10 Resolusi Kesehatan untuk Tahun 2023 Dimulai dari Sekarang...

Nurul Ika Hidayati

Editor:

  • Setiap tanggal 1 Januari pada pergantian tahun biasanya selalui ditandai dengan resolusi kesehatan untuk tahun yang baru.
  • Tetapi, ada kalanya orang akan membutuhkan motivasi ekstra untuk melakukannya.
  • Kiat para ahli berikut adalah perubahan kecil yang bisa Anda mulai terapkan dalam rutinitas harian Anda – tanpa kesulitan - memasuki tahun baru 2023.

SKOR.id - "Banyak orang telah dikondisikan untuk memikirkan 1 Januari sebagai hari ketika kita menghilangkan semua hal yang telah dianjurkan untuk kita lakukan selama bulan Desember,” kata ahli saraf Dr Rachel Taylor. "Tapi otak sudah terprogram untuk mempersulit Anda karena tidak menangani kekurangan dengan baik."

Kiat dari para ahli di bawah ini adalah perubahan kecil yang bisa Anda mulai terapkan dalam rutinitas harian Anda – tanpa merasa kesulitan - memasuki tahun baru 2023.

Yang menarik Dr Taylor menyarankan bahwa jika Anda membutuhkan motivasi ekstra untuk melakukan perubahan, “mulailah untuk benar-benar merenungkan bagaimana perasaan Anda terhadap makanan/minuman/aktivitas itu."

"Otak jauh lebih mungkin menerima perubahan ketika Anda telah melakukan pekerjaan yang baik dalam meyakinkannya bahwa itu sepadan dengan usaha dan energi ekstra yang harus dikeluarkan untuk mengelola perubahan."

1. Keluar mencari sinar matahari pagi
“Tidur malam yang nyenyak dimulai sejak Anda bangun,” kata Dr Taylor. Dia menyarankan untuk menghangatkan diri dan membawa secangkir teh Anda ke luar segera setelah Anda bangun - atau segera setelah matahari terbit jika Anda bangun pagi - untuk mendapatkan sinar matahari alami selama 8-10 menit.

Alasannya? Ini meningkatkan pelepasan serotonin otak, "neurotransmiter yang mendukung fungsi-fungsi penting seperti makan, keseimbangan energi, atau bagaimana kita dapat mengatur suasana hati dan tingkat energi secara umum".

Dia mengatakan ledakan pagi sangat penting. “Tingkat produksi serotonin telah ditunjukkan berkali-kali dalam penelitian memiliki korelasi langsung dengan jumlah sinar matahari yang didapat oleh seseorang: itu naik dengan cepat ketika akses ke sinar matahari meningkat."

"Semakin banyak serotonin yang Anda miliki, semakin banyak melatonin yang dapat dibuat oleh otak Anda, yang tidak hanya baik untuk tidur, meskipun itu adalah peran utamanya, tetapi merupakan senyawa antioksidan dan anti-inflamasi yang sangat kuat."

Dosis awal sinar matahari itu dapat menambah manfaat untuk menurunkan berat badan: sebuah studi dari University of Alberta menemukan bahwa kurangnya paparan sinar matahari dapat menyebabkan peningkatan lemak dan karenanya cukup berkontribusi pada penambahan berat badan.

2. Makan telur dan sayuran untuk sarapan
Singkirkan sereal bergula dan tinggi karbohidrat untuk awal hari yang lebih seimbang. "Jika Anda memulai hari Anda dengan sumber protein berkualitas baik, sedikit lemak dan sedikit sayuran, Anda akan menyeimbangkan kadar gula darah Anda," kata ahli gizi Grace Kingswell, yang menganjurkan telur dan sayuran untuk memulai hari.

“Ini akan memiliki manfaat positif untuk keseimbangan hormon, PMS, tingkat energi, suasana hati, respons stres, mengidam, rasa kenyang, manajemen berat badan, dan banyak lagi lainnya.”

