Cacar Monyet vs Cacar Air vs Cacar: Para Ahli Penyakit Menular Menguraikan Perbedaannya

Nurul Ika Hidayati

Editor:

  • Kasus monkeypox atau cacar monyet semakin meluas di Amerika dan bagian dunia lainnya dalam sebulan terakhir.
  • Gejala cacar monyet mirip dengan gejala cacar, tetapi cenderung lebih ringan, dan virusnya jarang berakibat fatal.
  • Sejumlah ahli penyakit menular dan pakar monkeypox menjelaskan bedanya.

SKOR.id - Jika Anda mengalami ruam seperti cacar sebelum musim panas ini, bisa jadi Anda hanya akan mencurigai cacar air dan menghubungi dokter tentang langkah selanjutnya.

Tetapi, karena mengingat saat ini monkeypox - cacar monyet - beredar di Amerika Serikat (AS) dan kasusnya terus menyebar ke seluruh negeri dan juga dunia, bisa dimengerti jika ada yang bingung.

Bisakah Anda berurusan dengan cacar, cacar monyet, atau cacar air?

Pejabat kesehatan di seluruh dunia telah mendesak semua orang untuk waspada terhadap ruam cacar monyet, karena lebih dari 100 kasus telah terkonfirmasi dalam satu bulan terakhir dan 131 lainnya sudah terduga, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Inger Damon, Direktur Centers for Disease Control and Prevention's Division of High-Consequence Pathogens and Pathology, mengatakan dalam sebuah pernyataan setelah kasus pertama dikonfirmasi di AS: "Penyedia layanan kesehatan harus waspada terhadap ruam yang memiliki ciri khas. monkeypox. Kami meminta masyarakat untuk menghubungi penyedia layanan kesehatan jika memiliki ruam baru dan khawatir mengenai monkeypox."

Jadi, bagaimana Anda bisa membedakan monkeypox. chickenpox. dan cacar? Kenyataannya itu tidak mudah. Berikut ini sedikit penjelasannya, menurut para ahli penyakit menular.

Cacar monyet vs cacar air vs cacar
Sekarang, Anda mungkin sudah familiar pada tingkat tertentu tentang apa itu monkeypox dan chickenpox, juga cacar, tetapi tidak ada salahnya untuk merangkumnya kembali.

Monkeypox adalah penyakit virus yang dapat menyebar antara manusia atau antara manusia dan hewan tertentu, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Virus cacar monyet, yang menyebabkan monkeypox, adalah bagian dari keluarga virus yang sama dengan virus variola, virus yang menyebabkan cacar, CDC menjelaskan.

Gejala cacar monyet mirip dengan gejala cacar, tetapi cenderung lebih ringan, dan virusnya jarang berakibat fatal. Gejala-gejala tersebut, menurut CDC, dapat mencakup:

  • Demam
  • Sakit kepala
  • Sakit otot dan sakit punggung
  • Pembengkakan kelenjar getah bening
  • Panas dingin
  • Kelelahan
  • Sakit tenggorokan
  • Hidung tersumbat
  • Batuk

Ruam itu mungkin terletak di atau dekat alat kelamin atau anus, tapi bisa juga di area tubuh lainnya seperti tangan, kaki, dada, wajah, atau mulut. Ruam mungkin menyakitkan atau gatal.

Perlu juga dicatat, menurut CDC: Monkeypox tidak terkait dengan cacar air.

Cacar air adalah penyakit yang sangat menular yang disebabkan oleh virus varicella-zoster (VZV), CDC menjelaskan.

Ini dapat menyebabkan ruam gatal seperti lepuh yang biasanya muncul di dada, punggung, dan wajah, sebelum menyebar ke seluruh tubuh.

 

Cacar air dulunya sangat umum di AS, namun, sejak vaksin cacar air tersedia di negera ini pada tahun 1995, lebih dari 3,5 juta kasus virus telah berhasil dicegah, kata CDC.

