Mengapa Brand Fashion Eksklusif dan Pesepakbola adalah Pasangan yang Cocok

Nurul Ika Hidayati

Editor:

  • Koneksi antara sejumlah brand fashion ternama dan pesepakbola papan atas terus berkembang dalam beberapa tahun terakhir.
  • Menurut pakar marketing, kemitraan selebriti itu telah lama menjadi landasan strategi pemasaran merek-merek mewah dalam setiap momen kampanye mereka.
  • Simak siapa saja para bintang sepak bola yang terlibat kolaborasi dengan merek-merek fesyen eksklusif, berikut ini.

SKOR.id - Pertengahan tahun lalu Burberry mengumumkan bintang Tottenham Hotspur, dan kapten tim nasional Korea Selatan, Son Heung-Min, sebagai brand ambassador terbaru mereka, yang semakin memperkuat koneksi yang terus berkembang antara sejumlah brand fashion ternama dan pemain sepak bola papan atas.

Son memiliki lebih dari 7,2 juta pengikut di Instagram dan jangkauan luas di pasar Asia kian membuat posisi Burberry sangat diuntungkan. Untuk melengkapi semua ini, sang pesepakbola juga dikenal sebagai pria yang baik, pantas dipandang sebagai influencer.

Burberry jadi sorotan setelah brand fesyen ternama itu menggandeng bintang Manchester United dan Inggris, Marcus Rashford, menjadikannya terkenal di luar sepak bola melalui kampanye kemiskinan anak-anaknya selama hari-hari awal pandemi Covid pada tahun 2020.

Burberry dengan cerdik mengontrak Rashford untuk kampanye fesyen pertama sang striker untuk AW20, dan berjanji untuk berinvestasi di pusat youth center.

Itu tidak hanya membuat merek terlihat semakin relevan, tetapi juga membuatnya tampak seperti kekuatan untuk berbuat kebaikan. Terbukti, liputan media sosial menjadi gila karenanya. Rashford sendiri memiliki 12,7 juta pengikut di Instagram.

Sebelumnya Levi's merekrut Rashford pada April 2021 untuk mengedepankan kampanye keberlanjutan 'Buy Better, Wear Longer', bersama sejumlah nama penting lainnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Son HeungMin(손흥민)???????? (@hm_son7)

Pada November 2021, Rashford dianugerahi gelar MBE atas dedikasinya berkampanye untuk mendukung anak-anak yang rentan. Seperti Burberry, tidak diragukan lagi Levi's sangat diuntungkan dari hubungannya dengan sang pemain, dan terus melakukannya untuk SS22 dengan kampanye terbaru mereka yang merayakan ulang tahun ke-150 jeans 501 yang ikonik dari merek tersebut.

Memang, bukan hanya merek-merek mewah yang mendapatkan daya tarik besar dari para pesepakbola elite. Pada Desember 2020, Paris Saint-Germain (PSG) dan superstar Brasil Neymar menandatangani kontrak tiga tahun untuk kampanye pakaian dalam katun organik baru Superdry.

Berikutnya Jack Grealish, yang menandatangani kontrak dengan Manchester City pada Agustus 2021 seharga £100 juta - kesepakatan transfer terbesar dalam sejarah sepak bola Inggris - mendapatkan kesepakatan enam angka untuk kampanye dengan BoohooMAN.

Nilai pasar Grealish naik lebih jauh ketika dia menandatangani kesepakatan sponsor tujuh digit yang “belum pernah terjadi sebelumnya” dengan Gucci pada bulan April tahun ini.

Itu terjadi setelah pemain internasional PSG dan Prancis, Kylian Mbappé, yang memiliki 71,9 juta pengikut di Instagram, menjadi duta global Dior pada Desember 2021.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Superdry (@superdry)

Grealish, dengan 5 juta pengikut di Instagram, adalah penggemar Gucci – sering difoto dan mengenakan pakaian dari merek bersangkutan, dan juga Mbappé penggemar Dior, membantu menyegel kesepakatan yang menguntungkan karena sudah ada koneksi awalnya.

Antoine Griezmann mendapat giliran berikutnya, setelah pemain internasional Prancis itu diumumkan sebagai wajah busana pria Mango untuk SS22, dan sebagai bukti, tren merek fesyen yang terkait dengan pesepakbola tampaknya akan terus berlanjut.

