Peta Kekuatan Bulu Tangkis Asia dalam 30 Tahun Terakhir

Doddy Wiratama

Editor:

  • Cina, Indonesia, dan Korea Selatan adalah negara Asia yang dikenal sebagai kekuatan tradisional dalam peta persaingan bulu tangkis dunia.
  • Belakangan, Jepang menjelma jadi kekuatan baru dan mampu bersaing di papan atas.
  • Peta persaingan makin sengit menyusul kehadiran sejumlah negara yang sebelumnya kurang diperhitungkan tetapi mampu meraih prestasi luar biasa.

SKOR.id - Ada sejumlah negara dari Benua Asia yang saat ini meramaikan peta persaingan papan atas bulu tangkis dunia.

Selain Cina, Indonesia, dan Korea Selatan yang dikenal sebagai kekuatan tradisional bulu tangkis dunia, ada sejumlah negara Asia yang ikut mencuat ke permukaan.

Jepang yang belakangan menunjukkan perkembangan luar biasa kini menjelma jadi salah  kekuatan bulu tangkis yang disegani dunia.

Persaingan pun makin sengit seiring dengan munculnya kekuatan baru seperti Taiwan, India, hingga Singapura atau Malaysia yang terus berupaya untuk bangkit.

Berikut adalah gambaran umum mengenai perkembangan sejumlah negara Asia dalam peta persaingan bulu tangkis dunia selama tiga dekade terakhir (sejak 1992).

Cina

Sejak awal 1990an, Cina sudah konsisten menempatkan atletnya di jajaran papan atas peta persaingan bulu tangkis dunia. Namun, dominasi mereka makin terasa pada awal 2000an.

Momentum emas Cina pada 2000an diawali dengan keberhasilan memenangi empat dari lima medali emas yang diperebutkan dalam Olimpiade Sydney 2000.

Dominasi Cina makin tak terbantahkan usai menjuarai Thomas Cup 2004. Keberhasilan Lin Dan beserta kolega saat itu mampu menyudahi penantian panjang selama 14 tahun.

Cina juga moncer di kategori perorangan. Regenerasi yang berjalan relatif mulus membuat mereka seolah tak pernah kehabisan pemain bertalenta dari masa ke masa.

Dominasi Cina terus berlanjut termasuk saat mengirim enam wakil pada lima partai final Olimpiade 2020 pada tahun lalu, meski akhirnya "hanya" pulang dengan dua medali emas.

Prestasi tersebut terasa luar biasa karena para pemain Cina jarang bertanding di pentas internasional sejak awal 2020 karena efek pandemi Covid-19.

Meski begitu, Zhang Jun selaku ketua asosiasi bulu tangkis Cina (CBA) menyebut pihaknya tengah dihadapkan dengan masalah penurunan prestasi.

Nomor tunggal dan ganda putra Cina jadi sorotan. Sedangkan tunggal putri, ganda putri, dan ganda campuran relatif lebih tidak mengkhawatirkan.

Asosiasi Bulu Tangkis Cina Akui Prestasi yang Merosot Tajam

Indonesia

Pada awal 1990an, Indonesia mendominasi persaingan bulu tangkis dunia dengan menjuarai berbagai ajang elite, mulai dari Olimpiade, Kejuaraan Dunia, hingga Thomas & Uber Cup.

Sayang, dominasi itu perlahan luntur. Sektor putri lebih dulu mengalami penurunan prestasi jelang memasuki milenium baru seiring dengan berakhirnya era Susy Susanti.

Sektor putra bernasib sedikit lebih baik. Meski dominasi di Thomas Cup (1994-2002) berakhir, Indonesia masih bisa berprestasi di kategori perorangan.

Taufik Hidayat sukses mempersembahkan medali emas Olimpiade 2004 dan Juara Dunia 2005. Sayang, prestasi tunggal putra Indonesia setelah itu ikut meredup.

Sementara itu, ganda putra dan campuran jadi nomor yang masih relatif stabil dalam mencetak prestasi untuk Indonesia pada pertengahan 2000an hingga 2010an.

Hendra Setiawan/Markis Kido (ganda putra) sukses meraih medali emas Olimpiade 2008 sedangkan Nova Widianto/Liliyana Natsir (ganda campuran) jadi juara dunia 2005 dan 2007.

Tren berlanjut kala Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan jadi juara dunia (2013, 2015, dan 2019) dan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir meraih medali emas Olimpiade 2016 dan dua kali juara dunia (2013 dan 2017).

