Skorpedia: Mengenal Jenis dan Peran Kru Pit Stop dalam Ajang F1

Doddy Wiratama

Editor:

  • Pit stop merupakan salah satu momen krusial dalam sebuah balapan F1 karena bisa sangat memengaruhi hasil lomba.
  • Sebuah tim minimal membutuhkan sekitar 18-21 kru untuk melakukan pit stop yang efektif dan aman.
  • Saat ini, rekor pit stop tercepat dilakukan oleh Red Bull Racing saat menangani mobil Max Verstappen di F1 GP Brasil 2019 dalam 1,82 detik.

SKOR.id - Pit stop merupakan salah satu momen paling krusial dalam sebuah balapan Formula 1 (F1) karena bisa sangat memengaruhi hasil akhir lomba.

Proses ini harus dilakukan dalam waktu yang tepat dengan memperhatikan kondisi mobil, situasi lomba, hingga strategi yang diterapkan tim lawan.

Selain itu, pit stop juga harus dieksekusi seefektif mungkin agar pembalap tak kehilangan momentum untuk kembali berduel di lintasan.

Untuk melakukan pit stop yang efektif dan cepat, rata-rata dua sampai tiga detik, sebuah tim wajib memiliki kru yang handal.

Kehandalan tersebut tentu didapat lewat proses panjang. Kru pit stop pun selalu berlatih, tak hanya untuk mengejar kecepatan tetapi juga memperhatikan keamanan.

Hingga saat ini, rekor pit stop tercepat dipegang kru Red Bull Racing yang mampu menangani mobil Max Verstappen di F1 GP Brasil 2019 hanya dalam waktu 1,82 detik.

Dilansir dari Motorsport.com, proses pit stop sendiri setidaknya melibatkan 18-22 orang kru dengan tugas masing-masing yang spesifik. Berikut rinciannya:

Front Jack Man (2 orang)

Sesuai namanya, front jack man adalah orang yang bertugas untuk mendongkrak bagian depan mobil.

Posisi ini disebut paling berisiko karena bisa saja tertabrak mobil yang datang terlalu kencang.

Mengingat ada risiko di atas, maupun skenario error lain, tim menyiapkan front jack man kedua yang selalu bersiap saat pit stop dilakukan.

Rear Jack Man (2 orang)

Saat pit stop dilakukan, bagian belakang mobil juga harus terangkat. Rear jack man adalah sosok yang bertugas untuk melakukan hal tersebut dengan dongkraknya.

Sama seperti front jack man, tim biasanya juga menyiapkan rear jack man "cadangan" yang siap bertugas dalam keadaan darurat.

Kehadiran rear jack man sangat vital mengingat mobil harus berada dalam kondisi terangkat saat melakukan pergantian ban.

Gunner (4 orang)

Gunner bertugas mengoperasikan wheel gun yang digunakan untuk mengendurkan maupun mengencangkan baut di bagian roda.

Masing-masing roda ditangani oleh seorang gunner sehingga dibutuhkan empat orang untuk menangani sebuah mobil.

Seorang gunner harus cekatan dan presisi saat mengarahkan wheel gun ke bagian baut sehingga bisa ban bisa dilepas dan dipasang dengan cepat.

Wheel off (4 orang)

 

Setelah gunner berhasil mengendurkan baut, kru wheel off bertugas untuk segera mengambil ban yang sebelumnya terpasang di mobil.

Selain itu, sejumlah tim juga memberi tugas tambahan untuk kru wheel off yang menangani ban bagian depan sebagai stop marker.

Bagian lengan kru wheel off bagian depan memakai semacam papan di lengan untuk membantu pembalap mengetahui posisi berhenti yang pas.

Wheel On (4 orang)

Kru wheel on bertugas untuk membawa ban baru yang bakal dipasangkan ke mobil saat proses pit stop dilakukan.

Begitu ban lawas sudah dilepas, kru wheel on segera menempatkan ban baru ke posisi yang tepat sehingga mempermudah gunner untuk memasang ban baru.

Dengan demikian, dibutuhkan kekompakan pergerakan antara gunner, wheel off, dan wheel on sehingga proses penggantian ban bisa berlangsung cepat.

