Plus-Minus Film Dokumenter Captains of The World

Tri Cahyo Nugroho

Editor: Tri Cahyo Nugroho

Kapten Timnas Argentina Lionel Messi menjadi salah satu yang disorot dalam film dokumenter Captains of The World. (Dede Mauladi/Skor.id)
Kapten Timnas Argentina Lionel Messi menjadi salah satu yang disorot dalam film dokumenter Captains of The World. (Dede Mauladi/Skor.id)

SKOR.idCaptains of The World adalah film dokumenter olahraga yang dibuat oleh Netflix bekerja sama dengan FIFA+ dan diproduksi oleh Fulwell 73. 

Film dokumenter ini meliput serial resmi Piala Dunia 2022 di Qatar, yang menampilkan seluruh tim mulai dari babak grup hingga laga final. 

Pertunjukan berfokus pada para kapten tim nasional, menampilkan nama-nama seperti Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, Harry Kane, Hugo Lloris, dan banyak lainnya, serta tokoh-tokoh penting lainnya dalam sepak bola dan jurnalisme sepak bola. 

Captains of the World sendiri merupakan tindak lanjut dari serial Captains, yang memiliki premis serupa tetapi dengan keadaan berbeda.

Mengikuti garis waktu Piala Dunia 2022 di Qatar, serial terbatas enam episode ini mengikuti tahapan individu turnamen untuk strukturnya. Namun terlihat jelas bahwa acara tersebut harus selektif dengan pertandingan yang dipilih untuk ditampilkan. 

Hal ini terutama berlaku selama babak penyisihan grup, saat ke-32 tim bertarung untuk mendapatkan supremasi dan akses ke babak sistem gugur. Kecepatan setiap episode menarik dan memuaskan, dengan antara dua dan empat laga dalam satu episode. Sebelum menentukan pertandingan, ada banyak pengaturan dan wawancara dengan kapten dan tokoh terkait lainnya.

Keagungan dan perasaan menggembirakan dari laga Piala Dunia dibanding pertandingan sepak bola lainnya ditangkap dan dipadatkan dengan luar biasa dalam episode-episodenya. 

Bahkan setahun kemudian, emosi dari pertandingan terbesar ini datang kembali, dengan banyak momen yang bisa dengan mudah dilewatkan, bahkan bagi penggemar sepak bola yang menonton setiap momennya. 

Wawancara-wawancara tersebut mengungkap banyak hal, namun tidak sebanyak kamera di ruang ganti, yang menangkap percakapan emosional dan intens antara para atlet elite.

Namun ada beberapa bagian dari turnamen ini yang bahkan belum disinggung, termasuk pertandingan pembuka serta momen-momen penting yang terkubur dalam beberapa gambar atau tidak ditampilkan sama sekali. 

Serial ini dibantu oleh adegan-adegan ruang ganti yang fenomenal dengan para pembuat film yang menyoroti cerita dan percakapan yang pantas untuk diberi waktu. Kecepatannya memungkinkan pesepak bola berbicara tanpa diganggu atau keluar dari konteks.

Bukan hanya turnamennya yang mendapat sorotan. Sejarah turnamen serta tim-tim terbesar membantu menjelaskan mengapa pertandingan ini penting, terutama bagi negara-negara yang memiliki harapan besar. 

Tim-tim seperti Brasil, Prancis, dan Argentina semuanya datang ke Piala Dunia dengan keganasan luar biasa untuk memenangkannya. Tidak hanya itu, detail diberikan kepada para legenda nasional yang telah meninggal dunia dan membuka jalan menuju kejayaan bagi banyak tim nasional.

Contoh yang paling terkenal, Diego Maradona dan Pele, adalah pilihan yang jelas, namun pahlawan kultus sejati di antara pihak-pihak yang lebih kecil menunjukkan tingkat rasa hormat dari para pembuat film. 