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Grace Kingswell ???? (@gracekingswell)

Para peneliti di University of Missouri menemukan sarapan berprotein tinggi menghasilkan lonjakan glukosa dan insulin yang lebih rendah setelah makan, yang menyebabkan peningkatan perasaan kenyang sepanjang hari. Namun, jika Anda sulit makan lebih dahulu, coba tambahkan protein shake, seperti salah satunya. Perbanyak sayuran juga memiliki manfaat tambahan untuk kesehatan usus Anda.

3. Floss untuk melindungi otak Anda
Kita semua tahu bahwa kita harus menggosok gigi, tetapi alasan kuat datang dari penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Journal of American Geriatrics Society yang menunjukkan bahwa kesehatan mulut yang buruk meningkatkan risiko demensia.

“Membersihkan sela-sela gigi sangat penting,” kata Dr Reena Wadia, dokter gigi dan pendiri praktik periodontist RW Perio. “Jika tidak, ini seperti hanya mencuci satu sisi piring kotor, lalu menggunakannya lagi. Anda perlu membersihkan semua permukaan. Sikat interdental sangat ideal, tetapi jika tidak pas maka gunakan benang gigi. Sekali sehari adalah kuncinya.”

4. Latihlah keseimbangan Anda
Untuk menggandakan manfaat wastafel, pelatih pribadi Zana Morris merekomendasikan “saat menyikat gigi setiap pagi atau sore hari, cobalah jongkok dengan satu kaki - istirahatkan satu kaki di belakang yang lain dan turunkan serendah mungkin dengan kaki berdiri, pertahankan berat ke tumit Anda, dan mundur lagi - dan lakukan 10 di setiap sisi”.

Selain meningkatkan kekuatan kaki, gerakan ini akan meningkatkan keseimbangan Anda, yang dapat memperpanjang hidup Anda, menurut penelitian yang dipublikasikan dalam British Journal of Sports Medicine.

5. Renungkan perjalanan hidup Anda
Meditasi tidak pernah sepopuler ini: saat ini ada lebih dari 51 juta postingan di Instagram. Dan untuk alasan yang bagus – penelitian menunjukkan bahwa meditasi memiliki banyak sekali efek yang kuat: ahli saraf di UC San Diego baru-baru ini melaporkan bahwa meditasi kesadaran dapat sama efektifnya dalam mengurangi pereda nyeri, seperti pengobatan.

Sementara dalam studi terbaru lainnya yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Psychiatry, para peneliti menemukan bahwa program berbasis mindfulness yang dipandu sama efektifnya dengan penggunaan obat untuk pasien dengan gangguan kecemasan.

Bahkan untuk pemula tanpa masalah kesehatan serius, meditasi harian berdurasi 13 menit membantu meningkatkan suasana hati, tidur, dan ingatan, menurut para peneliti di Universitas John Hopkins.

Tetapi kapan harus memulainya? Apple Fitness+ baru saja merilis seri meditasi baru (mulai dari meditasi untuk pemula hingga meditasi yang lebih spesifik untuk mempererat hubungan) yang bisa dilakukan sambil beraktivitas.

“Meditasi dirancang untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari Anda dan dapat dilakukan dengan duduk, berdiri atau sambil melakukan olahraga ringan seperti berjalan, mendaki atau peregangan. Kami ingin membuatnya semudah mungkin untuk bermeditasi kapan pun, di mana pun,” kata Julz Arney, direktur kebugaran untuk teknologi kesehatan di Apple.

6. Bergerak setelah makan
Berjalan cepat di sekitar blok setelah makan - atau menyamil - sangat mengurangi lonjakan glukosa Anda, menurut Jessie Inchaupé, ahli biokimia dan penulis terlaris di balik akun Instagram @glucosegoddess yang beranggotakan 1,3 juta orang, yang pada gilirannya dapat mengarah ke tubuh menyimpan lebih sedikit lemak. Itu karena gerakan butuh energi.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Jessie Inchauspé (@glucosegoddess)

Jadi, alih-alih glukosa yang tidak terpakai dalam aliran darah, yang kemudian mengubahnya menjadi simpanan lemak – itu diserap dan digunakan oleh otot. Berjalan sesedikit dua hingga lima menit setelah makan dapat membantu, menurut studi tahun 2022 pada jurnal Sports Medicine. Plus, Anda menghirup udara segar dan manfaat tambahan untuk postur tubuh.

