Inilah Alasan Mengapa Prebiotik Sangat Penting

Nurul Ika Hidayati

Editor:

  • Bakteri di saluran pencernaan membantu memecah dan mencerna makanan untuk meningkatkan sistem kekebalan dan mencegah peradangan.
  • Sering dikacaukan satu sama lain, prebiotik sangat berbeda dengan probiotik.
  • Berikut penjelasan mengenai prebiotik dan mengapa itu penting bagi tubuh.

SKOR.id - Bakteri-bakteri di saluran pencernaan Anda - yang oleh dokter disebut mikrobiota usus - tidak pernah membiarkan makanan Anda terbuang dengan sia-sia.

Mikroorganisme-mikroorganisme itulah yang membantu mencerna makanan Anda untuk meningkatkan sistem kekebalan Anda dan mencegah peradangan.

Tetapi, apa yang membuat serangga kecil yang sangat membantu kita itu tetap hidup? Dan bagaimana Anda bisa membuat bakteri itu bekerja lebih baik untuk Anda? Jawabannya adalah prebiotik.

Peneliti penyakit pencernaan dan ahli diet terdaftar Gail Cresci, PhD, RD, berbagi beberapa rahasia di balik istilah prebiotik, bagaimana mereka berbeda dari probiotik dan daftar makanan yang dapat Anda makan untuk menjaga bakteri usus Anda tetap sehat dan kuat.

Apa yang dilakukan prebiotik?
Untuk memahami prebiotik, Anda harus tahu apa itu probiotik, karena kedua istilah ini sering dikacaukan satu sama lain.

Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang telah diisolasi dari usus manusia dan terbukti memiliki efek menguntungkan bila dikonsumsi dalam jumlah yang memadai.

Probiotik dapat ditemukan dalam suplemen makanan ataupun makanan fermentasi seperti kombucha, yogurt, atau tempe.

Untuk dianggap sebagai probiotik, setelah tertelan, mikroorganisme itu perlu bertahan dari asam lambung dan empedu sehingga mereka dapat sampai ke usus besar Anda untuk bertemu dengan mikroorganisme hidup lainnya yang hidup di sana.

Begitu mereka tiba, mereka harus bisa bertahan hidup di lingkungan itu. Semakin beragam mikroorganisme sehat yang Anda miliki, semakin banyak pula yang dapat mereka lakukan untuk Anda.

Prebiotik berfungsi sebagai sumber makanan untuk mikroorganisme usus Anda - dan mereka perlu melewati pencernaan dan membuatnya sampai ke usus besar Anda.

Di sana, mikroorganisme itu kemudian memetabolisme sekaligus memfermentasi prebiotik untuk bertahan hidup.

Proses metabolisme dan fermentasi ini sangat bermanfaat bagi kesehatan usus Anda karena menghasilkan berbagai produk sampingan lain yang membantu Anda dalam beberapa cara.

Ketika prebiotik dipecah oleh mikroorganisme di usus Anda, asam lemak rantai pendek yang berbeda dibuat tergantung pada jenis prebiotik.

Akibatnya, asam lemak rantai pendek ini melakukan beberapa hal seperti memberi energi ke sel-sel usus besar Anda, membantu produksi lendir dan membantu peradangan dan kekebalan.

“Mikroorganisme yang berbeda dapat menggunakan prebiotik yang berbeda, jadi tidak setiap prebiotik memberi Anda efek yang sama,” kata Dr. Cresci.

Manfaat prebiotik
Manfaat prebiotik sangat luas. Masih banyak penelitian yang dilakukan untuk menentukan dengan tepat bagaimana sumber makanan untuk mikrobiota usus Anda bekerja, tetapi berikut adalah beberapa hal yang kami tahu prebiotik lakukan:

  • Membantu mengatur pergerakan usus.
  • Menghasilkan neurotransmiter yang bolak-balik antara usus dan otak Anda untuk memicu perubahan suasana hati dan proses lainnya.
  • Merangsang tubuh Anda untuk membuat hormon yang membantu nafsu makan, penekanan nafsu makan dan banyak lagi.
  • Membantu tulang Anda termineralisasi dan menyerap kalsium dan fosfor, yang dapat meningkatkan kepadatan tulang.
  • Tingkatkan seberapa baik fungsi sistem kekebalan Anda.
  • Tingkatkan respons anti-inflamasi tubuh Anda.
  • Meningkatkan produksi bakteri baik dan mengurangi bakteri jahat penyebab penyakit.

