Pesepak Bola Peraih Ballon d'Or Terkaya sampai Termiskin

Tri Cahyo Nugroho

Editor: Tri Cahyo Nugroho

Cristiano Ronaldo, Luis Figo, dan Karim Benzema mampu menyelaraskan raihan Ballon d'Or dengan kekayaan namun tidak dengan Ronaldinho. (Jovi Arnanda/Skor.id)
Cristiano Ronaldo, Luis Figo, dan Karim Benzema mampu menyelaraskan raihan Ballon d'Or dengan kekayaan namun tidak dengan Ronaldinho. (Jovi Arnanda/Skor.id)

SKOR.idLionel Messi resmi merebut trofi Ballon d’Or 2023 dalam acara malam penganugerahan yang dilangsungkan di Theatre Du Chatelet, Paris, Prancis pada Selasa (31/10/2023) dini hari WIB. 

Ini menjadi Ballon d’Or kedelapan bagi penyerang Inter Miami CF dan kapten Timnas Argentina berusia 36 tahun tersebut, sekaligus kian mengokohkan dirinya sebagai pemenang gelar Pesepak Bola Terbaik Dunia terbanyak. 

Sejak kali pertama diadakan pada 1956, sudah 45 nama berbeda yang mampu merebut Ballon d’Or. Sebagian besar dari para peraih Ballon d’Or itu kini menjalalni kehidupan dengan kekayaan melimpah. Namun, ada juga yang jatuh miskin dan tersangkut masalah hukum.

Skor.id coba merangkum sejumlah peraih Ballon d’Or yang hingga kini masih hidup bergelimang harta. Juga satu nama yang secara ekonomi kini terpuruk. 

Cristiano Ronaldo (5 Ballon d’Or) – 363 juta pounds

Selain menjadi atlet paling populer – dengan lebih dari 876 juta pengikut media sosial – Cristiano Ronaldo juga merupakan olahragawan dengan bayaran terbaik di dunia. 

Bintang Portugal, yang telah memenangi Ballon d’Or lima kali ((2008, 2013, 2014, 2016, 2017), diperkirakan memiliki kekayaan bersih sebesar 363 juta poundsterling (sekira Rp7 triliun). 

Pada bulan Desember 2022, Ronaldo menandatangani kontrak dua setengah tahun dengan klub Liga Arab Saudi, Al Nassr, berani menggaajinya 62 juta pounds setahun.

Berkat berbagai peluang komersial yang terlibat dalam kesepakatan tersebut, diperkirakan Ronaldo bisa mendapatkan sebanyak 173 juta untuk setiap tahun dia bersama tim.

Pemain berusia 38 tahun ini juga memiliki kontrak seumur hidup dengan Nike, yang dimulai pada tahun 2003, senilai 1 miliar pounds.

Selain meminjamkan namanya ke merek lain, Ronaldo juga punya kerajaan bisnis sendiri. Di dalamnya terdapat dua hotel, pakaian dalam, selimut CR7, alat fitnes wajah, dan sampo.

Lionel Messi (8) – 105 juta pounds

Dianggap sebagai salah satu pesepak bola terhebat sepanjang masa, tidak mengherankan jika Lionel Messi memenangi Ballon d'Or sebanyak delapan kali (2009, 2010, 2011, 2012, 2015, 2019, 2021, 2023). 

Mantan pemain FC Barcelona dan Paris Saint-Germain (PSG) itu pindah ke Inter Miami CF milik David Beckham pada bulan Juni setelah menandatangani kontrak awal selama dua setengah tahun. Dia diyakini berpenghasilan sekitar 35-47 juta pounds per tahun.

Kekayaan bersih Messi pada awal tahun 2023 diperkirakan mencapai 105 juta pounds, menurut majalah Forbes. Jumlah tersebut tidak diragukan lagi meningkat sejak kepindahannya ke Inter Miami. 

Selain gaji sepak bolanya, pemain berusia 36 tahun ini juga memiliki sejumlah sponsor dan kesepakatan merek yang membantu meningkatkan penghasilannya. 

Dia menandatangani kontrak seumur hidup dengan Adidas pada tahun 2017, senilai 20,4 juta pounds per tahun, dan juga merupakan duta global untuk Pepsi.

Mengenai usaha pribadinya, Messi merilis label pakaian mewahnya bersama saudara perempuan Tommy Hilfiger, Ginny Hilfiger pada tahun 2019. 

