Mengenakan Masker Membantu Melindungi Anda Bahkan jika Orang Lain Tidak Memakainya

Nurul Ika Hidayati

Editor:

  • Mandat masker transportasi umum di Amerika dibatalkan di sejumlah wilayah.
  • Artinya orang tidak lagi harus memakai masker di transportasi umum dalam banyak kasus.
  • Tetapi apakah “masker satu arah” cukup untuk melindungi Anda dari tertular COVID?

SKOR.id - Seorang hakim federal di Florida membatalkan mandat masker transportasi umum Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS pada 18 April, yang berarti bahwa orang tidak lagi harus memakai masker di transportasi umum dalam banyak kasus.

Saat mandat itu berakhir, beberapa pakar kesehatan masyarakat menyarankan orang-orang agar tetap menggunakan masker di transportasi umum dan di area dalam ruangan yang ramai lainnya. Bahkan jika orang lain di sekitar mereka tidak mengenakannya.

Orang-orang yang berisiko tinggi untuk COVID-19 parah - termasuk mereka yang mengalami gangguan kekebalan atau memiliki kondisi kronis - mungkin harus tetap mengenakan masker berkualitas tinggi, meskipun tidak direkomendasikan untuk semua orang di daerah mereka, di bawah panduan CDC.

Tetapi apakah “masker satu arah” - atau mengenakan masker meskipun tidak ada orang lain di sekitar Anda yang melakukannya - benar-benar cukup untuk melindungi Anda dari kemungkinan tertular SARS-CoV-2, virus penyebab COVID-19?

“Masker satu arah jelas lebih baik daripada tidak sama sekali,” kata Emily Sickbert-Bennett, direktur pencegahan infeksi di UNC Medical Center - tetapi dia mengatakan itu juga tidak sebagus masker universal.

Dua Cara Berbeda
Masker dimaksudkan untuk bekerja dengan dua cara berbeda: dengan menahan kuman bagi pemakainya dan menyaring kuman orang lain.

Jika dua orang memakai masker yang menjebak sejumlah partikel yang mereka hembuskan, kemungkinan akan ada lebih sedikit kuman yang mengambang di udara bersama mereka, dan kedua orang tersebut akan memiliki peluang lebih rendah untuk sakit.

“Salah satu hal utama yang ingin Anda lakukan dalam pengendalian infeksi adalah dengan memblokir sumbernya,” kata Kimberly Prather, ahli aerosol dan ketua kimia atmosfer di University of California, San Diego. "Jangan pernah biarkan itu mengudara sejak awal."

Jika satu orang membuka masker dan bebas mengeluarkan kuman, beban perlindungan ada di masker orang lain.

Sementara masker kain dan bedah memberikan beberapa pertahanan dalam skenario ini, respirator seperti N95 dan KN95 dirancang untuk menyaring hampir semua partikel, menjadikannya pilihan terbaik dan paling protektif untuk masker satu arah.

Studi pemodelan yang diterbitkan dalam jurnal PNAS pada Desember 2021 memperkirakan kemungkinan orang bermasker, jatuh sakit setelah berbicara dengan orang yang tidak bertopeng yang menderita COVID-19.

Seseorang yang memakai masker bedah memiliki kemungkinan 90% terinfeksi setelah setengah jam (bahkan ketika duduk berjarak sekitar lima kaki dari orang yang sakit), sementara seseorang yang memakai respirator memiliki sekitar 20% kemungkinan setelah satu jam penuh, peneliti memperkirakan.

Jika orang yang sakit dan rekan mereka mengenakan respirator, risiko infeksi turun menjadi hanya 0,4% setelah satu jam.

Intinya, mengenakan masker yang berkualitas tinggi menawarkan perlindungan substansial bahkan jika orang lain tidak memakainya - tetapi masker dua arah bahkan lebih baik, menurut penelitian tersebut.

Sebuah studi CDC yang relatif kecil, yang diterbitkan pada Februari, memberikan beberapa data dunia nyata.