“Jumlah manfaat prebiotik mungkin kompleks,” kata Dr. Cresci, menjelaskan. “Begitu banyak yang selalu terus ditemukan.”

Makanan prebiotik
Makanan prebiotik biasanya tinggi jenis serat tertentu yang dikenal sebagai serat larut yang dapat difermentasi.

Cara Anda memasak makanan juga bisa menentukan berapa banyak prebiotik yang tersedia, karena komposisi makanan Anda akan berubah berdasarkan cara Anda memasaknya (ataupun tidak memasaknya).

Meskipun ada banyak jenis prebiotik, tiga yang paling umum ditemukan pada pati resisten, inulin dan pektin.

Resistant starches
Seperti serat, pati resisten menolak pencernaan dan berakhir sebagai sumber makanan utama bagi mikroorganisme di usus besar Anda.

Ketika pati resisten dipecah, mereka sering menghasilkan butirat, yang membantu penyerapan air dan elektrolit, fungsi sistem kekebalan dan anti-inflamasi.

“Jika Anda makan makanan yang membantu menghasilkan butirat, dan Anda juga memiliki bakteri yang tepat di usus Anda, maka kadar butirat Anda akan lebih tinggi, yang telah terbukti memiliki semua efek menguntungkan ini,” kata Dr. Cresci.

Ambil kentang, misalnya. Ada pati yang kurang tahan ketika Anda memanggang kentang, tetapi jika Anda merebusnya dan membiarkannya dingin, lapisan tepung putih yang dihasilkan adalah pati tahan yang Anda inginkan. Pati resisten dapat ditemukan di:

  • Kentang rebus dan dingin.
  • pisang hijau.
  • Jelai.
  • Gandum.
  • Beras.
  • Kacang polong.
  • Kacang-kacangan

Inulin
Inulin adalah serat prebiotik yang terkandung dalam banyak tanaman. Prebiotik ini dapat membantu Anda merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama, membantu makan berlebihan dan membantu buang air besar.

Ini juga dapat membantu menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat), menstabilkan gula darah dan meningkatkan dan memelihara bakteri baik di usus Anda.

Juga dapat membantu mengurangi risiko kanker usus besar. Meski Anda bisa mengonsumsi inulin sebagai suplemen dalam bentuk gummy, tablet, kapsul, dan bubuk, makanan tinggi inulin cenderung juga memiliki manfaat tambahan dengan menyediakan antioksidan dan vitamin lainnya. Beberapa makanan tersebut antara lain:

  • Asparagus.
  • Akar burdock.
  • Akar chicory.
  • Dandelion hijau.
  • Bawang putih.
  • Artichoke Yerusalem.
  • Daun bawang.
  • Bawang.
  • kedelai.
  • Ubi liar.

Pectin
Anda akan menemukan pektin dalam banyak buah-buahan, terutama di bubur apel mentah.

Pektin adalah sejenis pati seperti gel, sering digunakan untuk membuat selai dan jeli. Pati ini memiliki sifat antioksidan dan anti tumor.

Juga dapat meningkatkan sel-sel kulit lapisan usus Anda, mengurangi kemampuan penyakit bakteri untuk berakar dan meningkatkan keragaman mikroorganisme di usus Anda.

Lebih banyak penelitian pada manusia diperlukan untuk menentukan hasil bermanfaat lainnya. Makanan tinggi pektin meliputi:

  • Apel.
  • Aprikot.
  • Wortel.
  • kacang hijau.
  • Persik.
  • Raspberi.
  • Tomat.
  • Kentang.

