Makanan untuk Detoks: Bisakah Melakukan Detoksifikasi Tubuh Anda dengan Makanan?

Nurul Ika Hidayati

Editor:

  • Detoksifikasi tubuh tidak boleh justru menyiksa diri, melewatkan makan, atau memilih hanya mengkonsumsi cleansing juice yang terlalu ketat.
  • Tujuan utama adalah menjadikan makanan sehat dan lezat sebagai bagian dari rutinitas sekaligus membuat perubahan gaya hidup positif yang bertahan.
  • Di bawah ini jenis-jenis makanan yang berkontribusi terhadap kesehatan secara keseluruhan, memiliki manfaat membantu detoks juga.

SKOR.id - Seringkali ada diet trendi ataupun rencana makan yang dibilang memiliki manfaat “detoksifikasi” dan “pembersihan” tubuh. Namun, banyak dari klaim ini tidak didasarkan pada penelitian ilmiah dan bahkan bisa berbahaya.

Faktanya, tinjauan tahun 2015 menyimpulkan bahwa tidak ada penelitian yang meyakinkan untuk mendukung penggunaan diet detoks untuk manajemen berat badan atau menghilangkan racun dari tubuh.

Satu tinjauan lainnya, pada tahun 2017, mengatakan bahwa diet jus dan detoks dapat menyebabkan penurunan berat badan awal karena asupan kalori yang rendah.

Namun, metode ini cenderung mengarah pada penambahan berat badan setelah seseorang melanjutkan diet normal.

Sementara konsep detoks atau pembersihan tidak secara inheren itu tidak sehat, hasil yang mereka klaim tawarkan biasanya menyesatkan.

Plus, mengikuti diet detoks atau diet ketat untuk mencapai penurunan berat badan dapat menyebabkan penambahan berat badan atau memicu gangguan makan.

Pada akhirnya, diet detoks tidak diperlukan karena tubuh adalah hal yang luar biasa, dan dapat mendetoksifikasi dirinya sendiri.

Setidaknya ada makanan tertentu yang dapat membantu proses tersebut dengan berbagai manfaat nutrisi. Daripada bertujuan untuk rejimen jangka pendek, pertimbangkan bagaimana memasukkan makanan ini ke dalam rencana makan seimbang yang dapat dipertahankan untuk jangka panjang, untuk menjaga fungsi tubuh Anda sebaik mungkin.

Apa Itu Makanan Detoks?
Tidak ada satu pun makanan yang secara ajaib dapat membantu detoksifikasi tubuh Anda.  Namun, banyak jenis makanan berkontribusi terhadap kesehatan secara keseluruhan, memiliki manfaat membantu detoks juga. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang makanan detoks.

Makanan dengan Antioksidan
Antioksidan adalah zat yang dapat melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan radikal bebas yang dapat terjadi dari paparan bahan kimia tertentu: merokok, polusi, radiasi, dan sebagai produk sampingan dari metabolisme normal.

Antioksidan makanan termasuk selenium, vitamin A dan karotenoid terkait, vitamin C dan E, ditambah berbagai fitokimia seperti likopen, lutein, dan quercetin.

Sumber antioksidan alami adalah pilihan yang sangat baik untuk sifat anti-inflamasi mereka; banyak penelitian telah mengkonfirmasi keberhasilan mereka di bidang ini, dan mereka semakin direkomendasikan sebagai pengganti penawaran obat karena kurangnya efek samping negatif.

Makanan dengan Prebiotik
Prebiotik adalah bahan makanan yang tak dapat dicerna yang sering ditambahkan ke dalam "makanan fungsional."

Bahan-bahan ini diyakini dapat mendorong pertumbuhan bakteri usus yang bermanfaat — sehingga meningkatkan kesehatan pencernaan dan berpotensi memberikan manfaat kesehatan lainnya

Penelitian yang sedang berlangsung telah menunjukkan bahwa prebiotik dapat memberikan manfaat kesehatan bagi populasi umum. Manfaat ini termasuk peningkatan penyerapan kalsium, penurunan risiko alergi, peningkatan pertahanan sistem kekebalan tubuh, dan efek positif lainnya pada metabolisme

Makanan dengan Serat
Serat dikenal karena perannya dalam pencernaan, tetapi itu bukanlah satu-satunya manfaat kesehatan. Serat makanan meningkatkan beberapa manfaat kesehatan tambahan, di antaranya kontrol kolesterol dan gula darah yang lebih baik, menurunkan risiko diabetes atau penyakit jantung, membantu penurunan berat badan, mencegah obesitas, dan bahkan mengurangi risiko kanker.