Cara membedakan monkeypox dari cacar air dan cacar
Sebenarnya tak mudah bagi kebanyakan orang untuk membedakannya, kata Thomas Russo, M.D., profesor dan kepala penyakit menular di University at Buffalo di New York.

“Keduanya adalah infeksi virus yang menyebabkan luka (lesion) seperti cacar,” kata Russo. "Ini meresahkan karena jarang dalam hidup kita, kita memiliki dua penyakit cacar yang beredar bersama pada saat yang sama."

Secara umum, cacar monyet dan cacar air cenderung muncul dalam "kelompok demografis yang sangat berbeda," kata Dr. Russo.

Pada kenyataannya cacar monyet sebagian besar muncul pada pria yang berhubungan seks dengan sesama pria, sedangkan cacar air biasanya lebih sering terjadi pada anak-anak.

Namun, sang dokter menunjukkan, "orang dewasa bisa terkena cacar air jika mereka tidak divaksinasi" dan setidaknya ada dua kasus cacar monyet pada anak-anak.

Ada beberapa isyarat potensial dengan ruam juga, yang “sama dan berbeda,” kata William Schaffner, M.D., seorang spesialis penyakit menular dan profesor di Vanderbilt University School of Medicine.

Cacar air, misalnya, menciptakan "lepuh berdinding sangat tipis dan rapuh" yang biasanya berisi cairan bening, kata Dr. Schaffner. Monkeypox menyebabkan "jenis luka yang dalam, keras, atau kenyal, jauh lebih keras dan stabil daripada lesi cacar air," jelasnya.

 

Gejala cacar monyet juga dapat dibandingkan dengan cacar — virus terkait yang dinyatakan diberantas pada tahun 1980. Seperti cacar, monkeypox menyebabkan bisul berisi nanah.

Tapi cacar monyet umumnya lebih ringan daripada cacar, gejala membaik dengan sendirinya dalam dua hingga empat minggu. Monkeypox kurang menular daripada cacar dan kurang fatal, kata WHO.

Juga patut diperhatikan, lesion cacar air bisa “mudah pecah, sedangkan pada cacar monyet tidak,” kata Dr. Schaffner.

Luka cacar monyet juga cenderung berubah dari waktu ke waktu dan mungkin “mengikat”, yang berarti membentuk lekukan atau lubang kecil di tengahnya, kata Dr. Schaffner.

Perbedaan utama antara gejala cacar dan monkeypox adalah pembengkakan kelenjar getah bening atau "limfadenopati" - cacar monyet menyebabkan kelenjar getah bening membengkak, sedangkan cacar tidak, kata CDC.

Berapa lama Anda sakit menjadi faktor penentu juga. “Ini akan memakan waktu dua hingga empat minggu untuk lesion cacar monyet untuk dapat sembuh sepenuhnya, sedangkan lesion cacar air sembuh lebih cepat,” kata Dr. Schaffner.

Apa yang harus Anda lakukan jika Anda mengalami benjolan seperti cacar?
Sekali lagi, itu tergantung di mana Anda tinggal dan dengan siapa Anda berinteraksi, risiko untuk populasi umum saat ini tertular salah satu virus tersebut adalah rendah.

Tetapi, jika Anda menduga Anda mungkin menderita cacar monyet atau cacar air, atau Anda tidak yakin apa yang terjadi, Dr. Russo mengatakan sebaiknya Anda menghubungi dokter.

“Tindakan yang paling aman untuk dilakukan adalah menjalani tes,” kata Dr. Russo. “Ada tes cacar air dan tes cacar monyet.”

Anda harus menghubungi dokter terlebih dahulu untuk memastikan mereka benar-benar menjalani tes di kantor, hanya untuk amannya.

Dan, mengingat kedua penyakit itu menular, Anda disarankan untuk menutupi benjolan Anda dan memakai masker wajah ketika Anda pergi ke kantor dokter Anda, hanya untuk amannya.

Belum Ada Obat
Untuk saat ini tidak ada pengobatan standar untuk cacar monyet, tetapi vaksin cacar sekitar 85% efektif melawannya, dan ada juga beberapa pengobatan eksperimental.