Steadier (2 orang)

Sesuai namanya, steadier bertugas menjaga mobil dalam kondisi seimbang saat terangkat karena didongkrak bagian depan dan belakang. 

Steadier berdiri di samping kanan dan kiri mobil, tepatnya di dekat airbox yang jadi titik tengah mobil.

Selain itu, steadier juga dibekali dengan jack samping yang bakal digunakan saat bagian depan mobil mengalami kerusakan sehingga tak bisa didongkrak dari depan.

Wing Adjuster (2 orang)

Sesuai namanya, wing adjuster bertugas untuk menyesuaikan bagian sayap depan mobil jika dibutuhkan untuk mendapatkan performa terbaik.

Mereka dibekali dengan piranti yang bisa digunakan untuk mengubah sudut sayap jika dibutuhkan, misalnya untuk mengatur downforce.

Saat sayap depan mobil rusak dan harus diganti, wing adjuster bertugas untuk mengganti dan dibantu front jack man yang tugasnya sudah digantikan steadier.

Pit Stop Controller (1 orang)

Pit stop controller adalah sosok yang bertugas memberi sinyal aman kepada pembalap sebelum kembali ke pit lane untuk melanjutkan lomba.

Agar mendapat pandangan yang jelas terkait situasi pit lane, pit stop controller berdiri di bagian samping depan mobil (sisi terdekat dengan pit lane).

Sebelumnya, pit stop controller dikenal sebagai lollipop man karena melakukan tugasnya dengan bantuan tongkat dengan ujung papan berbentuk lingkaran.

Seiring dengan perkembangan zaman, fungsi papan itu digantikan dengan lampu sinyal yang bisa berubah dari merah ke hijau dengan menekan sebuah tombol.

Pit stop controller baru akan menekan tombol untuk mengubah warna lampu setelah memastikan keadaan aman untuk pembalap kembali ke pit lane.

Keamanan makin terjamin karena front jack man, rear jack man, dan gunner juga punya tombol serupa untuk memberi sinyal bahwa mereka sudah menuntaskan tugas.

Selain yang sudah disebutkan di atas, tim juga wajib menyediakan kru yang bersiap dengan alat pemadam kebakaran untuk mengantisipasi situasi darurat.

Skorpedia Lainnya:

Skorpedia: Galatama, Kompetisi Semipro Pertama di Indonesia dengan Inisiator Wartawan

Skorpedia: Istilah Grand Slam dalam Dunia Olahraga, Bukan Hanya untuk Tenis

Source: motorsport.com

RELATED STORIES

'Teman' Ambil Gambar Michael Schumacher, Berusaha Menjualnya ke Media Senilai 1 Juta Pound

'Teman' Ambil Gambar Michael Schumacher, Berusaha Menjualnya ke Media Senilai 1 Juta Pound

Bagaimana keluarga Michael Schumacher berusaha menyembunyikan foto legenda F1 senilai £1 juta yang dibocorkan oleh 'teman'.

Skor 5: Umumkan Pensiun, 5 Rekor Sebastian Vettel Ini Belum Terpecahkan

Skor 5: Umumkan Pensiun, 5 Rekor Sebastian Vettel Ini Belum Terpecahkan

Berikut enam rekor Vettel yang belum berhasil dipecahkan pembalap lainnya hingga sekarang.

Umumkan Pensiun, Sebastian Vettel Pilih Pembalap Ini untuk Gantikan Posisinya

Umumkan Pensiun, Sebastian Vettel Pilih Pembalap Ini untuk Gantikan Posisinya

Sebastian Vettel telah memilih pembalap yang akan menggantikannya di musim depan, yakni Mick Schumacher.

Fernando Alonso Buka Peluang Gantikan Sebastian Vettel di Aston Martin

Fernando Alonso Buka Peluang Gantikan Sebastian Vettel di Aston Martin

Fernando Alonso adalah satu dari beberapa nama yang dirumorkan bakal menggantikan Sebastian Vettel.

Skorpedia: Mengenal Padel, Cabor Perpaduan Tenis dan Skuas yang Kian Populer

Skorpedia: Mengenal Padel, Cabor Perpaduan Tenis dan Skuas yang Kian Populer

Dalam beberapa tahun terakhir, popularitas padel terus meningkat seiring dengan makin banyaknya orang yang memainkan olahraga ini.

