11 Apr 2020
Newcastle United
02:00 WIB
0 - 0
West Ham United
Manchester United
18:30 WIB
0 - 0
AFC Bournemouth
Paderborn
20:30 WIB
0 - 0
Borussia Dortmund
FC Koeln
20:30 WIB
0 - 0
RasenBallsport Leipzig
11 Apr 2020
Freiburg
20:30 WIB
0 - 0
Bayer Leverkusen
Schalke 04
20:30 WIB
0 - 0
Werder Bremen
Mainz 05
20:30 WIB
0 - 0
Hoffenheim
Hertha Berlin
20:30 WIB
0 - 0
Augsburg

4 Cara Tingkatkan Imunitas Tubuh demi Cegah Penularan Virus Corona

16 Maret 2020, 16:30 WIB
Editor: Aprelia Wulansari
Orang-orang jogging di Pocitos Rambla di Montevidio, Uruguay, 13 Januari 2019. /Mariana Suarez/AFP

  • Imunitas (kekebalan tubuh/daya tahan tubuh) adalah hal paling penting yang harus dijaga dan ditingkatkan dalam pandemi virus corona saat ini.
  • Imunitas adalah sistem alami yang dimiliki oleh tubuh manusia.
  • 4 cara mudah untuk meningkatkan kekebalan tubuh bisa dilakukan oleh siapa pun dan di mana pun.

SKOR.id - Pandemi virus corona membuat seluruh dunia waspada.

Cuci tangan menjadi salah satu cara untuk menjaga kebersihan dan menghilangkan segala bakteri atau virus yang bisa saja menempel di tangan manusia.

Masyarakat pun diminta untuk bijaksana menjaga kesehatannya masing-masing dan menghindari keramaian.

Baca Juga: Tak Jadi Balapan karena Virus Corona, Dua Pembalap F1 Beralih ke Esport

Selain itu, menjaga diri dengan meningkatkan imunitas tubuh dalam pandemi virus corona juga wajib dilakukan.

Beragam cara bisa dilakukan untuk menjaga atau meningkatkan imunitas tubuh.

Berikut empat cara meningkatkan imunitas tubuh.

1. Olahraga

Jika anda tidak sakit, maka tak ada alasan untuk berhenti olahraga atau melakukan aktivitas olahraga di luar ruangan.

Berolahraga di ruangan terbuka merupakan salah satu kegiatan yang baik untuk meningkatkan kesehatan mental.

Seperti dipublikasikan oleh jurnal Environmental Science & Technology, berolahraga di luar ruangan sangat tepat untuk menghilangkan stres, meningkatkan level kepercayaan diri, dan meningkatkan kesehatan mental.

Baca Juga: Figure Skater Italia Ini Bagikan Tips Olahraga di Rumah Selama Masa Karantina

Selain baik untuk fisik dan mental, berolahraga di luar ruangan dengan paparan sinar matahari juga sangat baik untuk asupan vitamin D.

Vitamin D baik untuk tulang, memperkuat imunitas tubuh, dan meningkatkan metabolisme.

Bahkan, terpapar sinar matahari bisa meningkatkan kualitas tidur, menambah imunitas, dan membuat level endorphin meningkat sehingga memberikan rasa bahagia.

2. Konsumsi Makanan Bergizi

Demi mendapatkan kekebalan tubuh maksimal, tubuh manusia memerlukan asupan vitamin dan mineral yang cukup

Ya, asupan vitamin dan mineral itu bisa didapatkan dari makanan bergizi.

 Buah-buahan yang dipajang dalam International Green Week di Berlin, Jerman, 16 Januari 2020.
Buah-buahan yang dipajang dalam International Green Week di Berlin, Jerman, 16 Januari 2020. Tobias Schwarz/AFP


Makanan bergizi ini berfungsi sebagai sumber kekuatan tubuh untuk bisa menghasilkan daya tahan tubuh terbaik.

Makanan seperti citrus fruits, yakni buah-buahan seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, pomelo, paprika, brokoli, bayam, dan bawang putih, adalah beberapa makanan yang meningkatkan imunitas tubuh.

Intinya, perbanyak konsumsi sayur dan buah demi meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Kelola Stres

Hal ini memang terdengar klise. Namun, stres bisa memicu peningkatan hormon cortisol dan adrenalin yang berujung pada menurunnya kekebalan tubuh.

Stres cenderung menjadi pemicu beragam penyakit karena munculnya kedua hormon tersebut yang menekan imunitas tubuh manusia.