Kanya Nanayakkara, selaku Head of Brand Marketing dari Tribe Dynamics, platform analitik pemasaran top yang membantu brand-brand dunia memantau serta mengukur kinerja Earned Media Value (EMV), mengatakan: “Kemitraan selebriti telah lama menjadi landasan strategi pemasaran merek-merek mewah, dengan para label mengundang model-model dan aktor ke aksi kampanye mereka.

“Baru-baru ini, beberapa merek ikonik itu telah memicu perbincangan dengan berkolaborasi dengan kelompok bintang yang berbeda: pesepakbola profesional.

Berkat basis penggemar yang sangat besar dan sangat bersemangat dari para atlet, pemain sepak bola terbukti telah menjadi duta eksklusif yang memberikan pengaruh, juga menghasilkan keterlibatan yang begitu signifikan di media sosial dan membuka audiens baru untuk merek bersangkutan.”

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Louis Vuitton (@louisvuitton)

Senjata besar lain dari dunia sepak bola yang masih dianggap kuat oleh merek untuk daya tarik massalnya adalah mantan bintang Manchester United dan Inggris, David Beckham, mungkin yang pertama dari selebritas sepak bola modern yang dikenal karena kecintaannya pada mode yang bermerek.

Beckham memiliki 74,1 juta pengikut di Instagram dan Dior (Inggris), di antara banyak rumah mode lainnya, terus mendapat manfaat dari hubungan jangka panjang dengan dia.

Konten paling baru sang legenda yang paling berpengaruh adalah postingan Instagram yang mengisahkan pernikahan putranya, Brooklyn, pada bulan April, yang mengenakan setelan Dior khusus untuk acara tersebut.

Lalu ada dua pesepakbola terbesar dan, bisa dibilang, terbaik yang pernah ada di planet ini. Cristiano Ronaldo membanggakan 456 juta pengikut di Instagram – sesuatu yang Nike manfaatkan secara besar-besaran dari kesepakatan sponsor dengannya, dan Lionel Messi memiliki 339 juta pengikut Instagram, sentuhan yang bagus untuk sponsornya, Adidas.

Juul Manders, CEO dan Co-founder merek gaya hidup pesepakbola BALR dan Co-Founder dan CEO komunitas sepakbola sosial, 433, yang memiliki lebih dari 70 juta pengikut di Instagram, memiliki penjelasan yang logis.

“Sepak bola adalah olahraga terbesar di dunia dan para bintang ini adalah bintang terbesar di cabang itu. Dengan maraknya media sosial, pengaruh mereka terhadap hal-hal di luar olahraga itu sendiri – fashion, gaya hidup, musik – telah bertumbuh secara eksplosif. Pemain generasi baru tumbuh dengan media sosial dan tahu persis bagaimana menggunakannya: mereka adalah duta merek yang sempurna."

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dior Official (@dior)

“Media sosial telah membuat semua orang terkenal - baik itu pesepakbola, aktor, atau musisi - lebih mudah diakses dan 'nyata' dan ini termasuk kesalahannya. Keaslian inilah yang dibutuhkan merek, bahkan merek mewah, untuk menjual produk mereka, terutama kepada audiens yang lebih muda."

“Anda tidak bisa salah dengan seseorang seperti Mbappé. Dia memiliki jangkauan yang luas di semua demografi dan memiliki kehadiran sosial yang kuat. Dia juga sangat otentik dan dalam segala hal menjadi panutan bagi generasi berikutnya."

“Seseorang seperti Son Heung-min memiliki daya tarik yang besar, baik di Inggris dan Eropa dan tentunya, di Asia. Ini adalah investasi serius dari merek yang harus terbayar di tingkat global. Namun, ini adalah tren yang pasti akan tetap ada.”

Earned Media Value (EMV) menjelaskan:

  • EMV adalah metrik milik Tribe Dynamics untuk mengukur keterlibatan dengan konten media sosial tentang merek yang dibuat oleh pihak ketiga. EMV memberikan nilai unik pada suatu konten berdasarkan keterlibatan yang diterimanya dari pengikut dan pengguna lain.
  • Poin EMV diberi gaya dengan "$" untuk menunjukkan bahwa EMV terkait dengan nilai. Namun, EMV adalah metrik untuk membandingkan keterlibatan digital, bukan pendapatan langsung, sehingga tidak boleh ditafsirkan sebagai mata uang tertentu.
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by David Beckham (@davidbeckham)

Angka-angka dari Tribe Dynamics, antara lain:

*David Beckham, Kylian Mbappé memicu kesuksesan Dior di seluruh Eropa
Dior UK terus meraup keuntungan dari hubungan jangka panjang dengan David Beckham. Dari Juni 2021 hingga Mei 2022, mantan pesepakbola ini menghasilkan $707,2k EMV di enam pos, peningkatan yang signifikan dari $288,1k melalui empat penyebutan selama 12 bulan sebelumnya.

