Kanker Anak: Tanda-tanda Awal Kanker pada Anak yang Harus Diketahui Orang Tua

Nurul Ika Hidayati

Editor: Nurul Ika Hidayati

Ilustrasi  anak penderita kanker (Dok. Hendy/Skor.id).
Fans Besiktas sumbang ribuan boneka untuk anak korban gempa Turki-Suriah (Dok. Hendy/Skor.id).
  • Dunia merayakan Hari Kanker Anak Internasional pada 15 Februari.
  • Kesadaran Kanker Anak adalah pengingat orang tua, bahwa, meskipun banyak penyakit anak disebabkan oleh virus, anak-anak juga mungkin terkena kanker.
  • Kenali tanda dan gejala berikut yang dapat memberikan petunjuk awal untuk mencurigai adanya kanker pada anak.

SKOR.id - Pakar kesehatan mengungkapkan semua hal tentang kanker anak, tanda-tanda serta gejalanya untuk pengenalan dini untuk apa yang harus diketahui setiap orang tua.

Dunia merayakan Hari Kanker Anak Internasional (ICCD) setiap tanggal 15 Februari. The Childhood Cancer International, sebuah federasi dari banyak kelompok pendukung kanker anak yang didirikan orang tua, didirikan pada hari itu. 

Dan, untuk tahun ini, target mereka adalah untuk menarik perhatian dan mengungkapkan dukungan bagi para kaum muda penderita kanker. 

Terlepas dari semua kemajuan ilmiah, kanker remaja terus jadi penyebab terbesar kematian terkait penyakit pada anak-anak. Hal ini meningkatkan pentingnya ICCD.

Kesadaran Kanker Anak adalah langkah penting untuk mengingatkan para orang tua, bahwa, meskipun banyak penyakit anak disebabkan oleh virus dan masalah umum lainnya, anak-anak juga mungkin terkena kanker.

Oleh karena itu, penting untuk menyadari gejala yang bisa jadi pertanda kanker pada anak Anda seperti infeksi yang sering, infeksi virus serius, penurunan berat badan atau nafsu makan yang buruk, sakit kepala atau demam yang tidak dapat dijelaskan yang tidak kunjung sembuh. 

Kondisi ini dapat dengan mudah disalahartikan sebagai penyakit lain tetapi ahli kesehatan bersikeras bahwa jika itu terus berlanjut, perlu mencari nasihat medis dari ahli onkologi anak sesegera mungkin.

Para ahli menyoroti bahwa sebagian besar kanker anak "dapat disembuhkan" jika didiagnosis dini dan diobati dengan tepat, tetapi diagnosis kanker anak seringkali menjadi tantangan bagi dokter umum serta dokter anak karena tanda dan gejalanya sering menyerupai penyakit anak pada umumnya, oleh karena itu, seringkali terdapat keterlambatan 6-8 minggu dari onset gejala pertama hingga diagnosis pada sebagian besar anak. 

Hal ini sebagian besar disebabkan oleh kurangnya kesadaran dan salah atribusi gejala oleh keluarga dan dokter umum dan sering terlihat bahwa keluarga tersebut rata-rata melakukan 3-4 kali konsultasi medis sebelum bertemu Ahli Onkologi Anak (spesialis kanker anak).

Dalam sebuah wawancara dengan Hindustan Times Lifestyle, Dr S Jayanthi, Ahli Onkologi Anak Senior di Rumah Sakit Kamineni di Hyderabad, berbagi, “Penting bagi orang tua untuk menyadari beberapa tanda dan gejala umum yang mengindikasikan anak mereka menderita kanker. "

Sang dokter menyebutkan gejala seperti kelelahan terus-menerus, sakit kepala, nyeri atau bengkak pada persendian atau anggota badan, demam atau keringat malam, pembengkakan kelenjar getah bening di leher atau ketiak, dan mudah memar atau berdarah. 

"Jika salah satu dari gejala ini menetap, sangat penting untuk mencari saran medis dari ahli onkologi anak sesegera mungkin.”

Dia mengatakan bahwa jenis kanker yang paling umum adalah limfoma, leukemia, neoplasma epitel ganas, tumor sumsum tulang belakang, serta tumor ginjal.

“Kanker teratas yang ditemukan pada anak-anak adalah leukemia dan tumor otak/tulang belakang seperti Ewing Sarcoma. Dan, jenis kanker yang lebih baru yang baru-baru ini diidentifikasi pada anak-anak termasuk leukemia dan limfoma."

"Orang tua harus mewaspadai setiap perubahan dalam kesehatan anak mereka seperti benjolan atau benjolan yang tidak biasa di tubuh, sakit kepala atau muntah terus-menerus, penurunan berat badan atau kelelahan."

"Deteksi dini adalah kunci untuk mengobati kanker anak ini sehingga penting bagi orang tua untuk tetap waspada terhadap tanda dan gejala ini.”

