Murah dan Simpel, Begini Cara Olahraga Dapat Meningkatkan Kesehatan Mental Anda

Nurul Ika Hidayati

Editor:

  • Olahraga sering kali menjadi media untuk menjadi bugar dan sehat.
  • Aktivitas fisik ini juga dapat membantu meningkatkan kesehatan mental.
  • Berikut ini tujuh cara olahraga bisa membantu meningkatkan kesehatan mental Anda.

SKOR.id - Olahraga sering dianggap sebagai cara untuk tetap bugar dan sehat, tetapi pada kenyataannya aktivitas ini juga dapat membantu meningkatkan kesehatan mental.

Olahraga dapat meningkatkan suasana hati, mengurangi stres dan kecemasan, serta meningkatkan rasa percaya diri.

Mereka menyediakan jalan keluar untuk energi yang terpendam sekaligus memungkinkan kita untuk terhubung dengan orang-orang dengan minat yang sama.

Berikut beberapa cara olahraga dapat membantu meningkatkan kesehatan mental Anda.

*ITU MEMBUAT ANDA KELUAR DARI RUMAH
Jika Anda bergumul dengan depresi, kecemasan, atau masalah kesehatan mental lainnya, mungkin agak sulit untuk keluar rumah.

Kesibukan sehari-hari dari pekerjaan dan tanggung jawab keluarga bisa terasa seperti siklus tanpa akhir yang membuat Anda tidak melakukan sesuatu yang menyenangkan atau meluangkan waktu untuk diri sendiri.

Namun, kadang-kadang, yang diperlukan hanyalah satu perubahan kecil untuk membantu memecah kebosanan itu.

Olahraga adalah cara yang murah untuk melakukan hal itu. Mereka memungkinkan orang untuk pergi keluar daripada tinggal sendirian di rumah. Tinggal sendirian dapat menyebabkan kesepian, yang dapat memicu masalah kesehatan mental.

Menurut data dari artikel di situs National Public Radio (NPR), 3 dari 5 orang Amerika merasa kesepian. Ini terutama terjadi setelah pandemi Covid-19.

Banyak olahraga memungkinkan Anda untuk bertemu orang baru di luar lingkaran sosial Anda yang biasanya, yang dihadapi banyak orang dengan penyakit mental karena takut dihakimi atau ditolak oleh orang lain.

Dan terakhir, keluar ke alam untuk menghirup udara segar juga dapat membantu meredakan gejala depresi dan memperbaiki suasana hati Anda.

*MEMBANTU MERINGANKAN STRES
Berpartisipasi dalam aktivitas fisik dapat membantu melepaskan endorfin, hormon yang dapat membantu mengurangi stres dan memperbaiki suasana hati.

Selain itu, olahraga juga dapat memberikan pelampiasan emosi, seperti kemarahan atau frustrasi, yang dapat membantu mengurangi stres.

Olahraga juga dapat mengalihkan perhatian dari stres sehari-hari dan dapat membantu memberikan rasa pencapaian.

Terakhir, olahraga dapat membantu menciptakan rasa kebersamaan, yang dapat membantu mengurangi stres dengan memberikan rasa memiliki dan dukungan. Manfaat ini dapat meredakan stres sedang dan meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan.

Meski olahraga adalah cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan mental, ini mungkin tidak selalu berhasil. Dalam kasus seperti itu, yang terbaik adalah menemukan taman olahraga populer dan mencoba berinteraksi dengan lebih banyak orang.

Tetapi jika itu tidak berhasil, Anda harus segera berkonsultasi dengan terapis. Anda dapat mencari terapis berpengalaman untuk membantu Anda mengidentifikasi apa yang menyebabkan masalah kesehatan mental dan mengatasinya.

*BERTEMU DENGAN ORANG-ORANG YANG MEMILIKI MINAT YANG SAMA
Olahraga adalah cara yang bagus untuk bertemu orang baru, baik di gym atau dalam tim. Banyak pelari dan pengendara sepeda bergabung dengan klub tempat mereka dapat bertemu dengan atlet lain yang memiliki minat yang sama.

Bahkan jika Anda tidak memiliki tim resmi di sekolah atau komunitas Anda, bergabung dengan liga intramural adalah tempat yang bagus untuk memulai.

Ini memungkinkan Anda untuk mengenal orang lain dengan minat yang sama dan berteman yang dapat membantu memotivasi satu sama lain dalam praktik.

Berpartisipasi dalam olahraga memungkinkan Anda membangun teman. Persahabatan bisa menjadi penguat kesehatan mental yang sangat baik.

Ketika Anda memiliki seseorang yang dapat Anda ajak bicara, itu juga dapat membantu meningkatkan kesehatan mental Anda. Menurut situs web National Institutes of Health (NIH), menghabiskan waktu bersama teman sangatlah penting untuk menjaga kesehatan mental yang baik, terutama bagi mereka yang menghadapi kecemasan atau depresi.

