Vitamin dan Suplemen Ini Tidak Boleh Dicampur saat Mengonsumsinya

Nurul Ika Hidayati

Editor:

  • Suplemen dan vitamin dikonsumsi untuk membantu menjaga kesehatan dan kesejahteraan.
  • Namun, selain memiliki manfaat kesehatan, keduanya juga memiliki risiko kesehatan.
  • Dan, ada kombinasi tertentu yang tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan.

SKOR.id - Banyak orang mengonsumsi suplemen untuk membantu kondisi kesehatan atau meningkatkan kesejahteraan mereka.

Vitamin, mineral, herba, dan probiotik adalah semua jenis suplemen yang dapat membantu kesehatan. Anda bahkan dapat mengonsumsi kombinasi suplemen.

Faktanya, ada kombinasi tertentu yang tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan. Suplemen mungkin berinteraksi tidak hanya satu sama lain, tetapi juga dengan obat yang mungkin Anda minum. Itu sebabnya mengetahui potensi interaksi suplemen itu penting.

Kombinasi Suplemen yang Harus Dihindari
Suplemen dapat memiliki manfaat kesehatan, tetapi juga memiliki risiko kesehatan.

Misalnya, kadang-kadang bahan dalam suplemen tertentu dapat mengubah tes laboratorium ataupun memiliki efek negatif selama operasi. Risiko yang mungkin timbul akibat mengonsumsi suplemen dapat meningkat jika Anda mengonsumsi lebih dari satu suplemen.

Berikut adalah beberapa kombinasi suplemen yang harus Anda bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan — dan apa yang mungkin perlu Anda lakukan jika Anda mengonsumsi keduanya.

Magnesium dan Kalsium
Magnesium adalah mineral yang dibutuhkan untuk membantu ratusan proses tubuh Anda, termasuk fungsi otot dan saraf, kontrol gula darah, dan pengaturan tekanan darah.

Dan itu ditemukan dalam makanan seperti sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, polong -polongan, biji-bijian, dan gandum utuh. Juga tersedia dalam berbagai bentuk suplemen, meskipun meminumnya mungkin tidak disarankan.

Memiliki kadar magnesium yang rendah telah dikaitkan dengan penyakit jantung, diabetes, dan osteoporosis (tulang rapuh). Tingkat magnesium yang terlalu rendah jarang terjadi, tetapi lebih mungkin terjadi pada mereka yang:

  • Memiliki alkoholisme
  • Memiliki penyakit gastrointestinal atau operasi yang menyebabkan tubuh Anda tidak menyerap nutrisi dengan baik
  • Memiliki diabetes tipe 2
  • Lebih tua

Kalsium adalah mineral lainnya yang penting untuk kesehatan tulang, yang dapat ditemukan dalam makanan seperti susu, yogurt, dan keju. Di Amerika Serikat (AS), kalsium kurang dikonsumsi oleh 30% pria dan 60% wanita. Dan suplemen mungkin diperlukan jika asupan mineral tidak mencukupi. Tidak mendapatkan cukup kalsium bisa menyebabkan berkurangnya kekuatan tulang dan osteoporosis.

Menggabungkan kedua mineral itu dapat menyebabkan penurunan penyerapan magnesium jika Anda mengonsumsi kalsium dengan dosis sangat tinggi (2600mg setiap hari).

Dianjurkan agar orang yang berisiko tinggi kekurangan magnesium yang mengonsumsi suplemen kalsium, mengonsumsi kalsium pada waktu menjelang tidur, bukan saat makan. Itu karena mengonsumsi suplemen kalsium selama makan dapat berdampak negatif pada berapa banyak diet magnesium yang dikonsumsi.

Vitamin C dan Tembaga
Vitamin C membantu menciptakan kolagen, protein yang membantu penyembuhan luka. Orang mengonsumsi suplemen vitamin C karena berbagai alasan, termasuk untuk membantu melawan infeksi, mengurangi rasa sakit setelah operasi, atau menurunkan tekanan darah.

Mineral tembaga terlibat dalam produksi energi dan membantu menciptakan jaringan ikat Anda, yang memberi struktur pada tubuh. Orang dengan penyakit kardiovaskular dapat mengonsumsi suplemen tembaga karena telah terbukti membantu mengubah kadar lipid darah, menurunkan risiko penyakit kardiovaskular aterosklerotik.

Suplemen ini juga telah digunakan pada penyakit Alzheimer dikarenakan defisiensi tembaga terlihat di antara mereka yang mengalami kondisi tersebut.

Ada beberapa bukti bahwa mengonsumsi vitamin C dalam jumlah tinggi (lebih dari 1.500 mg) dapat mengurangi penyerapan tembaga. Temuan ini didasarkan pada penelitian yang dilakukan di kalangan pria muda, dan kemungkinan besar hal itu hanya memengaruhi orang yang asupan tembaganya rendah.

