Nama-nama Besar di Balik Sponsor Olimpiade Paris dan Kontingen Indonesia

Tri Cahyo Nugroho

Editor: Tri Cahyo Nugroho

Para sponsor Olimpiade Paris 2024 dan kontingen Indonesia memberikan bantuan signikan baik uang maupun dukungan dalam bentuk lain. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)
Para sponsor Olimpiade Paris 2024 dan kontingen Indonesia memberikan bantuan signikan baik uang maupun dukungan dalam bentuk lain. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

SKOR.id – Mitra merupakan stakeholder (pemangku kepentingan) penting dalam persiapan dan keberhasilan sebuah penyelenggaraan Olimpiade dan Paralimpiade, seperti yang tengah dan akan berlangsung di Paris, Prancis, pada 2024.

Seperti dikutip situs web olympics.com, para sponsor di Olimpiade Paris 2024 terdiri dari empat kategori: worldwide/global partners, premium partners, official partners, dan official supporters.

Baik mereka yang masuk worldwide/global partners alias mitra seluruh dunia (anggota program TOP IOC) maupun mitra nasional (premium, pejabat, atau pendukung), mereka terlibat dalam penyelenggaraan Olimpiade Paris 2024 yang revolusioner.

Melalui dukungan mereka (baik dalam bentuk pendanaan, layanan teknis, dan produk), para mitra maupun sponsor itu berkontribusi pada penyelenggaraan Olimpiade dan Paralimpiade Paris 2024, bersama dengan tim panitia penyelenggara (organizing committee/OC). 

Mitra adalah duta visi Paris 2024. Mereka melibatkan seluruh ekosistem mereka (anggota staf, klien, pemasok, dll.) untuk mempromosikan Olimpiade, dan secara aktif berkontribusi pada inisiatif warisan dan keberlanjutan Paris 2024.

Olimpiade dalam Angka

Tempat yang dipilih untuk Olimpiade tahun ini adalah Paris. Ibu kota Prancis ini menjadi tuan rumah bagi lebih dari 10.500 atlet dari 206 Komite Olimpiade Nasional dan Tim Olimpiade Pengungsi IOC, yang berkompetisi dalam 329 nomor di 32 cabang olahraga. 

Menurut data yang diungkap Komite Olimpiade Internasional (IOC), edisi terakhir Olimpiade yang diadakan di Tokyo 2020 menarik 3,05 miliar penonton melalui platform digital atau televisi linier. 

Selain itu, liputan resmi di platform mitra siaran Olimpiade menghasilkan 28 miliar penayangan video, 139% lebih banyak dibandingkan dengan edisi sebelumnya di Rio 2016. Dengan demikian, Olimpiade Tokyo 2020 menjadi yang paling banyak ditonton di platform digital.

Selain itu, platform web dan aplikasi Olimpiade Tokyo 2020 berhasil menarik lebih dari 196 juta pengguna unik, yang berarti tiga kali lipat jumlah lalu lintas online dibandingkan dengan Olimpiade Rio 2016. Demikian pula saluran media sosial IOC mencatat 6,1 miliar interaksi, termasuk penayangan, pembagian, komentar, dan suka.

Semua pencapaian ini merupakan respons alami terhadap evolusi lanskap digital dari tahun 2016 hingga 2021 (tahun sebenarnya Olimpiade Tokyo 2020 diadakan karena pandemi Covid-19). 

Pada tahun-tahun tersebut, dan setelah dampak lockdown, penetrasi platform digital berkembang secara signifikan. Hal ini membuat kami sangat ingin melihat tingkat penonton dan penayangan digital yang akan dicatat oleh kompetisi ini tiga tahun setelah tanggal tersebut.

Pendapatan Sponsor

Data IOC menyebutkan, Olimpiade Tokyo 2020 pada tahun 2021 mencatat total pendapatan sebesar 4,161 miliar dolar Amerika Serikat (AS). Dari angka ini, 835 juta dolar AS (30%) diperoleh melalui program sponsorship TOP. Selain itu, 61% pendapatan (sekira 3,107 miliar dolar AS) berasal dari hak siar.

Siapa Saja Sponsor Olimpiade Paris 2024

Seperti disebutkan di atas, sponsor Olimpiade Paris 2024 terdiri dari worldwide/global partners dan national partners (yang terdiri dari premium partners, official partners, dan official supporters). 

