7 Lagu Rusia tentang Sepak Bola dari Berbagai Genre dan Era

Kunta Bayu Waskita

Editor: Kunta Bayu Waskita

Suporter Rusia sedang menyanyikan anthem dalam sebuah laga (Hendy AS/Skor.id).
Suporter Rusia sedang menyanyikan anthem dalam sebuah laga (Hendy AS/Skor.id).

SKOR.idMusik bertemakan olahraga paling populer, sepak bola, begitu banyak beredar di dunia. Bahkan klub sepak bola tidak hanya memiliki lagu resmi, tetapi juga anthem yang diciptakan suporter. 

Bahkan beberapa lagu pop yang tidak ada hubungannya dengan sepak bola mendapatkan popularitas di kalangan penggemar, karena liriknya diganti oleh suporter dengan lirik berisikan puja-puji kepada timnya. 

Bagaimanapun sepak bola telah menginspirasi banyak musisi, termasuk di Rusia. Meskipun saat ini Rusia sedang di-banned oleh FIFA karena memerangi Ukraina. 

Tema sepak bola dan gambaran mengenai permainannya banyak muncul dalam lagu-lagu berbagai genre di Rusia. Berikut 7 di antaranya:

1. This is Football (Inilah Sepak Bola)

Mari kita mulai dari karya-karya lama. Lagu This is Football pertama kali dibawakan pada tahun 1954 dalam film Replacement Player.

Musik untuk film ini ditulis oleh Isaac Osipovich Dunaevsky, yang tertua dalam dinasti komposer. Lirik lagu tersebut ditulis oleh penyair Mikhail Matusovsky. 

Film tentang sepak bola ini dibuat di Lenfilm dan disutradarai oleh Semyon Timoshenko. Film ini terkenal karena pemerannya. Peran utama dimainkan oleh Georgy Vitsin. 

Hadir di antara mereka adalah pemain sepak bola Vesnushkin, yang kisahnya diceritakan dalam film tersebut. Peran pelatih tim sepak bola jatuh ke tangan Mark Bernes yang hebat.

Turut membintangi pula aktor dan penyanyi yang sering membawakan lagu-lagu di film, Mark Naumovich, namun ia tidak sempat bernyanyi di film Replacement Player ini. 

This is Football karya Isaac Dunaevsky dan Mikhail Matusovsky dibawakan di belakang layar oleh Georgy Abramov.

2. Football (Sepak Bola)

Lagu Football muncul pada awal tahun 1960-an. Lagu itu dibawakan oleh aktor dan penyanyi terkenal Oleg Anofriev, yang kemudian menjadi terkenal karena dilantunkan dalam sebuah film kartun di Uni Soviet.

Anovrief dikenal dalam lagu hit legendaris Zatsepin-Derbenev dalam film Sannikov Land dan berbagai macam akting, dan karya vokal di atas panggung, di depan kamera, dan di belakang layar.

Belum ada informasi tentang waktu penulisan lagu ini. Rekaman paling awal yang saya temukan dibawakan oleh Anofriev berasal dari tahun 1961.

Tepatnya ketika sebuah single dirilis di sebuah studio di Lituania, di mana lagu ini disajikan sebagai "nomor kedua" bersama dengan lagu berjudul Mope (Laut). Ada juga catatan yang ditandatangani tahun 1963 dan 1966.

3. Goalkeeper (Penjaga Gawang)

Dibawakan dua legenda, dua nama ikonik dalam sejarah olahraga dan budaya Rusia. Yang satu kiper legendaris, satu lagi seorang penyair, penyanyi-penulis lagu, dan aktor legendaris. 

Mereka adalah Lev Yashin dan Vladimir Vysotsky. Apa yang bisa menyatukan mereka? Sebuah lagu yang dipersembahkan untuk yang lain.

Lev Ivanovich Yashin, yang menghabiskan seluruh kariernya di klub Dynamo Moscow, adalah salah satu penjaga gawang terbaik, jika bukan yang terbaik, dalam sejarah sepak bola dunia. 

Pada tahun 1950-1970-an, Yashin adalah penjaga gerbang permanen tim Soviet, penjamin keandalan dan simbol kemenangan. 

