Lionel Messi Genap 35 Tahun: Bagaimana Maradona, Pelé, dan Legenda Sepak Bola Lain di Usia yang Sama?

Nurul Ika Hidayati

Editor:

  • Lionel Messi, kapten timnas Argentina, berulang tahun ke-35 pada 24 Juni.
  • Tantangan terbesarnya sekarang adalah memenangkan Piala Dunia 2022 di Qatar bersama La Albiceleste.
  • Berikut ini komparasi bintang PSG ini dengan pesepakbola legendaris lainnya ketika berusia 35 tahun.

SKOR.id - Lionel Messi genap berusia 35 tahun pada hari Jumat lalu, 24 Juni 2022.

Waktu begitu cepat berlalu, tetapi pemain No.10 tim nasional Argentina itu sudah mendekati usia 40 tahun namun pada saat yang sama terus menunjukkan dirinya sebagai salah satu pesepakbola terbaik di dunia.

Keabsahan bintang Paris Saint-Germain (PSG) itu saat ini luar biasa: Messi telah berada di kelompok atlet terbaik di dunia selama hampir 15 tahun berturut-turut.

Meski permainannya telah berubah dibandingkan 'ledakan' yang dia tunjukkan satu dekade lalu, dalam performa terbaiknya saat dia mencetak 91 gol pada 2012, ia masih mampu membuat perbedaan melawan rival mana pun.

Namun, masih ada tantangan yang sangat besar dalam karier pesepakbola asal Rosario itu: memenangkan Piala Dunia bersama Argentina.

Qatar 2022 tinggal beberapa bulan lagi dan La Albiceleste, yang dipimpin oleh Messi, akan dihadirkan sebagai salah satu tim kandidat untuk juara, terutama karena apa artinya memiliki Messi di dalam tim. Lebih dari usianya, kualitas sang megabintang juga penting.

Bagaimana dengan prestasi legenda sepak bola dunia lainnya pada usia 35 tahun?

Pele
Pesepakbola Brasil terbaik sepanjang masa ini berusia 35 tahun pada Oktober 1975. Saat itu dia telah pensiun dari aktivitas bersama timnas Brasil selama lebih dari empat tahun dan bermain di Amerika Serikat dengan New York Cosmos yang melegenda.

Sepanjang musim 1976, Pelé mencetak 15 gol dalam 24 pertandingan resmi untuk tim New York itu dan terpilih sebagai pemain terbaik di liga Amerika, meskipun timnya akhirnya tersingkir di perempat final. Pelé pensiun dua tahun kemudian, pada Oktober 1977.

Diego Armando Maradona
Sang legenda Argentina ini genap berusia 35 tahun pada 30 Oktober 1995, beberapa minggu setelah resmi kembali ke Boca Juniors. 'El Diez' memainkan 24 pertandingan pada musim 1995-1996 bersama Xeneizes, mencetak lima gol dan delapan assist, meskipun dia gagal meloloskan Boca untuk kejuaraan Argentina yang dimenangkan Vélez.

Maradona, sudah keluar dari timnas Argentina setelah doping di Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat, mengumumkan pada Agustus 1996 bahwa dia meninggalkan Boca menyusul kekalahan melawan Estudiantes de La Plata dan pergi ke Swiss untuk masuk ke klinik rehabilitasi. Ia kembali bermain sepak bola secara resmi pada pertengahan 1997, beberapa bulan sebelum pensiun.

Cristiano Ronaldo
Pesepakbola hebat lainnya dalam 10 tahun terakhir, berusia 35 tahun pada 5 Februari 2020. Megabintang Portugal ini lalu bergabung dengan Juventus di Turin, pada tahun di mana ia memenangkan Serie A dan Piala Super Italia, meskipun ia tidak mampu bermain sebanyak 35 tahun karena pandemi yang membuat dunia sepak bola terhenti.

Ronaldo terpilih sebagai pesepakbola terbaik Serie A pada musim 2019/20 dan menjadi top skorer pada musim 2020/21: ia mencetak 40 gol dalam 48 pertandingan pada usia 35, termasuk tiga gol untuk timnas Portugal dan empat gol di Liga Champions, dengan dua gol melawan Barcelona di babak penyisihan grup.