Ditemukan bahwa orang yang mengatakan mereka selalu mengenakan respirator di tempat umum di dalam ruangan, 83% lebih kecil kemungkinannya untuk dites positif COVID-19, dibandingkan dengan orang yang mengatakan mereka tidak memakai masker di dalam ruangan.

Orang yang memakai masker bedah 66% lebih kecil kemungkinannya dan orang bermasker kain 56% lebih kecil kemungkinannya untuk dites positif.

Tentu saja, seseorang yang memakai respirator di depan umum cenderung lebih berhati-hati tentang COVID-19 secara keseluruhan daripada seseorang yang membuka maskernya di dalam ruangan —dan datanya dilaporkan sendiri— tetapi penulis CDC masih menyimpulkan bahwa masker membantu mencegah orang yang memakainya terkena infeksi dan sakit.

Paling Protektif
Penutup seperti model N95 adalah masker paling protektif yang ada di pasaran, tapi masker ini hanya berfungsi maksimal jika terpasang dengan benar.

Respirator Anda harus membuat segel rapat di wajah Anda, tanpa celah yang memungkinkan udara masuk. (Para ahli mengatakan bahwa cara yang baik untuk menguji ini adalah dengan menangkupkan tangan Anda di dekat wajah Anda dan bernapas masuk dan keluar. Jika masker Anda pas, Anda tidak akan merasakan udara keluar.)

Ada juga banyak respirator tiruan yang dijual, jadi berhati-hatilah saat membeli. Kemasan untuk N95 asli akan ditandai dengan label persetujuan dari Institut Nasional untuk Keselamatan dan Kesehatan Kerja (NIOSH).

Proyek nirlaba N95 juga memiliki panduan tentang cara menemukan respirator asli, dan situs web Gedung Putih mengarahkan orang ke tempat untuk menemukan masker N95 gratis di daerah mereka.

Jika Anda tidak ingin memakai respirator tapi tetap ingin memakai masker di depan umum, Anda dapat membuat masker bedah lebih efektif dengan beberapa penyesuaian sederhana, kata Sickbert-Bennett.

Ikat loop telinga agar lebih pas, dan gunakan batang hidung logam untuk membantu masker menyesuaikan dengan kontur wajah Anda. (Sickbert-Bennett merekomendasikan menggunakan kedua tangan untuk menghaluskan palang di kedua sisi hidung Anda daripada mencubitnya, yang dapat membuat titik di batang hidung Anda yang memungkinkan udara masuk.)

Perlindungan Ekstra
Jika Anda memakai masker kain, lapisi masker bedah di atasnya untuk perlindungan ekstra.

Selain tetap up-to-date tentang vaksinasi COVID-19, “memiliki masker yang pas adalah hal terbaik yang dapat Anda lakukan” untuk melindungi diri Anda di tempat umum di dalam ruangan, kata Sickbert-Bennett.

Tapi itu tak mudah. Jika Anda berada di sekitar seseorang dengan COVID-19, banyak faktor yang dapat memengaruhi apakah Anda terinfeksi atau tidak: seberapa menularnya, jika mereka bertopeng, seberapa banyak perlindungan yang Anda miliki dari vaksin dan paparan sebelumnya, seberapa kuat sistem kekebalan Anda adalah, dan sebagainya.

Meskipun perlindungan satu arah tidak sempurna, Dr. Monica Gandhi, associate chief dari University of California, divisi HIV, penyakit menular, dan pengobatan global di San Francisco, berpendapat bahwa sekarang ini adalah strategi yang tepat karena vaksin dan booster yang sangat efektif telah tersedia dan dapat diakses secara luas di AS dan terapi tersedia untuk orang-orang yang tidak merespon dengan baik terhadap vaksinasi.

Mandat masker terbukti tidak sempurna, kata Gandhi. Beberapa memakai masker dengan tidak benar atau tidak sama sekali, sementara yang lain (awalnya atas desakan pejabat kesehatan masyarakat AS) memilih masker kain berkualitas lebih rendah.