7. Bernapaslah melalui hidung Anda
Kedengarannya jelas, tetapi periksa apakah Anda bernapas melalui hidung dan bukan mulut.

“Keajaiban pernapasan hidung terletak pada fakta bahwa proses bernapas melalui hidung kita benar-benar menciptakan oksida nitrat, molekul alami yang merupakan vasodilator, yang berarti membantu melebarkan pembuluh darah untuk meningkatkan sirkulasi darah,” pelatih kebugaran Lulu kata Adams.

“Sirkulasi yang lebih baik antara lain membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan fungsi otak, dan meningkatkan kinerja olahraga.”

Peneliti Swedia menemukan bahwa subjek yang bernapas melalui hidung mengirimkan 10 persen lebih banyak oksigen ke dalam tubuh mereka dibandingkan saat mereka bernapas melalui mulut. Selain itu, para ilmuwan Korea baru-baru ini menemukan bahwa bernapas melalui hidung membantu fungsi kognitif.

8. Menuliskannya dalam jurnal
Kedengarannya klise, namun para penelitian telah menemukan bahwa menulis dalam jurnal dapat menyebabkan tidur yang lebih baik, sistem kekebalan lebih kuat, lebih percaya diri, dan juga angka IQ yang lebih tinggi.

Jadi tidak heran saat ini kembali populer: menurut laporan Pinterest baru, pencarian untuk "Terapi Menulis" naik 1.840 persen, sementara stasiun online Papier mengatakan bahwa jurnal kesehatannya telah menjadi salah satu produk terlaris perusahaan (didorong, sebagian, oleh Kendall Jenner memuji miliknya sebagai salah satu "hal yang membantu saya menjadi lebih hadir dan menenangkan pikiran saya".)

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kendall (@kendalljenner)

“Menuliskan pena di atas kertas adalah cara yang bagus untuk mematikan dan memutuskan hubungan dari dunia digital,” kata Taymoor Atighetchi, pendiri dan CEO Papier (papier.com).

“Tanpa semua gangguan, opini, dan berita online, meluangkan beberapa menit saja untuk membuat buku harian atau jurnal setiap hari adalah metode perawatan diri yang membebaskan. Tidak ada perasaan seperti mengisi halaman kosong – ini seperti ruang bebas penilaian hanya untuk Anda.”

Pelatih kebugaran Rachael Sacerdoti, pendiri It's So Simple, juga seorang penggemar jurnal – terutama untuk membantu mengidentifikasi pola makanan negatif.

“Ini brilian, terutama jika Anda jujur ​​pada diri sendiri. Anda akan kagum bagaimana emosi, makanan, dan olahraga saling berkaitan dan dengan menuliskan semuanya, Anda dapat dengan mudah menemukan pemicu internal dan eksternal.

9. Maksimalkan tugas harian Anda sebagai pengganti nge-gym
Orang paruh baya khususnya perlu melakukan latihan beban untuk mencegah hilangnya otot alami yang terjadi pada tubuh setelah usia 30 tahun. Tapi, kata Morris, itu tidak perlu melibatkan perjalanan ke gym: Anda bisa berolahraga dalam waktu singkat di rumah: ketika melakukan semua tugas rumah tangga.

“Ada banyak manfaat latihan beban, termasuk membangun massa otot serta meningkatkan kepadatan tulang, tapi tidak harus ekstrim.”

Dia menyarankan rutinitas 10 menit dengan beban empat hingga lima kali seminggu ataupun memasukkan gerakan ke dalam tugas sehari-hari Anda, seperti menekan meja dapur saat ketel mendidih.

“Semakin besar sudutnya, semakin lambat Anda melakukan setiap pengulangan, semakin banyak 'berat' pada otot Anda sehingga semakin keras dan efektif latihannya. Atau, jika Anda berbelanja menaiki tangga, itu sama dengan lunges tertimbang."

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by A Body Forever_Amy Brogan (@abodyforever)

10. Saatnya melakukan peregangan
Guru Pilates Amy Brogan, pendiri A Body Forever, menyarankan gerakan memutar tulang belakang agar punggung Anda tetap dalam kondisi yang baik saat Anda duduk di meja.