Johan Cruyff
Pesepakbola Belanda ini berusia 35 tahun pada 25 April 1982. Pensiun dari timnas Belanda, Cruyff kemudian bermain di Eredivisie untuk Ajax Amsterdam, kembali ketika kariernya seakan sudah selesai.

Namun, Cruyff memenangkan liga dan piala Belanda di musim 1982/83, menyumbangkan sembilan gol dalam 30 pertandingan. Di akhir musim itu, Ajax memutuskan untuk tidak memperpanjang kontraknya dan Cruyff pensiun di Feyenoord pada 1983/84, sebagai juara liga dan Piala Belanda: ia dianugerahi sebagai pesepakbola terbaik Belanda musim itu.

Alfredo Di Stefano
Legenda Real Madrid ini, berusia 35 tahun pada 4 Juli 1961, saat ia mempersiapkan musim kesembilannya bersama Los Blancos. La Saeta Rubia mencetak 22 gol dalam 41 pertandingan resmi pada usia itu: memenangkan LaLiga dan Copa del Rey (dulunya Copa del Generalísimo) bersama Real Madrid, yang kalah di final Piala Champions (sekarang Liga Champions) lawan Benfica dalam turnamen di mana Di Stéfano berada salah satu pencetak gol terbanyak dengan tujuh gol.

Di Stéfano bermain di Piala Dunia 1962 di Cile pada usia 35, Piala Dunia satu-satunya, tetapi tidak dapat bermain karena cedera.

Franz Beckenbauer
"Der Kaiser", Franz Beckenbauer genap 35 tahun pada 11 September 1980, ketika memulai musim pertamanya di Hamburg S.V. sekembalinya ke Jerman setelah tiga tahun bermain di Amerika Serikat.

Pesepakbola Jerman ini meraih Golden Ball pada tahun 1972 dan 1976 setelah memainkan 20 pertandingan pada musim 1980/81 dan 18 pertandingan pada kampanye 1981/82 di mana Hamburg memenangkan Bundesliga, tanpa banyak aktivitas dari Franz, yang pensiun pada 1983 di Cosmos New York.

Pensiunan
Legenda sepak bola lainnya seperti Ronaldo Nazario, Michel Platini, Marco Van Basten dan Zinédine Zidane juga pensiun dari sepak bola profesional pada saat ulang tahun ke-35.

Satu-satunya pemain yang memenangkan Ballon d'Or setelah berusia 35 tahun
Hanya satu pesepakbola yang memenangkan Ballon d'Or setelah ulang tahun ke-35: pemain Inggris, Stanley Matthews, yang melakukannya pada usia 41 tahun 1956 dengan mengalahkan Di Stéfano dan Raymond Kopa.

Matthews, pemenang pertama dari penghargaan itu, kemudian diakui sebagai pesepakbola terbaik Eropa, adalah kunci bagi Blackpool ketika finis runner-up di Liga Inggris musim 1955/56. Dia pensiun dari sepak bola profesional pada tahun 1965, ketika berusia 50 tahun.

Bintang yang memenangkan Piala Dunia di usia 35 tahun atau lebih
Hanya tujuh pemain yang memenangkan Piala Dunia setelah ulang tahun mereka yang ke-35, dan lima di antaranya berposisi sebagai penjaga gawang.

Miroslav Klose, striker Jerman bersejarah yang memainkan lima pertandingan di Piala Dunia 2014 di Brasil -termasuk final- dan mencetak dua gol, menjadi juara dunia pada usia 36, ​​sementara pemain sayap Brasil, Nilton Santos berpartisipasi pada usia 37 di Piala Dunia Cile 1962 dan bertindak sebagai starter dalam enam laga yang membawa Brasil sebagai juara.

Penjaga gawang Toni Turek (debut dengan timnas Jerman di Swiss 1954), Dino Zoff (dengan timnas Italia di Spanyol 1982), Gilmar Rinaldi (pemain pengganti Brasil di AS 1994), Bernard Lama (pemain pengganti Prancis di Prancis 1998) dan Angelo Peruzzi (kiper pengganti Italia di Jerman 2006) juga juara dunia setelah usia 35 tahun.