Dia berpendapat inilah saatnya untuk mengenali kekurangan itu, beralih dari mandat, dan sebaliknya mendorong orang yang menginginkan perlindungan ekstra untuk memakai respirator berkualitas tinggi.

Tapi anggota masyarakat yang paling rentan mungkin menghadapi peningkatan risiko infeksi sekarang karena masker dilepas di sebagian besar ruang dalam ruangan bersama.

Anak-anak di bawah 5 tahun belum dapat divaksinasi, orang yang lebih tua serta mereka yang mengalami gangguan kekebalan mungkin masih berhati-hati agar tidak terinfeksi.

“Ini beban yang jauh lebih besar sekarang pada individu berisiko tinggi,” kata Prather.

Prather mengatakan dia akan merasa lebih nyaman tentang mandat masker yang berakhir jika AS memiliki standar yang lebih baik dalam mengukur kualitas udara dalam ruangan, ruang yang berventilasi baik, dan menyaring udara dalam ruangan publik.

Udara dalam ruangan yang lebih bersih dapat bertindak sebagai “masker untuk seluruh ruangan,” mengurangi atau bahkan menghilangkan kebutuhan individu akan masker yang sebenarnya, katanya.

Namun, sampai dan kecuali itu terjadi, memakai masker berkualitas tinggi di dalam ruangan adalah cara yang baik untuk membantu melindungi diri sendiri, bahkan jika orang lain tidak mengenakannya.***

Baca Berita Bugar Lainnya:

Apakah Masker Saya Melindungi Saya jika Tidak Ada Orang Lain yang Memakainya?

5 Hal yang Harus Diperhatikan saat Mencuci Masker Kain

Tata Cara Pakai Masker Rangkap Sesuai Anjuran Kemenkes

Source: yahoo.com

RELATED STORIES

Enam Fakta Menarik tentang Vagina yang Harus Diketahui Setiap Wanita

Enam Fakta Menarik tentang Vagina yang Harus Diketahui Setiap Wanita

Vagina adalah bagian penting dari anatomi wanita, tetapi banyak orang yang hanya tahu sedikit tentangnya.

5 Tips untuk Menanggapi Kemarahan dan Menghadapi Konfrontasi

5 Tips untuk Menanggapi Kemarahan dan Menghadapi Konfrontasi

Sejak momen Oscar antara Will Smith dan Chris Rock, orang-orang berbicara tentang rasa hormat, kemarahan, dan cara yang tepat untuk menanggapi seseorang yang membuat Anda atau orang yang Anda cintai kesal tanpa menggunakan kekerasan fisik.

Charles Leclerc Jalani Gaya Kepelatihan Super Gila untuk Menjadi yang Terbaik

Charles Leclerc Jalani Gaya Kepelatihan Super Gila untuk Menjadi yang Terbaik

Charles Leclerc yang memenangkan GP pertama musim Formula Satu, mengungkapkan rahasianya untuk menjadi pembalap papan atas.

Bagi Para Pria, Ada Cara yang Benar dan Salah untuk Membersihkan Penis Anda

Bagi Para Pria, Ada Cara yang Benar dan Salah untuk Membersihkan Penis Anda

Para ahli menyatakan penis adalah salah satu bagian tubuh yang sering diabaikan saat mandi, yang sebenarnya malah sangat mudah dilakukan.

Perlu Tahu, Beberapa Masalah Berikut Ini Memicu Serangan Kecemasan

Perlu Tahu, Beberapa Masalah Berikut Ini Memicu Serangan Kecemasan

Ini adalah serangan ketidaknyamanan atau ketakutan yang tiba-tiba dan intens yang mencapai tingkat maksimumnya dalam beberapa menit

Tak Pernah Menyerah, Cara Inspirasi Venus Williams untuk Hidup dengan Penyakit Autoimun

Saat bermain di US Open 2011, Venus Williams didiagnosis dengan Sindrom Sjogren, penyakit yang mempengaruhi kelenjar penghasil kelembapan tubuh.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Liga TopSkor

Garnier Men Liga TopSkor U-17: Kiki Hamdani Tampil Gacor, RMD Pastikan Juara Grup Skor di Putaran Pertama

Kemenangan RMD atas Bina Sentra pada pekan ke-12 dihiasi dengan brace Kiki Hamdani.