Mitra global termasuk dalam program sponsorship TOP (The Olympic Partner) IOC, yang merupakan tingkat sponsor tertinggi dan menetapkan perjanjian jangka panjang (dengan durasi minimum empat tahun) antara merek dan panitia penyelenggara Olimpiade. 

Didirikan pada tahun 1985, tujuannya adalah untuk menghasilkan pendapatan yang terdiversifikasi, yang didistribusikan secara merata di antara Komite Penyelenggara dan Gerakan Olimpiade. 

Perusahaan mendapatkan keuntungan dari kemitraan ini antara lain dengan membangun bisnis dan citra mereka, terhubung dengan publik, dan mengembangkan hubungan dengan konsumen mereka. Sementara itu, IOC menerima dukungan penting untuk pengembangan Olimpiade dan layanan penting bagi para atlet. Selain itu, IOC mendapat manfaat dari kampanye global yang mempromosikan dan menyebarkan nilai-nilai Olimpiade, dan dari penciptaan pengalaman inovatif seputar kompetisi untuk publik.

Untuk Olimpiade Paris 2024, terdapat 15 merek yang tergabung dalam global partners, yakni Airbnb, Alibaba, Allianz, Atos, Bridgestone, Coca-Cola/Mengniu, Deloitte, Intel, Omega, Panasonic, P&G, Samsung, Toyota, dan Visa.

Premium partners diisi oleh tujuh merek, yaitu Accor, Groupe BPCE, Carrefour Group, EDF Group, LVMH (Louis Vuitton), Orange, dan Sanofi.

Tidak kurang 13 perusahaan masuk kategori official partners di Olimpiade Paris 2024, yakni: Groupe ADP, Air France, ArcelorMittal, Caisse des Depots, Cisco, CMA CGM Group, Danone, Decathlon, FDJ, GL events Group, Ile-de-France Mobilities, Le Coq Sportif, dan PwC.

Jumlah merek yang termasuk dalam official supporters menjadi yang terbanyak, 50: Abatable, ABEO, Air Liquide, Airweave, Aquatique Show, Arena Group, CRYSTAL, Doublet Wasserman, DXC Technology, Egis Group, Enedis, ES Global, Eviden, Fitness Park, Fnac Darty, Garden Gourmet (Nestle), Gerflor, Groupe RATP, Highfield Boats, Hype Taxi, Indigo Group, La Poste, Loxam, Lyreco, Miko, Mondo, MTD, Myrtha Pools, OnePlan, Optic 2000, Ottobock, Randstad NV, Rapiscan Systems, Re-uz, RGS Events, Saint-Gobain, Salesforce, SCC, Schneider Electric, SEDIF, SLX, SNCF, Sodexo, Technogym, Terraillon, Thermo Fisher Scientific, Tourtel Twist, Vinci SA, Viparis, dan Westfield (URW).

Sponsor Kontingen Indonesia

Kontingen Indonesia yang turun di Olimpiade Paris 2024 juga mendapatkan suntikan dukungan sponsor dari swasta. Ini merupakan bentuk kolaborasi pemerintah, swasta, dan atlet yang akan berjuang di pesta olahraga terbesar dunia empat tahunan itu.

Enam merek yang menjadi official sponsor kontingen Indonesia adalah Aice, Li-Ning, LAVANI, Kings Travel, Samsung, dan ONPOINT. Bantuan dari swasta ini diharapkan bisa menjadi dukungan bagi atlet dan ofisial tim Merah Putih dalam perjuangan mereka meraih medali di Paris.

Untuk Olimpiade musim panas edisi ke-33 ini Indonesia berhasil meloloskan 29 atlet – terdiri dari 16 pria dan 13 wanita – yang akan turun di 12 cabang olahraga. 

Ini menjadi catatan atlet yang terbanyak dalam kurun 20 tahun. Saat Olimpiade Athena 2004, Indonesia berkekuatan 38 atlet dari 14 cabang olahraga.

RELATED STORIES

Nilai Sponsor Erspo 8 Kali Lipat Lebih Besar dari Apparel Sebelumnya

Nilai Sponsor Erspo 8 Kali Lipat Lebih Besar dari Apparel Sebelumnya

Pihak Komersial PSSI, Direktur Utama PT GSI, Marsal Masita, membeberkan alasan PSSI memilih Erspo sebagai apparel Timnas Indonesia.