Pada gilirannya, dalam sejarahnya hanya 18 pesepakbola yang berhasil mencetak gol di Piala Dunia setelah berusia 35 tahun.***

Baca Juga Berita Bola Internasional Lainnya:

Rayakan HUT Ke-35, Lionel Messi Meneguhkan Tekad bersama Skuat Timnas Argentina

VIDEO: Legenda Brasil Sebut Negaranya 100 Persen Berpeluang Juara Piala Dunia

Mario Gotze, Penghancur Impian Lionel Messi di Piala Dunia, Kembali ke Jerman

Source: sportingnews.com

RELATED STORIES

Sebelum ke Nottingham Forest, Kiper Manchester United Gelar Pernikahan Romantis

Sebelum ke Nottingham Forest, Kiper Manchester United Gelar Pernikahan Romantis

Penjaga gawang Manchester United Dean Henderson melepas masa lajang. Dia mengikat simpul dalam pernikahan romantis di Roma.

3 Olahraga Ringan yang Asyik Dilakukan di Rumah

3 Olahraga Ringan yang Asyik Dilakukan di Rumah

Cukup meluangkan waktu sekitar 30 menit, Skorer akan lebih bisa rutin berolahraga dan memulai gaya hidup yang lebih sehat.

Mantan Pemain Sepak Bola Brasil Ini Melanggar Tabu: Saya Seorang Biseksual

Mantan Pemain Sepak Bola Brasil Ini Melanggar Tabu: Saya Seorang Biseksual

Richarlyson mengaku biseksual dan pernah berkencan dengan pria dan wanita, menjadi pemain Serie A Brasil pertama yang mempublikasikan seksualitasnya.

Terungkap, Ayah Neymar Tawarkan Putranya ke Real Madrid

Terungkap, Ayah Neymar Tawarkan Putranya ke Real Madrid

Pada awal Juni, ayah Neymar dikabarkan bertemu dengan CEO Real Madrid, Jose Angel Sanchez, untuk membahas kemungkinan kepindahan putranya ke Los Blancos.

Gambar Alat Kelamin Pria Muncul dalam Peluncuran Jersey Terbaru Klub Meksiko Ini

Gambar Alat Kelamin Pria Muncul dalam Peluncuran Jersey Terbaru Klub Meksiko Ini

Klub sepak bola asal Meksiko, Mineros de Zacatecas membuat kesalahan saat mempublikasikan jersey terbaru mereka di media sosial.

Mantan Pesepak Bola Viral Hachim Mastour Gabung Klub Divisi 2 Liga Maroko

Mantan Pesepak Bola Viral Hachim Mastour Gabung Klub Divisi 2 Liga Maroko

Masih ingat pemain jebolan akademi AC Milan, Hachim Mastour? Dia pernah menjadi viral ketika remaja. Kini ia baru saja menandatangani kontrak bersama klub divisi kedua Maroko.

PSG Bikin Duo Milan Pusing, Segera Dapatkan Milan Skriniar dan Renato Sanches

PSG Bikin Duo Milan Pusing, Segera Dapatkan Milan Skriniar dan Renato Sanches

Les Parisiens aktif di bursa transfer demi mewujudkan skuad yang mampu memenangkan Liga Champions.

Cristiano Ronaldo Disebut Ingin Pergi dari Manchester United Gegara Lionel Messi

Cristiano Ronaldo Disebut Ingin Pergi dari Manchester United Gegara Lionel Messi

Seorang jurnalis bernama Tony Cascarino menyebut jika Cristiano Ronaldo ingin pergi dari Manchester United gara-gara Lionel Messi.

Patung Terbaru Diego Maradona Masuk Daftar Terburuk

Patung Terbaru Diego Maradona Masuk Daftar Terburuk

Sebuah patung untuk menghormati Diego Maradona dipamerkan di Spanyol yang berakhir "tragis".