Sumargo Pangestu | 20 May, 16:44

PMSL SEA 2024 (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

Esports

PMSL SEA Summer 2024: Pembagian Grup Pekan Ketiga

Pekan Ketiga ini merupakan pekan terakhir untuk babak grup sebelum masuk ke Grand Final.

Gangga Basudewa | 20 May, 16:25

Nike Sabrina 2 pertama dengan jalur warna “Cave Purple” akan resmi diluncurkan pada 28 Juni 2024. (M Yusuf/Skor.id)

Sneakers

Nike Sabrina 2 Lebih Ringan daripada Pendahulunya

Nike Basketball resmi merilis Sabrina 2 pada 28 Juni 2024.

Tri Cahyo Nugroho | 20 May, 16:24

Terry Butcher dan Ossie Ardiles saat mempromosikan lelang Golden Ball Trophy 1986 milik Diego Maradona di Aguttes Auction House di Paris, Prancis, 6 Juni 2024. Inset: Diego Maradona dengan trofi Bola Emas. (M. Yusuf/Skor.id)

All Culture

Eks Kapten Timnas Inggris Ingin Beli dan Pecahkan Golden Ball Milik Diego Maradona

Trofi Bola Emas diberikan untuk Diego Maradona atas performanya pada Piala Dunia 1986.

Tri Cahyo Nugroho | 20 May, 16:12

Dengan segudang pemain berkualitas, Timnas Portugal layak difavoritkan juara di Euro 2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

World

Profil Tim Grup F Euro 2024: Portugal

Profil tim kontestan Euro 2024, Portugal, yang tergabung di Grup F bersama Rep. Ceko, Georgia, dan Turki.

Tri Cahyo Nugroho | 20 May, 15:45

RRQ. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

RRQ Valorant Umumkan Monyet sebagai Pemain Anyar

RRQ sebenarnya sudah mengincar Cahya sejak ia keluar dari Global Esports di tahun 2022.

Gangga Basudewa | 20 May, 15:29

Manchester City asuhan Pep Guardiola, juara Liga Inggris 2023-2024. (Yusuf/Skor.id).

Liga Inggris

Gigih di Akhir Musim Kunci Sukses Man City Juara Empat Kali Beruntun

Manchester City juara Liga Inggris 2023-2024 setelah menang atas West Ham United pada laga pekan ke-38, Minggu (19/5/2024) malam WIB.

Irfan Sudrajat | 20 May, 15:15

Anggota Komite Eksekutif PSSI yang sekaligus menjadi Ketua Badan Tim Nasional, Sumardji.

Timnas Indonesia

Laga Timnas Indonesia vs Tanzania Terbuka dan Bisa Disaksikan Langsung Suporter

Manajer Timnas Indonesia, Sumardji mengakui duel uji coba Timnas Indonesia vs Tanzania tidak digelar tertutup.

Sumargo Pangestu | 20 May, 14:55

Liga Inggris 2023-2024 dimulai sejak 11 Agustus 2023 lalu. (Zulhar Kurniawan/Skor.id).

Liga Inggris

Liga Inggris 2023-2024: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Klub Lengkap

Berikut ini klasemen Liga Inggris 2023-2024, jadwal dan hasil per pekan serta profil klub lengkap.

Irfan Sudrajat | 20 May, 14:49

Sluad Republik Ceko melakukan perubahan jelang tampil dalam Euro 2024 (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

World

Profil Tim Grup F Euro 2024: Republik Ceko

Ivan Hasek memperbarui skuad Republik Ceko dengan pemain yang lebih muda dan lebih “lapar”.

Kunta Bayu Waskita | 20 May, 14:45

Load More Articles