Murah dan Simpel, Begini Cara Olahraga Dapat Meningkatkan Kesehatan Mental Anda

Nurul Ika Hidayati

Editor:

  • Olahraga sering kali menjadi media untuk menjadi bugar dan sehat.
  • Aktivitas fisik ini juga dapat membantu meningkatkan kesehatan mental.
  • Berikut ini tujuh cara olahraga bisa membantu meningkatkan kesehatan mental Anda.

SKOR.id - Olahraga sering dianggap sebagai cara untuk tetap bugar dan sehat, tetapi pada kenyataannya aktivitas ini juga dapat membantu meningkatkan kesehatan mental.

Olahraga dapat meningkatkan suasana hati, mengurangi stres dan kecemasan, serta meningkatkan rasa percaya diri.

Mereka menyediakan jalan keluar untuk energi yang terpendam sekaligus memungkinkan kita untuk terhubung dengan orang-orang dengan minat yang sama.

Berikut beberapa cara olahraga dapat membantu meningkatkan kesehatan mental Anda.

*ITU MEMBUAT ANDA KELUAR DARI RUMAH
Jika Anda bergumul dengan depresi, kecemasan, atau masalah kesehatan mental lainnya, mungkin agak sulit untuk keluar rumah.

Kesibukan sehari-hari dari pekerjaan dan tanggung jawab keluarga bisa terasa seperti siklus tanpa akhir yang membuat Anda tidak melakukan sesuatu yang menyenangkan atau meluangkan waktu untuk diri sendiri.

Namun, kadang-kadang, yang diperlukan hanyalah satu perubahan kecil untuk membantu memecah kebosanan itu.

Olahraga adalah cara yang murah untuk melakukan hal itu. Mereka memungkinkan orang untuk pergi keluar daripada tinggal sendirian di rumah. Tinggal sendirian dapat menyebabkan kesepian, yang dapat memicu masalah kesehatan mental.

Menurut data dari artikel di situs National Public Radio (NPR), 3 dari 5 orang Amerika merasa kesepian. Ini terutama terjadi setelah pandemi Covid-19.

Banyak olahraga memungkinkan Anda untuk bertemu orang baru di luar lingkaran sosial Anda yang biasanya, yang dihadapi banyak orang dengan penyakit mental karena takut dihakimi atau ditolak oleh orang lain.

Dan terakhir, keluar ke alam untuk menghirup udara segar juga dapat membantu meredakan gejala depresi dan memperbaiki suasana hati Anda.

*MEMBANTU MERINGANKAN STRES
Berpartisipasi dalam aktivitas fisik dapat membantu melepaskan endorfin, hormon yang dapat membantu mengurangi stres dan memperbaiki suasana hati.

Selain itu, olahraga juga dapat memberikan pelampiasan emosi, seperti kemarahan atau frustrasi, yang dapat membantu mengurangi stres.

Olahraga juga dapat mengalihkan perhatian dari stres sehari-hari dan dapat membantu memberikan rasa pencapaian.

Terakhir, olahraga dapat membantu menciptakan rasa kebersamaan, yang dapat membantu mengurangi stres dengan memberikan rasa memiliki dan dukungan. Manfaat ini dapat meredakan stres sedang dan meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan.

Meski olahraga adalah cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan mental, ini mungkin tidak selalu berhasil. Dalam kasus seperti itu, yang terbaik adalah menemukan taman olahraga populer dan mencoba berinteraksi dengan lebih banyak orang.

Tetapi jika itu tidak berhasil, Anda harus segera berkonsultasi dengan terapis. Anda dapat mencari terapis berpengalaman untuk membantu Anda mengidentifikasi apa yang menyebabkan masalah kesehatan mental dan mengatasinya.

*BERTEMU DENGAN ORANG-ORANG YANG MEMILIKI MINAT YANG SAMA
Olahraga adalah cara yang bagus untuk bertemu orang baru, baik di gym atau dalam tim. Banyak pelari dan pengendara sepeda bergabung dengan klub tempat mereka dapat bertemu dengan atlet lain yang memiliki minat yang sama.

Bahkan jika Anda tidak memiliki tim resmi di sekolah atau komunitas Anda, bergabung dengan liga intramural adalah tempat yang bagus untuk memulai.

Ini memungkinkan Anda untuk mengenal orang lain dengan minat yang sama dan berteman yang dapat membantu memotivasi satu sama lain dalam praktik.

Berpartisipasi dalam olahraga memungkinkan Anda membangun teman. Persahabatan bisa menjadi penguat kesehatan mental yang sangat baik.

Ketika Anda memiliki seseorang yang dapat Anda ajak bicara, itu juga dapat membantu meningkatkan kesehatan mental Anda. Menurut situs web National Institutes of Health (NIH), menghabiskan waktu bersama teman sangatlah penting untuk menjaga kesehatan mental yang baik, terutama bagi mereka yang menghadapi kecemasan atau depresi.

Penting juga untuk tidak melupakan mereka yang mungkin tidak dapat terlibat dalam olahraga terorganisir, penyandang disabilitas, misalnya. Ini mungkin tampak seperti sesuatu yang hanya dilakukan oleh orang yang berbadan sehat.