Trofi Piala Eropa 1960 di Paris dan medali emas cabang sepak bola Olimpiade Melbourne 1956 pernah dimenangkan oleh tim Soviet dengan Yashin di gawangnya. 

Dia tetap menjadi satu-satunya penjaga gawang yang memenangkan Ballon d'Or, penghargaan sepak bola individu bergengsi. 

Selama bertahun-tahun, status hadiah dan pendirinya berubah, namun tidak ada penjaga gawang lain yang menerima Ballon d’Or.

Dalam warisan kreatif Vladimir Semenovich Vysotsky, tema olahraga terwakili cukup luas.

Dia menulis dan menampilkan beberapa karya olahraga. Lagu Goalkeeper bertanggal 1971. Terkadang hal ini ditunjukkan dengan baris pertama, “Ya, saya siap hari ini.”

Teks tersebut disertai dengan catatan “Tentang kepergian Lev Yashin.” Ini mengacu pada keputusannya meninggalkan olahraga yang membesarkan namanya itu. 

Pada tahun yang sama, kiper hebat ini mengakhiri karier sepak bolanya sebagai pemain. Seluruh era dalam sejarah olahraga Soviet telah berakhir.

4. The Substitutes (Pemain Pengganti)

Situasi yang tidak menyenangkan namun biasa dialami dalam karier seorang pemain sepak bola adalah duduk di bangku cadangan.

Salah satu lagu Alexander Barykin dan grupnya “Karnaval” didedikasikan untuk topik ini. Namanya sama dengan film “The Substitute” tahun 1954 yang dibahas di atas. 

Lagu ini menjadi judul album tahun 1984. Lagu-lagu yang dihadirkan dalam album ini banyak yang dirilis setahun kemudian dalam album resmi Steps yang diterbitkan oleh Melodiya. 

Kedua edisi tersebut memuat lagu-lagu karya komposer David Tukhmanov dengan puisi karya Igor Kokhanovsky. Rekor Steps ditandatangani oleh dua nama, Barykin dan Tukhmanov. 

Selain karya David Fedorovich, daftar lagu menyertakan dua lagu asli oleh Barykin sendiri. Salah satunya adalah Replacement Player. Teks untuk komposisi ini ditulis oleh Pavel Zhagun.

5. Futbol (Sepak Bola)

Sepak bola dianggap sebagai salah satu hobi pria yang populer. Tema patriotik dan keseharian yang secara stereotip “maskulin” menempati tempat penting dalam karya grup band Lyube.

Inilah yang awalnya diandalkan oleh pendiri grup, komposer, dan produser Igor Matvienko.

Faktanya, baik di kalangan pencinta sepak bola maupun di kalangan penggemar Lyube, banyak terdapat perwakilan dari kaum hawa.

Pada tahun 1997, vokalis tetap grup tersebut, Nikolai Rastorguev, bernyanyi tentang sepak bola sebagai “permainan hebat terakhir”. 

Begitulah sebutan olahraga ini dalam lirik lagunya. Igor Matvienko menulis komposisi Futbol bekerja sama dengan penyair Alexander Shaganov. Tandem ini menciptakan sebagian besar hits band yang terkenal.

Lagu ini dinyanyikan dari sudut pandang seorang penggemar yang mengingat masa mudanya dan melihat dirinya di lapangan. 

Ini adalah semacam refleksi kehidupan, yang dihadirkan melalui prisma dan kecintaan terhadap sepak bola. Komposisinya dimasukkan dalam album Songs about People.

6. Futbol'nyye Stradaniya (Penderitaan Sepak Bola)

Timur Shaov adalah seorang penulis dan pemain, salah satu perwakilan dari arah seni lagu yang lucu dalam era modern. 

The Bard Humorist menulis lagu-lagu yang lucu, sering kali sangat tepat, dan terkadang bahkan pedas, tentang berbagai topik sosial dan sehari-hari. 

Pada musim panas 2002, setelah berakhirnya Piala Dunia FIFA yang diadakan di Jepang dan Korea Selatan, Timur membuat lagu tentang sepak bola. 

Timnas Rusia saat itu gagal melewati babak penyisihan Grup H karena hanya menempati posisi ketiga di bawah tuan rumah Jepang dan Belgia. 

Pada era tahun 1900-an dan 2000-an lalu, hasil penampilan Rusia seperti itu dalam ajang Piala Dunia adalah hal yang lumrah.