Kapan harus mengonsumsi prebiotik (dan kapan sebaiknya tidak)
Sekarang, di mana dan bagaimana Anda harus mulai menggunakan prebiotik? Dr. Cresci menyarankan untuk memasukkannya ke dalam diet Anda secara perlahan.

"Jangan melakukannya secara instan dan mulai mengosumsi banyak prebiotik," sarannya.

“Ketika mereka mulai bekerja membangunkan mikrobiota Anda, itu mulai menghasilkan lebih banyak gas, jadi Anda tidak menginginkan efek sebaliknya ketika Anda merasa sangat kembung atau begah. Ini haruslah menjadi pengenalan bertahap ke dalam diet Anda.”

"Dan karena tubuh Anda beroperasi pada ritme sirkadian, mikroorganisme dalam usus Anda akan bekerja lebih aktif di siang hari, jadi Anda pasti ingin memastikan Anda tidak makan prebiotik terlalu larut di malam hari."

"Jika Anda memiliki masalah pencernaan seperti sindrom iritasi usus besar (IBS), mungkin akan mengalami kesulitan mencerna prebiotik tertentu, terutama buah-buahan seperti persik, mangga, dan ceri." 

Tetapi, selain masih banyak yang harus dipelajari di bidang prebiotik, Dr. Cresci mengatakan tidak ada salahnya jika Anda memasukkannya ke dalam makanan Anda melalui sumber alami.

“Tidak ada salahnya makan buah dan sayuran,” kata Dr. Cresci. "Anda akan dapatkan serat, vitamin dan mineral, dan kemungkinan besar, Anda juga akan mendapatkan beberapa prebiotik."***

Berita Bugar Lainnya:

Kenali Perbedaan Probiotik dan Prebiotik, Terkesan Sama Padahal Beda

Source: Health Essentials

RELATED STORIES

7 Rahasia Menjaga Kesehatan Ginjal Anda

7 Rahasia Menjaga Kesehatan Ginjal Anda

Untuk menjaga agar ginjal tetap aman adalah merawat tubuh untuk mengurangi peluang terkena penyakit yang membebani ginjal Anda.

Jangan Pernah Katakan Enam Hal Ini kepada Seseorang yang Memiliki Masalah Kesehatan Mental

Jangan Pernah Katakan Enam Hal Ini kepada Seseorang yang Memiliki Masalah Kesehatan Mental

Enam hal yang tidak pernah boleh diucapkan kepada seseorang yang berjuang dengan masalah kesehatan mental.

Apa Saja Faktor yang Dapat Memengaruhi Ketidaksuburan Pria?

Apa Saja Faktor yang Dapat Memengaruhi Ketidaksuburan Pria?

Tembakau, alkohol, gaya hidup menetap dan obesitas adalah beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas sperma.

Saatnya untuk Lebih Memahami Peran Kolesterol dalam Tubuh

Saatnya untuk Lebih Memahami Peran Kolesterol dalam Tubuh

Apakah kadar kolesterol lebih dari 200 adalah hukuman mati? Bahwa jika kolesterol darah melebihi 200 mg/dl, otomatis bermasalah?

Hari Kesehatan Mulut Sedunia: Cara Menjaga Kebersihan Mulut dan Gigi

Hari Kesehatan Mulut Sedunia: Cara Menjaga Kebersihan Mulut dan Gigi

Menyikat gigi, menggunakan benang gigi dan obat kumur, pergi ke dokter gigi secara teratur adalah beberapa tips untuk kesehatan mulut yang baik.

6 Gejala Depresi yang Tidak Boleh Anda Abaikan

6 Gejala Depresi yang Tidak Boleh Anda Abaikan

Ada beberapa gejaja yang terkait depresi yang tak boleh diabaikan, di antaranya terus bersedih, kehilangan minat, dan menarik diri dari sekitar.

