8 Mitos tentang Diet, Olahraga, dan Tidur

Nurul Ika Hidayati

Editor:

  • Ada kalanya keyakinan kita tentang apa yang sehat atau tidak ternyata tidak sesuai dengan penelitian ilmiah.
  • Di antaranya yang berkaitan dengan diet, olahraga, dan tidur.
  • Berikut delapan asumsi yang tidak diperkuat dengan fakta ilmiah.

SKOR.id - Keyakinan yang berkembang ketika kita muda tentang apa yang sehat atau tidak sehat, dapat mengikuti kita seumur hidup, menurut para ahli. Tetapi, bagaimana jika kepercayaan itu tidak sesuai dengan penelitian ilmiah?

Berikut delapan asumsi mengenai diet, olahraga, dan tidur yang gagal memenuhi standar keilmuan.

Mitos No. 1: Diet populer ada di mana-mana sehingga harus berhasil
Menurunkan berat badan dengan cepat. Ini menarik, tetapi mode diet yang khas -- bahkan yang lebih mapan, seperti keto -- menekankan pembatasan asupan nutrisi, seringkali dengan melarang seluruh kelompok makanan.

Keto, misalnya, melarang biji-bijian, kacang-kacangan, dan buah-buahan kecuali beberapa jenis buah beri. Memotong mikronutrien penting tidak sehat, dan diet ketat "cenderung gagal dalam jangka panjang," menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.

"Jenis pembatasan itu dalam jangka panjang mengarah pada penambahan berat badan, bukannya penurunan berat badan, dan seringkali mengarah pada siklus berat badan," kata Nina Taylor, manajer pendidikan di Aliansi Nasional untuk Gangguan Makan.

Melakukan dan menghentikan diet disebut siklus berat badan, atau diet yo-yo, dan penelitian telah mengaitkan pola makan itu dengan lemak tubuh yang lebih tinggi, tekanan darah dan kolesterol, yang semuanya meningkatkan risiko penyakit jantung koroner dan kematian jantung mendadak pada wanita. 

Makan pola makan nabati, memperhatikan asupan gula dan membatasi makan tanpa berpikir adalah cara yang bagus untuk menambah tahun hidup Anda, kata penelitian.

Mitos No. 2: Tidak apa-apa membawa ponsel cerdas Anda ke tempat tidur
Siapa yang tak ingin memeriksa umpan sosial mereka untuk terakhir kalinya sebelum mati?

Tetapi penelitian telah mengaitkan penggunaan smartphone yang berlebihan di malam hari dengan masalah kesulitan tidur, durasi tidur berkurang, kelelahan di siang hari, dan juga bahkan gangguan mood.

Ketika menggunakan ponsel, Anda membanjiri mata dengan cahaya biru, yang memotong produksi melatonin -- hormon yang mengatur jam tubuh Anda. Para ahli menyarankan untuk melarang lampu spektrum LED selama satu jam penuh sebelum tidur.

Intinya: Jangan membawa ponsel Anda dan cahaya birunya yang berbahaya ke atas tempat tidur. Gunakan jam alarm kuno untuk membantu Anda bangun.

Mitos No. 3:  Sosial media bisa menginspirasi kamu untuk diet dan olahraga
Penelitian menunjukkan anak muda percaya beralih ke video kebugaran dan diet di TikTok, Facebook, atau media sosial lainnya akan menginspirasi mereka untuk menjadi versi yang lebih baik dari diri mereka sendiri, kata Taylor.

"Mereka percaya itu akan memotivasi mereka untuk berolahraga atau diet," kata Taylor.

"Namun, apa yang dapat menyebabkan ketidakpuasan tubuh itu - perbandingan sosial dan banyak kekhawatiran tentang tubuh dan berat badan. Itu semua adalah faktor risiko perkembangan gangguan makan."

Para ahli khawatir disforia tubuh mungkin meningkat selama pandemi karena lebih banyak anak muda yang beralih ke media sosial sementara juga menghadapi isolasi sosial dan rutinitas yang terganggu, kata Taylor.