Kematian Gary Speed, mantan pemain dan manajer Wales, merupakan sebuah tragedi nyata dalam olahraga ini, dan terdapat penghormatan yang indah kepada Papa Bouba Diop oleh kapten Senegal Kalidour Koulibaly. Keduanya memberikan dampak besar terhadap warisan timnya masing-masing. Menggunakan suara orang-orang yang mengenal mereka memberikan gairah pada setiap klip.

Beberapa nama besar dalam sejarah sepak bola muncul di Captains of the World. Yang terdepan adalah Messi dan Ronaldo, yang merupakan pemain terhebat dalam 20 tahun terakhir dan mungkin sepanjang masa. Wawasan yang diberikan pada mentalitas dan pengalaman mereka sungguh menakjubkan. 

Messi sangat tertutup dan jarang memberikan wawancara, sehingga sangat mengejutkan melihat seberapa banyak dia dilibatkan dalam serial ini. Serial ini, meskipun bersifat inklusif, mulai lebih banyak mengamati Messi di episode terakhir, karena menjadi jelas bahwa takdirnya dapat terpenuhi. 

Pertunjukan tersebut tidak serta merta memilih pihak untuk menciptakan pahlawan, tetapi justru mengangkat pihak-pihak yang menjadi sorotan.

Demikian pula dengan Thiago Silva yang mengenakan ban kapten untuk Brasil, memiliki sebagian besar episode pertama untuk dirinya sendiri, untuk berbicara tentang masa kecilnya yang luar biasa dan perjalanannya menuju kesuksesan. 

Jelas bahwa banyak pemain penting dipilih dengan sungguh-sungguh sebelum turnamen dimulai, dengan harapan bahwa mereka dapat diikuti hingga ke dalam kontes. 

Konsep serial yang menonjolkan para kapten ini sangat fantastis, menggunakan satu boneka sebagai sarana untuk mengeksplorasi keseluruhan tim. Yang lain sering kali diundang untuk berbicara tentang saingan mereka dan sesama pemimpin dalam permainan, dengan menyoroti hal tersebut.

Jurnalis dan presenter terkemuka sering kali digunakan untuk konteks yang lebih luas atau untuk menguraikan suatu bagian dari kompetisi atau negara dengan cara yang lebih baik daripada yang bisa dilakukan oleh para pemainnya sendiri. 

Serial ini sebagian besar berbahasa Inggris, namun setiap kontributor diberikan kebebasan untuk berbicara dalam bahasa mereka sendiri, daripada hanya mengandalkan terjemahan bahasa Inggris. Sungguh menyenangkan mendengarkan bahasa dan suara para tokoh.

Meskipun ada iklan bahwa seri dokumen tersebut menawarkan “akses eksklusif ke 32 tim”, serial ini tidak cukup berhasil dalam hal itu. Ada banyak sekali tim yang disertakan, dan hal ini patut diapresiasi, namun ada juga beberapa tim yang belum pernah terlihat. 

Qatar tidak muncul meskipun menjadi tuan rumah. Begitu pula dengan Kanada, Kosta Rika, Belgia, Serbia, Tunisia, dan lainnya. 

Beberapa negara besar diberikan porsi yang kecil. Kapten tim-tim besar seperti Luka Modric, jarang sekali ditampilkan meskipun dia salah satu kapten terhebat sepanjang masa. Virgil Van Dijk dan Belanda bisa dibilang kecewa, begitu pula Harry Kane dan Inggris. 

Untuk yang terakhir, itu terpisah dari sekadar wawancara Kane dan menyebar ke seluruh kelompok. Meskipun tidak berbahaya, namun hal ini tidak diberikan kepada negara-negara lain, dan hanya terbatas pada satu segmen.

Film-film dokumenter sepak bola seputar Piala Dunia Qatar sering kali kesulitan membahas isu-isu politik terkait dan beberapa kontroversi seputarnya. Captains of the World mungkin salah satunya. 

Bahasan soal isu politik dan kontroversinya sangat singkat, sebelum kemudian disingkirkan dan tidak pernah diangkat lagi. Ditambah lagi, karena ini terkait dengan Denmark, karena reaksi dari federasi sepak bola dan sponsor kaus negara tersebut, hal ini ditampilkan semata-mata sebagai reaksi masyarakat Denmark dan bukan kebencian dunia terhadap isu-isu hak asasi manusia dan perlakuan terhadap pekerja migran saat pembangunan stadion. 

