Casey Stoner: Harusnya Motor di MotoGP Makin Sulit Dikendarai

Aditya Fahmi Nurwahid

Editor:

  • Casey Stoner berharap motor di MotoGP harusnya semakin lama semakin sulit untuk dikendarai.
  • Stoner menilai MotoGP kini tampak komersil dengan budget pembangunan motor yang melambung tinggi,.
  • Sang legenda ingin beberapa bagian motor tak lagi digunakan, dan motor MotoGP harus makin sulit dikendarai.

SKOR.id - Sosok Casey Stoner memang sudah pensiun dari MotoGP pada akhir musim 2012, namun kepeduliannya terhadap balapan tak pernah pudar.

Saat itu, Stoner gantung helm setelah memenangkan dua gelar juara dunia; satu untuk Ducati pada 2007 dan satu untuk Honda pada 2011.

Setelah 10 tahun, Stoner kembali ke paddock MotoGP sebagai "tamu" selama putaran terakhir musim 2021.

Namun, kesan "negatif" justru muncul dibenak sang legenda. Bagi Stoner, MotoGP kini seperti balapan yang mengutamakan uang.

"Saya ingin memiliki suara dalam peraturan teknis, jujur. Jelas itu akan menjadi kontroversial, tapi saya percaya ada elemen di motor MotoGP sekarang yang tidak perlu," kata Stoner dikutip dari Motorsport.

"Kritik saya jelas bukan masalah keamanan, tapi mereka (tim dan pabrikan) hanya mendorong naiknya harga dan segalanya hingga menyentuh atap (batas tertinggi)."

 

Bahkan, Stoner menyebut MotoGP seperti berubah menjadi Formula 1 dalam hal gelontoran biaya.

"Harusnya kami mencoba untuk membuat segalanya lebih hemat biaya. Namun, pada dasarnya saat ini seperti mengubahnya (MotoGP) menjadi Formula 1 yang biayanya sangat mahal."

“Jadi, saya ingin melihat bagian-bagian tertentu hilang. Secara elektronik juga, saya pikir perlu ada pengurangan besar."

Ide Stoner ini memang tampak membuat MotoGP mundur selangkah. Namun, bagi rival Valentino Rossi ini, kemunduran ini diperlukan.

"Sejujurnya saya pikir kita perlu mundur selangkah. Saya ingin melihat mereka (pembalap) jatuh, saya ingin melihat orang-orang berjuang untuk cengkeraman ban di tikungan," kata Casey Stoner menilai.

 

“Setelan sepeda juga akan jauh lebih berdampak besar di balapan. Saya pikir untuk beberapa hal yang harus diubah, balapan akan luar biasa."

Stoner terkenal kritis terhadap arah MotoGP pada tahun 2012 dengan peraturan CRT, yang pada akhirnya membuka jalan bagi spesifikasi elektronik yang digunakan saat ini yang telah membantu membuat MotoGP begitu kompetitif.

Sejak pergantian komponen elektronik itu pada 2016, sembilan pebalap memenangkan balapan pada 2016.

Catatan tersebut berlanjut, sembilan pembalap juga naik podium tertinggi pada 2020 dan delapan pebalap mencetak kemenangan pada 2021.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Skor.id (@skorindonesia)

Berita MotoGP lainnya:

Misi Utama Ducati di MotoGP 2022: Juara Dunia!

Franco Morbidelli Korbankan Libur Musim Dingin demi Bangkit di MotoGP 2022

Repsol Honda Pastikan Memulai Musim MotoGP 2022 Bersama Marc Marquez

Source: Motorsport

RELATED STORIES

Marc Marquez Alami Kemajuan Signifikan, Diproyeksi Siap Mengaspal di Seri Perdana MotoGP 2022

Marc Marquez Alami Kemajuan Signifikan, Diproyeksi Siap Mengaspal di Seri Perdana MotoGP 2022

Tim Repsol Honda dapat bernapas lega. Pembalap andalan mereka, Marc Marquez, mulai mengalami peningkatan signifikan atas cederanya.

Francesco Bagnaia Ungkap Perbedaan MotoGP Sekarang dengan Era Valentino Rossi

Francesco Bagnaia Ungkap Perbedaan MotoGP Sekarang dengan Era Valentino Rossi

Tak seperti ajang Formula 1 (F1) musim ini yang diwarnai rivalitas Max Verstappen-Lewis Hamilton, ajang MotoGP 2021 cenderung adem ayem.