Konten Beckham paling berpengaruh adalah postingan Instagram saat pernikahan putranya, Brooklyn, pada bulan April, yang mengenakan setelan Dior khusus. Instagram yang penuh emosional, yang mengumpulkan $217,7k EMV, membuktikan pos penggerak EMV teratas Dior oleh kreator mana pun selama periode waktu yang dipantau.

Secara keseluruhan, Dior mengumpulkan $150,9 juta EMV dari Juni 2021 hingga Mei 2022, dengan peringkat sebagai merek mewah nomor satu di Inggris.

Di Prancis, Dior telah mengalami gelombang antusiasme seputar kemitraan dengan bintang PSG, Kylian Mbappé, yang ditunjuk oleh merek itu sebagai duta resmi pada Desember 2021. Mbappé telah ditempatkan di antara 10 advokat penggerak EMV teratas Dior selama 12 tahun terakhir. bulan, menghasilkan $1,4 juta EMV pada tujuh kali penyebutan.

Didukung oleh kontribusi sang atlet, Dior France menghasilkan $114,5 juta EMV dari Juni 2021 hingga Mei 2022, menikmati pertumbuhan 10% dari tahun ke tahun.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kylian Mbappé (@k.mbappe)

*Kemitraan baru Gucci dengan Jack Grealish memicu gelombang antusiasme
Sementara, sejak pemain Manchester City Jack Grealish mengumumkan kemitraan dengan Gucci pada Mei tahun lalu, sang atlet telah memberikan kontribusi signifikan terhadap kinerja EMV merek tersebut.

Grealish berbagi kegembiraan tentang bekerja dengan Gucci di Twitter dan menandai label tersebut di dua Instagram Stories, menghasilkan total $89,3k EMV pada bulan Mei saja (sebagai perbandingan, para kreator di komunitas Gucci menghasilkan rata-rata $19,4k EMV masing-masing dari Juni 2021 hingga Mei 2022).

Secara keseluruhan, Gucci UK memperoleh $99,8 juta EMV selama setahun terakhir.

*Marcus Rashford memimpin percakapan tentang Burberry di Inggris
Pesepakbola Manchester United, Marcus Rashford, dinobatkan sebagai duta Burberry paling berpengaruh di Inggris Raya dari periode uni 2021 hingga Mei 2022, telah menghasilkan $2,1 juta EMV di 26 postingan terkait merek tersebut. Khususnya, Rashford mengungguli peraih pendapatan nomor dua Burberry, supermodel Naomi Campbell, lebih dari $600k EMV.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Burberry (@burberry)

Atlet tersebut mengenakan pakaian Burberry di postingan gaya hidup dan berpartisipasi dalam berbagai inisiatif yang disponsori merek, termasuk kampanye November yang digerakkan oleh misi untuk mempromosikan akses ke literasi bagi anak-anak di komunitas yang kurang terlayani.

Advokasi Rashford membantu Burberry mendapatkan $36,2 juta EMV dari Juni 2021 hingga Mei 2022, peningkatan 10% dari tahun ke tahun.

*Dampak Ronaldo dan Messi
Christiano Ronaldo dan Lionel Messi memiliki pengikut sosial yang sangat besar: Ronaldo memiliki 456 juta pengikut di Instagram, dan Messi memiliki 339 juta.

Kedua pesepakbola adalah pendukung paling berpengaruh untuk pakaian atletik dan merek kebugaran: karena sepanjang enam bulan terakhir, Ronaldo menghasilkan $1,4 juta EMV untuk Nike di delapan postingan, sementara itu Messi menghasilkan $845,2 ribu EMV untuk Adidas di lima pos.***

Berita Skor Drip dan Skor Style Lainnya:

Gelombang Meksiko Sapu Paris Fashion Week Lewat Kolaborasi Chivas X Liberal Youth Ministry

Patta x NR Ennerre, Mengulang Kejayaan Diego Maradona Lewat Kultur Fashion

Kolaborasi Fashion dan Sepak Bola Terbaik: PSG x Jordan, Juventus x Palace, Real Madrid x Yohji Yamamoto

Source: The Industry Fashion

RELATED STORIES

Antoine Griezmann Jadi Komentator NFL

Antoine Griezmann Jadi Komentator NFL

Antoine Griezmann, striker Atletico Madrid, melakukan debutnya sebagai komentator NFL di saluran Movistar+ Spanyol, memberikan komentar langsung untuk pertandingan antara Buffalo Bills dan Cincinnati Bengals.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Man of the Match pertandingan Euro 2024 (Piala Eropa 2024). (Jovi Arnanda/Skor.id).