Tanda-tanda Pembekuan Darah yang Harus Diwaspadai: BE FAST

Seorang ahli pembekuan darah mengatakan penting bagi kaum muda untuk tahu gejala apa yang harus diwaspadai sehingga mereka dapat mencari atensi medis saat membutuhkannya.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Koleksi apparel LAFC x Paisa Boys (Jovi Arnanda/Skor.id).

Fashion

LAFC x Paisa Boys Rilis Koleksi Kolaborasi Terinspirasi LA Mexican Heritage

Mereka merilis koleksi pakaian pertama dari dua koleksi yang memadukan warna Black and Gold LAFC.

Kunta Bayu Waskita | 28 Apr, 14:16

Garnier Men Liga TopSkor U-17: Pecah Telur, Urakan FC Raih Kemenangan Perdana

Urakan FC berhasil menekuk Nusantara 2004 dengan skor 2-0 pada laga yang digelar di ASIOP Training Ground, Minggu (28/4/2024).

Sumargo Pangestu | 28 Apr, 14:12

Proliga 2024

Other Sports

Update Proliga 2024 Sektor Putra: Jadwal, Hasil, dan Klasemen

Kompetisi sektor putra Proliga 2024 bakal diikuti oleh tujuh tim dan dijadwalkan berlangsung pada 25 April–21 Juli nanti.

Doddy Wiratama | 28 Apr, 14:11

AFC Futsal Asian Cup atau Piala Asia Futsal. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

World

Piala Asia Futsal 2024: Jadwal, Hasil dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Piala Asia Futsal 2024, yang terus diperbarui seiring berjalannya turnamen.

Taufani Rahmanda | 28 Apr, 14:06

Piala Asia Futsal 2024. (Hendy AS/Skor.id)

World

Kalahkan Thailand, Iran Pertajam Rekor Juara Piala Asia Futsal 2024

Timnas Futsal Iran merengkuh gelar Piala Asia Futsal ke-13 usai menekuk Thailand pada partai puncak, Minggu (28/4/2024).

Teguh Kurniawan | 28 Apr, 14:01

Wujud patung Harry Kane akhirnya terlihat setelah empat tahun menjadi misteri (Jovi Arnanda/Skor.id).

Art

Inilah Penampakan Perdana Patung Harry Kane yang Misterius

Dewan Waltham Forest belum menemukan lokasi yang cocok untuk patung yang selesai dibangun 2020.

Kunta Bayu Waskita | 28 Apr, 13:23

Laga Inter Milan vs Torino di Liga Italia 2023-2024. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

Liga Italia

Hasil Inter Milan vs Torino: Hakan Calhanoglu Borong 2 Gol

Berikut ini hasil pertandingan Inter Milan vs Torino, Hakan Calhanoglu borong 2 gol kemenangan I Nerazzurri.

Pradipta Indra Kumara | 28 Apr, 12:47

Pemudik disarankan melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum berangkat (Yusuf/Skor.id).

All Culture

5 Hal yang Harus Dilakukan Kaum Muda untuk Turunkan Kadar Kolesterol

Dr Kenchappa menyarankan siapa pun yang berusia di atas 25 tahun harus menjalani tes kolesterol.

Kunta Bayu Waskita | 28 Apr, 12:37

Ilustrasi nobar Timnas U-23 Indonesia. (Grafis: Jovi Arnanda/Skor.id)

National

Nobar Piala Asia U-23 2024 Diperbolehkan, Ini Syaratnya!

MNC Group sudah mengeluarkan rilis terkait diperbolehkannya nobar selama tidak ada kegiatan komersial di dalamnya.

Arista Budiyono | 28 Apr, 12:22

Timnas u-20 Indonesia. (Hendy Andika/Skor.id)

Timnas Indonesia

37 Pemain Dipanggil Timnas U-20 Indonesia, Ada 2 Pemain Diaspora

Ada 37 pemain yang dipanggil untuk mengikuti TC terdekat Timnas U-20 Indonesia.

Rais Adnan | 28 Apr, 12:11

Load More Articles