Pertanyaan kini, mengapa cacar monyet menyebar begitu cepat?

Banyak kasus yang dikonfirmasi sejauh ini dalam wabah ini telah didiagnosis pada pria yang mengidentifikasi diri sebagai gay, biseksual, atau sebagai pria yang berhubungan seks dengan pria. Tetapi itu tidak berarti bahwa monkeypox adalah penyakit gay.

Sebaliknya, penyebaran penyakit ini di antara laki-laki gay mungkin lebih berkaitan dengan lokasi cacar di tubuh orang, daripada orientasi seksual mereka.

Biasanya, ruam cacar monyet cenderung muncul di wajah, telapak tangan, dan bawah kaki.

Tetapi otoritas kesehatan Swedia mengatakan bahwa "untuk kasus-kasus Eropa, masalah kulit sering dilaporkan terlokalisasi pada alat kelamin, selangkangan, dan kulit di sekitar lubang anus."

Pakar kesehatan tahu bahwa nanah dan koreng yang didapat orang ketika mereka menderita cacar monyet sangat menular. Baik di tangan, kaki, atau selangkangan, jika orang lain menyentuhnya, tidak sulit untuk terinfeksi.

"Legiun itu penuh dengan satu ton virus, dan virus itu luar biasa stabil. Virusnya adalah virus DNA untai ganda, yang secara alami sangat berbahaya," Andrea McCollum dari CDC, ahli poxvirus, mengatakan kepada Insider.

"Lesi menular di semua tahap, termasuk tahap keropeng, sampai terpisah dan ada lapisan kulit baru."

Untungnya, virus dapat dibersihkan dari permukaan dengan pemutih, juga didesinfeksi dari pakaian dan seprai. Dan, sementara orang-orang menunggu keropeng mereka rontok, menutupinya dengan seprai atau gaun atau pakaian - yang tidak boleh disentuh orang lain tanpa sarung tangan - adalah cara yang bagus untuk menahan virus.***

Baca Juga Berita Bugar Lainnya:

Mengenal Monkeypox: Sederet Fakta dan Cara Pencegahan yang Perlu Diketahui

Source: insider.comprevention.com

RELATED STORIES

5 Cara untuk Termotivasi Diri saat Anda Terjebak dalam Rutinitas

5 Cara untuk Termotivasi Diri saat Anda Terjebak dalam Rutinitas

Gunakan kiat-kiat ini untuk mempertajam fokus Anda, menyalurkan energi Anda, dan mengalihkan tujuan Anda ke tingkat yang lebih tinggi.

Jenis Pelatihan Ini Mampu Membakar Lebih Banyak Lemak dibanding Aerobik

Jenis Pelatihan Ini Mampu Membakar Lebih Banyak Lemak dibanding Aerobik

Sebuah penelitian mengklaim memasukkan latihan intensitas tinggi dalam rutinitas dapat menjadi pembakar lemak yang kuat.

Limfoma Hodgkin, Kanker yang Memisahkan Kirian Rodríguez dari Lapangan Sepak Bola

Limfoma Hodgkin, Kanker yang Memisahkan Kirian Rodríguez dari Lapangan Sepak Bola

Kirian Rodríguez, pemain UD Las Palmas, telah mengungkapkan pada hari Selasa (2/8/2022) bahwa dia telah didiagnosis dengan Limfoma Hodgkin dan akan menjalani perawatan untuk sementara waktu.

Efek Samping Suntik Botox yang Perlu Diketahui, Termasuk Alergi Langka seperti Alis Bengkok

Efek Samping Suntik Botox yang Perlu Diketahui, Termasuk Alergi Langka seperti Alis Bengkok

Toksin botulinum, atau yang lebih dikenal sebagai Botox, adalah racun saraf yang paling terkenal karena penggunaannya dalam prosedur kecantikan.

