Sete Gibernau: Valentino Rossi Sebaiknya Kurangi Kebencian ke Sesama Pembalap MotoGP

28 Juli 2020, 17:30 WIB
Penulis: Any Hidayati
Editor: Tri Cahyo Nugroho
Sete Gibernau sempat turun di enam lomba Kejuaraan Dunia MotoE 2019 bersama Tim Pons Racing. Gibernau menjadi salah satu rival berat Valentino Rossi di MotoGP pada awal hingga pertengahan 2000-an. /Instagram/Sete Gibernau (setegibernau_15)

  • Sete Gibernau mengatakan bahwa Valentino Rossi harus mengurangi kebencian dengan sesama pembalap MotoGP.
  • Menurutnya, Valentino Rossi sering membawa masalah di lintasan hingga selesai balapan dan sebaliknya.
  • Eks pembalap Ducati tersebut mencontohkan hubungannya sendiri yang tidak pernah membaik dengan The Doctor.

SKOR.id - Sete Gibernau kembali membicarakan soal Valentino Rossi dan karier balapnya di MotoGP setelah The Doctor podium di GP Andalusia hari Minggu (26/7/2020) lalu. 

Eks pembalap MotoGP ini mengatakan bahwa dia belajar banyak hal tentang karakter Valentino Rossi ketika masih menjadi aktif balapan dan sempat bersitegang dengan pembalap Tim Monster Energy Yamaha MotoGP itu pada pertengahan 2000-an hingga kini.

"Valentino (Rossi) adalah orang yang butuh menghilangkan kebiasaan mencampurkan kebencian pribadi kepada rivalnya agar bisa lebih moncer lagi. Saya melihatnya demikian," kata Sete Gibernau seperti dilansir as.com.

Sete Gibernau -- pemenang delapan lomba MotoGP dan 24 finis podium antara 2002-2006 dan 2009 -- belajar dari pengalamannya sendiri hingga akhirnya mampu mengatakan bahwa Rossi adalah tipe pembalap yang sering baper (bawa perasaan).

Vale, panggilan Valentino Rossi, sering mencampur masalah saat balapan hingga ke luar lintasan dan sebaliknya. Gibernau mengakui, sebelum menjadi rivalnya, ia berteman baik dengan Rossi.

"Namun, ketika kami mulai bertengkar di lintasan maka hubungan tersebut rusak sepenuhnya dan hubungan baik tidak pernah bisa diperbaiki," ujar Gibernau, runner-up MotoGP 2003 dan 2004.

"Rossi adalah seseorang dengan karakter yang memaksakan sesuatu karena memang itulah keyakinannya dalam hidup," kata mantan pembalap tim Suzuki, Telefonica Movistar Honda, dan Ducati, di MotoGP itu. 

Pembalap yang pensiun dari kelas MotoGP pada 2009 itu pun memuji gestur Rossi di depan media yang sukses menutupi hubungan dengan rival yang dibencinya di lintasan.

Sete Gibernau yang turun bersama Tim Movistar Honda mengungguli Valentino Rossi yang memperkuat Tim Gauloises Yamaha pada GP Spanyol 2005 di Sirkuit Jerez yang berakhir dengan insiden yang merugikan Gibernau.
Sete Gibernau yang turun bersama Tim Movistar Honda mengungguli Valentino Rossi yang memperkuat Tim Gauloises Yamaha pada GP Spanyol 2005 di Sirkuit Jerez yang berakhir dengan insiden yang merugikan Gibernau. Twitter/MotoGP (@MotoGP)

"Ketika berada di depan kamera, dia selalu tampil natural dan mendapatkan empati banyak orang," kata pria 47 tahun tersebut soal Rossi sebagai media darling.

"Dia terlihat sebagai orang yang sangat menyenangkan tetapi perlu mengurangi ketegangan dengan para rival di lintasan."

"Anda harus menyadari bahwa dia memang balapan untuk menjadi juara dunia bukan untuk mendapatkan teman. Itulah pemahamannya soal balapan."

Mengesampingkan berbagai pertengkaran yang pernah terjadi dengan Rossi, Sete Gibernau memuji sang rival sebagai pembalap hebat yang masih kompetitif hingga sekarang.

"Saya memang banyak tidak setuju dengan sikapnya tetapi saya sangat mengaguminya sebagai seorang pembalap ulung," kata Sete Gibernau.