Makanan Sehat Jantung
Makanan yang baik untuk jantung Anda dapat membantu detoksifikasi tubuh Anda dengan menurunkan kadar kolesterol "jahat" Anda. Kadar kolesterol lipoprotein densitas rendah (LDL) yang tinggi dapat menyebabkan plak terbentuk di arteri Anda.

Pada gilirannya, dapat menyebabkan berbagai kondisi serius, seperti penyakit arteri koroner (CAD) dan penyakit arteri perifer (PAD), di antaranya. Penyakit-penyakit tersebut adalah penyebab utama serangan jantung dan stroke

Makanan yang Melembabkan
Hidrasi sangat penting bagi tubuh Anda. Minum cukup air adalah kunci untuk semua upaya kesehatan, termasuk upaya detoksifikasi. Penting juga untuk memantau asupan garam Anda.

Kelebihan natrium (di atas maksimum yang disarankan yaitu 2.300 miligram sehari) dapat berdampak negatif pada kesehatan Anda. Selain itu, makanan yang tinggi natrium seringkali tidak sehat dengan cara lain.

SAYUR-SAYURAN
Sayuran kaya akan fitokimia (bahan kimia tanaman yang terjadi secara alami) yang sedang dieksplorasi potensinya untuk mengatur hormon, merangsang sistem kekebalan tubuh, dan mencegah kerusakan sel-sel tubuh. Sangat membantu dan sehat untuk memasukkan sayuran ke dalam sebagian besar makanan untuk mendapatkan 2 hingga 4 cangkir yang direkomendasikan per hari.

Sayuran yang dianggap sangat baik untuk detoksifikasi hati termasuk bawang merah, bawang putih, bit, artichoke, dan sayuran seperti brokoli, kembang kol, kubis, collard hijau, kangkung, dan kubis Brussel.

Sayuran sehat lainnya untuk dimasukkan ke dalam diet Anda untuk mempertahankan diet sehat dan detoksifikasi secara keseluruhan termasuk asparagus, wortel, seledri, mentimun, endives, jicama, kohlrabi, daun bawang, selada, okra, parsnip, lobak, rutabaga, kacang polong salju, bayam, kecambah , squash, ubi jalar, lobak, selada air, ubi jalar, yucca, zucchini, dan sayuran laut termasuk arame, dulse, hijiki, rumput laut, lembaran nori, dan wakame.

BUAH
Seperti halnya sayuran, buah-buahan mengandung fitonutrien yang dapat memberikan manfaat kesehatan. Pedoman diet USDA merekomendasikan orang dewasa yang sehat memasukkan setidaknya 1 1/2 hingga 2 1/2 cangkir buah per hari.

Pilih buah utuh (segar atau beku), seperti apel, aprikot, blackberry, blueberry, melon, ceri, cranberry, jeruk bali, buah ara, anggur, jambu biji, kiwi, lemon, jeruk nipis, loganberry, mangga, melon, nektarin, jeruk, pepaya , persik, pir, nanas, plum, delima, plum, raspberry, stroberi, jeruk keprok, dan semangka.

GANDUM UTUH DAN KARBOHIDRAT KOMPLEKS
Karbohidrat sering dianggap sebagai musuh, tapi ada banyak karbohidrat selain roti dan pasta. Eksperimen dan coba sumber biji-bijian dan karbohidrat kompleks lain, seperti Amaranth, Arrowroot, Barley, Buckwheat, Farro, Freekeh. Millet, Oats, Quinoa. Beras, Ubi, 
Tapioka, Teff, Beras Liar, Labu musim dingin

Biji-bijian utuh yang tidak dimurnikan lebih disukai, tetapi coba juga produk yang dibuat dari bahan-bahan di atas, termasuk pasta beras merah, mi soba soba, mi kaca, mi rumput laut, mi kacang hijau, mi shirataki, kerupuk beras, serpihan quinoa, roti bebas gluten, dan dedak beras.