Zat Besi dan Teh Hijau
Zat besi adalah mineral yang menjadi bagian penting dari sel darah merah yang mentransfer oksigen dari paru-paru ke jaringan. Suplemen zat besi biasanya direkomendasikan untuk orang yang mengalami anemia defisiensi besi, kanker, dan gangguan pencernaan tertentu, serta bagi mereka yang sedang hamil.

Teh hijau semakin populer untuk diminum dan diambil sebagai ekstrak. Disebut-sebut dapat membantu meningkatkan kewaspadaan mental, meringankan gejala pencernaan dan sakit kepala, serta melindungi dari kanker dan penyakit jantung.

Meminum teh hijau dengan zat besi bisa mengurangi penyerapan mineral. Meskipun efeknya mungkin tidak signifikan bagi kebanyakan orang, apabila Anda meminum keduanya, Anda masih dapat mempertimbangkan untuk meminumnya pada waktu yang berbeda.

Suplemen yang Dapat Berinteraksi dengan Obat
Suplemen makanan tertentu dapat mengubah penyerapan, metabolisme, atau ekskresi obat. Jika itu terjadi, itu dapat memengaruhi potensi obat Anda, yang berarti Anda mungkin mendapatkan terlalu banyak atau terlalu sedikit obat yang Anda butuhkan.

Berikut beberapa vitamin dan suplemen umum dan obat yang mungkin saling berinteraksi.

Ashwagandha
Ashwagandha adalah adaptogen, yaitu ramuan yang digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan pengobatan Ayurveda. Ashwagandha — semak cemara kecil yang ditemukan di daerah kering seperti India, Timur Tengah, dan sebagian Afrika — disebut-sebut membantu tubuh melawan stres dan insomnia. Tetapi mengonsumsi ashwagandha dapat berinteraksi dengan berbagai obat termasuk:

1. Obat untuk penderita diabetes
Mengonsumsi ashwagandha dengan obat antidiabetes yang dimaksudkan untuk menurunkan kadar gula darah, dapat meningkatkan risiko gula darah rendah (hipoglikemia). Beberapa herbal telah terbukti membantu dalam pengelolaan diabetes, tetapi meminumnya di atas obat yang melakukan itu juga berpotensi mengakibatkan gula darah yang terlalu rendah.12

2. Obat untuk tekanan darah tinggi
Ada penelitian pada hewan yang menunjukkan bahwa ashwagandha dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik, membuat orang yang mengonsumsi obat penurun tekanan darah berisiko mengalami hipotensi, tekanan darah yang terlalu rendah.

3. Imunosupresan
Penelitian pada manusia telah menunjukkan bahwa ashwagandha dapat merangsang sistem kekebalan tubuh. Sementara, penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ashwagandha dapat menurunkan efektivitas imunosupresi yang disebabkan oleh siklofosfamid, obat yang digunakan untuk mengobati kanker dan sindrom nefrotik.

4. Zinc
Zinc (seng) adalah mineral yang memiliki banyak peran, termasuk untuk sistem kekebalan, pembentukan protein, penyembuhan luka, pembentukan DNA, serta indera perasa dan penciuman. Tapi seng dapat berinteraksi dengan banyak obat termasuk:

- Antibiotik
Antibiotik tertentu — khususnya antibiotik kuinolon (seperti Cipro) dan antibiotik tetrasiklin (seperti Achromycin dan Sumycin) —berinteraksi dengan zinc di saluran pencernaan dan tidak memungkinkan penyerapan zinc dan antibiotik. Jika Anda perlu mengonsumsi keduanya, minumlah antibiotik setidaknya dua jam sebelum atau empat hingga enam jam setelah mengonsumsi suplemen zinc.

- Penisilamin
Zinc menurunkan penyerapan dan aksi penicillamine, yang digunakan untuk mengobati rheumatoid arthritis. Jika Anda perlu mengonsumsi keduanya, suplemen zinc harus diminum setidaknya dua jam sebelum atau sesudah mengonsumsi penicillamine.

- Melatonin
Melatonin adalah hormon yang diproduksi otak Anda saat hari gelap. Ini membantu mengatur waktu jam internal Anda (ritme sirkadian) dan waktu tidur. Beberapa orang mengonsumsi suplemen melatonin untuk membantu tidur atau jet lag. Melatonin dapat berinteraksi dengan beberapa obat, termasuk:

*Pengencer darah
Juga dikenal sebagai antikoagulan, obat ini mencegah pembentukan gumpalan darah. Ada beberapa laporan kasus perdarahan ringan dan penurunan produksi protein protrombin (salah satu dari banyak faktor yang membantu pembekuan darah Anda) pada orang yang memakai melatonin dengan warfarin.

