Hasil Jepang U-23 vs Uzbekistan U-23: Jepang Sabet Gelar Kedua Piala Asia U-23

Tri Cahyo Nugroho

Editor: Tri Cahyo Nugroho

Jepang U-23 lolos ke Olimpiade Paris 2024 setelah merebut gelar Piala Asia U-23 2024 dengan mengalaahkaan Uzbekistan U-23 di final dengan skor 1-0, Jumaat (3/4/2024). (Jovi Arnanda/Skor.id).
Jepang U-23 lolos ke Olimpiade Paris 2024 setelah merebut gelar Piala Asia U-23 2024 dengan mengalahkan Uzbekistan U-23 di final dengan skor 1-0, Jumat (3/4/2024). (Jovi Arnanda/Skor.id).

SKOR.id – Jepang berhasil merebut gelar juara Piala Asia AFC U-23 2024 setelah pada laga final di Stadion Jassim bin Hamad, Al Rayyan, Qatar, mengalahkan Uzbekistan, Jumat (3/5/2024) malam WIB.

Jepang memenangi pertandingan di masa tambahan waktu, berkat gol pemain pengganti Fuki Yamada. Kiper Leo Kukobo juga menyelamatkan penalti di saat-saat terakhir untuk memastikan kemenangan dramatis bagi Jepang. 

Dengan hasil ini, Jepang menjadi tim pertama yang memenangi Piala Asia AFC U-23 dua kali, setelah sebelumnya juga juara pada tahun 2016. 

Di Piala Asia U-23 2024, Uzbekistan merebut gelar penghargaan Fair Play. Penghargaan tersebut diserahkan kepada kapten mereka Jasurbek Jaloliddinov.

Penjaga gawang Uzbekistan Abduvohid Nematov juga merebut gelar Best Goalkeeper setelah mencetak lima clean sheet sepanjang turnamen dan hanya kebobolan dari Jepang di final.

Penyerang Irak U-23 Ali Jasim memenangi gelar Top Goalscorer berkat empat gonya di turnamen ini. Sementara, Jepang merebut gelar Pemain Terbaik alias Most Valuable Player (MVP) lewat sang kapten Joel Fujita.

Dengan gelar di Piala Asia AFC U-23 2024, Jepang telah memastikan tempat mereka di Grup D cabang olahraga sepak bola putra pada Olimpiade Paris 2024 pada 26 Juli sampai 11 Agustus mendatang. Mereka akan satu grup bersama Paraguay, Mali, dan Israel.

Adapun runner-up Uzbekistan akan berada di Grup C pada Olimpiade Paris nanti bersama Spanyol, Mesir, dan Republik Dominika.

Jalannya Pertandingan

Kedua tim mengawali pertandingan dengan formasi 4-2-3-1. Mao Hosoya memimpin serangan Jepang sementara Husain Norchaev adalah striker tunggal di lini depan Uzbekistan.

Lima menit pertadingan berlangsung, Norchaev memanfaatkan kesalahan pertahanan Jepang dan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Kiper Jepang Leo Kokubo keluar dari garisnya untuk mengantisipasi bola dengan nyaman.

Tiga menit berselang, Rihito Yamamoto mengoper bola kepada Kein Sato dengan umpan di tepi kotak penalti Uzbekistan setelah bekerja sama dengan baik di pertahanan dan lini tengah. 

Sato melepaskan tembakan ke gawang, menjaganya tetap rendah, sehingga kiper Uzbekistan dapat dengan mudah mengambilnya.

Pada menit ke-15, kapten Uzbekistan Jasurbek Jaloliddinov menembak dari jarak jauh, hampir 35 yard (32 meter). Tendangannya meluncur sempurna ke arah gawang sebelum memantul dan mendarat di tangan kiper Jepang Kokubo, yang membungkuk untuk menyelamatkannya.

Sebagai catatan, Uzbekistan melakukan tujuh perubahan dari tim yang memenangkan semifinal (atas Indonesia) setelah beberapa pemainnya kembali ke klubnya setelah kemenangan dengan skor 2-0 itu.

Meski berpenampilan baru, tim Uzbekistan terlihat kompak dalam menyerang, setelah menciptakan sejumlah peluang di awal pertandingan.

Hingga 28 menit berlangsung, Jepang menguasai 48 persen penguasaan bola dan Uzbekistan 52 persen. Jepang lebih banyak menguasai bola dalam beberapa menit terakhir sementara Uzbekistan menciptakan sejumlah peluang di awal pertandingan.

Sekira 10 menit jelang babak pertama usai, para bek Uzbekistan memperlambat permainan dengan saling mengoper bola, namun Jepang tidak mampu melakukannya. 

Mereka merespons dengan menekan, memaksa Uzbekistan melakukan kesalahan pertahanan, yang memungkinkan Sato mendapatkan bola. Dari luar kotak penalti, Sato melepaskan tendangan jarak jauh dengan kaki kanannya, namun masih melebar.

Sampai menit ke-37, Uzbekistan telah melakukan lima tembakan sementara Jepang hanya mendapat satu. Mereka juga menikmati lebih banyak penguasaan bola.