KACANG-KACANGAN DAN LEGUME
Kacang-kacangan dan legume kaya akan serat, protein, dan zat besi. Cobalah:

  • Pisahkan kacang polong kuning dan hijau
  • Lentil (merah, coklat, hijau, kuning, Prancis, du Puy)
  • Kacang-kacangan dan polong-polongan lainnya, seperti adzuki, cannellini, buncis, hitam, kacang polong, ginjal, dan lima.

LEMAK
Banyak orang menghindari makanan dengan lemak di dalamnya selama pembersihan, tetapi makan lemak baik dari sumber seperti alpukat, kacang-kacangan dan biji-bijian mentah, serta mentega kacang dan biji sebenarnya bermanfaat.

Pertimbangkanlah: Almond, Kacang Brasil, Cashews, Chia, Kelapa, Biji Rami, Hazelnut, Biji Hemp, Kacang Hemp, hemp hearts, Kacang Macadamia, Mentega kacang dan biji (seperti tahini, mentega almond, mentega kacang mete), Kacang pikan, Kacang pinus, Kacang pistasi, Biji bunga poppy, Labu, biji wijen, Biji bunga matahari, kenari.

Jika Anda memasak dengan minyak, gunakan minyak mentah berkualitas tinggi, diperas dingin, dan tidak dimurnikan, seperti: Minyak almond, Minyak alpukat. Minyak kelapa, minyak rami, Minyak kemiri, minyak rami, Minyak zaitun, Minyak labu, minyak safflower, Minyak safflower, wijen, dan bunga matahari dalam jumlah terbatas, Minyak kenari

SUSU DAN PENGGANTI SUSU
Meskipun detoksifikasi akan sering merekomendasikan agar Anda menghentikan produk susu sementara, beberapa termasuk yogurt organik kaya probiotik dan kefir. Alih-alih susu sapi, pertimbangkan untuk mencoba salah satu dari susu nabati ini: Susu alpukat, Santan, Susu biji rami, Susu kacang, seperti susu almond atau mete (tanpa pemanis), Susu beras (tanpa pemanis)

MINUMAN
Secara umum, ada baiknya menggunakan rasa haus Anda untuk memandu seberapa banyak Anda minum, meskipun beberapa orang memiliki kondisi yang mengharuskan mereka untuk minum lebih banyak atau lebih sedikit.

Saat melakukan detoksifikasi, Anda dapat memilih membatasi asupan alkohol, kopi, dan soda, menggantinya dengan teh herbal, hijau, atau putih.

Berikut beberapa pilihan minumannya: Air kelapa, Minuman atau smoothies dengan bahan-bahan yang menyehatkan: Teh herbal (teh rooibos, teh kayu manis, teh jahe), Air infus (kadang-kadang disebut "air detoks"), Kombucha (tanpa pemanis), Air lemon, Air mineral atau seltzer, "Susu" nabati seperti susu beras, susu almond, susu rami, Teh asli seperti teh hijau dan teh putih, Jus tanpa pemanis yang terbuat dari buah dan sayuran yang diizinkan

Jika Anda tidak dapat menghadapi hari tanpa secangkir kopi pagi, coba batasi tidak lebih dari satu cangkir 8 ons (dan hindari susu atau krimer dan pemanis tambahan).

BUMBU
Bumbu dan rempah segar/kering dapat membuat makanan apa pun lebih beraroma, tanpa menambahkan gula ataupun garam. Potong beberapa herba segar seperti basil, daun bawang, daun ketumbar, dill, mint, oregano, peterseli, rosemary, sage, tarragon, atau thyme.

Rempah-rempah untuk memasak termasuk allspice, adas manis, biji jintan, kapulaga, biji seledri, kayu manis, cengkeh, ketumbar, jinten, pala, kunyit, asam, atau kunyit. Jahe dan bawang putih segar atau mentah bisa langsung membuat makanan lebih menarik.