Dia juga menjadi pengusaha hotel pada tahun 2017 setelah membeli MiM Sitges di resor pantai dekat Barcelona seharga £26 juta. MiM juga telah membuka perusahaan lain di Ibiza, Mallorca, Baqueira dan Sotogrande.

Kaka (1) – 74 juta pounds

Sebelum Cristiano Ronaldo dan Messi memonopoli trofi Ballon d’Or selama lebih dari satu dekade, pemain terakhir yang mengalahkan mereka adalah legenda Brasil, Kaka

Mantan playmaker top yang kini berusia 41 tahun itu memenangkan Ballon d’Or pada tahun 2007, tahun yang sama ia menjadi pencipta gol kemenangan AC Milan di final Liga Champions melawan Liverpool FC. 

Dua tahun sebelumnya, Kaka kembali menyiksa raksasa Inggris tersebut di Istanbul. Namun The Reds berhasil membalikkan keadaan dalam salah satu pertandingan paling dramatis sepanjang masa.

Setelah pensiun pada tahun 2017, Kaka dilaporkan masih memiliki kekayaan 74 juta pounds, sebagian berkat banyaknya pengikut media sosialnya. 

Dia adalah atlet pertama yang memperoleh lebih dari 10 juta pengikut di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, dan memiliki 22,7 juta penggemar di Instagram.

Bintang cerdas ini telah mencapai kesepakatan yang menguntungkan dengan perusahaan teknologi pintar Global OPPO, American Tourister, dan Playstation, yang baru-baru ini ia bintangi dalam promo bersama Gareth Bale.

Karim Benzema (1) – 62,5 juta pounds

Mantan penyerang tengah Real Madrid CF Karim Benzema memenangi Ballon d'Or pada tahun 2022 dan memiliki kekayaan sekitar 62 juta pounds, menurut Celebrity Net Worth

Pemain berkebangsaan Prancis itu dilaporkan memperoleh 275 ribu pounds sepekan saat bermain untuk klub raksasa Spanyol, sebelum meninggalkan klub itu pada bulan Juni setelah 14 tahun bersama. 

Dia menandatangani kesepakatan besar untuk bergabung dengan klub Liga Arab Saudi Al Ittihad, dan sekarang menerim tidak kurang dari 3,3 juta pounds per pekan!

Benzema dikenal suka menghamburkan uang, menghadiri pesta penghargaan tahun lalu dengan mengenakan jam tangan Richard Mille senilai 435 ribu pounds (sekira Rp8,4 miliar).

Dalam pidato kemenangannya, Benzema, 35, mengatakan: “Melihat hadiah ini di hadapan saya membuat saya sangat bangga. Itu adalah impian masa kecil saya dan semua pekerjaan yang telah saya lakukan, saya tidak pernah menyerah.”

Michael Owen (1) – 54,4 juta pounds

Michael Owen, yang membawa pulang Ballon d'Or pada tahun 2001, dilaporkan memiliki kekayaan sebesar 54,4 juta pounds.

Mantan striker berusia 43 tahun ini pernah bermain untuk klub-klub seperti Liverpool FC, Real Madrid CF, Newcastle United, Manchester United, dan Stoke City selama kariernya yang gemilang sebelum pensiun pada tahun 2013. 

Sejak gantung sepatu itu, dia bekerja sebagai pakar dan analis sepak bola di BT Sport. Owen juga terlibat dalam pembiakan kuda balap dan mendirikan Manor House Stables, fasilitas pelatihan kuda pacu di Cheshire, bersama istrinya Louise.

Zinedine Zidane (1) – 52 juta pounds

Bintang Timnas Prancis yang menginspirasi timnya meraih kemenangan Piala Dunia pada 1998, Zinedine Zidane, berhasil memenangi Ballon d’Or pada tahun yang sama.  

Menyusul kesuksesan karier sepak bolanya sebagai pemain, Zidane lalu terjun ke dunia manajemen, pertama bersama Real Madrid Castilla dan kemudian skuad senior.

Sebagai pelatih, ia membawa Madrid memenangi Liga Champions tiga kali beruntun pada 2015–2016, 2016–2017, dan 2017–2018.

