Fesyen Makin Menggurita dalam Sponsor Olahraga

Tri Cahyo Nugroho

Editor: Tri Cahyo Nugroho

Banyak bintang olahraga kini sudah menjadi duta merek fesyen terkemuka. Foto (ki-ka): Bintang sepak bola Neymar, superstar NBA Stephen Curry, dan ikon NFH Travis Kelce. (Dede Mauladi/Skor.id)
Banyak bintang olahraga kini sudah menjadi duta merek fesyen terkemuka. Foto (ki-ka): bintang sepak bola Neymar, superstar NBA Stephen Curry, dan ikon NFL Travis Kelce. (Dede Mauladi/Skor.id)

SKOR.id – Memanfaatkan relevansi komersial dan budaya olahraga yang melonjak menjadi fokus utama bagi merek fesyen. 

Strategi pemasaran olahraga yang unggul saat ini bergantung pada pembangunan kemitraan kolaboratif jangka panjang dengan para atlet dan organisasi yang sesuai dengan target konsumen suatu merek, seperti dikutip dari businessoffashion.com

Ketika Olimpiade dan Paralimpiade Paris dimulai pada Juli 2024 nanti, jutaan penggemar global yang menonton akan melihat lebih dari sekedar atlet. 

Merek-merek LVMH seperti Louis Vuitton, Dior, dan Berluti akan menyediakan seragam untuk tim-tim terpilih. Sementara medali-medali tersebut akan diperoleh dari label perhiasan kelas atas, Chaumet. 

Untuk kali pertama, pertandingan ini akan menampilkan sejumlah atlet yang disponsori LVMH, termasuk perenang juara dunia Leon Marchand, pesenam artistik juara Eropa Melanie de Jesus dos Santos, dan pemain anggar peraih medali emas Olimpiade Enzo Lefort.

Kemitraan “premium” antara LVMH dan Olimpiade menandai indikasi terbesar hingga saat ini mengenai pentingnya olahraga bagi fesyen. 

Hingga saat ini, olahraga merupakan salah satu arena budaya yang tersisa. Di sisi lain fesyen, dengan beberapa pengecualian, gagal membentuk hubungan jangka panjang dan bermakna. Itu kini sudah berubah.

Merek-merek fesyen mulai sadar akan nilai komersial dari olahraga  seperti bola basket, sepak bola, tenis, dan Formula 1, karena mereka ingin menjadi bagian dari pasar global sponsor olahraga yang kini booming

Hasil analisis PwC (sebelum tahun 2010 bernama PricewaterhouseCoopers) menunjukkan proyeksi pasar sponsor olahraga ini akan tumbuh dari 63,1 miliar dolar AS pada tahun 2021 menjadi 109,1 miliar dolar AS pada tahun 2030. 

“Olahraga kini menjadi satu-satunya hal yang dapat ditonton melalui janji temu di TV atau disiarkan secara langsung pada saat itu – semua hal lainnya dapat dilakukan berdasarkan permintaan,” kata Clive Reeves, pemimpin olahraga PwC di Inggris. 

“Untuk menjadi bahan perbincangan, Anda perlu menonton olahraga pada saat itu, yang menjadikannya satu-satunya hal yang tersisa di masyarakat yang benar-benar menarik banyak orang pada momen-momen tertentu, yang bagi merek sangatlah istimewa dan berharga.”

Sebuah Lapangan Bermain Baru

Ruang lingkup kemampuan fesyen untuk memasuki dunia olahraga telah terbuka lebar. Selain bersaing dengan perusahaan besar untuk mendapatkan sponsor tradisional pada jersey atau di sekitar stadion, merek dapat menargetkan area khusus untuk memberikan dampak yang lebih alami. 

Misalnya, mereka dapat bermitra dengan atlet dalam lini pakaian, mendandani mereka untuk “berjalan di terowongan” yang terjadi saat mereka memasuki arena — gambar-gambar tersebut langsung dibagikan secara online oleh akun media sosial khusus — atau bahkan membuat pakaian untuk avatar mereka dalam video permainan.

“Masih banyak potensi yang belum dimanfaatkan dan wilayah yang belum dipetakan untuk dijelajahi oleh merek di berbagai olahraga yang berbeda,” ujar Kenny Annan-Jonathan, veteran pemasaran olahraga dan pendiri agensi The Mailroom yang berbasis di London. 

“Kami baru pada tahap awal melihat ke mana dunia olahraga dapat membawa merek fesyen,” ujar pria yang ditunjuk sebagai Direktur Kreatif Crystal Palace FC, salah satu klub anggota Liga Inggris, pada Agustus 2023. 

Meskipun perusahaan pakaian olahraga seperti Nike, Adidas, dan Puma telah lama menyelaraskan merek mereka dengan fesyen, studi kasus ini membuka peluang bagi merek-merek fesyen hingga pengecer non-olahraga lainnya untuk bisa bersaing. 

Perusahaan-perusahaan yang diprofilkan – merek fesyen mewah Jerman Boss, pembuat jam tangan Swiss Tag Heuer, dan perusahaan rintisan pasar sepatu yang berbasis di Inggris, The Edit Ldn – masing-masing telah menempatkan pemasaran olahraga sebagai inti dari strategi pertumbuhan dan identitas merek mereka, baik untuk memperdalam hubungan dengan konsumen yang sudah ada atau sebagai sarana untuk menargetkan audiens baru secara efektif dan otentik. 