Pele Meninggal Dunia, Cristiano Ronaldo, Neymar hingga Lionel Messi Ikut Berduka

Legenda Brasil, Pele, meninggal dunia, Neymar, Cristiano Ronaldo, hingga Lionel Messi mengirimkan pesan duka.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Frank Skinner dan David Baddiel bekerja sama dengan Ian Broudie dari Lightning Seed memproduseri lagu Three Lions yang menjadi hits pada Euro 1996. (Hendy AS/Skor.id)

Culture

Penyanyi Three Lions Serukan Lagu Baru untuk Inggris di Euro 2024

Lagu Timnas Sepak Bola Inggris yang paling ikonik Three Lions telah bertahan selama hampir 30 tahun.

Tri Cahyo Nugroho | 28 Apr, 20:47

Pegulat bintang WWE Cody Rhodes siap berkarier di Hollywood. (Hendy AS/Skor.id)

Culture

Bintang WWE Cody Rhodes Melangkah ke Hollywood

Pegulat WWE Cody Rhodes bakal membintangi Naked Gun bersama Pamela Anderson dan Liam Neeson.

Tri Cahyo Nugroho | 28 Apr, 20:40

Nike Zoom GT Cut “Cool Grey” melanjutkan kesuksesan produk “Greater Than” (GT). (Hendy AS/Skor.id)

Culture

Nike Zoom GT Cut 3 Kembali ke Nuansa Klasik ‘Cool Grey’

Di Indonesia, Nike Zoom GT Cut 3 “Cool Grey” dibanderol Rp3 jutaan.

Tri Cahyo Nugroho | 28 Apr, 20:31

ragnar oratmangoen - fortuna sittard

National

Hanya Main 11 Menit, Ragnar Oratmangoen Telan Kekalahan bersama Fortuna Sittard

Ragnar Oratmangoen kembali menjadi pengganti saat Fortuna Sittard kalah di pekan ke-31 Eredivisie 2023-2024, Minggu (28/4/2024).

Teguh Kurniawan | 28 Apr, 19:05

Liga Inggris 2023-2024 dimulai sejak 11 Agustus 2023 lalu. (Zulhar Kurniawan/Skor.id).

Liga Inggris

Liga Inggris 2023-2024: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Klub Lengkap

Berikut ini klasemen Liga Inggris 2023-2024, jadwal dan hasil per pekan serta profil klub lengkap.

Irfan Sudrajat | 28 Apr, 17:51

Liga TopSkor

Liga TopSkor U-16 2024: Tanpa Striker Murni FIFA Farmel Tumbangkan Diklat ISA

FIFA Farmel berhasil meraih poin penuh usai mengalahkan Diklat ISA pada lanjutan laga grup Top Liga TopSkor U-16 2024.

Nizar Galang | 28 Apr, 17:21

Putaran nasional Liga 3 atau Liga 3 Nasional. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

National

Rekrut 7 Pemain Anyar, Persikota Bidik Gelar Juara Liga 3 Nasional 2023-2024

Persikota Tangerang akan melakoni laga pembuka melawan Persab Brebes pada Senin (29/4/2024) siang di Stadion Benteng Reborn.

Teguh Kurniawan | 28 Apr, 16:11

Partisipasi Mazda Indonesia dalam Women Half Marathon 2024 di Jakarta (Hendy Andika/Skor.id).

Other Sports

Mazda Jadi Mobil Operasional Ajang Women Half Marathon 2024

Menurut Pramita, peran perempuan tidak bisa dilepaskan dari keberhasilan dan keunikan Mazda.

Kunta Bayu Waskita | 28 Apr, 15:19

Pelatih Timnas U-23 Uzbekistan (Uzbekistan U-23), Timur Kapadze. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Timnas Indonesia

Pelatih Uzbekistan U-23 Tak Gentar dengan Suporter Indonesia

Timur Kapadze menegaskan kesiapan timnya untuk menghadapi Timnas U-23 Indonesia pada semifinal Piala Asia U-23 2024.

Rais Adnan | 28 Apr, 15:16

Laga Tottenham Hotspur vs Arsenal di Liga Inggris 2023-2024. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

Liga Inggris

Hasil Tottenham Hotspur vs Arsenal: The Gunners Kuasai Derby London Utara

Berikut ini hasil pertandingan Tottenham Hotspur vs Arsenal di laga Derby London Utara, pada pekan ke-35 Liga Inggris (Premier League) 2023-2024.

Pradipta Indra Kumara | 28 Apr, 15:06

Load More Articles