Deretan Makanan Tinggi Karbohidrat Terbaik yang Sangat Sehat untuk Dikonsumsi

Beberapa jenis makanan tinggi karbohidrat yang sangat sehat untuk dikonsumsi.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

BTR Kyy (Dede Mauladi/Skor.id)

Esports

BTR Kyy Sebut Persaingan MPL ID Season 13 Seru

Kyy menilai semua tim dalam posisi tidak aman sekalipun Bigetron Alpha yang ada di pucuk klasemen.

Gangga Basudewa | 30 Apr, 05:19

Alumni Liga TopSkor. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Liga TopSkor

Alumni Liga TopSkor Sempat Bikin Syok Uzbekistan

Alummni Liga TopSkor, Muhammad Ferarri, sempat mencetak gol ke gawang Uzbekistan U-23 dalam pertandingan semifinal Piala Asia U-23 2024.

Nizar Galang | 30 Apr, 01:35

Erick Thohir

Timnas Indonesia

Erick Thohir Ingatkan Timnas U-23 Indonesia Masih Punya Kesempatan ke Olimpiade 2024

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengomentari kekalahan Timnas U-23 Indonesia di semifinal Piala Asia U-23 2024.

Taufani Rahmanda | 29 Apr, 19:11

Piala Dunia Futsal 2024. (Hendy Andika/Skor.id)

World

Update Daftar Tim yang Lolos Piala Dunia Futsal 2024

Berikut ini update daftar tim yang lolos ke Piala Dunia Futsal 2024 di Uzbekistan, yang akan terus diperbaharui.

Taufani Rahmanda | 29 Apr, 18:00

Indonesia U-23 (Timnas U-23 Indonesia) vs Uzbekistan U-23. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Timnas Indonesia

Skor Stats: Rating Pemain dan MotM Timnas U-23 Indonesia vs Uzbekistan U-23 di Piala Asia U-23 2024

Timnas U-23 Indonesia takluk dari Uzbekistan U-23 pada semifinal Piala Asia U-23 2024, Senin (29/4/2024) malam WIB.

Taufani Rahmanda | 29 Apr, 17:54

Semifinal Liga Champions 2023-2024 mempertemukan Bayern Munchen dengan Real Madrid dan Paris Saint-Germain menghadapi Borusia Dortmund. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

World

3 Hal Menarik di Semifinal Liga Champions, Ada Persaingan Pemain Inggris

Ada tiga hal menarik menjelang laga semifinal Liga Champions musim ini, duel Jude Bellingham dan Harry Kane juga akan terjadi.

Pradipta Indra Kumara | 29 Apr, 17:42

Berbagai laga penentu dalam perebutan zona championship series Liga 1 2023-2024 yang melibatkan Madura United, PSIS Semarang, dan Dewa United FC, 30 April 2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Liga 1

Prediksi dan Link Live Streaming Laga Penentu Championship Series Liga 1 2023-2024

Madura United vs Arema FC, Persija vs PSIS, dan Dewa United vs Borneo FC pada Selasa (30/4/2024) sore.

Taufani Rahmanda | 29 Apr, 17:04

Lexyndo Hakim

Basketball

Perbasi DKI Jakarta Gelar Raker 2024, Lexyndo Hakim Ingatkan Fokus Utama Kepengurusan

Lexyndo Hakim ingin tim basket DKI Jakarta menuai prestasi apik dalam ajang PON 2024 di Aceh-Sumatra Utara akhir tahun nanti.

Doddy Wiratama | 29 Apr, 16:57

Cover Piala Asia U-23 2024. (Hendy Andika/Skor.id)

Timnas Indonesia

Piala Asia U-23 2024: Jadwal, Hasil dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Piala Asia U-23 2024, yang terus diperbarui seiring berjalannya turnamen.

Taufani Rahmanda | 29 Apr, 16:23

Kompetisi voli Proliga 2024

Other Sports

Rekap Pekan 1 Proliga 2024: 2 Kandidat Juara Ukir Start Apik, Rivan Nurmulki Top Skor

Jakarta LavAni Allo Bank Electric dan Jakarta STIN BIN mendapat dua kemenangan di pekan pertama Proliga 2024.

Doddy Wiratama | 29 Apr, 16:07

Load More Articles