Tiga menit waktu tambahan di babak pertama, kebuntuan masih belum terpecahkan di final ini. Uzbekistan terlihat lebih berbahaya, sementara Jepang tidak banyak menciptakan peluang.

Uzbekistan tampil lebih baik di babak pertama, dengan delapan percobaan tepat sasaran, tiga di antaranya tepat sasaran. Jepang, sebaliknya, hanya punya satu kesempatan.

Babak Kedua 

Jepang mengawali babak kedua dengan baik saat laga baru berlangsung 5 menit. Kuruyu Matsuki dan Hosoya memainkan permainan satu-dua yang indah di dekat kotak sebelum Matsuki terjatuh di dalam kotak penalti.

Pada menit ke-52, Matsuki melepaskan tendangan bebas dari sisi kiri, mengarah ke Kimura di depan gawang. Namun tendangan kaki kiri Kimura dari sisi kiri kotak masih bisa diblok.

Enam menit berselang, gelandang dan kapten Jepang Joel Fujita melepaskan tembakan dari tepi kotak penalti setelah menerima umpan Matsuki dari kanan. Fujita mencoba mencari sudut kanan atas, tapi kiper Uzbekistan Abduvohid Nematov menyelamatkannya.

Pada menit ke-62, Alisher Odilov memberikan umpan terobosan brilian kepada Jaloliddinov di sisi kanan. Jaloliddinov berlari ke arah gawang dan mengarahkan bola, yang melintas di wajahnya, namun tidak ada pemain Uzbek yang bisa menyarangkannya ke gawang.

Pada menit ke-65 Jepang membuat beberapa perubahan untuk mencoba memecahkan kebuntuan. Matsuki dan Fujio keluar digantikan oleh Ryotaro Araki dan Ru Hirakawa.

Tiga menit kemudian, sebuah tendangan Jiyanov di dekat bendera sepak pojok membentur mistar gawang. Upaya yang sungguh mengesankan! Hal itu nyaris membuat kiper Jepang ketakutan.

Memasuki menit ke-73, penggemar Uzbekistan yang mengenakan pakaian putih dan biru, membuat banyak keributan dengan nyanyian dan drum mereka.

Tim mereka tampil luar biasa dalam beberapa menit terakhir, dengan para pemain berkumpul di sekitar kotak penalti Jepang untuk memberikan tekanan pada lawan dan mendekati gol pembuka.

Pergantian pemain kembali terjadi. Fuki Yamada menggantikan Kein Sato sementara Rihito Yamamoto digantikan Sota Kawasaki. Jepang telah melakukan empat pergantian pemain sejauh itu.

Uzbekistan pun memasukkan Ulugbek Khoshimov dan Zafarmurod Adirahmatov untuk menggantikan Saidazamat Mirsaidov dan Ruslanbek Jiyanov.

Pada menit ke-77, Yamada menyia-nyiakan peluang mencetak gol, mengirimkan sundulannya dari tengah kotak melewati mistar setelah mendapat umpan silang dari sisi kiri.

Beberapa menit berselang, Nematov menyerang Araki yang bergerak cepat setelah sang kiper keluar dari garis gawangnya untuk menghalangi pemain pengganti Jepang tersebut agar tidak menyerang ke arah gawang.

Kiper Uzbekistan Nematov mendapat kartu kuning karena pelanggaran itu, tapi itu saja. Tidak ada tindakan lebih lanjut. Dia tampaknya mengalami cedera lutut akibat tabrakan tersebut saat dia tertatih-tatih dalam perjalanan kembali ke tiang gawang.

Bidikan jarak dekat menunjukkan bekas luka di lutut kanan Nematov akibat tabrakan tersebut.

Bencana datang bagi Uzbekistan pada masa injury time. Uzbekistan harus membayar harga mahal karena bermain terlalu jauh ke belakang. Alhasil, Jepang berhasil menekan dan memenangi penguasaan bola, saat mereka menyerang ke arah gawang. 

Setelah serangkaian sontekan dan operan, para gelandang Jepang lalu mengopeer bola ke Yamada, yang melepaskan tembakan rendah dari luar kotak penalti dan mengarah ke sudut kanan bawah gawang Uzbekistan, 1-0 untuk Jepang pada menit ke-90+2!

Namun pada menit ke-90+8, Uzbekistan mendapatkan hadiah penalti setelah hasil pemeriksaan VAR membuktikan Hiroki Sekine melakukan handball di dalam kotak penalti saat melakukan duel udara dengan Alisher Odilov.

Namun, kiper Jepang Leo Kokubo melakukan penyelamatan yang luar biasa. Refleksnya untuk “terbang” ke sisi kanan gawang demi mengantisipasi tembakan penalti Umarali Rahmonaliyev, terbukti sangat tepat. Skor tak berubah hingga laga berakhir dan Jepang pun keluar sebagai juara Piala Asia U-23 2024.