Tetap, ada banyak kesempatan bagi semua orang yang tertarik untuk tetap aktif, meskipun mereka memiliki keterbatasan fisik dalam aktivitas apa yang dapat mereka lakukan.

*MENINGKATKAN MOOD ANDA
Salah satu manfaat olahraga yang paling jelas adalah kemampuannya untuk meningkatkan suasana hati Anda.

Seperti halnya aktivitas lain yang membuat Anda merasa baik, olahraga melepas endorfin, zat kimia di otak yang dilepaskan selama pengalaman positif. Endorfin ini juga dapat membantu meredakan stres dan kecemasan, bahkan mengurangi gejala depresi.

Selain meningkatkan mood Anda melalui reaksi kimia alami, olahraga teratur dapat meningkatkan kualitas tidur, faktor lain yang memengaruhi kesehatan secara keseluruhan.

Kemampuan olahraga untuk meningkatkan suasana hati bermanfaat bagi mereka yang menderita masalah kesehatan mental seperti depresi atau gangguan kecemasan.

Meskipun kondisi ini sering memerlukan perawatan oleh profesional medis, memasukkan olahraga ke dalam gaya hidup Anda adalah cara mudah untuk menjaga kesehatan mental dan membuat diri Anda lebih bahagia secara keseluruhan.

*ITU MENINGKATKAN HARGA DIRI
Orang yang berolahraga secara teratur lebih cenderung percaya diri dan memiliki tingkat harga diri yang lebih tinggi. Olahraga dapat membantu Anda merasa lebih baik tentang diri Anda dan kemampuan Anda, meningkatkan kepercayaan diri Anda.

Olahraga meningkatkan endorfin, bahan kimia otak yang membuat Anda merasa bahagia, sekaligus menurunkan jumlah kortisol dalam tubuh Anda. Semua faktor ini bergabung untuk meningkatkan rasa kesejahteraan Anda secara keseluruhan dengan memberi kami pandangan hidup yang positif secara menyeluruh.

Disarankan untuk bermain olahraga individu untuk self-esteem. Olahraga tim punya manfaat sendiri, seperti membantu menjalin pertemanan serta mengembangkan semangat tim. Tetapi dalam hal kepercayaan diri dan harga diri, olahraga individu lebih unggul.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam situs web NCBI mempelajari dua kelompok individu, yakni satu yang berpartisipasi dalam olahraga tim dan satu lagi yang berpartisipasi dalam olahraga individu.

Studi itu menyimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada hasil kedua kelompok, dengan atlet yang berpartisipasi dalam olahraga individu menunjukkan harga diri yang tinggi.

*MENGURANGI WAKTU DIHABISKAN DI DEPAN LAYAR
Saat Anda bermain olahraga, fokus Anda adalah pada permainan. Anda tidak menghabiskan waktu untuk menelusuri media sosial atau menonton TV. Ini memungkinkan pengurangan screen time dan lebih banyak kesempatan untuk menghabiskan waktu di luar.

Olahraga merupakan bagian dari kegiatan ekstrakurikuler di sekolah dan perguruan tinggi. Berpartisipasi dalam kegiatan ini menyisakan sedikit waktu bagi anak-anak untuk terlibat dengan layar digital.

Ini dapat bermanfaat bagi kesehatan mental mereka. Menurut sebuah artikel CNN, remaja yang menghabiskan lebih banyak waktu dalam kegiatan ekstrakurikuler dibandingkan dengan layar digital memiliki kesehatan psikologis yang lebih baik.

KESIMPULAN
Jika Anda sedang mencari cara baru untuk meningkatkan kesehatan mental Anda, sangat membantu untuk melihat berbagai cara olahraga dan aktivitas fisik ini dapat menjadi alat yang berguna untuk rutinitas Anda.

Ada begitu banyak manfaat selain merasa lebih baik tentang diri sendiri. Juga meningkatkan dunia di sekitar kita. Jadi, jika Anda sedang mencari sesuatu yang baru, mengapa tidak mempertimbangkan untuk menambahkan beberapa aktivitas fisik ke dalam hidup Anda?***

Berita Entertainment Bugar Lainnya:

5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Menjajal Olahraga Powerlifting

Mengukur Berapa Banyak Olahraga yang Harus Dilakukan Berdasarkan Umur, Kata WHO

6 Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan yang Kurang Dikenal, tapi Paling Banyak Bakar Kalori dalam Sehari

Source: VGM

RELATED STORIES

10 Brain Foods untuk Bantu Meningkatkan Suasana Hati, Melawan Depresi, dan Banyak Lain

10 Brain Foods untuk Bantu Meningkatkan Suasana Hati, Melawan Depresi, dan Banyak Lain

Diet yang tepat juga berlaku untuk kesehatan mental, dengan psikiatri nutrisi - masih merupakan bidang khusus dalam kedokteran - berfokus pada makanan tertentu untuk meningkatkan suasana hati dan mencegah atau mengurangi masalah seperti kecemasan dan depresi.