"Gangguan makan seringkali merupakan mekanisme koping," katanya. "Inilah cara untuk merasa memegang kendali dan menghadapi emosi yang sulit."

Makan intuitif adalah cara alami untuk mendengarkan isyarat tubuh tentang rasa lapar dan kenyang, yang menurut para ahli membentuk cara makan lebih sehat. Beberapa menyebutnya "anti-diet."

Mitos No. 4: Menekan tombol snooze membantu Anda tidur lebih banyak
Saat pagi menjelang, tubuh Anda secara alami mendekati akhir dari gerakan mata cepat terakhir, atau siklus "mimpi". Tekan tombol snooze itu, dan otak Anda akan kembali ke siklus mimpi baru, kata para ahli.

Ketika alarm berbunyi beberapa menit kemudian, Anda mungkin berada di tengah-tengah siklus itu dan bangun dengan perasaan pusing. Anda juga akan tetap grogi lebih lama.

Kiat pro: Letakkan alarm di sisi lain ruangan, jadi Anda harus turun dari tempat tidur untuk mematikannya.

Mitos No. 5: Anda bisa menghilangkan lemak perut dengan sit-up
Pada kenyataannya, olahraga membakar lemak di seluruh tubuh, bukan hanya bagian tubuh yang menjadi target latihan Anda.

"Anda dapat melakukan latihan untuk meningkatkan kekuatan otot, tetapi Anda tidak dapat melakukan pengurangan untuk menghilangkan lemak," kata Dr. Angela Smith, mantan presiden American College of Sports Medicine.

Para ahli menyarankan meningkatkan latihan cardio untuk membakar lemak. Upayakan juga rutinitas kebugaran yang seimbang dengan memvariasikan intensitas latihan untuk memasukkan latihan intensitas tinggi dan rendah.

Mitos No. 6: Sebaiknya tetap di tempat tidur dengan mata tertutup saat tidak bisa tidur
Berada di tempat tidur lebih dari 20 menit jika Anda tidak bisa tidur adalah salah satu hal terburuk yang dapat Anda lakukan, menurut para ahli tidur, karena melatih otak Anda untuk mengasosiasikan tempat tidur dengan kurang tidur.

Melakukan hal itu dapat menyebabkan insomnia kronis.

"Ini berlawanan dengan intuisi, tetapi menghabiskan waktu di tempat tidur dalam keadaan terjaga mengubah tempat tidur menjadi kursi dokter gigi," Michael Grandner, seorang psikolog klinis dan pakar tidur, mengatakan kepada CNN sebelumnya.

Sebaliknya, bangun dan lakukan sesuatu yang membosankan, seperti melipat cucian, sampai Anda mengantuk. Pastikan lampu tetap redup, dan jangan periksa smartphone atau laptop.

Mitos No. 7: Saya harus berolahraga atau diet sepanjang waktu untuk mengubah tipe tubuh saya
Ada kepercayaan bahwa berolahraga atau diet sepanjang waktu dapat mengubah tipe tubuh dasar Anda, kata Taylor.

"Khususnya di antara kelompok usia lebih muda, perasaan adalah 'jika saya hanya berdiet dengan lebih baik, atau jika saya hanya berolahraga lebih banyak, saya akan membuat tubuh saya terlihat dengan cara tertentu.' Kenyataannya adalah ada berbagai macam dan keragaman tipe tubuh yang semuanya normal dan sehat."

Genetika adalah kunci bagaimana olahraga dapat memengaruhi tubuh Anda, kata Smith.

"Jika kedua orangtua Anda tingginya lebih dari 6 kaki, Anda mungkin tak bisa sukses sebagai pesenam, misalnya," kata sang dokrer. "Beberapa di antaranya mungkin ditentukan oleh bentuk dan ukuran otot, dan beberapa di antaranya mungkin ditentukan oleh keseimbangan hormonal yang Anda alami saat lahir."

Gagasan bahwa tiap orang dapat menurunkan atau menambah berat badan atau menambah berat badan hingga beberapa citra tubuh ideal tidak masuk akal, kata Taylor.