Zidane lalu mengumumkan pengunduran dirinya pada tahun 2018, sebelum kembali 10 bulan kemudian. Namun dia hengkang untuk kedua kalinya pada musim panas 2021.

Zidane, 51, memperoleh 2,3 juta pounds setahun sebagai manajer Real Madrid, yang berlipat ganda ketika ia menghidupkan kembali tim pada akhir musim 2015-2016.

Meskipun saat ini menganggur, kekayaan bersih Zidane dilaporkan sebesar 52 juta pounds. Kesepakatan dukungan dengan merek seperti Adidas, Louis Vuitton, dan Christian Dior telah berkontribusi terhadap pendapatannya.

Luis Figo (1) – 41 juta pounds

Transfer kontroversial pemain Portugal Luis Figo dari FC Barcelona ke rival Real Madrid pada 2000 — tahun ia mengantongi Ballon d’Or — memecahkan rekor dunia transfer saat itu sebesar 50 juta pounds.

Figo menikmati kesuksesan besar di Madrid dengan memperoleh 3,74 juta pounds per tahun, dengan mencetak 45 gol dan 58 assist dalam 249 penampilan selama lima tahun bertugas.

Mantan winger yang kini berusia 50 tahun itu sekarang memiliki kekayaan sekira 41 juta pounds menurut Idol Net Worth. Ia bergabung dengan UEFA pada 2017 dengan menjadi penasihat dan mempromosikan kompetisi di seluruh dunia.

“Luis Figo adalah pemain fantastis yang menjadi teladan dalam berperilaku baik di dalam maupun di luar lapangan,” kata Presiden UEFA saat itu. 

“Dia adalah sosok yang sangat dihormati dalam sepak bola dan saya sangat senang dia bergabung dengan tim kami. Pengalaman sepak bolanya yang luar biasa akan menjadi aset yang sangat berharga bagi UEFA.”

Fabio Cannavaro (1) – 36 juta pounds

Mantan kapten Timnas Italia Fabio Cannavaro, yang memenangi Piala Dunia dan Ballon d’Or pada 2006, disinyalir memiliki kekayaan senilai 36 juta pounds.

Mantan pemain yang kini berusia 50 tahun itu dianggap sebagai salah satu bek terbaik sepanjang masa sebelum pensiun pada tahun 2011.

Cannavaro sekarang menjadi pelatih sepak bola profesional dan pernah melatih tim-tim di Timur Tengah dan Cina. Ia sempat ditunjuk sebagai manajer Timnas Cina pada tahun 2019 dan baru-baru ini, ia menjadi pelatih kepala klub Serie B Benevento. 

Sebelumnya dilaporkan bahwa Cannavaro adalah manajer dengan bayaran tertinggi di Liga Super Cina, tempatnya melatih selama lima musim, dan manajer dengan bayaran tertinggi keempat di dunia, dengan penghasilan 10,6 juta pounds setahun.

Ronldinho (1) – Tidak jelas

Pemenang Piala Dunia 2002 Ronaldinho sebelumnya dilaporkan memiliki kekayaan bersih hingga 80 juta pounds. Namun, ia kemudian kehilangan ribuan dolar Amerika karena utang yang sangat besar.

Peraih Ballon d’Or 2005 itu dilaporkan hanya memiliki 5 pounds di rekeningnya pada 2018 — tahun yang sama ketika dia mengumumkan pensiun dari sepak bola — sementara utangnya mencapai 1,75 juta pounds.

Mantan winger yang kini berusia 43 tahun itu didenda berat karena pembangunan ilegal di kawasan yang dilindungi di negara asalnya, Brasil. 

Setelah menggadaikan kembali propertinya, Ronaldinho masih tidak mampu menutupi utangnya karena tingginya tingkat bunga hingga akhirnya hakim memerintahkan agar paspornya disita. 

Pada tahun 2020, Ronaldinho ditahan di sebuah penjara di Paraguay karena diduga mencoba memasuki negara tersebut dengan dokumen palsu.

RELATED STORIES

Rapor Lionel Messi dalam 8 Ballon d'Or, 2 Bola Emas di Antaranya Kontroversial

Rapor Lionel Messi dalam 8 Ballon d'Or, 2 Bola Emas di Antaranya Kontroversial

Lionel Messi mencatat sejumlah pencapaian terbaik dari setiap Ballon d'Or yang diraihnya, namun ada dua yang dinilai cukup kontroversial.

