Omega 3: Apa yang Bisa dan Tidak Bisa Dilakukan 'Lemak Sehat' Ini untuk Kesehatan

Nurul Ika Hidayati

Editor:

  • Asam lemak omega 3 adalah jenis lemak tak jenuh ganda, juga disebut “lemak sehat".
  • Ini adalah senyawa penting yang merupakan blok bangunan utama untuk membran sel, terutama di otak.
  • Namun, ada beberapa kontroversi mengenai kemanjuran dan manfaatnya bagi kesehatan manusia..

SKOR.id - Asam lemak omega 3 adalah jenis lemak tak jenuh ganda — juga disebut sebagai “lemak sehat” — dipuji karena potensi peran protektifnya dalam beberapa penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan demensia.

Mereka adalah salah satu blok bangunan utama untuk membran sel dan tetap jadi subjek yang menarik dalam komunitas ilmiah.

Keluarga asam lemak omega 3 meliputi:

  • asam alfa-linolenat (ALA)
  • asam stearidonic (SDA)
  • asam eicosapentaenoic (EPA)
  • asam dokosapentaenoat (DPA)
  • asam dokosaheksaenoat (DHA)

DHA dan EPA adalah lemak tidak jenuh ganda utama dalam membran sel otak dan telah dipopulerkan dan berhasil dipasarkan sebagai suplemen makanan.

Asam lemak omega 3 sangat penting, artinya tubuh manusia tidak mampu membuatnya sendiri — asam lemak atau prekursornya harus diperoleh dari makanan.

Misalnya ALA dari biji-bijian tumbuhan dapat diubah dalam tubuh menjadi semua jenis lemak omega 3 lainnya: EPA, SDA, DHA, DPA.

Namun, konversi ini cukup tidak efisien, dengan tingkat kurang dari 3% ALA diubah menjadi DHA atau EPA pada pria dan kurang dari 10% pada wanita — menjamin asupan makanan yang cukup dari DHA dan EPA itu sendiri.

Omega 3 dalam diet
DHA, EPA, dan DPA asam lemak omega-3 disintesis oleh organisme laut seperti alga dan fitoplankton.

Ketika dikonsumsi oleh ikan, mamalia air, dan krustasea, asam lemak ini memasuki rantai makanan dan disimpan dalam lemak tubuh, hati, dan lemak. Mereka kemudian dikonsumsi oleh manusia.

Sumber makanan DHA, EPA, dan DPA meliputi:

  • ikan berlemak, seperti salmon, sarden, mackerel, menhaden, atau herring
  • hati ikan putih tanpa lemak, seperti halibut atau cod
  • lemak dari anjing laut atau paus
  • minyak ikan dari daging ikan cod, tuna, haddock, flounder, atau minyak krill

ALA, di sisi lain, terkonsentrasi pada sumber tanaman dan merupakan asam lemak omega-3 yang paling sering digunakan oleh tubuh manusia untuk membuat semua jenis asam lemak omega 3 lainnya.

Sumber ALA termasuk kacang-kacangan dan biji-bijian, seperti biji rami, biji chia, dan kenari serta minyak, seperti minyak biji echium, canola, dan minyak kedelai.

Menurut National Institutes of Health (NIH) Trusted Source, kebanyakan orang dewasa di Amerika Serikat mengonsumsi jumlah omega 3 yang disarankan — 1,1 gram (g) untuk wanita dewasa dan 1,6 g untuk pria dewasa — dalam bentuk ALA.

Namun, mengingat konversi ALA ke DHA dan EPA buruk, asupan makanan dari kombinasi makanan yang kaya ALA, EPA, dan DHA direkomendasikan.

Selain itu, segudang suplemen DHA dan EPA omega 3 tersedia dan berkontribusi signifikan terhadap asupan omega 3 harian. Minyak ikan adalah suplemen omega 3 yang paling umum digunakan oleh orang dewasa dan anak-anak.

LEMAK OMEGA 3: APA YANG BISA MEREKA LAKUKAN UNTUK KESEHATAN?
Beberapa penelitian tentang dampak kesehatan dari asam lemak omega 3 telah memberikan temuan kontroversial. Berikut adalah beberapa manfaat yang didukung bukti dari mengonsumsi asam lemak omega 3.