Saat ini, perbaikan terus diupayakan PBSI. Selain coba menjaga stabilitas prestasi nomor ganda putra dan campuran, Indonesia juga berusaha meningkatkan prestasi tiga nomor lain.

Peta Persaingan Bulu Tangkis Asia, Indonesia belum ''Habis''

Korea Selatan

Korea Selatan adalah salah satu negara yang konsisten meramaikan persaingan papan atas bulu tangkis dunia dari masa ke masa, meski tak pernah sedominan Cina maupun Indonesia.

Saat badminton dipertandingkan di Olimpiade 1992, mereka dapat dua emas via Kim Moon-soo/Park Joo-bong (ganda putra) dan Chung So-young/Hwang Hye-young (ganda putri).

Empat tahun berselang, Korea Selatan kembali dapat dua medali emas pada Olimpiade 1996 lewat Bang Soo-hyun (tunggal putri) dan Kim Dong-moon/Gil Young-ah (ganda campuran).

Setelah itu, Korea Selatan sebenarnya masih punya sejumlah pebulu tangkis top yang sesekali menjadi juara di level elite dengan menembus dominasi Cina maupun Indonesia.

Dari ajang Olimpiade, ada Ha Tae-kwon/Kim Dong-moon yang menjuarai nomor ganda putra pada 2004 dan Lee Yong-dae/Lee Hyo-jung yang meraih emas ganda campuran pada 2008.

Sedangkan dalam Kejuaraan Dunia, Korea Selatan tercatat punya lima gelar juara yang diraih sejak periode 1992 hingga saat ini. Sudirman Cup pun berhasil diraih pada 2003 dan 2017.

Saat ini, Korea Selatan punya sejumlah pebulu tangkis andalan untuk meraih prestasi. Dari nomor ganda putri, bahkan ada tiga pasang yang menduduki ranking top 10 BWF.

Sedangkan An Se-young yang menduduki peringkat empat dunia nomor tunggal putri diharapkan bisa jadi andalan untuk meraih prestasi dalam beberapa tahun ke depan.

Jepang

Pada awal 1990an, Jepang bukanlah negara yang terlalu diperhitungkan dalam peta persaingan bulu tangkis dunia.

Negeri Sakura baru menunjukkan geliatnya saat Seiko Yamada/Shizuka Yamamoto meraih perunggu Kejuaraan Dunia 2003. Sejak saat itu, mereka terus menunjukkan progres.

Memasuki era 2010an, upaya Jepang mendobrak papan atas mulai membuahkan hasil. Gelar juara Thomas Cup 2014 jadi salah satu penanda kesuksesan awal mereka.

Dua tahun berselang, sejarah lain terukir kala Jepang meraih medali emas Olimpiade perdananya dari cabor bulu tangkis lewat Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi (ganda putri).

Sejak saat itu, Jepang mulai rutin berprestasi di level dunia. Uber Cup berhasil diraih pada 2018 sementara tujuh gelar juara dunia berhasil dimenangi dalam empat tahun terakhir.

Punya "generasi emas", Jepang diprediksi bakal panen prestasi saat menghelat Olimpiade 2020. Namun, skenario itu urung terwujud usai mereka hanya meraih satu perunggu.

Medali untuk tuan rumah itu dipersembahkan Yuta Watanabe/Arisa Higashino (ganda campuran). Sedangkan unggulan Jepang lainnya gagal memenuhi ekspektasi.

Setelah kegagalan itu, Jepang tengah membangun ulang kekuatan dengan memanfaatkan "generasi emas" yang tersisa dan sejumlah pemain muda yang dipromosikan.

Sabet 3 Gelar All England 2022, Jepang Juara Umum 3 Edisi Beruntun 

Negara Asia Lainnya

Selain yang disebutkan di atas, ada sejumlah negara yang meramaikan peta persaingan bulu tangkis dunia. Mereka adalah Thailand, Taiwan, India, Malaysia, hingga Singapura.

Thailand sebelumnya "hanya" diperhitungkan di level bulu tangkis Asia. Namun, mereka mulai menggebrak pada 2010an lewat medali perunggu Uber Cup 2012.

Setahun berselang, Ratchanok Intanon membuat kejutan yang lebih besar dengan meraih gelar juara dunia tunggal putri 2013.

Terbaru, Thailand kembali menunjukkan taji lewat Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai yang jadi juara dunia 2021 dan ganda campuran nomor satu.