Ballon d'Or, Gelar Spesial Lionel Messi setelah Piala Dunia 2022

Ballon d'Or, Gelar Spesial Lionel Messi setelah Piala Dunia 2022

Lionel Messi merebut gelar Ballon d'Or 2023, meneruskan kesuksesan meraih gelar Piala Dunia 2022.

Ballon d'Or 2023: Pesta Lionel Messi hingga Jude Bellingham

Lionel Messi meraih gelar Ballon d'Or 2023, sedangkan Jude Bellingham merebut Kopa Trophy.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Logo Yu-Gi-Oh

Esports

Yu-Gi-Oh OCG Duel Monsters Luncurkan Creation Pack 04 English Edition

Produk ini berisi kartu populer, dan kartu yang berguna dalam Duel kartu sebenarnya.

Gangga Basudewa | 29 Apr, 12:30

pemain indonesia di eropa

National

Rapor Pemain Indonesia di Eropa: 4 Nama Main Penuh, Sandy Walsh dan Jay Idzes Menang

Lima pemain di Belanda, tiga pada Belgia, satu di Inggris, dan satu Italia, pada periode akhir April 2024.

Taufani Rahmanda | 29 Apr, 12:23

Kiko Kostadinov x Asics US5-S Gel-Quantum Kinetic Akan Debut Mei 2024 (Yusuf/Skor.id).

Sneakers

Sneaker Kiko Kostadinov x Asics US5-S Gel-Quantum Kinetic Akan Debut Mei

Kiko Kostadinov x Asics US5-S Gel-Quantum Kinetic menampilkan dua jalur warna dinamis.

Kunta Bayu Waskita | 29 Apr, 12:19

Bursa transfer futsal atau pergerakan keluar-masuk pemain di Liga Futsal Indonesia. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

National

Update Bursa Transfer Paruh Musim Pro Futsal League 2023-2024

Aktivitas 12 tim peserta Pro Futsal League 2023-2024 pada bursa transfer paruh musim, yang terus diperbaharui.

Taufani Rahmanda | 29 Apr, 11:31

Liga 1 2023-2024. (M. Yusuf/Skor.id)

Liga 1

Liga 1 2023-2024: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Klub Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Liga 1 2023-2024 yang terus diperbarui seiring berjalannya kompetisi, plus profil tim peserta.

Taufani Rahmanda | 29 Apr, 11:24

BTR Vivian (Yusuf/Skor.id)

Esports

Kata BTR Vivian Jadi Player Wanita Esports Pertama yang Tampil di The Sphere Las Vegas

Vivian bersanding bersama dengan pemain bintang dari tim AP Bren, David "FlapTzy" Canon.

Gangga Basudewa | 29 Apr, 09:27

Gerakan dalam tarian bisa membuat tubuh lebih sehat dan bugar (Yusuf/Skor.id).

All Culture

Hari Tari Internasional 2024: Manfaat Menari untuk Kesehatan

Zumba, hip-hop, salsa, dan balet semuanya bisa menjadi olahraga yang menyenangkan.

Kunta Bayu Waskita | 29 Apr, 07:51

Turnamen Mobile Legends, MPL Indonesia Season 13. (Yusuf/Skor.id)

Esports

Bandingkan MPL ID Season 13 dengan MPL PH, Razeboy: Di Sini Mepet-mepet

Satu kemenangan atau satu kekalahan bisa menentukan posisi di klasemen MPL ID Season 13.

Gangga Basudewa | 29 Apr, 07:24

Kylian Mbappe, bintang Paris Saint-Germain yang akan pergi setelah musim berakhir. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

World

Kylian Mbappe Berpeluang Memberikan Kado Perpisahan Indah bagi PSG

Kylian Mbappe telah mencatat rekor gol dalam semusim, lalu berpeluang membawa Paris Saint-Germain juara Liga Champions dan Piala Prancis.

Irfan Sudrajat | 29 Apr, 03:18

Liga TopSkor

Garnier Men Liga TopSkor U-17: Kalahkan Palapa Maverick, Pelatih BJSS Puji Mental Pemain

BJSS Kalahkan Palapa Maverick dengan skor 2-0 di Lapangan ASIOP Training Ground, Sentul, Kabupaten Bogor, Minggu (28/4/2024).

Nizar Galang | 29 Apr, 02:51

Load More Articles