Sifat anti-inflamasi
Peradangan kronis — juga disebut peradangan tingkat rendah — terkait dengan perkembangan obesitas, penyakit jantung, dan kanker.

Asam lemak omega 3 telah terbukti memberikan efek anti-inflamasi dalam tubuh manusia dan dapat membantu menurunkan penanda peradangan, seperti protein C-reaktif dan interleukin-6.

Faktanya, asam lemak omega 3 dianggap sebagai salah satu lipid paling ampuh yang mampu mengurangi stres oksidatif dan peradangan. Ini juga berpotensi menjaga terhadap perkembangan penyakit kronis.

Menurunkan kolesterol
Dalam sebuah studi 6 minggu, suplementasi harian dengan setidaknya 1,2 g DHA secara signifikan mengurangi kadar trigliserida dan meningkatkan kolesterol "baik", atau lipoprotein densitas tinggi.

Selain itu, asam lemak omega 3 menurunkan kolesterol "jahat", lipoprotein densitas rendah (LDL), ketika lemak jenuh makanan diganti dengan tak jenuh ganda dan asam lemak tak jenuh tunggal yang ditemukan dalam makanan nabati seperti kacang-kacangan dan alpukat.

Trigliserida yang meningkat dan kolesterol LDL terkait dengan peningkatan risiko sindrom metabolik dan penyakit jantung.

Namun, ringkasan praktik berbasis bukti baru-baru ini telah menunjukkan tidak ada dampak pada berbagai hasil penyakit kardiovaskular (CVD) dari penggunaan suplemen asam lemak omega 3 pada pasien dengan CVD yang sudah mapan atau faktor risiko yang meningkat untuk CVD.

Darah rendah
Di sisi lain, asam lemak omega 3 telah terbukti meningkatkan kesehatan pembuluh darah - kesehatan pembuluh darah - dengan meningkatkan bioavailabilitas oksida nitrat.

Dalam studi ilmiah fase 2, oksida nitrat menginduksi pelebaran (relaksasi) pembuluh darah dan menyebabkan penurunan tekanan darah yang signifikan.

Mengurangi risiko penyakit jantung
Dengan mengurangi penanda yang terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung: trigliserida tinggi, kolesterol, dan tekanan darah, asam lemak omega-3 dapat mengurangi risiko penyakit jantung, menurut ulasan yang menganalisis studi yang ada.

Tinjauan yang sama menyimpulkan bahwa suplementasi harian dosis tinggi dengan 4 g EPA murni pada orang dengan kadar trigliserida tinggi menyebabkan penurunan 25% pada kejadian kardiovaskular.

Dalam ulasannya pada tahun 2018, Prof. Fereidoon Shahidi, profesor biokimia di Memorial University, Kanada, dan Prof. Priyatharini Ambigaipalan, saat ini di School of Science and Engineering Technology di Durham College, juga di Kanada, mengidentifikasi bukti manfaat kesehatan dari omega 3 dalam kondisi kesehatan nonkardiovaskular.

Meningkatkan toleransi terhadap pengobatan kanker
Asam lemak omega 3 dapat meningkatkan kemanjuran dan toleransi kemoterapi dan merupakan pengobatan suportif yang potensial untuk orang yang menjalani pengobatan kanker.

Lebih khusus lagi, suplementasi harian dengan EPA dan DHA membantu pasien dengan kanker kepala dan leher serta kanker payudara untuk menjaga berat badan dan mengurangi kehilangan otot terkait kanker.

Meningkatkan kondisi penderita depresi
Sebuah studi tinjauan 2019 lebih dari 2.000 peserta menunjukkan dampak menguntungkan dari asam lemak omega 3 EPA pada depresi, dengan DHA menunjukkan sedikit manfaat.

Temuan ini didukung oleh penelitian lain yang termasuk dalam ulasan Prof. Shahidi dan Prof. Ambigaipalan, yang menunjukkan bahwa suplementasi minyak ikan membantu melindungi dari gangguan depresi berat pada orang berusia antara 15 dan 25 tahun.

Selain itu, asupan ikan berlemak dan makanan laut dalam jumlah sedang dikaitkan dengan lebih sedikit kejadian depresi.