Dr S Jayanthi menjelaskan, “Kanker darah seperti leukemia memerlukan penyedia layanan kesehatan primer yang terlatih dan tes sumsum tulang untuk diagnosis. Sel darah merah juga merupakan indikator penting yang digunakan dokter untuk mendiagnosis beberapa jenis kanker anak. Penting bagi para orang tua dan pengasuh untuk menyadari tanda-tanda kanker pada anak sehingga mereka bisa segera mencari saran medis jika memiliki kekhawatiran."

"Deteksi dini meningkatkan hasil pengobatan dan membantu menyelamatkan nyawa. Segera setelah orang tua atau pengasuh memperhatikan adanya gejala abnormal pada anak mereka, mereka harus segera berkonsultasi dengan dokter anak mereka yang dapat merujuk mereka ke ahli onkologi anak jika perlu.”

Dia juga memperingatkan para orang tua untuk mewaspadai setiap perubahan pada mata anak-anak mereka, terutama cahaya putih.

“Setiap tahun, ribuan anak kecil di seluruh dunia didiagnosis menderita kanker mata, yang disebut retinoblastoma. Penyakit ini merupakan jenis kanker mata paling umum dan dapat menyerang kedua mata sekaligus." 

"Gejalanya meliputi perubahan mata seperti cahaya putih yang terlihat saat cahaya menyinari pupil atau bayangan muncul di dalam pupil. Orang tua dan pengasuh juga harus memperhatikan masalah penglihatan atau kemerahan, bengkak, dan nyeri di salah satu atau kedua mata.”

Untuk menghindari kecurigaan yang tertunda dan penundaan diagnosis yang tidak perlu, Dr Vinay Munikoty Venkatesh, Konsultan - Onkologi Hematologi Anak dan BMT di Rumah Sakit Manipal di Yeshwanthpur, mengatakan sangat penting untuk mengenali tanda dan gejala berikut yang dapat memberikan petunjuk awal untuk mencurigai adanya kanker pada anak:

1. Demam yang tidak dapat dijelaskan yang berlangsung selama > 2 minggu dan tidak memberikan respons terhadap pengobatan biasa.

2. Pucat yang tidak dapat dijelaskan dan kelelahan yang berlebihan mungkin menunjukkan berkurangnya hemoglobin (sel darah merah).

3. Kecenderungan mudah memar atau berdarah mungkin menandakan berkurangnya produksi trombosit. Misalnya: memar di kulit, pendarahan dari hidung dan gusi.

4. Benjolan atau pembengkakan yang tidak biasa di bagian tubuh manapun. Misal: bengkak di leher, terasa keras di perut.

5. Keluhan kaki pegal dan pincang (bukan karena trauma).

6. Sakit kepala dini hari sering disertai muntah berulang.

7. Tiba-tiba mata atau penglihatan berubah seperti munculnya opasitas putih saat Anda menyalakan senter ke mata.

Sang dokter menjelaskan, “Jika ada gejala di atas, disarankan untuk segera menemui dokter anak Anda dan diperiksa. Dokter anak harus menjadi titik kontak pertama untuk mengevaluasi gejala yang mencurigakan dan kemudian merujuk ke spesialis. Tes diagnostik sederhana seperti hitung darah lengkap, pencitraan ultrasound, atau CT scan akan memastikan diagnosisnya.”

Menurutnya, beberapa mitos dan kepercayaan salah yang menghambat pengobatan yang tepat pada kanker anak adalah:

1. Kanker anak tidak bisa disembuhkan! Ini memiliki tingkat kesembuhan yang sangat baik jika didiagnosis dini dan diobati dengan tepat. Angka kesembuhan >85-90% pada sebagian besar kasus.

2. Kanker anak bersifat genetik! 95% kanker pada anak-anak tidak diturunkan. Tidak perlu keluarga bersalah atas hal yang sama.

3. Kanker anak menular, artinya bisa menyebar dari orang ke orang! Tidak ada kanker yang menular.

4. Perawatan itu menyakitkan! Perawatan melibatkan pengobatan yang disebut kemoterapi yang diberikan melalui alat khusus yang disebut chemoport. Oleh karena itu tidak menyakitkan dan dapat diberikan dengan mudah seperti suntikan lainnya.

5. Anak-anak tidak mentolerir pengobatan! Anak-anak memang mentoleransi pengobatan dengan lebih baik. Tidak seperti orang dewasa dengan penyakit penyerta seperti diabetes, penyakit jantung, dan hipertensi, anak-anak tidak memiliki penyakit tambahan seperti itu. Oleh karena itu, mereka sering menyelesaikan perawatan tepat waktu dan efektif.