“Jaga pinggul Anda tetap lurus dan panggul netral (tidak ada lengkungan atau pembulatan di punggung bawah). Letakkan tangan yang berlawanan ke satu lutut dan putar ke sisi itu. Gerakan datang dari tengah punggung tempat pertemuan tulang belakang dada dan lumbar. Lakukan kedua sisi. Peregangan ini sangat luar biasa bagi tulang belakang untuk melepaskan ketegangan, memutar, bergerak, dan kesehatan tulang belakang secara keseluruhan."

Morris juga penggemar peregangan saat Anda bisa. “Anda dapat melakukan latihan seperti lingkaran pinggul saat sedang melakukan panggilan kerja,” katanya.

“Pasang earpod Anda, letakkan tangan Anda di pinggul, kaki menjejak tanah, kaki lurus, dan mulailah melakukan lingkaran besar dari pinggul, ke dua arah.” Dia menambahkan bahwa mungkin yang terbaik adalah "mematikan video".***

Berita Entertainment Bugar Lainnya:

8 Kebiasaan Lifestyle Sehat yang Harus Anda Adopsi di Tahun 2022

Lima Kebiasaan untuk Meningkatkan Kesehatan Jantung di Tahun 2022

10 Cara agar Anda Tetap Sehat di Tahun 2022

Source: The TelegraphYahoo Life UK

RELATED STORIES

5 Kunci untuk Menjadi Orang yang Menarik (dan Berhenti Menjadi Membosankan), Menurut Harvard

5 Kunci untuk Menjadi Orang yang Menarik (dan Berhenti Menjadi Membosankan), Menurut Harvard

Menjadi membosankan dapat menutup banyak pintu dan peluang bagi Anda, tetapi itu adalah sesuatu yang dapat Anda ubah dengan mudah.

Studi Baru Mematahkan 10 Mitos tentang Remaja dan Tidur

Studi Baru Mematahkan 10 Mitos tentang Remaja dan Tidur

Penelitian baru mengungkap mitos umum tentang tidur remaja dan menjelaskan mengapa kebanyakan remaja tidak mencapai waktu tidur 8 hingga 10 jam yang direkomendasikan per malam.

Tips Menjaga Resolusi Tahun Baru Anda Tetap Berjalan

Tips Menjaga Resolusi Tahun Baru Anda Tetap Berjalan

Menjadi spesifik, namun fleksibel adalah salah satu cara Anda dapat mencapai tujuan Anda dengan lebih baik

Cara Terbaik untuk Detoksifikasi setelah Pesta Tahun Baru; 5 Kebiasaan untuk Usus Sehat

Cara Terbaik untuk Detoksifikasi setelah Pesta Tahun Baru; 5 Kebiasaan untuk Usus Sehat

Setelah semua kesenangan dan kemeriahan, saatnya mendetoksifikasi sistem pencernaan Anda. Seorang ahli gizi berbicara tentang cara terbaik untuk membersihkan usus Anda setelah pesta makan.

Tantangan Dry January: Ini Cara Mempertahankan Kebiasaan Sehat Itu Sepanjang Tahun

Tantangan Dry January: Ini Cara Mempertahankan Kebiasaan Sehat Itu Sepanjang Tahun

Dry January, tantangan tanpa alkohol, menawarkan penangguhan, reset, kesempatan untuk merenungkan pengaruh alkohol terhadap kehidupan kita. Orang-orang bersumpah untuk menukar kegemaran mabuk selama 31 hari dengan kejernihan mental.

Martina Navratilova Didiagnosis Kanker Tenggorokan dan Payudara: 14 Tanda yang Perlu Anda Ketahui

Martina Navratilova Didiagnosis Kanker Tenggorokan dan Payudara: 14 Tanda yang Perlu Anda Ketahui

Martina Navratilova telah didiagnosis menderita kanker tenggorokan dan payudara. Jara tunggal Grand Slam 18 kali itu, yang divonis kanker payudara pada 2010, akan memulai pengobatan di New York bulan ini.