Kisah yang kurang lebih sama dialami Taiwan. Mereka mulai menggeliat pada pertengahan 2000an sebelum menggebrak dunia pada pertengahan 2010an.

Negeri Formosa punya Chou Tien Chen yang kompetitif di nomor tunggal putra sedangkan Tai Tzu Ying mencetak rekor sebagai tunggal putri paling lama jadi nomor satu dunia.

Akan tetapi, prestasi "sesungguhnya" di level dunia untuk Taiwan justru datang dari Lee Yang/Wang Chi-Lin yang meraih medali emas ganda putra Olimpiade 2020.

Sementara itu, India mulai menggebrak peta persaingan dunia pada pertengahan 2010an di mana nomor tunggal putri jadi motor utama lewat Saina Nehwal dan Pusarla Sindhu.

Momen yang dinantikan India tiba pada 2019 saat Pusarla Sindhu jadi juara dunia tunggal putri. Pencapaian itu diraih tiga tahun usai dirinya meraih perak Olimpiade 2016.

Selain tunggal putri, India juga punya kekuatan yang cukup diperhitungkan dari nomor tunggal maupun ganda putra meski belum berprestasi seperti Pusarla Sindhu.

Dalam daftar ini juga ada Malaysia. Sebelumnya, negara tetangga Indonesia itu pernah diperhitungkan dalam peta persaingan bulu tangkis dan sempat juara Thomas Cup 1992.

Setelah itu, mereka seperti mengalami penurunan prestasi. Bahkan, Lee Chong Wei sebagai tunggal putra terbaik dunia asal Malaysia "mentok" dengan enam medali perak Olimpiade dan Kejuaraan Dunia.

Saat ini, Malaysia terus berupaya merengkuh kejayaan. Negeri Jiran punya Lee Zii Jia (tunggal putra) dan Aaron Chia/Soh Wooi Yik (ganda putra) yang menduduki top 10 dunia.

Negara terakhir yang masuk dalam daftar ini adalah Singapura. Mereka tengah membuka jalan untuk menembus peta persaingan bulu tangkis dunia.

Baru-baru ini, Negeri Singa mencuri perhatian lewat sosok Loh Kean Yew yang sukses jadi juara dunia tunggal putra pada 2021.

Akan tetapi, Singapura baru menapaki langkah pertama. Konsistensi mereka masih harus diuji, termasuk Loh Kean Yew yang jadi andalan.  

Berita Bulu Tangkis Lainnya:

Lee Chong Wei Debut Melatih di Luar Malaysia, BAM Angkat Bicara

Ng Ka Long Angus Tertarik Gabung Padepokan Viktor Axelsen di Dubai

Source: bwfbadminton.com

RELATED STORIES

Rexy Mainaky Sebut Infeksi Covid-19 jadi Momok di Thomas & Uber Cup 2022

Rexy Mainaky Sebut Infeksi Covid-19 jadi Momok di Thomas & Uber Cup 2022

Rexy menyebut bahwa Covid-19 di tengah turnamen lebih mengkhawatirkan ketimbang cedera.

Rekap Hasil Korea Open 2022: Indonesia Loloskan 7 Wakil ke Perempat Final

Rekap Hasil Korea Open 2022: Indonesia Loloskan 7 Wakil ke Perempat Final

Kamis (7/4/2022), sebanyak tujuh wakil Indonesia mengamankan tiket perempat final Korea Open 2022.

Korea Open 2022: Jadi Kejutan, Shesar Rhustavito Ungkap Strategi Tumbangkan Lakshya Sen

Korea Open 2022: Jadi Kejutan, Shesar Rhustavito Ungkap Strategi Tumbangkan Lakshya Sen

Sheshar Hiren Rhustavito melaju ke perempat final Korea Open 2022 usai menumbangkan Lakshya Sen, hari ini.

Korea Open 2022: Menang, Rinov/Phita dan Adnan/Mychelle Ingin Perbaiki Hasil Buruk di Eropa

Korea Open 2022: Menang, Rinov/Phita dan Adnan/Mychelle Ingin Perbaiki Hasil Buruk di Eropa

Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari meraih hasil positif pada laga perdana mereka di Korea Open 2022.

Geliat Indonesia dan 4 Negara Asia di Kejuaraan Beregu Bulu Tangkis Dunia

Geliat Indonesia dan 4 Negara Asia di Kejuaraan Beregu Bulu Tangkis Dunia

Indonesia saat ini memegang status pemenang Thomas Cup terbanyak, yakni 14 kali dengan terakhir juara pada edisi 2020.