Meskipun Captains of the World adalah serial dokumenter tentang sepak bola, ada metode yang lebih baik untuk mengatasi masalah politik yang ada. Sebaliknya, cara pertunjukan tersebut memperlakukan tim nasional Iran dan respons mereka terhadap situasi mengerikan yang terjadi saat mereka bermain jauh lebih baik. 

Hal ini secara terbuka dan jujur ​​mengungkap pembunuhan sistematis terhadap perempuan yang melakukan protes di negara tersebut, dan bahaya yang mungkin ditimbulkan oleh para pelaku protes jika mereka lantang mengeluarkan suara dan pendapatnya.

Pengeditannya berkelas dunia, dengan beberapa rekreasi dan montase pertandingan sepak bola terbaik. Ada banyak sekali sudut kamera yang terlihat berbeda dari kamera siaran. Ini memungkinkan pengambilan gambar dari dekat dan pribadi dari para pesepak bola pada momen terbaik dan terburuk mereka, dan pergerakannya sangat lancar. 

Untuk pertandingan besar, bukan hanya gol saja yang penting. Kecepatan para pemain, tekel keras, dan pertarungan di seluruh lapangan ditangkap dengan indah.

Musiknya luar biasa dan meningkatkan intensitas setiap situasi. Dampak langsung dari hasil pertandingan, baik di terowongan stadion atau di jalanan, membuat emosi terus bergejolak di luar lapangan. Menggunakan komentar pertandingan resmi berarti sebagian besar permainan dinarasikan oleh Peter Drury. 

Captains of the World menimbulkan permasalahan tersendiri. Karena betapa briliannya sebagian besar episodenya, ketidakhadiran episode lainnyalah yang sangat menyakitkan. 

Pengeditannya luar biasa dan wawancaranya sangat mendalam dan bertabur bintang. Dan menghabiskan waktu bersama masing-masing tim sepak bola tidak sepenuhnya realistis atau tidak mungkin dilakukan. 

Konten yang mungkin bisa menghasilkan 32 episode dalam serial tersebut. Tapi enam terlalu pendek. Hal ini dapat menyebabkan beberapa bagian tergesa-gesa dan bagian lainnya dihilangkan seluruhnya.

Sepuluh episode mungkin akan memberikan lebih banyak ruang, bahkan delapan. Momen-momen penting dihidupkan kembali dan dieksplorasi dengan luar biasa dan ini merupakan pertunjukan yang sangat mengundang bagi mereka yang baru atau belum berpengalaman dalam hal para pemain dan kepribadian mereka. 

Para pembuat filmnya jelas luar biasa, termasuk yang terbaik di genrenya. Tapi pasti sangat menyedihkan menjadi penggemar dari negara yang menghadiri Piala Dunia, hanya saja mereka kurang terwakili dalam film dokumenter resmi.

 

 

RELATED STORIES

Setahun Argentina Juara Piala Dunia, Artis Martin Ron Buat Mural Lionel Messi

Setahun Argentina Juara Piala Dunia, Artis Martin Ron Buat Mural Lionel Messi

Artis Martin Ron membuat mural raksasa Lionel Messi untuk peringati setahun Argentina juara Piala Dunia.

Ballon d'Or, Gelar Spesial Lionel Messi setelah Piala Dunia 2022

Lionel Messi merebut gelar Ballon d'Or 2023, meneruskan kesuksesan meraih gelar Piala Dunia 2022.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Erick Thohir

Timnas Indonesia

Erick Thohir Ingatkan Timnas U-23 Indonesia Masih Punya Kesempatan ke Olimpiade 2024

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengomentari kekalahan Timnas U-23 Indonesia di semifinal Piala Asia U-23 2024.