Jordan Diberitakan Bakal Sponsori Klub Liga Inggris dari London

Jordan Diberitakan Bakal Sponsori Klub Liga Inggris dari London

Klub yang diisukan bakal didukung Jordan Brand adalah Tottenham Hotspur atau Chelsea, musim depan.

Fesyen Makin Menggurita dalam Sponsor Olahraga

Pasar global sponsor olahraga tumbuh luar biasa pesat.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Penyerang Adhyaksa FC, Adilson Gancho da Silva. (Grafis: Deni Sulaeman/Skor.id)

Liga 2

Player of The Week Championship 2025-2026: Adilson Silva, Hentikan Paceklik dengan Quat-Trick

Adilson Silva tampil tajam dengan mencetak quat-trick saat Adhyaksa FC menundukkan PSPS Pekanbaru.

Rais Adnan | 03 Nov, 14:25

Identitas baru dari kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia atau Liga 1 di musim ini, Super League 2025-2026. (Deni Sulaeman/Skor.id)

Liga 1

Super League 2025-2026: Jadwal, Hasil, Klasemen dan Profil Klub Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Super League 2025-2026 yang terus diperbarui seiring bergulirnya kompetisi, plus profil tim peserta.

Taufani Rahmanda | 03 Nov, 14:10

Ilustrasi Super League 2025-2026. (Grafis: Deni Sulaeman/Skor.id)

Liga 1

Hasil Super League 2025-2026: Persijap dan Semen Padang Tumbang di Kandang

Kekalahan ini semakin membuat kedua tim tersebut terseok-seok di papan bawah klasemen.

Rais Adnan | 03 Nov, 14:04

Penyerang sayap Liverpool, Mohamed Salah. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

Liga Inggris

6 Gol Terbaik Mohamed Salah di Liverpool setelah Tembus Catatan ke-250

6 Gol terbaik dari Mohamed Salah untuk Liverpool setelah menembus catatan ke-250.

Pradipta Indra Kumara | 03 Nov, 12:10

FFWS Global Finals 2025. (Grafis: Deni Sulaeman/Skor.id)

Esports

JKT48 Bakal Jadi Pembuka Grand Final FFWS Global Finals 2025 di Indonesia Arena

Kabar tersebut disampaikan oleh Garena Free Fire lewat akun Instagram Free Fire Esports Indonesia.

Gangga Basudewa | 03 Nov, 11:45

Timnas U-17 Indonesia (Indonesia U-17) vs Zambia U-17 di Piala Dunia U-17 2025. (Grafis: Deni Sulaeman/Skor.id)

Timnas Indonesia

Prediksi dan Link Live Streaming Timnas U-17 Indonesia vs Zambia di Piala Dunia U-17 2025

Laga Timnas U-17 Indonesia vs Zambia akan digelar di Aspire Zone, Qatar, Selasa (4/11/2025) malam WIB.

Rais Adnan | 03 Nov, 11:37

Advance to Swiss Stage Clash Squad FFWS Global Finals 2025 Jakarta. (Garena)

Esports

Delapan Tim Siap Tampil di Swiss Stage FFWS Global Finals 2025 Jakarta Mode Clash Squad

RRQ Kazu akan menjadi satu-satunya wakil Indonesia di turnamen internasional mode Clash Squad tahun ini.

Gangga Basudewa | 03 Nov, 11:18

RRQ(Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

RRQ Jadi Wakil Keempat Indonesia di KIC 2025

RRQ lolos bersama tiga tim lain yakni Bigetron Esports, Kagendra, dan Vesakha Esports.

Gangga Basudewa | 03 Nov, 10:47

Pemain Timnas U-17 Indonesia, Fadly Alberto. (Foto: Dok. Timnas Indonesia/Grafis: Deni Sulaeman/Skor.id)

Timnas Indonesia

FIFA Soroti Kualitas Penyerang Timnas U-17 Indonesia Fadly Alberto

FIFA menilai Fadly Alberto menjadi salah satu talenta dari Asia yang bakal bersinar di Piala Dunia U-17 2025.

Rais Adnan | 03 Nov, 08:39

Kompetisi sepak bola kasta kedua di Indonesia atau identitas baru dari Liga 2 musim terbaru, Championship 2025-2026. (Deni Sulaeman/Skor.id)

Liga 2

Championship 2025-2026: Jadwal, Hasil dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Liga 2 atau Championship 2025-2026 yang terus diperbarui seiring bergulirnya kompetisi.

Taufani Rahmanda | 03 Nov, 08:11

Load More Articles