6. Pengobatan dikaitkan dengan efek samping jangka panjang! Perawatannya diprotokolkan dan protokol dibuat sedemikian rupa untuk meminimalkan efek samping. Kami juga melakukan pemeriksaan dari waktu ke waktu untuk mencari efek samping.***

Source: Hindustan TimesIndia Today

RELATED STORIES

5 Tips Hindari Kanker Prostat bagi Pria Dewasa

5 Tips Hindari Kanker Prostat bagi Pria Dewasa

Kanker prostat adalah kanker yang paling umum kedua yang ditemui di Amerika Serikat.

Apa yang Perlu Diketahui Setiap Pria tentang Kanker Prostat

Apa yang Perlu Diketahui Setiap Pria tentang Kanker Prostat

Kanker prostat adalah kanker paling umum kedua di antara pria di Amerika, setelah paru-paru, dan biasanya terjadi pada pria usia 65 tahun ke atas.

5 Cara Sederhana bagi Penderita Kanker Payudara untuk Hidup Lebih Sehat dan Lama

Jika Anda salah satu dari penderita kanker payudara atau mengenal seseorang, kabar baiknya adalah 92 dari setiap 100 wanita akan bertahan hidup selama lima tahun ataupun lebih setelah diagnosis mereka.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Sepatu Nike rusak milik Zion Williamson akhirnya dilelang (Hendy Andika/Skor.id).

Sneakers

Sneaker Nike Rusak Orisinal Milik Zion Williamson dari Duke Dilelang

Sepatu kets Williamson rusak saat pertandingan Duke vs North Carolina pada NCAA 2019.

Kunta Bayu Waskita | 14 May, 16:08

Air Jordan 12 "Taxi Flip" akan mulai dilepas ke pasar pada 25 Mei 2024. (Hendy AS/Skor.id)

Culture

Air Jordan 12 ‘Taxi Flip’ Paduan Nostalgia dan Modernitas

Air Jordan 12 “Taxi Flip” akan mulai dipasarkan pada 25 Mei 2024.

Tri Cahyo Nugroho | 14 May, 15:54

Bintang-bintang WNBA tampil dalam iklan Skims, produk pakaian dalam milik Kim Kardashian yang jadi sponsor WNBA (Hendy Andika/Skor.id).

Fashion

Bintang-bintang WNBA Tampil dalam Iklan Produk Pakain Dalam Milik Kim Kardashian

Skims merupakan sponsor pakaian dalam resmi untuk kompetisi WNBA.

Kunta Bayu Waskita | 14 May, 15:33

Volleyball Nations League (VNL)

Other Sports

Update VNL 2024 Sektor Putri: Jadwal, Hasil, dan Klasemen

Rangkaian kompetisi sektor putri VNL 2024 berlangsung pada 14 Mei–23 Juni 2024 dengan fase final digelar di Thailand.

Doddy Wiratama | 14 May, 15:31

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Automotive

Shin Tae-yong Dapat Hadiah Mobil Genesis Electrified G80 dari Hyundai Indonesia

Sebelumnya Hyundai pernah memberikan Palisade dan Staria pada 2022, serta partisipasi di Piala Dunia U-17 2023.

Kunta Bayu Waskita | 14 May, 14:55

Raphael Varane resmi memutuskan untuk meninggalkan Manchester United akhir musim ini. (Hendy Andika/Skor.id).

Liga Inggris

Raphael Varane Pamit, Tinggalkan Manchester United Akhir Musim Ini

Raphael Varane, resmi mengumumkan perpisahan dengan Manchester United akhir musim ini.

Pradipta Indra Kumara | 14 May, 14:36

Tampilan garang Harley Davidson Tobacco Fade (Foto: Kunta Bayu Waskita/Grafis: Yusuf/Skor.id).

Automotive

Harley-Davidson Indonesia Rilis Lima Model Terbaru untuk 2024

Peluncuran dilakukan di pop-up store Harley-Davidson, Senayan City, Minggu (12/5/2024).

Kunta Bayu Waskita | 14 May, 13:57

Jurgen Klopp, sukses mempersembahkan berbagai gelar untuk Liverpool. (Yusuf/Skor.id).

Liga Inggris

Deretan Prestasi Jurgen Klopp Selama Menangani Liverpool

Jurgen Klopp akan mengakhiri masa baktinya di Liverpool akhir musim ini, ia sukses mempersembahkan berbagai gelar, termasuk Liga Inggris.

Pradipta Indra Kumara | 14 May, 13:28

Dewa United Esports (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

Gagal ke Playoff, Dewa United Esports Langsung Cari Pemain dan Pelatih

Dewa United Esports menjadi tim pertama yang dipastikan gagal melangkah ke babak playoff MPL ID Season 13.

Gangga Basudewa | 14 May, 13:07

Tom Saintfiet - Timnas Filipina

Timnas Indonesia

Jelang Lawan Timnas Indonesia, Filipina Tambah 8 Pemain Keturunan Baru

Dari delapan pemain tersebut, salah satunya bermain di Liga Jerman.

Rais Adnan | 14 May, 12:57

Load More Articles