*Antikonvulsan
Antikonvulsan adalah jenis obat yang diberikan kepada individu yang mungkin mengalami kejang. Dipercayai melatonin dapat mengurangi efektivitas antikonvulsan. Ada juga beberapa penelitian klinis yang menunjukkan melatonin dapat meningkatkan frekuensi kejang, terutama pada anak dengan gangguan saraf.

*Kontrasepsi
Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kontrasepsi oral dapat meningkatkan kadar melatonin, sehingga meningkatkan efek dan kemungkinan efek samping suplemen melatonin. Potensi efek samping dari melatonin termasuk sakit kepala, pusing, mual, dan mengantuk.

*St John's Wort
Suplemen populer ini adalah tanaman asli Eropa yang memiliki bunga kuning yang berbentuk bintang. Suplemen ini cenderung dikonsumsi untuk membantu kondisi kesehatan mental seperti depresi. Namun, St John's wort telah dikaitkan dengan potensi interaksi serius dengan obat-obatan tertentu.

Meminum St. John's wort dengan antidepresan tertentu dapat menyebabkan peningkatan kadar serotonin yang dapat mengancam jiwa. Gejala dapat muncul dalam hitungan menit atau jam dan dapat berupa diare, agitasi, detak jantung cepat, tekanan darah tinggi, dan halusinasi.

St John's wort juga bisa melemahkan antidepresan. Obat lain yang dapat dilemahkan oleh St. John's wort meliputi:

  • Pil KB
  • Siklosporin (obat yang digunakan untuk mencegah tubuh menolak transplantasi organ)
  • Digoxin (obat gagal jantung)
  • Oxycodone (obat nyeri)
  • Beberapa obat HIV, seperti indinavir
  • Beberapa obat kanker, seperti irinotecan
  • Warfarin (pengencer darah)

Kapan Harus Mengunjungi Penyedia Layanan Kesehatan
Jika Anda mengonsumsi jenis suplemen atau kombinasi suplemen apa pun serta mengalami efek samping negatif apa pun, Anda harus berhenti menggunakan suplemen dan menemui penyedia layanan kesehatan. Potensi reaksi serius dapat meliputi:

  • Kulit gatal, ruam, atau gatal-gatal
  • Pembengkakan tenggorokan, bibir, atau lidah
  • Mengi atau sesak napas
  • Pingsan
  • Nyeri dada atau detak jantung tidak teratur
  • Mual, muntah, atau diare
  • Kesulitan buang air kecil, penurunan buang air kecil, atau urin berwarna gelap
  • Darah dalam urine, feses, muntahan, atau dahak
  • Pendarahan abnormal dari hidung atau gusi
  • Kelelahan
  • Kehilangan selera makan
  • Menguningnya kulit atau mata
  • Nyeri sendi, otot, atau perut yang parah***

Berita Entertainment Bugar Lainnya:

Vitamin dan Suplemen yang Dapat Dikonsumsi untuk Melawan Multiple Sclerosis

Waktu Terbaik untuk Mengkonsumsi Vitamin dan Suplemen

Deretan Suplemen untuk Pasien Covid-19, Percepat Penyembuhan

Source: Health

RELATED STORIES

Cobalah Teknik '20-20-20' Ini untuk Bantu Meredakan Ketegangan Mata Digital

Cobalah Teknik '20-20-20' Ini untuk Bantu Meredakan Ketegangan Mata Digital

Ketegangan mata digital yang disebabkan oleh terlalu banyak waktu layar adalah hal yang nyata, kata para ahli. Berikut cara meredakan mata kering, kemerahan, dan lelah.

Bagikan Sesi Workout di Instagram, Sofia Vergara Dipuji Teknik Latihan Otot Bokong

Bagikan Sesi Workout di Instagram, Sofia Vergara Dipuji Teknik Latihan Otot Bokong

Aktris Sofía Vergara memulai minggunya di awal pekan kedua bulan November, dengan melakukan latihan tubuh bagian bawah dan membagikannya di Instagram.

Nick Jonas Ungkap 4 Tanda Awal yang Memicu Didiagnosis Diabetes Tipe 1

Nick Jonas Ungkap 4 Tanda Awal yang Memicu Didiagnosis Diabetes Tipe 1

Pada Hari Diabetes Sedunia, Jonas berbagi gejala yang menyebabkan diagnosis Diabetes Tipe 1 masa kecilnya: penurunan berat badan, rasa haus yang berlebihan, sering buang air kecil, dan lekas marah.

