sebagai Race Engineer.

Juga, Head of Motorsport Thomas Laudenbach, yang saat itu menjabat sebagai Application Engineer, dan Herbert Ampferer, mantan Head of the Racing Department. 

Selain itu hadir pula Armin Burger (koordinator Historical Motorsport) dan Traugott Brecht (Technical Advisor dari Historical Motorsport).

Timo Bernhard (pemenang Le Mans) dan Brand Ambassador Steffen Wolf (Insinyur di bidang Engine Management Systems), serta Alexander E. Klein (Head of Heritage Operations and Communication) juga turut serta.

Peluncuran prototipe Le Mans (LMP 2000) yang sukses di lintasan uji Weissach (Dok. Porsche).
Peluncuran prototipe Le Mans (Porsche LMP 2000) yang sukses di lintasan uji Weissach (Dok. Porsche).

Bagi tiap orang dari mereka, Porsche LMP 2000 lebih dari sekadar mobil. Ini adalah bagian dari kisah Porsche pribadi mereka. 

Hal yang menyatukan mereka semua adalah bahwa ini adalah cerita tentang proyek yang dekat dengan hati mereka.

Cerita tentang mobil balap yang tidak pernah ikut serta dalam perlombaan, tidak memiliki kisah sukses untuk diceritakan, dan hanya memiliki jarak tempuh kurang dari 80 km. 

Mobil ini awalnya dikembangkan untuk kelas prototipe LMP900 Le Mans, yang berarti beratnya tidak kurang dari 900 kg, sesuai dengan peraturan dari kategori tersebut. 

Dan tujuannya untuk kemenangan secara keseluruhan dalam 24 Hours of Le Mans

Statistiknya tidak kalah mengesankan dengan tujuan mobil ini: output tenaga lebih dari 600 PS, dari mesin V10 5,5 liter naturally aspirated.

Sebuah perjalanan emosional melintasi waktu di lintasan uji coba Weissach.

Suasana peluncuran mobil balap Porsche LMP 2000 (Dok.Porsche).
Suasana peluncuran mobil balap Porsche LMP 2000 (Dok.Porsche).

“Luar biasa! Rasanya seperti baru saja kembali ke 25 tahun yang lalu,” ujar pemenang Le Mans, McNish, saat ia menyelesaikan uji coba pertamanya dengan LMP 2000 yang telah direkondisi. 

“Senyum di wajah orang-orang di sini sama mengesankannya dengan suara mesin yang membangun di belakang Anda di lintasan lurus yang panjang!” 

Sebagai pembalap Porsche, pembalap asal Skotlandia ini mengemudikan mobil untuk pertama kalinya pada 3 November 1999 (saat ia berusia 29 tahun) pada suhu 8,6 derajat Celcius dan kelembaban 68 persen. 

Pada hari itu, meskipun menggunakan ban yang tidak cocok untuk suhu rendah, ia mencapai kecepatan tertinggi 302 km/jam, menempuh jarak 60 km, sebuah perjalanan yang termasuk mencetak rekor putaran. 

Sehari sebelumnya, mendiang Bob Wollek, yang meninggal dunia pada 2001, telah menyelesaikan beberapa kilometer pertama dengan mobil tersebut. 

Bersama-sama, mereka menempuh jarak 78 km dengan LMP 2000 selama dua hari. “Bob pasti akan ‘hadir’ hari ini untuk melihat ini,” kata McNish.

Bagi semua orang yang hadir di sana, seolah-olah LMP 2000 telah terlempar ke masa kini langsung dari masa lalu, sebuah bagian dari sejarah motorsport. 

Timo Bernhard mengingat momen pribadinya bersama LMP 2000: “Saya melihat mobil itu dan membayangkan bagaimana rasanya mengendarainya suatu hari nanti,” katanya.

Tak lama sebelum itu, pria yang kemudian memenangkan Le Mans ini, yang saat itu masih berusia 18 tahun, telah menandatangani kontraknya sebagai pembalap Porsche Junior.

“Sangat membanggakan bagi saya bahwa 25 tahun kemudian saya dapat menyelesaikan beberapa putaran uji coba dengan mobil balap tersebut,” kata Bernhard sambil tertawa. 

“LMP 2000 memancarkan rasa percaya diri. Mesin V10-nya terasa lembut seperti mentega; mobil ini sangat ringan dan lincah dengan banyak downforce.”

“Penyaluran tenaga yang hampir linier sangat mengagumkan, suaranya luar biasa,” pria berusia 43 tahun ini memuji secara berlebihan. 

Baginya, kokpit terbuka dan pemandangan yang ditawarkannya menggambarkan kebebasan. 

“Ini adalah kehormatan besar bagi saya dan saya merasa seperti kami telah meneruskan kisah ini,” ujar Bernhard.