Dengan pengecualian beberapa episode yang mengejutkan, khususnya pada 2008 dan 2018.  

Jadi, memaki timnas Rusia saat itu menjadi hal yang umum di Rusia. Bahkan ada lelucon di antara suporter: “Ayah kami adalah pemain sepak bola. Ada, Nak, profesi seperti itu, mempermalukan Tanah Air.” 

Timur Shaov dengan terampil memainkan sentimen publik, stereotip, dan gagasan bahwa sepak bola adalah “bukan permainan kami” dalam lagunya.

“Piala Dunia 2002 diadakan di Jepang, dan berbagai informasi mengenai ajang itu akan dilupakan."

"Tapi tiap tahun menjadi makin relevan (untuk prestasi timnas Rusia). Kami tidak akan membiarkan lagu ini mati,” kata Timur Shaov dalam sebuah wawancara.

Apakah lagu ini sudah ketinggalan zaman setelah sukses Rusia mencapai perempat final Piala Dunia 2018 di kandang sendiri dan sejumlah pertandingan bagus berikutnya? 

Tampaknya kondisi Timnas Rusia saat ini tidak seburuk dulu. Meskipun, perwakilan komunitas sepak bola, suporter, dan pengamat punya pendapat berbeda soal ini. 

7. Argentina-Jamaika 5:0

Lagu berjudul Argentina-Jamaika 5:0 ini menjadi salah satu lagu andalan grup rock Rusia, Chaif. 

Pemimpin band, Vladimir Shakhrin, menulisnya pada tahun 1998 setelah perjalanan ke Paris. Plot lagunya didasarkan pada peristiwa nyata tersebut. 

Tepat pada saat itu, Prancis menjadi tuan rumah Piala Dunia 1998. Untuk pertama kali dalam sejarah, tim nasional negara kepulauan Jamaika berhasil mencapai Piala Dunia. 

Jamaika berada di grup yang sama dengan Kroasia, Jepang dan Argentina, yaitu Grup H.

Pertandingan Jamaika melawan Argentina berlangsung pada 21 Juni 1998 di Stadion Parc de Princes di Paris. 

Tim Tango asal Amerika Selatan sepertinya terlalu kuat bagi The Reggae Boys yang kebobolan 5 gol tanpa balas. 

Bintang-bintang Argentina macal Ariel Ortega dan Gabriel Batistuta masing-masing mengirimkan 2 dan 3 gol ke gawang lawan.

Pada malam pertandingan, Timur berjalan-jalan di sekitar ibu kota Prancis. Gambaran kontras muncul di depan matanya. 

Pada satu sisi ada warga Jamaika yang berduka, di sisi lain ada fans yang bergembira atas kemenangan besar tim berbendera biru putih, Argentina. 

Apa yang dilihatnya membekas pada sang musisi, dan sekembalinya ke Rusia, teks Argentina-Jamaika - 5:0 pun keluar dari penanya.

Dalam sejarah musik dunia, Jamaika terkenal sebagai tempat lahirnya reggae. Musik grup hit "Chaif" ini dirancang mirip dengan genre ini. 

Dalam ceruk eklektik rock Rusia, Chaif ​​​​sering dipilih sebagai grup yang menggunakan unsur reggae dalam musiknya.

Lagu tentang pertandingan sepak bola antara dua negara yang berjauhan - Argentina dan Jamaika – ini telah mengakar dan dicintai di Rusia. 

Setelah diputar di "Our Radio", lagu ini dengan cepat mendapatkan popularitas dan masuk ke baris teratas parade hit "Chart Dozen" lokal. 

Untuk lagu ini, pada pengujung1999, Chaif menerima penghargaan "Golden Gramophone". Lagu "Argentina-Jamaika" masuk dalam daftar 100 lagu rock terbaik dalam bahasa Rusia.