RELATED STORIES

Erling Haaland Lebih Bergaya di Tahun 2023: Full Nike x Tiffany Co.

Erling Haaland Lebih Bergaya di Tahun 2023: Full Nike x Tiffany Co.

Erling Haaland memamerkan Tiffany Blue Nike Air Force 1 barunya, versi warna kedua yang diungkapkan oleh CEO LVMH, Bernard Arnault, pada 7 Maret.

Melihat Lebih Dekat Setelan Jas Unik AC Milan X Off-White

Melihat Lebih Dekat Setelan Jas Unik AC Milan X Off-White

AC Milan dan Off-White berkolaborasi dan menyajikan sebuah setelah unik yang digunakan para pemain sebelum laga.

Pakaian Formal dari Dior Buat Penampilan Pemain PSG Elegan

Ini tahun ketiga Paris Saint-Germain (PSG) bekerja sama dengan Dior.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

ersandrina devega

Other Sports

Gacor di AVC Nations Cup 2025, Ersandrina Devega Bintang Baru Timnas Voli Putri Indonesia

Datang sebagai debutan, Ersandrina Devega, sukses menjadi top scorer AVC Nations Cup 2025 bersama Timnas Voli Putri Indonesia.

Teguh Kurniawan | 16 Jun, 17:54

Gerakan berolahraga setelah usai bekerja digaungkan Enervon Active dalam agenda bertajuk Level Up After Work with Enervon Active di Gelora Bung Karno, Jakarta, 16 Juni 2025. (Yudhy Kurniawan/Skor.id)

Culture

Kampanyekan Olahraga Setelah Kerja, Enervon Active Gelar Rangkaian Kegiatan di GBK

Ada berbagai kegiatan olahraga bersama komunitas seperti zumba, pound fit, strength training, dan yoga secara gratis pada 16 hingga 20 Juni 2025.

Taufani Rahmanda | 16 Jun, 14:24

vietnam putri u-19 vs indonesia putri u-19

Timnas Indonesia

Kalah Telak dari Vietnam, Timnas Putri U-19 Indonesia Gagal ke Final Piala AFF Wanita U-19 2025

Timnas Putri U-19 Indonesia akan hadapi Myanmar pada perebutan peringkat ketiga Piala AFF Wanita U-19 2025.

Teguh Kurniawan | 16 Jun, 14:11

Piala AFF Wanita U-19 2025 atau ASEAN U-19 Girls Championship 2025. (Deni Sulaeman/Skor.id)

Timnas Indonesia

Piala AFF Wanita U-19 2025: Jadwal, Hasil dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen ASEAN U-19 Girls Championship 2025, yang terus diperbarui seiring berjalannya turnamen.

Taufani Rahmanda | 16 Jun, 13:33

Imran Nahumarury, pelatih Malut United di Liga 2 2023-2024. Zulhar Eko Kurniawan - Skor.id

Liga 1

Lakukan Pelanggaran Berat, Imran Nahumarury dan Yeyen Tumena Dipecat Malut United

Malut United resmi mengumumkan memecat Imran Nahumarury dan Yeyen Tumena, Senin (16/6/2025).

Rais Adnan | 16 Jun, 12:11

saddil ramdani gabung persib

Liga 1

Begini Cara Saddil Ramdani Jaga Kebugaran Sebelum Gabung Latihan Persib

Saddil Ramdani terus menjaga kebugarannya di kampung halamannya sebelum ikut latihan bersama Persib.

Rais Adnan | 16 Jun, 10:42

Trofi baru Piala Dunia Antarklub FIFA didesain inovatif dengan sarat makna. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

World

Piala Dunia Antarklub 2025: Jadwal, Hasil, dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Piala Dunia Antarklub 2025, yang akan diperbarui seiring berjalannya kompetisi.

Pradipta Indra Kumara | 16 Jun, 08:38

Pelatih Sumsel United, Nilmaizar. (Grafis: Skor.id)

Liga 2

Tunjuk Nilmaizar sebagai Pelatih, Sumsel United Pasang Target Tinggi di Liga 2

Berkiprah di Liga 2 2025-2026, Sumsel United langsung menargetkan promosi ke Liga 1.

Rais Adnan | 16 Jun, 07:31

Pemain Timnas Indonesia, Dean James. (Grafis: Deni Sulaeman/Skor.id)

National

Dean James Diincar Klub Yunani AEK Athens

AEK Athens dikabarkan siap membayar biaya transfer Dean James kepada Go Ahead Eagles sebesar Rp37 miliar.

Rais Adnan | 16 Jun, 06:55

Timnas U-23 Indonesia.

Timnas Indonesia

Timnas U-23 Indonesia Gelar TC di Jakarta untuk Piala AFF dan Kualifikasi Piala Asia

Persiapan Piala AFF U-23 2025 dan Kualifikasi Piala Asia U-23 2026 yang sama-sama dimainkan di Indonesia.

Taufani Rahmanda | 16 Jun, 06:43

Load More Articles