Berikut adalah beberapa bumbu dan bahan lain yang perlu dipertimbangkan: Soda kue atau baking powder, Bubuk kakao dan biji kakao, bubuk carob (pengganti bubuk coklat), Air kelapa, Saus ikan, Lemon dan limau, Sup Kedelai Jepang (Miso), Mustard, Nama Shoyu, Ragi nutrisi, Zaitun, Garam laut, Cuka (misalnya cuka sari apel, balsamic, kelapa, anggur merah atau putih, cuka beras), Tamari bebas gandum

GULA DAN PEMANIS LAINNYA
Membatasi keseluruhan asupan permen dan gula dari semua sumber sangat membantu. Jika Anda akan menggunakan pemanis, pilih sumber alami seperti berikut ini: Molase blackstrap, Sirup beras merah, nektar kelapa, Buah kering (secukupnya), selai buah, Madu, sirup maple, buah biksu, Stevia

Untuk hidangan penutup, pilihlah buah segar utuh atau coba makanan penutup beku atau puding yang dibuat dengan susu kacang (atau yogurt) dan buah.

PROTEIN HEWANI
Diet detoks berbeda pada pertanyaan apakah akan memasukkan protein hewani. Jika Anda akan memakannya, pertimbangkan opsi berikut: Ikan teri dan sarden, Domba, kalkun organik, Ayam organik (lebih disukai yang digembalakan), Ikan air dingin yang liar (seperti salmon Alaska), hewan liar (bison, pheasant, puyuh, daging rusa, kerbau, burung unta)

KESIMPULAN
Detoksifikasi tubuh Anda tidak boleh tentang menyiksa diri sendiri, melewatkan makan, atau hanya mengkonsumsi cleansing juice yang terlalu ketat.

Tujuan utamanya adalah menjadikan makanan sehat dan lezat sebagai bagian dari rutinitas harian dan membuat perubahan gaya hidup positif yang akan bertahan lama, bahkan setelah "diet detoks" selesai.

Gunakan waktu tersebut untuk bereksperimen dengan resep dan metode memasak baru.

Anda mungkin menemukan, misalnya, bahwa spaghetti squash tidak lebih sulit disiapkan daripada pasta.

Demikian juga, kembang kol panggang bisa menjadi camilan yang memuaskan jika dibumbui dengan rempah-rempah atau susu kacang merupakan alternatif yang lezat untuk susu sapi. Yang terpenting, carilah makanan sehat yang akan Anda nikmati.***

Berita Bugar Lainnya:

Manfaat Air Detoks untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Melancarkan Pencernaan

5 Kebiasaan Makan Ini Bermanfaat bagi Kesehatan Hati Lebih dari Diet Detoks Apa Pun

Ahli Gizi Memperingatkan Bahaya Juice Cleanse dan Detoks

Source: Very Well Fit

RELATED STORIES

WHO Laporkan Terobosan pada Kasus Cacar Monyet

WHO Laporkan Terobosan pada Kasus Cacar Monyet

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan terdapat sejumlah terobosan baru dalam kasus cacar monyet setelah laporan awal merinci kemanjuran vaksin.

8 Mitos tentang Diet, Olahraga, dan Tidur

8 Mitos tentang Diet, Olahraga, dan Tidur

Keyakinan yang berkembang ketika kita muda tentang apa yang sehat atau tidak sehat, dapat mengikuti kita seumur hidup, menurut para ahli. Tetapi, bagaimana jika kepercayaan itu tidak sesuai dengan penelitian ilmiah?

Senyawa Kimia pada Biji Kopi Membantu Meredam Hasrat Nikotin di Pagi Hari

Senyawa Kimia pada Biji Kopi Membantu Meredam Hasrat Nikotin di Pagi Hari

Dalam sebuah studi berbasis sel, para peneliti itu telah mengidentifikasi dua senyawa dalam kopi yang secara langsung mempengaruhi reseptor nikotin sensitivitas tinggi tertentu di otak.

3 Kegiatan yang Paling Bermanfaat untuk Menurunkan Risiko Kematian Dini, Menurut Studi

3 Kegiatan yang Paling Bermanfaat untuk Menurunkan Risiko Kematian Dini, Menurut Studi

Semua kegiatan rekreasi ini tampaknya membantu menurunkan risiko kematian dini, serta kematian akibat penyakit kardiovaskular dan kanker, menurut sebuah studi baru yang diterbitkan pada hari Rabu di jurnal JAMA Network Open.