Berjalan Kaki sebagai Olahraga: 7 Mitos dan Fakta yang Perlu Diketahui

Ada banyak alasan mengapa jalan kaki begitu populer. Olahraga ini menawarkan semua manfaat kesehatan dan kebugaran dari latihan cardio intensitas rendah (LISS) lainnya.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Test rider KTM Dani Pedrosa

MotoGP

Fabio Quartararo Dipenalti, Dani Pedrosa Warisi Podium Sprint MotoGP Spanyol 2024

Wildcard KTM Dani Pedrosa dipromosikan ke P3 sprint MotoGP Spanyol 2024 karena Fabio Quartararo langgar aturan tekanan ban.

I Gede Ardy Estrada | 28 Apr, 10:23

persebaya surabaya vs persik kediri

Liga 1

Hasil Persebaya Surabaya vs Persik Kediri: Bajol Ijo Tundukkan Macan Putih

Persebaya berhasil menuai kemenangan saat menjamu Persik di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (28/4/2024).

Rais Adnan | 28 Apr, 10:05

Moonton Cares, PBESI, dan Garudaku akan bantu sekolah di pedesaan. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

Moonton Cares, Hope Cup dan Garudaku Bakal Bantu Sekolah di Pedesaan

Komitmen tersebut diwujudkan dalam sebuah program ekstrakurikuler esports bagi 420 pelajar.

Gangga Basudewa | 28 Apr, 09:12

National

Wujud Terima Kasih Netizen Indonesia, Followers Sosmed SC Heerenveen Meningkat Pesat

Diizinkannya Nathan Tjoe-A-On kembali memperkuat Timnas U-23 Indonesia, direspons apik netizen Indonesia.

Arista Budiyono | 28 Apr, 08:57

Skor Stats

Liga 1

Skor Stats: Persib Paling Produktif, Borneo FC Terminim Kebobolan di Laga Tandang

Persib menjadi salah satu dari dua tim yang belum bisa dikalahkan Borneo FC di Liga 1 musim ini.

Rais Adnan | 28 Apr, 08:38

Laga Tottenham Hotspur vs Arsenal di Liga Inggris 2023-2024. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

Liga Inggris

Prediksi dan Link Live Streaming Tottenham Hotspur vs Arsenal di Liga Inggris 2023-2024

Berikut ini prediksi dan link live streaming Tottenham Hotspur vs Arsenal di Liga Inggris 2023-2024.

Pradipta Indra Kumara | 28 Apr, 05:53

Liga TopSkor

Liga TopSkor U-16 2024: Tak Diperkuat Pemain Inti, ASAD Purwakarta Berhasil Taklukkan Cipta Gemilang

Duel antara ASAD Purwakarta kontra Cipta Gemilang digelar di Lapangan Nirwana Park, Sawangan, Sabtu (27/4/2024).

Sumargo Pangestu | 28 Apr, 04:28

Legenda Manchester United asal Serbia, Nemanja Vidic. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

Bola Internasional

Dengarkan Langsung Cerita Nemanja Vidic di Stadeo Live Room!

Stadeo Live Room menghadirkan legenda Manchester United, Nemanja Vidic, pada Minggu (28/4/2024) mulai pukul 11.00 WIB.

Thoriq Az Zuhri | 28 Apr, 03:07

EVOS Esports. (Hendy Andika./Skor.id)

Esports

Sejarah Posisi Klasemen EVOS di Musim Reguler MPL Indonesia

Berikut ini adalah sejarah posisi EVOS di klasemen Musim Reguler turnamen Mobile Legends: Bang Bang, MPL Indonesia.

Thoriq Az Zuhri | 27 Apr, 23:32

Turnamen Valorant, VCT 2024: Pacific Stage 1. (Hendy Andika/Skor.id).

Esports

VCT 2024 Pacific Stage 1: Hasil, Jadwal, Klasemen Lengkap

Gelaran VCT 2024 Pacific Stage 1 sedang dihelat. Ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkap turnamen Valorant Asia Pasifik ini.

Thoriq Az Zuhri | 27 Apr, 23:11

Load More Articles