Baca Juga: Latihan Sederhana Aktor Pemeran Thor agar Selalu Bugar

Menurunnya kekebalan tubuh berakibat manusia mudah terserang penyakit.

Selain mengatur stres dengan memiliki pola pikir yang baik, berolahraga dengan gerakan ringan atau melakukan yoga dianggap sebagai salah satu cara untuk mengelola stres.

Kondisi pandemi virus corona memang membuat seluruh dunia waspada, tapi jangan sampai hal itu malah membuat anda stres dan mengalami penurunan kekebalan tubuh.

4. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup antara 7-8 jam sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Tidur yang kurang dari 7 jam membuat tubuh manusia lebih gampang terserang penyakit.

Seorang perempuan tidur di kursi setelah menghadiri pesta pernikahan di Nizhny Novgorod, Rusia, 1 Juli 2018.
Seorang perempuan tidur di kursi setelah menghadiri pesta pernikahan di Nizhny Novgorod, Rusia, 1 Juli 2018. Johannes Eisele/AFP


Pasalnya, tubuh membuat antibodi yang lebih sedikit ketika manusia kurang tidur. Jadi, tidur yang cukup sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh manusia.

Lalu, jangan lupa menjaga kebersihan diri. Rajin cuci tangan dan jangan menyentuh wajah.

Menjaga kebersihan diri bukan hanya bentuk tanggung jawab kepada diri sendiri, melainkan juga kepada orang lain.

  • Sumber: myactive.sg
  • Tag
    Komentar

    Berita Terkait

    Entertainment

    Minggu, 15 Maret 2020

    Bertahan di Melbourne, Lewis Hamilton Lakukan Ini demi Jaga Fokus

    Pembalap Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton, memilih bertahan di Melbourne usai pembatalan GP Australia, beberapa waktu lalu.

    Terbaru

    Bugar

    Rabu, 8 April 2020

    Skortips: Bugar ala I Putu Randu Saat #DiRumahAja

    Selama pandemi virus corona (Covid-19) I Putu Randu menghabiskan waktu di Bali bersama keluarga.

    Bugar

    Selasa, 7 April 2020

    Skortips: 6 Hal Penting untuk Jaga Kebugaran Mental dan Fisik Saat #DiRumahSaja

    Enam wheel of life ini sangat penting diperhatikan selama di rumah saja.

    Bugar

    Sabtu, 4 April 2020

    Skortips: 4 Gerakan Latihan HIIT 15 Menit ala Tannya Roumimper

    Empat gerakan latihan HIIT 15 menit yang mudah dan bisa dilakukan ketika di rumah saja.

    Bugar

    Rabu, 1 April 2020

    Ini yang Dilakukan Atlet Profesional agar Tetap Fit selama Masa Pandemi

    Sejumlah atlet dunia berbagi sesi latihan harian yang mereka jalani di rumah agar tetap bugar melalui media sosial.

    Bugar

    Minggu, 29 Maret 2020

    Variasi Workout di Rumah ala 10 Atlet One Championship

    Para petarung ONE menemukan ide-ide kreatif menjaga kebugaran selama menjalani karantina pandemi virus corona di rumah.

    Bugar

    Jumat, 27 Maret 2020

    Setelah Sembuh, Mikel Arteta Takut Menjadi Sumber Wabah Virus Corona

    Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, takut menulari orang lain setelah dirinya dinyatakan terinfeksi Covid-19 pada Kamis (12/3/2020) waktu setempat.

    Bugar

    Kamis, 26 Maret 2020

    Peloton, Cara Rory Mcllroy Bungkam Kritik

    Pegolf profesional, Rory Mcllroy, bergabung dengan komunitas pengguna peloton untuk menghabiskan waktu selama pandemi corona.

    Bugar

    Selasa, 24 Maret 2020

    Terminator Berbagi Tip agar Tetap Bugar Selama Masa Isolasi

    Aktor Hollywood dan mantan binaragawan, Arnold Schwarzenegger, memberikan program latihan yang dijalaninya semasa aktif dalam dunia bodybuilding.

    Bugar

    Senin, 23 Maret 2020

    Rahasia Kebugaran Felipe, Iron Man Milik Atletico Madrid

    Bek Atletico Madrid dianggap sebagai Iron Man karena dia tidak pernah mengalami cedera.

    Bugar

    Minggu, 22 Maret 2020

    Tak Punya Alat Workout di Rumah, Ide Atlet B-boy Ini Bisa Ditiru

    Breakdancer asal Rusia, Sergey Chernyshev alias Bumblebee, menggunakan perlengkapan rumah tangga sebagai pengganti alat workout di rumah.
    X