"Akan selalu ada keragaman tubuh. Lagi pula, kami tidak akan pernah mengatakan, 'Kamu harus lebih tinggi,' atau 'Kamu harus lebih pendek,' kan?"

Mitos No. 8: Suplemen binaraga yang diiklankan di media sosial sungguh berfungsi
Remaja sekolah menengah dan usia kuliah mungkin merasa mereka butuh suplemen latihan beban setelah melihat produk yang diiklankan di media sosial, kata Dr. John Xerogeanes, kepala kedokteran olahraga di Emory Orthopaedic & Spine Center dan profesor ortopedi di Emory University School of Medicine di Atlanta.

"Masalah terbesar yang saya miliki dengan pasien saya adalah suplemen," kata Xerogeanes.

"Beberapa influencer memasarkan sesuatu yang benar-benar sampah, dan tiba-tiba anak itu berkata, 'Hei, saya bisa minum suplemen ini, dan itu akan memberi saya six pack.'"

Itu masalah, kata sang profesor, karena Food and Drug Administration AS tidak mengatur industri suplemen.

"Ini mungkin mengatakan satu hal pada label, tetapi Anda benar-benar tidak tahu apa yang ada di dalamnya," kata Xerogeanes.

"Produsen dapat memasukkan mineral lain, bahkan stimulan dalam campuran mereka, itulah sebabnya beberapa atlet sekolah menengah dan perguruan tinggi telah menunjukkan hasil positif pada tes narkoba."

Ketika dia bekerja dengan tim perguruan tinggi, Xerogeanes berkata, "Saya memberi tahu mereka, jika Anda akan melakukan suplemen apa pun, kita perlu melihat suplemen itu, dan kita perlu mengujinya secara independen."

Penelitian menunjukkan bahwa jika Anda makan makanan sehat dan seimbang, Anda tidak akan membutuhkan suplemen, kecuali Anda sedang hamil, lanjut usia, atau memiliki batasan diet tertentu.***

Berita Bugar Lainnya:

Aktor Joo Woon Latihan Fisik dan Diet Ketat demi Hidupkan Karakter Carter, Film yang Lagi Tren di Netflix

The Batman: Ketahui Diet Ketat Robert Pattinson untuk Perannya yang Paling Penting

Apa yang Kate Middleton Makan dalam Sehari? Kuncinya, Diet yang 'Relatable'

Source: CNN

RELATED STORIES

Deretan Makanan Terbaik untuk Penderita Hipertensi

Deretan Makanan Terbaik untuk Penderita Hipertensi

Hipertensi, atau tekanan darah tinggi, adalah faktor risiko paling umum yang dapat dicegah untuk penyakit jantung.

Senyawa Kimia pada Biji Kopi Membantu Meredam Hasrat Nikotin di Pagi Hari

Senyawa Kimia pada Biji Kopi Membantu Meredam Hasrat Nikotin di Pagi Hari

Dalam sebuah studi berbasis sel, para peneliti itu telah mengidentifikasi dua senyawa dalam kopi yang secara langsung mempengaruhi reseptor nikotin sensitivitas tinggi tertentu di otak.

3 Kegiatan yang Paling Bermanfaat untuk Menurunkan Risiko Kematian Dini, Menurut Studi

3 Kegiatan yang Paling Bermanfaat untuk Menurunkan Risiko Kematian Dini, Menurut Studi

Semua kegiatan rekreasi ini tampaknya membantu menurunkan risiko kematian dini, serta kematian akibat penyakit kardiovaskular dan kanker, menurut sebuah studi baru yang diterbitkan pada hari Rabu di jurnal JAMA Network Open.

Ternyata, Ini Gejala dan Penyebab Penyakit Hernia!

Ternyata, Ini Gejala dan Penyebab Penyakit Hernia!

Hernia adalah penonjolan bagian tubuh melalui dinding otot atau jaringan yang menahannya pada tempatnya. Kebanyakan hernia terjadi di rongga perut. Pemeriksaan fisik yang biasanya dilakukan oleh dokter dapat mendiagnosis hernia.