Penting juga untuk tidak melupakan mereka yang mungkin tidak dapat terlibat dalam olahraga terorganisir, penyandang disabilitas, misalnya. Ini mungkin tampak seperti sesuatu yang hanya dilakukan oleh orang yang berbadan sehat.

Tetap, ada banyak kesempatan bagi semua orang yang tertarik untuk tetap aktif, meskipun mereka memiliki keterbatasan fisik dalam aktivitas apa yang dapat mereka lakukan.

*MENINGKATKAN MOOD ANDA
Salah satu manfaat olahraga yang paling jelas adalah kemampuannya untuk meningkatkan suasana hati Anda.

Seperti halnya aktivitas lain yang membuat Anda merasa baik, olahraga melepas endorfin, zat kimia di otak yang dilepaskan selama pengalaman positif. Endorfin ini juga dapat membantu meredakan stres dan kecemasan, bahkan mengurangi gejala depresi.

Selain meningkatkan mood Anda melalui reaksi kimia alami, olahraga teratur dapat meningkatkan kualitas tidur, faktor lain yang memengaruhi kesehatan secara keseluruhan.

Kemampuan olahraga untuk meningkatkan suasana hati bermanfaat bagi mereka yang menderita masalah kesehatan mental seperti depresi atau gangguan kecemasan.

Meskipun kondisi ini sering memerlukan perawatan oleh profesional medis, memasukkan olahraga ke dalam gaya hidup Anda adalah cara mudah untuk menjaga kesehatan mental dan membuat diri Anda lebih bahagia secara keseluruhan.

*ITU MENINGKATKAN HARGA DIRI
Orang yang berolahraga secara teratur lebih cenderung percaya diri dan memiliki tingkat harga diri yang lebih tinggi. Olahraga dapat membantu Anda merasa lebih baik tentang diri Anda dan kemampuan Anda, meningkatkan kepercayaan diri Anda.

Olahraga meningkatkan endorfin, bahan kimia otak yang membuat Anda merasa bahagia, sekaligus menurunkan jumlah kortisol dalam tubuh Anda. Semua faktor ini bergabung untuk meningkatkan rasa kesejahteraan Anda secara keseluruhan dengan memberi kami pandangan hidup yang positif secara menyeluruh.

Disarankan untuk bermain olahraga individu untuk self-esteem. Olahraga tim punya manfaat sendiri, seperti membantu menjalin pertemanan serta mengembangkan semangat tim. Tetapi dalam hal kepercayaan diri dan harga diri, olahraga individu lebih unggul.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam situs web NCBI mempelajari dua kelompok individu, yakni satu yang berpartisipasi dalam olahraga tim dan satu lagi yang berpartisipasi dalam olahraga individu.

Studi itu menyimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada hasil kedua kelompok, dengan atlet yang berpartisipasi dalam olahraga individu menunjukkan harga diri yang tinggi.

*MENGURANGI WAKTU DIHABISKAN DI DEPAN LAYAR
Saat Anda bermain olahraga, fokus Anda adalah pada permainan. Anda tidak menghabiskan waktu untuk menelusuri media sosial atau menonton TV. Ini memungkinkan pengurangan screen time dan lebih banyak kesempatan untuk menghabiskan waktu di luar.

Olahraga merupakan bagian dari kegiatan ekstrakurikuler di sekolah dan perguruan tinggi. Berpartisipasi dalam kegiatan ini menyisakan sedikit waktu bagi anak-anak untuk terlibat dengan layar digital.

Ini dapat bermanfaat bagi kesehatan mental mereka. Menurut sebuah artikel CNN, remaja yang menghabiskan lebih banyak waktu dalam kegiatan ekstrakurikuler dibandingkan dengan layar digital memiliki kesehatan psikologis yang lebih baik.

KESIMPULAN
Jika Anda sedang mencari cara baru untuk meningkatkan kesehatan mental Anda, sangat membantu untuk melihat berbagai cara olahraga dan aktivitas fisik ini dapat menjadi alat yang berguna untuk rutinitas Anda.

Ada begitu banyak manfaat selain merasa lebih baik tentang diri sendiri. Juga meningkatkan dunia di sekitar kita. Jadi, jika Anda sedang mencari sesuatu yang baru, mengapa tidak mempertimbangkan untuk menambahkan beberapa aktivitas fisik ke dalam hidup Anda?***

Berita Entertainment Bugar Lainnya:

5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Menjajal Olahraga Powerlifting

Mengukur Berapa Banyak Olahraga yang Harus Dilakukan Berdasarkan Umur, Kata WHO

6 Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan yang Kurang Dikenal, tapi Paling Banyak Bakar Kalori dalam Sehari

Source: VGM

RELATED STORIES

10 Brain Foods untuk Bantu Meningkatkan Suasana Hati, Melawan Depresi, dan Banyak Lain

10 Brain Foods untuk Bantu Meningkatkan Suasana Hati, Melawan Depresi, dan Banyak Lain

Diet yang tepat juga berlaku untuk kesehatan mental, dengan psikiatri nutrisi - masih merupakan bidang khusus dalam kedokteran - berfokus pada makanan tertentu untuk meningkatkan suasana hati dan mencegah atau mengurangi masalah seperti kecemasan dan depresi.