Ikuti juga Instagram, Facebook, YouTube, dan Twitter dari Skor Indonesia

Baca Juga Berita MotoGP Lainnya:

Petaka di Lintasan: 5 Pembalap MotoGP yang Kehilangan Nyawa secara Tragis

25 Tahun Berkarier, Valentino Rossi Mengenang Persaingan dengan 5 Rival

  • Sumber: as.com
  • Tag

    Video

    Komentar

    Berita Terkait

    MotoGp

    Sabtu, 4 April 2020

    Mantan Rider MotoGP Ini Tak Ingin Rivalitasnya dengan Valentino Rossi Terulang

    Sete Gibernau mengklaim bentrokannya dengan Valentino Rossi telah memengaruhi persaingan di MotoGP menjadi lebih agresif dan berbahaya.

    MotoGp

    Rabu, 1 Juli 2020

    Adik Valentino Rossi Tak Ingin Buru-Buru ke MotoGP

    Luca Marini tegaskan ingin meningkatkan kemampuan sambil mencari tim yang tepat sebelum dipromosikan ke MotoGP.

    MotoGp

    Minggu, 12 Juli 2020

    Ayah Valentino Rossi: MotoGP adalah Kehidupan Anak Saya

    Ayah Valentino Rossi, Graziano Rossi, optimistis anaknya masih bisa tampil cepat di lintasan MotoGP.

    Terbaru

    MotoGp

    Kamis, 6 Agustus 2020

    MotoGP Ceko 2020: Andrea Dovizioso Miliki Modal Bagus di Brno

    Keunggulan motor Ducati di sektor trek lurus bakal dimanfaatkan oleh Andrea Dovizioso untuk meraih hasil positif di Sirkuit Brno.

    MotoGp

    Kamis, 6 Agustus 2020

    Jadwal Lengkap MotoGP Ceko 2020

    MotoGP 2020 bakal memasuki seri ketiga yang akan digelar akhir pekan ini (7-9 Agustus 2020) di Automotodrom Brno, Ceko.

    MotoGp

    Kamis, 6 Agustus 2020

    Dr Costa: Pemulihan Marc Marquez Akan Berjalan Lebih Lama

    Dr Costa meyakini pelat yang rusak akibat aktivitas terlalu dini setelah operasi dan ia juga menyayangkan sikap Honda yang memberikan izin kepada Marc Marquez turun di GP Andalusia.

    MotoGp

    Rabu, 5 Agustus 2020

    MotoGP Ceko 2020: Duo Yamaha Yakin Mampu Lanjutkan Tren Positif

    Dua pembalap tim pabrikan Yamaha, Maverick Vinales dan Valentino Rossi, optimistis raih podium di Sirkuit Brno dengan progres yang diperlihatkan YZR-M1.

    MotoGp

    Rabu, 5 Agustus 2020

    Bos Yamaha Tegaskan Fabio Quartararo Bisa Atasi Tekanan

    Lin Jarvis menegaskan Fabio Quartararo tidak terpengaruh dengan tekanan dan merasa nyaman dengan lingkungannya saat ini.

    MotoGp

    Rabu, 5 Agustus 2020

    MotoGP Ceko 2020: Valentino Rossi Siap Raih Podium Ke-200 di Brno

    Pembalap veteran Valentino Rossi berpeluang mencatatkan beberapa rekor MotoGP jika mampu naik podium di Sirkuit Brno, akhir pekan ini.

    MotoGp

    Rabu, 5 Agustus 2020

    Jadwal MotoGP 2020 Padat, Marc Marquez Diprediksi Absen Sepanjang Agustus

    Marc Marquez diprediksi bakal melewatkan tiga balapan MotoGP 2020 di bulan Agustus karena kondisi cedera lengan kanannya.

    MotoGp

    Rabu, 5 Agustus 2020

    Ducati Indikasikan Opsi Pecah Kongsi dengan Andrea Dovizioso

    Paolo Ciabatti mengatakan masalah gaji yang diminta Andrea Dovizioso akan dibicarakan lebih lanjut pada pertengahan Agustus.

    MotoGp

    Selasa, 4 Agustus 2020

    MotoGP Ceko 2020: Stefan Bradl Antusias Tampil di Brno

    Stefan Bradl antusias menyambut kesempatan tampil pada seri ketiga MotoGP 2020 yang akan digelar di Ceko pada akhir pekan ini.

    MotoGp

    Selasa, 4 Agustus 2020

    MotoGP Ceko 2020: Marc Marquez Absen, Stefan Bradl Jadi Pengganti

    Repsol Honda mengonfirmasi bahwa Marc Marquez bakal absen dari MotoGP Ceko 2020 dan posisinya akan digantikan oleh Stefan Bradl.

    Terpopuler

    Sepak Pojok

    Sepak Pojok

    X