Absen dari Seleksi Timnas India, Saina Nehwal Pertaruhkan Nasib di Uber Cup 2022

Absen dari Seleksi Timnas India, Saina Nehwal Pertaruhkan Nasib di Uber Cup 2022

Saina Nehwal legawa jika keputusannya absen dari uji coba mempengaruhi status di Commonwealth dan Asian Games 2022.

Jadwal 16 Besar BAC 2022: Indonesia Punya 13 Wakil, 2 Tunggal Putri Hadapi Lawan Berat

Indonesia punya 13 wakil saat Badminton Asia Championships 2022 (BAC 2022) menggelar laga babak 16 besar pada Kamis (28/4/2022).

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Proliga 2024

Other Sports

Update Proliga 2024 Sektor Putra: Jadwal, Hasil, dan Klasemen

Kompetisi sektor putra Proliga 2024 bakal diikuti oleh tujuh tim dan dijadwalkan berlangsung pada 25 April–21 Juli nanti.

Doddy Wiratama | 02 May, 15:27

Subaru Indonesia dalam JDM Run Mandalika Time Attack 2024 (Yusuf/Skor.id).

Other Sports

Subaru Indonesia Gemilang dalam JDM Run Mandalika Time Attack 2024

Ajang JDM Run Mandalika Time Attack 2024 melibatkan 91 starter dari seluruh Indonesia.

Kunta Bayu Waskita | 02 May, 14:41

Timnas U-23 Indonesia.

National

Timnas U-23 Indonesia Lewati Target, Bung Towel Apresiasi Semua Pihak

Bung Towel menilai pencapaian Timnas U-23 Indonesia yang luar biasa adalah berkat banyak pihak, bukan hanya pelatih Shin Tae-yong.

Sumargo Pangestu | 02 May, 14:21

Women Pro Futsal League 2023-2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

National

Women Pro Futsal League 2023-2024: Jadwal, Hasil dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Women Pro Futsal League 2023-2024 yang terus diperbarui seiring berjalannya kompetisi.

Taufani Rahmanda | 02 May, 14:14

Piala Asia Wanita U-17 2024. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Timnas Indonesia

Piala Asia Wanita U-17 2024: Jadwal, Hasil dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Piala Asia Wanita U-17 2024, yang terus diperbarui seiring berjalannya turnamen.

Taufani Rahmanda | 02 May, 13:58

Cover Proliga. (Dede Mauladi/Skor.id)

Other Sports

Antusiasme Penonton Tinggi, Tiket Proliga 2024 via PLN Mobile Cepat Ludes Terjual

Hari ini, ada 6.000 tiket laga Proliga 2024 yang tersedia di aplikasi PLN Mobile dan itu ludes terjual dengan cepat.

Doddy Wiratama | 02 May, 13:52

Penyerang Chelsea, Nicolas Jackson. (Yusuf/Skor.id).

Liga Inggris

Chelsea vs Tottenham: Nicolas Jackson Ingin Perbaiki Rapornya yang Buruk

Penyerang Chelsea ini di tiga teratas pemain yang paling banyak gagal memanfaatkan peluang terbaik mencetak gol di Liga Inggris 2023-2024 ini.

Irfan Sudrajat | 02 May, 13:35

Skuad Indonesia Thomas Cup 2024

Badminton

Thomas Cup 2024: Jelang Perempat Final, Indonesia Perlu Waspadai Daya Juang Korea Selatan

Ricky Soebagdja mengingatkan Jonatan Christie cs untuk mewaspadai Korea Selatan di perempat final Thomas Cup 2024.

Arin Nabila | 02 May, 13:18

Best XI Liga 1 2023-2024

Liga 1

Skor Stats: Best XI Pekan 34 Liga 1 2023-2024, Dominasi Pemain Lokal

Susunan tim yang diisi para pemain dengan nilai penampilan tertinggi di pekan ke-34 Liga 1 2023-2024, lengkap dengan cadangan dan pelatih.

Sumargo Pangestu | 02 May, 13:12

Volleyball Nations League (VNL)

Other Sports

Update VNL 2024 Sektor Putri: Jadwal, Hasil, dan Klasemen

Rangkaian kompetisi sektor putri VNL 2024 berlangsung pada 14 Mei–23 Juni 2024 dengan fase final digelar di Thailand.

Doddy Wiratama | 02 May, 12:52

Load More Articles