Studi Terbaru, Nutrisi Ini Dapat Mengurangi Risiko Batu Ginjal Berulang

Studi Terbaru, Nutrisi Ini Dapat Mengurangi Risiko Batu Ginjal Berulang

Studi menemukan asupan nutrisi tertentu yang lebih rendah dikaitkan dengan kemungkinan lebih besar dari batu ginjal bergejala.

Telanjang Dada dan Bercelana Pendek, Andre Schurrle Uji Ketahanan Fisik pada Suhu -19 Derajat Celsius

Telanjang Dada dan Bercelana Pendek, Andre Schurrle Uji Ketahanan Fisik pada Suhu -19 Derajat Celsius

Andre Schurrle membuat eks rekan setimnya di Chelsea, Didier Drogba terpana dengan berlatih setengah telanjang dalam suhu -19 derajat.

Jangan Membuang Kulit Buah Nanas: Ini Semua Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan

Kulit nanas, memiliki khasiat nutrisi, termasuk serat dalam jumlah besar, mencegah sembelit, dan juga menghasilkan sensasi kenyang.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

hoang anh tuan - vietnam u-23

World

Gantikan Philippe Troussier, Hoang Anh Tuan Pimpin Vietnam di Piala Asia U-23 2024

Kursi kepelatihan Timnas U-23 Vietnam yang kosong sepeninggal Philippe Troussier kini sudah menemukan tuan baru.

Teguh Kurniawan | 28 Mar, 18:58

Anda harus ekstra hati-hati saat mengonsumsi tiga ikan air tawar, yakni kakap putih, patin, dan nila serta mujair. (Dede Mauladi/Skor.id)

Culture

Hati-hati Saat Mengonsumsi 3 Ikan Air Tawar Ini

Meskipun tetap mengandung protein dan vitamin, Anda harus mewaspadai beberapa efeknya.

Tri Cahyo Nugroho | 28 Mar, 17:15

Liga TopSkor

Lima Alumni Liga TopSkor Panaskan Persaingan Seleksi Kedua Timnas U-16 Indonesia

Lima Alumni Liga TopSkor ikut dalam seleksi Timnas U-16 Indonesia tahap kedua.

Nizar Galang | 28 Mar, 16:10

Pelatih Timnas Putri Indonesia, Satoru Mochizuki.

Timnas Indonesia

Satoru Mochizuki: Skill Pesepak Bola Putri Indonesia Masih Lemah

Pelatih Timnas Putri Indonesia, Satoru Mochizuki, mengakui tugasnya ke depan bakal sangat berat.

Teguh Kurniawan | 28 Mar, 16:01

Liga 1 2023-2024. (M. Yusuf/Skor.id)

Liga 1

Liga 1 2023-2024: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Klub Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Liga 1 2023-2024 yang terus diperbarui seiring berjalannya kompetisi, plus profil tim peserta.

Taufani Rahmanda | 28 Mar, 15:39

Culture

Sejumlah Kejadian Aneh Kerap Muncul di Frontier Field, Kandang Rochester Red Wings

Red Wings menjadi penyewa penuh waktu Frontier Field mulai tahun 2005.

Tri Cahyo Nugroho | 28 Mar, 14:30

PSM Makassar vs Borneo FC di pekan ke-30 Liga 1 2023-2024 pada 29 Maret 2024. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Liga 1

Prediksi dan Link Live Streaming PSM Makassar vs Borneo FC di Liga 1 2023-2024

Laga lanjutan pekan ke-30 Liga 1 2023-2024 antara juara bertahan melawan calon kuat juara pada Jumat (29/3/2024) malam.

Taufani Rahmanda | 28 Mar, 13:55

ONIC Lutpiii (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Esports

ONIC Esports Promosikan Pemain dari MDL ke MPL

Dua kekalahan yang diterima ONIC Esports seakan membuat mereka berbenah.

Gangga Basudewa | 28 Mar, 12:55

KJTI komentari Jersey Terbaru Timnas Indonesia. (Jovi Arnanda.Skor.id)

Timnas Indonesia

Pendapat KJTI tentang Jersey Anyar Timnas Indonesia

KJTI pun mengampanyekan membeli jersey Timnas Indonesia yang asli bukan tiruan.

Arista Budiyono | 28 Mar, 12:25

Basket 3x3

Basketball

FIBA 3x3 Asia Cup 2024: Tim Putra dan Putri Indonesia Terhenti di Kualifikasi

Tim putra dan putri Indonesia gagal menembus babak utama FIBA 3x3 Asia Cup 2024 usai terhenti di fase kualifikasi.

Doddy Wiratama | 28 Mar, 12:21

Load More Articles