Susunan Pemain Utama:

Jepang U-23 (4-2-3-1): Leo Kokubo; Hiroki Sekine, Kota Takai, Seiji Kimura, Ayumu Ohata; Rihito Yamamoto, Joel Chima Fujita; Shota Fujio, Kuruyu Matsuki, Kein Sato; Mao Hosoya
Pelatih: Go Oiwa

Uzbekistan U-23 (4-2-3-1): Abduvohid Nematov; Saidazamat Mirsaidov, Mukhammadkodir Khamraliev, Alibek Davronov, Ibrokhimkhalil Yuldoshev; Abdurauf Bo’riyev, Diyor Kholmatov; Ruslanbek Jiyanov, Jasurbek Jaloliddinov, Alisher Odilov; Husain Norchaev
Pelatih: Timur Kapadze

 

 

RELATED STORIES

Legenda Samurai Biru Optimistis Jepang U-23 Lolos Olimpiade Ke-7 Kali Beruntun

Legenda Samurai Biru Optimistis Jepang U-23 Lolos Olimpiade Ke-7 Kali Beruntun

Ryuzo Morioka menilai Piala Asia U-23 penting bagi pemain muda agar terkoneksi ke sepak bola dunia.

Piala Asia U-23 2024: Irak Lengkapi Kuota Semifinal

Piala Asia U-23 2024: Irak Lengkapi Kuota Semifinal

Irak U-23 akan menghadapi Jepang U-23 di semifinal Piala Asia U-23 2024 usai menekuk Vietnam U-23, Jumat (26/4/2024).

Shin Tae-yong Akui Lebih Tenang Jelang Timnas U-23 Indonesia vs Korea Selatan U-23

Pelatih Timnas U-23 Indonesia, Shin Tae-yong juga jelaskan lebih pilih lawan Jepang U-23 di perempat final Piala Asia U-23 2024.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Ilustrasi Basket. (Hendy AS/Skor.id)

Basketball

Timnas Basket Putri Lakoni Dua Laga Uji Coba Sebelum Tampil di SEABA U-18 Women's

Timnas Basket Putri U-18 Indonesia memasuki tahap akhir persiapan menuju SEABA U-18 Women’s di Ratchaburi, Thailand, pada 24-26 Mei 2024.

Arin Nabila | 18 May, 09:28

Women Pro Futsal League 2023-2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

National

Women Pro Futsal League 2023-2024: Jadwal, Hasil dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Women Pro Futsal League 2023-2024 yang terus diperbarui seiring berjalannya kompetisi.

Taufani Rahmanda | 18 May, 08:13

Women Pro Futsal League 2023-2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

National

Rekap Hasil Women Pro Futsal League 2023-2024: Kebumen Angels Pesta Gol, Netic Ladies Imbang

Hasil rangkaian laga hari pertama pekan ketiga Women Pro Futsal League 2023-2024 pada Sabtu (18/5/2024).

Taufani Rahmanda | 18 May, 08:11

Liga 1 2023-2024. (M. Yusuf/Skor.id)

Liga 1

Liga 1 2023-2024: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Klub Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Liga 1 2023-2024 yang terus diperbarui seiring berjalannya kompetisi, plus profil tim peserta.

Taufani Rahmanda | 18 May, 07:11

Pro Futsal League 2023-2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

National

Pro Futsal League 2023-2024: Jadwal, Hasil, dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Pro Futsal League 2023-2024 terus diperbaharui seiring berjalannya kompetisi.

Taufani Rahmanda | 18 May, 07:11

Honor of Kings Invitational S2. (Level Infinite)

Esports

Daftar Tim dan Jadwal Honor of Kings Invitational Season 2 SEA Qualifier

Honor of Kings Invitational Season 2 Southeast Asia (SEA) Qualifier dijadwalkan akan dimulai pada 24 Mei.

Gangga Basudewa | 18 May, 06:21

Euro 2024 akan digelar di Jerman pada 14 Juni hingga 15 Juli 2024. (Jovi Arnanda/Skor.id).

World

Euro 2024: Jadwal, Hasil, dan Klasemen Lengkap

Euro 2024 akan digelar mulai 14 Juni 2024 di Jerman, berikut ini jadwal pertandingannya, serta hasil, dan klasemen yang akan diperbarui saat turnamen ini bergulir.

Irfan Sudrajat | 18 May, 05:47

Profil Timnas Polandia. (Hendy Andika/AS).

World

Profil Tim Grup D Euro 2024: Polandia

Profil Timnas Polandia dengan bintangnya Robert Lewandowski yang akan berlaga di Euro 2024.

Irfan Sudrajat | 18 May, 05:46

Euro 2024 (Piala Eropa 2024. (Jovi Arnanda/Skor.id)

World

Euro 2024: Semua Hal yang Harus Kamu Tahu tentang Turnamen Ini

Berikut ini adalah semua hal tentang Euro 2024 (Piala Eropa 2024), dari daftar tim hingga stadion digelarnya turnamen ini.

Pradipta Indra Kumara | 18 May, 05:46

PMSL SEA Summer 2024. (Level Infinite)

Esports

PMSL SEA Summer 2024: Empat Tim Indonesia Harus Lewati Last Chance

RRQ Ryu, Talon Esports, Voin Donkey dan Pigmy Esports akan terlebih dahulu bermain di babak Last Chance.

Gangga Basudewa | 18 May, 05:16

Load More Articles