Deretan Manfaat Makan Es Krim untuk Kesehatan

Beragam manfaat mengonsumsi es krim untuk kesehatan tubuh.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Laga AS Roma vs Bayer Leverkusen di semifinal Liga Europa 2023-2024 menampilkan pelatih muda, Daniele De Rossi dan Xabi Alonso. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

World

AS Roma vs Bayer Leverkusen: Daniele De Rossi vs Xabi Alonso

AS Roma vs Bayer Leverkusen di Liga Europa 2023-2024, Jumat (3/5/2024) dini hari WIB, menampilkan pelatih muda, Daniele De Rossi dan Xabi Alonso.

Irfan Sudrajat | 02 May, 11:45

PSIM Yogyakarta - M Yusuf - Skor.id

Liga 2

PSIM Tatap Liga 2 Musim Baru, Ini Rencana Latihan hingga soal Pemain dan Pelatih Baru

Manajer PSIM Yogyakarta, Razzi Taruna menjelaskan soal persiapan menuju Liga 2 musim baru.

Sumargo Pangestu | 02 May, 11:14

Bursa transfer futsal atau pergerakan keluar-masuk pemain di Liga Futsal Indonesia. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

National

Update Bursa Transfer Paruh Musim Pro Futsal League 2023-2024

Aktivitas 12 tim peserta Pro Futsal League 2023-2024 pada bursa transfer paruh musim, yang terus diperbaharui.

Taufani Rahmanda | 02 May, 10:51

RRQ. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

RRQ Hoshi Umumkan Ferxiic Kembali Octa Inactive

Jelang pekan ketujuh, RRQ Hoshi akan kembali diperkuat Ferxiic namun Octa menjadi roster inactive.

Gangga Basudewa | 02 May, 09:52

Kompetisi voli Proliga 2024

Other Sports

Update Proliga 2024 Sektor Putri: Jadwal, Hasil, dan Klasemen

Jadwal, hasil, dan klasemen Proliga 2024 untuk sektor putri dalam artikel ini akan terus diperbarui secara berkala.

Doddy Wiratama | 02 May, 09:32

Liga TopSkor

SSB Nafri Pinjam 7 Pemain untuk Tambah Kekuatan di TopSkor Cup National Championship U-16 2024

SSB Nafri Papua sudah mulai menatap seri nasional Liga TopSkor tahun ini.

Sumargo Pangestu | 02 May, 05:15

MPL Indonesia (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

Jadwal Pekan Ketujuh MPL ID Season 13, Ada Royal Derbi

Laga Royal Derbi antara ONIC menghadapi RRQ akan menjadi penutup pekan ketujuh.

Gangga Basudewa | 02 May, 04:58

Laga AS Roma vs Bayer Leverkusen di semifinal Liga Europa 2023-2024. (Yusuf/Skor.id).

World

5 Alasan Bayer Leverkusen akan Kalahkan AS Roma di Liga Europa

Berikut ini 5 faktor yang membuat Bayer Leverkusen bisa mengalahkan AS Roma di semifinal Liga Europa.

Pradipta Indra Kumara | 02 May, 04:32

Stadion GBK untuk sementara ditutup untuk umum termasuk untuk kegiatan olahraga pada Selasa dan Rabu (14-15/11/2023) namun ada sejumlah lokasi yang bisa jadi pengganti. (Hendy AS/Skor.id)

All Culture

Gaya Hidup Sehat Bisa Imbangi Faktor Genetik hingga 60% dan Menambah Usia

Orang dengan gaya hidup tidak sehat memiliki peluang kematian dini 78%, terlepas dari risiko genetik

Kunta Bayu Waskita | 02 May, 02:56

Chelsea vs Tottenham Hotspur di Liga Inggris 2023-2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

Liga Inggris

Prediksi dan Link Live Streaming Chelsea vs Tottenham Hotspur di Liga Inggris 2023-2024

berikut ini prediksi dan link live streaming Chelsea vs Tottenham Hotspur pada pertandingan Liga Inggris 2023-2024.

Pradipta Indra Kumara | 02 May, 01:50

Load More Articles