Source: Porsche

RELATED STORIES

Porsche 911 Turbo 50 Years Hadir Rayakan Setengah Abad 911 Turbo

Porsche 911 Turbo 50 Years Hadir Rayakan Setengah Abad 911 Turbo

Model eksklusif perayaan ke-50 tahun Porsche 911 Turbo ini terbatas hanya 1.974 unit.

Porsche Akan Rayakan 50 Tahun Turbo di Retro Classics Stuttgart

Porsche Akan Rayakan 50 Tahun Turbo di Retro Classics Stuttgart

Slogan di stand pameran: “Beyond Performance – 50 Years of Porsche Turbo”.

Porsche Berniat Gabung ke F1 pada Musim 2025

Porsche Berniat Gabung ke F1 pada Musim 2025

Petinggi Porsche mengatakan bahwa timnya terus memantau perkembangan regulasi F1 bebas emisi untuk 2025.

Porsche dan LaMelo Ball Hadirkan Kolaborasi Sneaker dengan Puma MB.03

Porsche x Puma MB.03 akan dirilis dalam ajang NBA All-Star Weekend.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Piala Liga Inggris 2024-2025. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

Liga Inggris

7 Catatan Ajaib Newcastle United yang Juara Piala Liga Inggris

Gelaran Piala Liga Inggris musim ini sudah usai dengan Newcastle United keluar sebagai juaranya, berikut ini catatan mereka.

Thoriq Az Zuhri | 17 Mar, 00:40

La Liga 2024-2025 (Liga Spanyol). (Hendy Andika/Skor.id).

La Liga

La Liga 2024-2025: Jadwal, Hasil, dan Klasemen

Berikut ini jadwal lengkap, hasil, dan klasemen La Liga (Liga Spanyol) musim 2024-2025.

Pradipta Indra Kumara | 16 Mar, 23:29

Kompetisi Liga Italia 2024-2025 dimulai pada Sabtu (17/8/2024) lalu. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

Liga Italia

Liga Italia 2024-2025: Jadwal, Hasil, dan Klasemen

Liga Italia 2024-2025 telah bergulir pada Sabtu (17/8/2024) lalu, berikut ini jadwal, hasil, dan klasemen yang diupdate sepanjang musim ini bergulir.

Irfan Sudrajat | 16 Mar, 23:24

Liga Inggris 2024-2025. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

Liga Inggris

Liga Inggris 2024-2025: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Klub Lengkap

Berikut ini jadwal, hasil, dan klasemen, serta profil klub lengkap Liga Inggris 2024-2025 yang akan diupdate sepanjang musim bergulir.

Irfan Sudrajat | 16 Mar, 23:20

Free Fire. (Deni Sulaeman/Skor.id)

Esports

FFNS Spring 2025: Hasil, Jadwal, dan Klasemen Lengkap

Gelaran FFNS Spring 2025 sedang dihelat. Ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkap turnamen Free Fire tingkat nasional ini.

Thoriq Az Zuhri | 16 Mar, 23:04

Turnamen Mobile Legends, MPL Indonesia. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Esports

MPL Indonesia Season 15: Hasil, Jadwal, Klasemen Lengkap

Gelaran MPL Indonesia Season 15 sedang dihelat. Ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkap turnamen tertinggi Mobile Legends: Bang Bang Indonesia.

Thoriq Az Zuhri | 16 Mar, 23:04

PMSL SEA. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

Esports

PMSL SEA Spring 2025: Hasil, Jadwal, dan Klasemen Lengkap

Berikut ini adalah hasil, jadwal lengkap, format, dan klasemen lengkap turnamen PUBG Mobile, PMSL SEA Spring 2025.

Thoriq Az Zuhri | 16 Mar, 23:03

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Timnas Indonesia

Lepas Timnas Indonesia ke Australia, Erick Thohir Berharap Hasil Positif

Para pemain dan staf pelatih Timnas Indonesia sudah bertolak ke Australia jelang laga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Teguh Kurniawan | 16 Mar, 18:35

Madura United.jpg

Liga 1

Enam Bulan Terpuruk, Madura United Akhirnya Keluar dari Zona Degradasi

Madura United menang 2-1 atas PSIS Semarang, Minggu (16/3/2025) malam, mengangkat mereka dari zona degradasi Liga 1 2024-2025.

Teguh Kurniawan | 16 Mar, 16:36

Cover F1. (Dede Mauladi/Skor.id)

Formula 1

Fakta Menarik F1 GP Australia 2025: Debut Manis Antonelli, Mimpi Buruk Lewis Hamilton

Balapan pembuka musim F1 2025 di GP Australia rampung pada MInggu (16/3/2025), berikut sederet fakta menariknya.

Teguh Kurniawan | 16 Mar, 15:09

Load More Articles