LEMAK OMEGA 3: APA YANG TIDAK BISA MEREKA LAKUKAN UNTUK KESEHATAN?
Asam lemak omega 3 telah berhasil dipasarkan sebagai ramah jantung dan dilaporkan dapat mengurangi risiko hasil terkait penyakit jantung yang merugikan.

Namun, peran dan manfaat kesehatannya untuk beberapa kondisi telah ditentang dan didiskreditkan. Tinjauan laporan Cochrane ini tidak menemukan bukti manfaat suplemen omega 3 pada penyakit jantung, stroke, atau kematian.

Berikut adalah beberapa kondisi yang mungkin tidak dicegah atau diperbaiki oleh asam lemak omega 3, berdasarkan bukti ilmiah terbaru.

Mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung
Prof Shahidi dan Prof Ambigaipalan juga menemukan bahwa konsumsi asam lemak omega 3 tidak mengurangi risiko hasil yang berhubungan dengan penyakit jantung yang merugikan, seperti kematian jantung mendadak, serangan jantung, atau stroke, bahkan pada individu tanpa riwayat penyakit jantung. penyakit.

Meski lemak omega 3 menurunkan risiko penyakit jantung dengan menurunkan trigliserida, LDL kolesterol "jahat", dan tekanan darah, meta-analisis lebih dari 80.000 orang menemukan bahwa suplemen mereka tidak mencegah kematian dari semua penyebab atau penyakit jantung.

Mencegah pembekuan darah
Efek anti-pembekuan asam lemak omega 3 telah diusulkan dengan mengurangi agregasi trombosit. Namun, temuan ini kontroversial, dan bukti dalam hal ini lemah — dosis khas lemak omega 3 dari makanan dan suplemen memiliki efek ringan.

Mencegah atau mengobati diabetes
Bukti Trusted Source menunjukkan bahwa meningkatkan asupan omega 3 tidak mencegah atau mengobati diabetes.

Ini tidak mempengaruhi gula darah puasa, resistensi insulin, atau hemoglobin glikosilasi pada mereka dengan diabetes tipe 2 dan sindrom metabolik.

Mencegah kanker
Asam lemak omega 3 telah dilaporkan mengurangi komplikasi beberapa pasien kanker, dan temuan awal terlihat menjanjikan. Faktanya, tidak ada bukti bahwa omega 3 dapat mencegah perkembangan kanker.

Dalam meta-analisis lebih dari satu juta orang, asupan lemak omega 3 yang sangat tinggi — 5–15 g per hari — tidak secara signifikan mengurangi risiko kanker paru-paru, dan dalam beberapa kasus, meningkatkan risiko kanker paru-paru.

Oleh karena itu, asupan omega 3 yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat berbahaya.

Kesimpulan:
Asam lemak tak jenuh ganda omega 3 adalah senyawa penting yang merupakan blok bangunan utama untuk membran sel, terutama di otak.

Selama beberapa dekade, mereka telah menjadi subjek minat ilmiah, tapi temuannya masih kontroversial dan tidak konsisten.

Bukti menunjukkan bahwa asam lemak omega 3 memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat menurunkan kolesterol, tekanan darah, episode depresi, penurunan berat badan selama pengobatan kanker, dan risiko penyakit jantung.

Namun, asupan omega 3 tidak lantas mengurangi risiko hasil terkait penyakit jantung yang merugikan dan parah, termasuk kematian mendadak dan stroke. Selain itu, tidak dapat mencegah atau mengobati diabetes atau mencegah pembekuan darah.***

Berita Bugar Lainnya:

Sering Sakit Kepala, Bisa Jadi Kurang Omega 3

Makanan yang Banyak Mengandung Omega 3 dan Manfaatnya

Source: Medical News Today

RELATED STORIES

5 Manfaat Memeluk dan Berciuman untuk Kesehatan

5 Manfaat Memeluk dan Berciuman untuk Kesehatan

Tindakan berpelukan dan berciuman diyakini dapat membantu meningkatkan suasana hati dan harga diri kita, serta mengurangi stres.

Inilah Kebiasaan Buruk di Malam Hari yang Bisa Membuat Berat Badan Bertambah

Inilah Kebiasaan Buruk di Malam Hari yang Bisa Membuat Berat Badan Bertambah

Ada relasi antara kualitas tidur dan kemampuan tubuh untuk mengatur kadar glukosa dan kualitas tidu buruk menandai kadar glikemik yang buruk.