Taufani Rahmanda | 29 Apr, 19:11

Piala Dunia Futsal 2024. (Hendy Andika/Skor.id)

World

Update Daftar Tim yang Lolos Piala Dunia Futsal 2024

Berikut ini update daftar tim yang lolos ke Piala Dunia Futsal 2024 di Uzbekistan, yang akan terus diperbaharui.

Taufani Rahmanda | 29 Apr, 18:00

Indonesia U-23 (Timnas U-23 Indonesia) vs Uzbekistan U-23. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Timnas Indonesia

Skor Stats: Rating Pemain dan MotM Timnas U-23 Indonesia vs Uzbekistan U-23 di Piala Asia U-23 2024

Timnas U-23 Indonesia takluk dari Uzbekistan U-23 pada semifinal Piala Asia U-23 2024, Senin (29/4/2024) malam WIB.

Taufani Rahmanda | 29 Apr, 17:54

Semifinal Liga Champions 2023-2024 mempertemukan Bayern Munchen dengan Real Madrid dan Paris Saint-Germain menghadapi Borusia Dortmund. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

World

3 Hal Menarik di Semifinal Liga Champions, Ada Persaingan Pemain Inggris

Ada tiga hal menarik menjelang laga semifinal Liga Champions musim ini, duel Jude Bellingham dan Harry Kane juga akan terjadi.

Pradipta Indra Kumara | 29 Apr, 17:42

Berbagai laga penentu dalam perebutan zona championship series Liga 1 2023-2024 yang melibatkan Madura United, PSIS Semarang, dan Dewa United FC, 30 April 2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Liga 1

Prediksi dan Link Live Streaming Laga Penentu Championship Series Liga 1 2023-2024

Madura United vs Arema FC, Persija vs PSIS, dan Dewa United vs Borneo FC pada Selasa (30/4/2024) sore.

Taufani Rahmanda | 29 Apr, 17:04

Lexyndo Hakim

Basketball

Perbasi DKI Jakarta Gelar Raker 2024, Lexyndo Hakim Ingatkan Fokus Utama Kepengurusan

Lexyndo Hakim ingin tim basket DKI Jakarta menuai prestasi apik dalam ajang PON 2024 di Aceh-Sumatra Utara akhir tahun nanti.

Doddy Wiratama | 29 Apr, 16:57

Cover Piala Asia U-23 2024. (Hendy Andika/Skor.id)

Timnas Indonesia

Piala Asia U-23 2024: Jadwal, Hasil dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Piala Asia U-23 2024, yang terus diperbarui seiring berjalannya turnamen.

Taufani Rahmanda | 29 Apr, 16:23

Kompetisi voli Proliga 2024

Other Sports

Rekap Pekan 1 Proliga 2024: 2 Kandidat Juara Ukir Start Apik, Rivan Nurmulki Top Skor

Jakarta LavAni Allo Bank Electric dan Jakarta STIN BIN mendapat dua kemenangan di pekan pertama Proliga 2024.

Doddy Wiratama | 29 Apr, 16:07

Stefan Effenberg memberikan pendapatnya seputar pertemuan Bayern Munchen dan Real Madrid di semifinal Liga Champions. (Yusuf/Skor.id).

World

Wawancara Stefan Effenberg Jelang Bayern Munchen vs Real Madrid

Berikut ini wawancara Stefan Effenberg, menjelang pertandingan semifinal Liga Champions yang mempertemukan Bayern Munchen vs Real Madrid.

Pradipta Indra Kumara | 29 Apr, 15:34

Berbagai laga penentu dalam persaingan menghindari zona degradasi Liga 1 2023-2024 yang melibatkan Arema FC, PSS Sleman, Persita Tangerang, Rans Nusantara FC, 30 April 2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Liga 1

Prediksi dan Link Live Streaming Laga Penentu Zona Degradasi Liga 1 2023-2024

Madura United vs Arema FC, PSS vs Persib, Persita vs Bali United, dan PSM vs Rans Nusantara FC pada Selasa (30/4/2024) sore.

Taufani Rahmanda | 29 Apr, 14:38

Load More Articles