Resmi, Claudio Calabresi Pimpin Pramac Racing mulai MotoGP 2022

Resmi, Claudio Calabresi Pimpin Pramac Racing mulai MotoGP 2022

MotoGP 2021 menjadi musim yang istimewa bagi tim satelit Ducati, Pramac Racing.

Claudio Domenicali Sebut MotoGP 2021 Jadi Musim Terbaik Ducati

Ducati mengakhiri MotoGP 2021 dengan catatan memuaskan.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

MotoGP Prancis 2024

MotoGP

Jadwal dan Fakta Menarik MotoGP Prancis 2024

Persaingan para pembalap MotoGP akan berlanjut pada putaran kelima musim 2024, Grand Prix Prancis, di Sirkuit Bugatti, Le Mans, akhir pekan ini.

I Gede Ardy Estrada | 09 May, 16:50

RRQ Xinnn (Hendy AS/Skor.id)

Esports

Xin Ikut Komentari Performa Buruk RRQ di Pekan Ketujuh

Xinn merupakan mantan pemain RRQ yang musim ini memutuskan menjadi inactive player.

Gangga Basudewa | 09 May, 14:18

Proliga 2024

Other Sports

Update Proliga 2024 Sektor Putra: Jadwal, Hasil, dan Klasemen

Kompetisi sektor putra Proliga 2024 bakal diikuti oleh tujuh tim dan dijadwalkan berlangsung pada 25 April–21 Juli nanti.

Doddy Wiratama | 09 May, 14:13

Turnamen Mobile Legends, MPL Indonesia Season 13. (Yusuf/Skor.id)

Esports

Jadwal Pekan Kedelapan MPL ID Season 13, Duel Klasik EVOS vs RRQ

MPL ID Season 13 akan memasuki dua pekan terakhir sebelum babak playoff.

Gangga Basudewa | 09 May, 13:14

Dewa United Banten-IBL

Basketball

IBL 2024: Tantangan Berat Menanti Dewa United Banten pada Pekan Ke-11

Dewa United Banten, yang belum terkalahkan, akan menjamu pemuncak klasemen sementara IBL 2024, Pelita Jaya, akhir pekan ini.

I Gede Ardy Estrada | 09 May, 12:05

logo timnas vietnam

World

VFF Sanksi 5 Pemain Vietnam yang Terjerat Kasus Narkoba

Dari lima pemain yang terjerat kasus narkoba, dua di antaranya masih berstatus sebagai pemain aktif di Timnas Vietnam.

Rais Adnan | 09 May, 11:26

Olimpiade Paris 2024

Other Sports

Api Olimpiade Tiba di Prancis dengan Pengawalan Ketat

Setelah melalui 12 hari perjalanan dari Yunani, api Olimpiade telah sampai di Prancis dan akan memulai kirab dari Marseille.

I Gede Ardy Estrada | 09 May, 10:28

Kegiatan test drive Wuling Cloud EV bersama media digelar di kawasan Kemayoran Jakarta, 2-3 April 2024 (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

Automotive

Wuling Catat 252 SPK dalam PEVS 2024, Cloud EV Paling Banyak Dipesan

Test drive berbagai kendaraan listrik Wuling diikuti 819 pengunjung selama PEVS berlangsung.

Kunta Bayu Waskita | 09 May, 10:27

Asics GT-2160 "Seal Grey" akan hadir bulan ini (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

Sneakers

Asics Hadirkan GT-2160 Seal Grey, Rilis Bulan Ini dengan Harga Rp1,9 Juta

Dengan corak “Seal Grey”, Asics GT-2160 cocok dipakai sepanjang tahun karena warnanya netral dan serbaguna.

Kunta Bayu Waskita | 09 May, 09:49

Kompetisi voli Proliga 2024

Other Sports

Update Proliga 2024 Sektor Putri: Jadwal, Hasil, dan Klasemen

Jadwal, hasil, dan klasemen Proliga 2024 untuk sektor putri dalam artikel ini akan terus diperbarui secara berkala.

Doddy Wiratama | 09 May, 09:44

Load More Articles