Berbicara pada Diri Sendiri: Apakah Itu Normal?

Berbicara pada Diri Sendiri: Apakah Itu Normal?

Self-talk (berbicara pada diri sendiri) dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan fokus, dan meningkatkan harga diri.

9 Ide Olahraga Murah Meriah yang Bisa Dilakukan di Rumah

Berikut ini adalah sembilan ide olahraga murah meriah yang bisa dilakukan di rumah.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

MotoGP 2024

MotoGP

Update MotoGP 2024: Jadwal, Hasil, dan Klasemen

Kompetisi MotoGP 2024 dijadwalkan menggelar 42 sesi balapan dalam 21 seri yang berlangsung selama delapan bulan.

Doddy Wiratama | 12 May, 13:32

Geek Fam (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

Geek Fam Amankan Tiket Ketiga ke Playoff MPL ID Season 13

Sebelumnya sudah ada Bigetron Alpha dan ONIC Esports yang mengamankan tiket ke Playoff.

Gangga Basudewa | 12 May, 13:31

Kompetisi voli Proliga 2024

Other Sports

Update Proliga 2024 Sektor Putri: Jadwal, Hasil, dan Klasemen

Jadwal, hasil, dan klasemen Proliga 2024 untuk sektor putri dalam artikel ini akan terus diperbarui secara berkala.

Doddy Wiratama | 12 May, 13:13

Pelatih Manchester United, Erik ten Hag. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

Liga Inggris

Manchester United vs Arsenal: Pertahanan Setan Merah yang Buruk

Musim ini di bawah asuhan Erik ten Hag, Manchester United memiliki rapor yang buruk dari sisi pertahanan di Liga Inggris 2023-2024.

Irfan Sudrajat | 12 May, 12:27

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dan sepak bola putri Indonesia. (Foto: Dok Erick Thohir/Grafis: Hendy Andika/Skor.id)

Timnas Indonesia

Dukung Langsung Timnas Putri U-17 Indonesia, Erick Thohir Bidik Target Jangka Panjang

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir bicara membangun sepak bola wanita di Indonesia dari bawah.

Taufani Rahmanda | 12 May, 12:23

Women Pro Futsal League 2023-2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

National

Women Pro Futsal League 2023-2024: Jadwal, Hasil dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Women Pro Futsal League 2023-2024 yang terus diperbarui seiring berjalannya kompetisi.

Taufani Rahmanda | 12 May, 11:38

Women Pro Futsal League 2023-2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

National

Rekap Hasil Women Pro Futsal League 2023-2024: MS Putri Bangkit, Muara Enim Akhirnya Menang

Hasil rangkaian laga hari kedua pekan kedua Women Pro Futsal League 2023-2024 pada Minggu (12/5/2024).

Taufani Rahmanda | 12 May, 11:33

Berapa kali Anda makan dalam sehari tidak jadi masalah asal memperhatikan takaran dan menyesuaikan kebutuhan tubuh. (Dede Mauladi/Skor.id)

Culture

Berapa Kali Makan dalam Sehari Menurut Ahli

Berikut penjelasan berapa kali makan dalam sehari yang direkomendasikan para ahli agar tidak kelaparan dan memengaruhi kesehatan Anda.

Tri Cahyo Nugroho | 12 May, 10:58

A$AP Rocky dan Puma kembali berkolaborasi dengan merilis koleksi yang terinspirasi dari balap khususnya Formula 1. (Dede Mauladi/Skor.id)

Culture

A$AP Rocky dan Puma Kembali Rilis Koleksi Bertema Balap

Koleksi menonjol Puma A$AP Rocky ini adalah pakaian olahraga yang meniru ukuran pakaian balap.

Tri Cahyo Nugroho | 12 May, 10:48

Liga TopSkor

Garnier Men Liga TopSkor U-17: Tumbangkan Akademi Persib Cimahi, Trend Positif RMD Berlanjut

RMD masih berada di puncak klasemen Grup Skor Garnier Men Liga TopSkor U-17 2024.

Sumargo Pangestu | 12 May, 10:20

Load More Articles