Studi Terbaru, Nutrisi Ini Dapat Mengurangi Risiko Batu Ginjal Berulang

Studi Terbaru, Nutrisi Ini Dapat Mengurangi Risiko Batu Ginjal Berulang

Studi menemukan asupan nutrisi tertentu yang lebih rendah dikaitkan dengan kemungkinan lebih besar dari batu ginjal bergejala.

Telanjang Dada dan Bercelana Pendek, Andre Schurrle Uji Ketahanan Fisik pada Suhu -19 Derajat Celsius

Telanjang Dada dan Bercelana Pendek, Andre Schurrle Uji Ketahanan Fisik pada Suhu -19 Derajat Celsius

Andre Schurrle membuat eks rekan setimnya di Chelsea, Didier Drogba terpana dengan berlatih setengah telanjang dalam suhu -19 derajat.

Jangan Membuang Kulit Buah Nanas: Ini Semua Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan

Kulit nanas, memiliki khasiat nutrisi, termasuk serat dalam jumlah besar, mencegah sembelit, dan juga menghasilkan sensasi kenyang.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Euro 2024 (Piala Eropa 2024). (Jovi Arnanda/Skor.id)

World

Euro 2024: Semua Hal yang Harus Kamu Tahu tentang Turnamen Ini

Berikut ini adalah semua hal tentang Euro 2024 (Piala Eropa 2024), dari daftar tim hingga stadion digelarnya turnamen ini.

Pradipta Indra Kumara | 29 May, 21:49

Fafage Banua, klub peserta kompetisi futsal profesional kasta tertinggi di Indonesia untuk kategori putra atau Pro Futsal League. (M Yusuf/Skor.id)

National

Dirtek Fafage Banua Respons Start Buruk di Putaran Kedua Pro Futsal League 2023-2024

Fafage Banua menelan dua kekalahan beruntun di awal putaran kedua Pro Futsal League 2023-2024.

Sumargo Pangestu | 29 May, 21:32

New Balance 1906R “Rosewater” akan dirilis pada 31 Mei 2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Culture

Action Bronson Ungkap Makna di Balik New Balance 1906R ‘Rosewater’

New Balance 1906R “Rosewater” akan dirilis pada 31 Mei 2024.

Tri Cahyo Nugroho | 29 May, 21:01

Sejumlah latihan dan olahraga yang ringan bisa membantu orang-orang lanjut usia tetap sehat. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Culture

Hari Lanjut Usia Nasional: Olahraga yang Cocok untuk Lansia

Bagi orang lanjut usia, olahraga dan nutrisi menjadi bagian penting dari gaya hidup sehat.

Tri Cahyo Nugroho | 29 May, 20:44

cover Timnas U-20 Indonesia. (Hendy AS/Skor.id)

Timnas Indonesia

Termasuk Jens Raven, 5 Pemain Keturunan Sudah Gabung Timnas U-20 Indonesia di Italia

Lima pemain keturunan yang dipanggil pelatih Timnas U-20 Indonesia, Indra Sjafri, sudah bergabung dalam pemusatan latihan di Como, Italia.

Teguh Kurniawan | 29 May, 18:43

Other Sports

Minim Persiapan, Nusrtdinov Zayan Fatih Borong 3 Medali di President Challenge Cup Malaysia

Atlet berkuda Indonesia Nusrtdinov Zayan Fatih, yang masih berusia 14 tahun, tak berhenti mencatatkan pencapaian positif.

Sumargo Pangestu | 29 May, 17:43

Vincent Kompany pelatih baru Bayern Munchen. (Jovi Arnanda/Skor.id).

World

Ada Peran Guardiola, Bayern Munchen Angkat Vincent Kompany sebagai Pelatih

Vincent Kompany resmi sebagai pelatih Bayern Munchen, Rabu (29/5/2024) dengan kontrak hingga Juni 2027.

Irfan Sudrajat | 29 May, 17:37

Enzo Maresca akan menangani Chelsea. (Jovi Arnanda/Skor.id).

Liga Inggris

Enzo Maresca Setuju Melatih Chelsea, Segera Tanda Tangan Kontrak

Chelsea akan segera memperkenalkan Enzo Maresca sebagai pelatih baru mereka menggantikan Mauricio Pochettino.

Irfan Sudrajat | 29 May, 16:32

Persiraja Banda Aceh - M Yusuf - Skor.id

Liga 2

Persiraja Pertimbangkan Berkandang di Pidie Musim Depan, Disparpora Sambut Baik

Persiraja Banda Aceh mempertimbangkan kandang alternatif untuk Liga 2 musim depan, salah satunya Stadion Kuta Asan, Sigli.

Teguh Kurniawan | 29 May, 16:22

Sergio Ramos, Marco Asensio, dan Pedro Porro, hanya beberapa nama top yang tak masuk skuad Spanyol untuk Euro 2024. (Dede S. Mauladi/Skor.id)

World

Sederet Nama Besar Spanyol Tidak Terpilih ke Euro 2024

Pelatih Timnas Spanyol Luis de la Fuente mempertahankan 11 pemain yang dibawa pendahulunya Luis Enrique ke Piala Dunia 2022.

Tri Cahyo Nugroho | 29 May, 16:00

Load More Articles