Skorpedia: Selebrasi Sampanye F1 Diiringi Lagu Klasik, Begini Asal-usulnya

Skorpedia kali ini membahas lagu pengiring "pesta" sampanye dalam prosesi podium sebuah balapan F1.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Pelatih Timnas Putri Indonesia, Satoru Mochizuki.

Timnas Indonesia

Gagal Lolos, Satoru Mochizuki Tetap Puji Perjuangan Timnas Putri Indonesia

Timnas Putri Indonesia kandas di Kualifikasi Piala Asia Wanita 2026, hanya menempati peringkat ketiga klasemen akhir Grup D.

Teguh Kurniawan | 05 Jul, 21:49

ibl playoffs 2025

Basketball

Playoff IBL 2025: Pelita Jaya Tantang Satria Muda, Dewa United vs Hangtuah Lanjut Game 3

Berikut hasil dua laga Game 2 putaran pertama Playoff IBL 2025 pada Sabtu (5/7/2025).

Teguh Kurniawan | 05 Jul, 20:01

Kualifikasi Piala Asia Wanita 2026 atau 2026 AFC Women's Asian Cup Qualifiers. (Deni Sulaeman/Skor.id)

Timnas Indonesia

Kualifikasi Piala Asia Wanita 2026: Jadwal, Hasil dan Klasemen Timnas Putri Indonesia

Timnas putri Indonesia akan berlaga di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, pada 29 Juni hingga 5 Juli 2025.

Taufani Rahmanda | 05 Jul, 19:12

Jawa Tengah menjadi juara umum Milklife Archery Challenge Kejurnas Junior 2025. (Milklife)

Other Sports

Jawa Tengah Juara Umum MilkLife Archery Challenge Kejurnas Junior 2025

Jawa Tengah berhasil mengantongi 32 medali emas, 22 medali perak dan 25 medali perunggu.

Gangga Basudewa | 05 Jul, 16:20

Windah Basudara bermain Free Fire di Kereta Cepat Jakarta Bandung. (Garena)

Esports

Perayaan Ulang Tahun Kedelapan Free FIre Masuk MURI

Momen ini menjadikan Free Fire sebagai game pertama yang dimainkan secara resmi di dalam kereta super cepat tersebut.

Gangga Basudewa | 05 Jul, 16:05

Once Human

Esports

Game Once Human Hadir di Global Annual Showcase 2025

Kehadiran Once Human mengumumkan beberapa update besar yang akan hadir ke dalam game.

Gangga Basudewa | 05 Jul, 14:46

Kolaborasi CODM atau Call of Duty Mobile dengan Gundam. (Garena)

Esports

Call of Duty Mobile Umumkan Kolaborasi dengan Gundam

Mulai 4 Juli hingga 30 September 2025, para pemain dapat menikmati pengalaman bermain dari kolaborasi anyar Call of Duty dan Gundam.

Gangga Basudewa | 05 Jul, 14:32

Klub Inggris, Oxford United. (Jovi Arnanda/Skor.id)

National

Coaching Clinic Oxford United, Marselino Ferdinan dan Ole Romeny Beri Pesan Penting

Oxford United menggelar coaching clinic yang berlangsung di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta, pada Sabtu (5/7/2025).

Nizar Galang | 05 Jul, 13:41

Mantan Binaragawan, Ade Rai. (Deni Sulaeman/Skor.id)

All Culture

Ade Rai Berbagi Siasat Memiliki Tubuh Sehat Lewat Seminar Fat Loss Revolution

Legenda binaraga Indonesia, Ade Rai, berbagi siasat memiliki tubuh sehat dalam seminar bertajuk Fatt Loss Revolut!on, Sabtu (5/7/2025).

Taufani Rahmanda | 05 Jul, 13:19

jordi amat - timnas indonesia

Bola Nasional

Jordi Amat Resmi Jadi Bagian dari Persija Jakarta

Bek berusia 33 tahun itu pernah merasakan sejumlah kompetisi besar Eropa seperti La Liga hingga Premier League.

Gangga Basudewa | 05 Jul, 13:08

Load More Articles