Kenali 9 Alasan Mengapa Testis Anda Terasa Sakit: Dari Infeksi hingga Torsi Testis

Kenali 9 Alasan Mengapa Testis Anda Terasa Sakit: Dari Infeksi hingga Torsi Testis

Rasa sakit yang tiba-tiba di testis Anda bisa sangat mengkhawatirkan, belum lagi tidak menyenangkan, apakah rasa sakit itu ringan, sedang, ataukah cukup parah untuk mengirim Anda ke ruang gawat darurat.

Chris Hemsworth Akan Hadapi Tantangan Terberat oleh Manusia dalam Serial Baru 'Limitless'

Chris Hemsworth Akan Hadapi Tantangan Terberat oleh Manusia dalam Serial Baru 'Limitless'

Chris Hemsworth akhirnya telah siap untuk menguji kemampuan fisik, mental, dan emosionalnya dalam sebuah teaser untuk seri terbaru Disney+ dan National Geographic, Limitless.

Ketahui Faktor Risiko Penyakit Diabetes untuk Mencegahnya Membatasi Hidup Kita

Kelebihan glukosa dalam darah bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, dengan diabetes menjadi penyakit yang paling umum.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Laga AS Roma vs Bayer Leverkusen di semifinal Liga Europa 2023-2024 menampilkan pelatih muda, Daniele De Rossi dan Xabi Alonso. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

World

AS Roma vs Bayer Leverkusen: Daniele De Rossi Optimis Menuju Leg Kedua

Pelatih AS Roma, Daniele De Rossi, optimis menghadpi leg kedua babak semifinal Liga Europa, setelah kalah dari Bayer Leverkusen.

Pradipta Indra Kumara | 03 May, 01:30

AS Roma vs Bayer Leverkusen di semifinal Liga Europa 2023-2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

World

Kalahkan AS Roma, Bayer Leverkusen Perpanjang Rekor Tak Terkalahkan

Berikut ini hasil pertandingan AS Roma vs Bayer Leverkusen, pada laga semifinal Liga Europa.

Pradipta Indra Kumara | 03 May, 00:22

Liga Inggris 2023-2024 dimulai sejak 11 Agustus 2023 lalu. (Zulhar Kurniawan/Skor.id).

Liga Inggris

Liga Inggris 2023-2024: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Klub Lengkap

Berikut ini klasemen Liga Inggris 2023-2024, jadwal dan hasil per pekan serta profil klub lengkap.

Irfan Sudrajat | 02 May, 23:24

David da Silva.jpg

Liga 1

David da Silva Topskor Reguler Series Liga 1 2023-2024, Hampir Pasti Kunci Gelar

Striker Persib Bandung, David da Silva, menyelesaikan Reguler Series Liga 1 2023-2024 sebagai pemain tersubur dengan 26 gol.

Teguh Kurniawan | 02 May, 22:21

Pelatih asal Italia, Antonio Conte. (Dede Mauladi/Skor.id).

Liga Inggris

Taktik Antonio Conte untuk Chelsea jika Gantikan Mauricio Pochettino

Antonio Conte diisukan bakal kembali menangani Chelsea FC.

Tri Cahyo Nugroho | 02 May, 21:32

MPL Indonesia (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

MPL Indonesia Season 13: Daftar Lengkap Pelatih Semua Tim

Berikut ini adalah daftar lengkap pelatih semua tim di MPL Indonesia Season 13. Ada beberapa nama baru yang akan jadi nakhoda tim.

Thoriq Az Zuhri | 02 May, 21:20

MPL Indonesia. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

Esports

MPL Indonesia Season 13: Daftar Lengkap Roster Semua Tim

Berikut ini adalah daftar lengkap roster semua tim di MPL Indonesia Season 13. Ada beberapa nama baru dari setiap tim yang bertanding.

Thoriq Az Zuhri | 02 May, 21:18

Liga 3 Nasional atau putaran nasional Liga 3. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

National

Liga 3 Nasional 2023-2024: Pelatih ASIOP Antisipasi Kecepatan Pemain PS Ngada

Pertandingan ASIOP vs PS Ngada akan digelar di Stadion Hoegeng, Pekalongan, Jumat (3/5/2024).

Sumargo Pangestu | 02 May, 20:57

Turnamen PUBG Mobile, Ruthless Pro Series: Clash of Giants. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

RPS Clash of Giants Season 4: Hasil, Jadwal, dan Klasemen

Berikut ini adalah hasil, jadwal lengkap, format, dan klasemen turnamen PUBG Mobile, Ruthless Pro Series: Clash of Giants Season 4.

Thoriq Az Zuhri | 02 May, 20:56

MDL Indonesia (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

MDL Indonesia Season 9: Hasil, Jadwal, Klasemen Lengkap

Gelaran MDL Indonesia Season 9 sedang dihelat. Ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkap turnamen kasta kedua Mobile Legends Indonesia.

Thoriq Az Zuhri | 02 May, 20:54

Load More Articles