World

Man of the Match Euro 2024 - Polandia vs Austria: Christoph Baumgartner

Christoph Baumgartner terpilih menajdi Man of the Match di laga Polandia vs Austria di Grup D Euro 2024.

Pradipta Indra Kumara | 21 Jun, 18:21

Skor Stats

Timnas Indonesia

Skor Stats: Rating Pemain dan MotM Timnas U-16 Indonesia vs Singapura U-16 di ASEAN U-16 Championship 2024

Para pemain Timnas U-16 Indonesia tampil apik saat menghajar Singapura U-16 pada laga pembuka Grup ASEAN U-16 Championship 2024.

Teguh Kurniawan | 21 Jun, 16:30

Alumni Liga TopSkor yang membela Timnas U-16 Indonesia di ASEAN U-16 Championship 2024.

Liga TopSkor

Alumni Liga TopSkor Cetak Gol di Laga Perdana ASEAN U-16 Championship 2024

Dua Alumni Liga TopSkor, Mierza Firjatrullah dan Evandra Florastal berhasil menyumbang gol kemenangan untuk Timnas U-16 Indonesia.

Nizar Galang | 21 Jun, 15:46

America’s Sweethearts: Dallas Cowboys Cheerleaders sudah diputar di Netflix mulai 20 Juni 2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

World

America’s Sweethearts: Dallas Cowboys Cheerleaders, Kisah Pembentukan Tim Pemandu Sorak Legendaris NFL

America’s Sweethearts: Dallas Cowboys Cheerleaders musim 1 dengan tujuh episode sudah diputar di Netflix sejak 20 Juni 2024.

Tri Cahyo Nugroho | 21 Jun, 15:33

Honor of Kings (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

Honor of Kings Sajikan Game MOBA dengan Tingkat Kesulitan yang Menengah

Dalam prakteknya, terlihat memang game Honor of Kings tidak terlalu membutukan strategi atau gameplay yang neko-neko.

Gangga Basudewa | 21 Jun, 15:24

Man of the Match pada pertandingan Euro 2024 (Piala Eropa 2024). (Jovi Arnanda/Skor.id).

World

Man of the Match Euro 2024 - Slovakia vs Ukraina: Mykola Shaparenko

Mykola Shaparenko menjadi Man of the Match pertandingan Grup E Euro 2024, antara Slovakia vs Ukraina.

Pradipta Indra Kumara | 21 Jun, 15:23

Dari kiri atas searah jarum jam: Nelson Semedo (Portugal), Arda Guler (Turki), Khvicha Kvaratskhelia (Georgia), Timnas Italia, dan Timnas Denmark. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Culture

Parade Pakaian Formal Tim-tim di Euro 2024

Para pesepak bola top dunia yang turun di Euro 2024 tampak modis dan elegan dengan seragam formal.

Tri Cahyo Nugroho | 21 Jun, 15:18

Laga lanjutan Grup E Euro 2024 Slovakia vs Ukraina berlangsung Jumat (21/6/2024) malam ini pukul 20.00 WIB (Yusuf/Skor.id).

World

Hasil Slovakia vs Ukraina: Tim Serhiy Rebrov Bangkit, Menang 2-1

Ukraina berhasil bangkit, setelah tertinggal 0-1 menjadi menang 2-1 atas Slovakia dalam laga fase grup Euro 2024.

Irfan Sudrajat | 21 Jun, 15:10

Piala AFF U-16 2024 di Solo. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Timnas Indonesia

ASEAN U-16 Championship 2024: Jadwal, Hasil dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen ASEAN U-16 Championship 2024, yang terus diperbarui seiring berjalannya turnamen.

Taufani Rahmanda | 21 Jun, 14:34

Pembalap Ferrari, Carlos Sainz Jr

Formula 1

Carlos Sainz Tak Mau Menunggu Lebih Lama soal Masa Depannya di F1

Carlos Sainz bakal memutuskan masa depannya sebagai pembalap F1 dalam beberapa minggu ke depan setelah kehilangan kursi di Ferrari.

I Gede Ardy Estrada | 21 Jun, 14:20

Load More Articles