5 Makanan Rekomendasi Ahli Gizi Olahraga untuk Diet Pembentukan Otot

Meskipun tidak ada satu makanan pun yang akan membuat Anda lebih kuat, ada beberapa makanan yang dapat membantu proses tersebut, menurut ahli gizi olahraga Angie Asche.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Bursa transfer futsal atau pergerakan keluar-masuk pemain di Liga Futsal Indonesia. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

National

Update Bursa Transfer Paruh Musim Pro Futsal League 2023-2024

Aktivitas 12 tim peserta Pro Futsal League 2023-2024 pada bursa transfer paruh musim, yang terus diperbaharui.

Taufani Rahmanda | 02 May, 10:51

RRQ. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

RRQ Hoshi Umumkan Ferxiic Kembali Octa Inactive

Jelang pekan ketujuh, RRQ Hoshi akan kembali diperkuat Ferxiic namun Octa menjadi roster inactive.

Gangga Basudewa | 02 May, 09:52

Kompetisi voli Proliga 2024

Other Sports

Update Proliga 2024 Sektor Putri: Jadwal, Hasil, dan Klasemen

Jadwal, hasil, dan klasemen Proliga 2024 untuk sektor putri dalam artikel ini akan terus diperbarui secara berkala.

Doddy Wiratama | 02 May, 09:32

Liga TopSkor

SSB Nafri Pinjam 7 Pemain untuk Tambah Kekuatan di TopSkor Cup National Championship U-16 2024

SSB Nafri Papua sudah mulai menatap seri nasional Liga TopSkor tahun ini.

Sumargo Pangestu | 02 May, 05:15

MPL Indonesia (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

Jadwal Pekan Ketujuh MPL ID Season 13, Ada Royal Derbi

Laga Royal Derbi antara ONIC menghadapi RRQ akan menjadi penutup pekan ketujuh.

Gangga Basudewa | 02 May, 04:58

AS Roma vs Bayer Leverkusen di semifinal Liga Europa 2023-2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

World

5 Alasan Bayer Leverkusen akan Kalahkan AS Roma di Liga Europa

Berikut ini 5 faktor yang membuat Bayer Leverkusen bisa mengalahkan AS Roma di semifinal Liga Europa.

Pradipta Indra Kumara | 02 May, 04:32

Stadion GBK untuk sementara ditutup untuk umum termasuk untuk kegiatan olahraga pada Selasa dan Rabu (14-15/11/2023) namun ada sejumlah lokasi yang bisa jadi pengganti. (Hendy AS/Skor.id)

All Culture

Gaya Hidup Sehat Bisa Imbangi Faktor Genetik hingga 60% dan Menambah Usia

Orang dengan gaya hidup tidak sehat memiliki peluang kematian dini 78%, terlepas dari risiko genetik

Kunta Bayu Waskita | 02 May, 02:56

Chelsea vs Tottenham Hotspur di Liga Inggris 2023-2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

Liga Inggris

Prediksi dan Link Live Streaming Chelsea vs Tottenham Hotspur di Liga Inggris 2023-2024

berikut ini prediksi dan link live streaming Chelsea vs Tottenham Hotspur pada pertandingan Liga Inggris 2023-2024.

Pradipta Indra Kumara | 02 May, 01:50

MPL Indonesia (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

Daftar Pemenang Penghargaan Mingguan MPL Indonesia Season 13

Di MPL Indonesia Season 13, ada beberapa penghargaan mingguan yang diberikan. Berikut ini adalah daftar pemenangnya.

Thoriq Az Zuhri | 02 May, 00:51

MDL Indonesia (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

MDL Indonesia Season 9: Hasil, Jadwal, Klasemen Lengkap

Gelaran MDL Indonesia Season 9 sedang dihelat. Ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkap turnamen kasta kedua Mobile Legends Indonesia.

Thoriq Az Zuhri | 02 May, 00:48

Load More Articles