Source: dzen.ru

RELATED STORIES

Anthem PSIS Semarang, Jiwa Ksatria Mahesa Jenar Karya Band Legendaris

Anthem PSIS Semarang, Jiwa Ksatria Mahesa Jenar Karya Band Legendaris

PSIS Semarang memiliki anthem berjudul Jiwa Ksatria Mahesa Jenar yang dibuat oleh band rock legendaris, Powerslaves

Anthem Jacket Andre Onana ‘Bocorkan’ Kaus Tandang Man United

Andre Onana datang ke pusat latihan Manchester United dengan anthem jacket yang belum dilansir ke publik.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Stadion GBK untuk sementara ditutup untuk umum termasuk untuk kegiatan olahraga pada Selasa dan Rabu (14-15/11/2023) namun ada sejumlah lokasi yang bisa jadi pengganti. (Hendy AS/Skor.id)

All Culture

Gaya Hidup Sehat Bisa Imbangi Faktor Genetik hingga 60% dan Menambah Usia

Orang dengan gaya hidup tidak sehat memiliki peluang kematian dini 78%, terlepas dari risiko genetik

Kunta Bayu Waskita | 02 May, 02:56

Chelsea vs Tottenham Hotspur di Liga Inggris 2023-2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

Liga Inggris

Prediksi dan Link Live Streaming Chelsea vs Tottenham Hotspur di Liga Inggris 2023-2024

berikut ini prediksi dan link live streaming Chelsea vs Tottenham Hotspur pada pertandingan Liga Inggris 2023-2024.

Pradipta Indra Kumara | 02 May, 01:50

MPL Indonesia (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

Daftar Pemenang Penghargaan Mingguan MPL Indonesia Season 13

Di MPL Indonesia Season 13, ada beberapa penghargaan mingguan yang diberikan. Berikut ini adalah daftar pemenangnya.

Thoriq Az Zuhri | 02 May, 00:51

MDL Indonesia (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

MDL Indonesia Season 9: Hasil, Jadwal, Klasemen Lengkap

Gelaran MDL Indonesia Season 9 sedang dihelat. Ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkap turnamen kasta kedua Mobile Legends Indonesia.

Thoriq Az Zuhri | 02 May, 00:48

Laga Borussia Dortmuns vs Paris Saint-Germain (PSG) di leg pertama semifinal Liga Champions 2023-2024, di Stadion Signal Iduna Park, Kamis (2/5/2024) dini hari WIB. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

World

5 Catatan Laga Borussia Dortmund vs PSG di Semifinal Liga Champions 2023-2024

Berikut ini 5 catatan yang tercipta pada laga Borussia Dortmund vs Paris Saint-Germain (PSG), di semifinal Liga Champions 2023-2024.

Pradipta Indra Kumara | 01 May, 23:53

Tom Saintfiet - Timnas Filipina

World

Pelatih Timnas Filipina Mulai Pantau Pemain Keturunan di Eropa

Pelatih Timnas Filipina, Tom Saintfiet, berburu amunisi tambahan buat pasukannya jelang dua laga pamungkas Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Teguh Kurniawan | 01 May, 21:48

Kiper Manchester United David De Gea. (Dede Mauladi/Skor.id)

La Liga

David de Gea Berpeluang Kembali ke Atletico Madrid Gantikan Jan Oblak

David de Gea berstatus bebas transfer dan tidak memiliki klub sejak 1 Juli 2023.

Tri Cahyo Nugroho | 01 May, 21:34

FFWS alias Free Fire World Series (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

Esports

FFWS SEA Spring 2024: Hasil, Jadwal, Klasemen Lengkap

Gelaran FFWS SEA Spring 2024 sedang dihelat. Ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkap turnamen Free Fire se-Asia Tenggara ini.

Thoriq Az Zuhri | 01 May, 21:28

Turnamen Valorant, VCT 2024: Pacific Stage 1. (Hendy Andika/Skor.id).

Esports

VCT 2024 Pacific Stage 1: Hasil, Jadwal, Klasemen Lengkap

Gelaran VCT 2024 Pacific Stage 1 sedang dihelat. Ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkap turnamen Valorant Asia Pasifik ini.

Thoriq Az Zuhri | 01 May, 21:25

Turnamen PUBG Mobile, Ruthless Pro Series: Clash of Giants. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

RPS Clash of Giants Season 4: Hasil, Jadwal, dan Klasemen

Berikut ini adalah hasil, jadwal lengkap, format, dan klasemen turnamen PUBG Mobile, Ruthless Pro Series: Clash of Giants Season 4.

Thoriq Az Zuhri | 01 May, 21:22

Load More Articles