Mengapa Wanita Lebih Mungkin Terkena Lupus?

Nurul Ika Hidayati

Editor:

  • Diagnosis lupus rumit karena gejalanya bisa terlihat seperti kondisi lain.
  • Tak ada seperangkat kriteria diagnostik yang jelas untuk penyakit ini, tapi genetika, hormon, dan kromosom berperan.
  • Lupus secara tidak proporsional mempengaruhi wanita kulit berwarna.

SKOR.id - Bayangkan ini: seorang wanita muda mengunjungi dokter dengan keluhan lelah, nyeri sendi dan anemia. Dokter bilang pemicunya dia kehilangan darah dari menstruasi.

Dia diberi obat mengandung zat besi agar merasa lebih baik. Bahwa dia hanya lelah karena urusan dua orang anak dan pekerjaan. Jika dia tidur lebih banyak, dia akan memiliki lebih banyak energi.

Tetapi tidak ada satu pun yang membuat gejalanya membaik. Dia mengunjungi dokter lain yang memberi tahu bahwa dia mengalami depresi, infeksi virus, kelelahan kronis, atau masalah tiroid. Belakangan, terpikirlah soal penyakit Lupus.

Lupus adalah penyakit autoimun yang secara tidak proporsional mempengaruhi wanita: 9 dari 10 orang dewasa dengan lupus adalah wanita dan kebanyakan wanita yang mengembangkan lupus berusia antara 15 dan 44 tahun.

Skenario ini umum terjadi pada wanita dalam beberapa bulan -atau tahun- sebelum mereka didiagnosis dengan penyakit ini, kata Grant Hughes, MD, rheumatologist di Harborview Medical Center dan University of Washington (UWU) Medical Center.

Beberapa gejala lupus yang paling umum -kelelahan, nyeri sendi, demam- juga yang paling tidak spesifik, kata Hughes.

Diagnosis muncul sampai orang itu benar-benar sakit, dengan gejala seperti penyakit ginjal, arthritis yang melemahkan, atau kondisi kulit serius, yang pada akhirnya menuntun kebanyakan dokter untuk mulai berpikir tentang lupus.

“Biasanya orang sudah sakit berbulan-bulan, atau bertahun-tahun, sebelum ini,” katanya.

Apa itu lupus?
Lupus adalah penyakit yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh Anda menyerang jaringan dan organ Anda sendiri (penyakit autoimun).

Peradangan yang disebabkan oleh lupus dapat mempengaruhi banyak sistem tubuh yang berbeda: termasuk persendian, kulit, ginjal, sel darah, otak, jantung, dan paru-paru.

Lupus sulit didiagnosis karena tanda dan gejalanya sering mirip dengan penyakit lain.

Tanda paling khas - ruam wajah yang menyerupai sayap kupu-kupu yang membentang di kedua pipi – terjadi pada banyak kasus lupus, tetapi tidak semua.

Lupus eritematosus sistemik (LES) adalah bentuk paling umum dari lupus. Diagnosisnya rumit dan tidak ada satu pun registrasi nasional untuk melacak penyakit ini.

Perkiraan konservatif menunjukkan setidaknya 322.000 orang Amerika menderita SLE, kata Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit. Bentuk lainnya adalah cutaneous lupus erythematosus, drug-induced lupus erythematosus dan neonatal lupus.

Ketika kita memikirkan penyakit autoimun, kita sering memikirkan sistem kekebalan yang menyerang satu organ atau bagian tubuh tertentu. Tetapi lupus unik di antara penyakit autoimun karena merupakan penyakit sistemik, kata Hughes.

“Itu dapat menyerang banyak organ dan beberapa sistem tubuh pada saat yang sama, dan ia melakukannya dengan cara yang aneh,” katanya.

Alih-alih menargetkan sel atau jaringan khusus untuk satu organ, lupus menyasar molekul yang ditemukan di inti semua sel di seluruh tubuh.

Sistem kekebalan biasanya tidak memiliki akses ke bagian terdalam sel ini, kecuali ketika sel mati dan dikeluarkan dari tubuh, Hughes menjelaskan.

Dari darah ke kulit, hati, dan saluran pencernaan, banyak sel dalam tubuh yang berubah tiap hari. Dan saat itulah antibodi yang menyerang inti sel, yang disebut antibodi anti-nuklir (ANA) masuk.

“Komponen sel mati dan sekarat dalam sirkulasi bercampur dengan antibodi, yang kemudian disimpan di persendian, ginjal, kulit dan jaringan lain, yang memicu peradangan dan kerusakan pada organ,” kata Hughes.

Banyak orang dengan lupus merasakan sakit sepanjang waktu karena aktivasi tingkat rendah dari sistem kekebalan mereka, kata Hughes.

Rasanya seperti memiliki virus tiap hari dengan serangan penyakit yang lebih parah. Namun, lupus adalah salah satu penyakit autoimun yang paling bervariasi, dan gejalanya sangat bervariasi dari orang ke orang.

Sekitar 95 persen orang dengan lupus dites positif ANA, itulah sebabnya tes darah ini adalah salah satu cara paling akurat untuk membuat diagnosis. Tetapi hasil tes positif ANA saja tidak berarti Anda menderita SLE. Faktanya, Anda dapat memiliki antibodi ini di tubuh Anda dan menjadi benar-benar sehat, kata Hughes.

Untuk didiagnosis secara meyakinkan dengan SLE, Anda harus memenuhi empat dari 17 kriteria klasifikasi lupus klinis dan imunologis.

Kriteria ini sangat membantu untuk studi penelitian karena memastikan semua subjek benar-benar memiliki penyakit tersebut, kata Hughes, tetapi kriteria tersebut sangat spesifik sehingga terkadang orang terlewatkan.

Kecuali seorang dokter memiliki banyak pengalaman dalam mengobati lupus, kerumitan ini dapat membuat sulit untuk membuat diagnosis, katanya.

“Sayangnya, tidak ada kriteria diagnostik yang diterima secara luas untuk SLE, dan dokter dibiarkan menggunakan kriteria klasifikasi ini dan penilaian klinis terbaik mereka,” kata Hughes.

Gejala
Tidak ada dua kasus lupus yang persis sama. Tanda dan gejala dapat datang tiba-tiba atau berkembang perlahan, mungkin ringan atau berat, dan mungkin sementara atau permanen.

Kebanyakan orang dengan lupus memiliki penyakit ringan yang ditandai dengan episode - yang disebut flare - ketika tanda dan gejala memburuk untuk sementara waktu, lalu membaik atau bahkan hilang sama sekali untuk sementara waktu.

Tanda dan gejala penyakit lupus yang Anda alami akan tergantung pada sistem tubuh mana yang terkena penyakit tersebut. Tanda dan gejala yang paling umum meliputi:

  • Kelelahan
  • Demam
  • Nyeri sendi, kaku dan bengkak
  • Ruam berbentuk kupu-kupu di wajah yang menutupi pipi dan pangkal hidung atau ruam di tempat lain di tubuh
  • Lesi kulit yang muncul atau memburuk dengan paparan sinar matahari
  • Jari tangan dan kaki yang menjadi putih atau biru saat terkena dingin atau selama periode stres
  • Sesak napas
  • Nyeri dada
  • Mata kering
  • Sakit kepala, kebingungan, dan kehilangan ingatan

Faktor risiko genetik
Jika ditanya mengapa seseorang terkena lupus, jawabannya sangat kompleks. Sampai batas tertentu, ini adalah penyakit bawaan; 70 persen risiko Anda terkena lupus ada pada gen Anda, kata Hughes.

Namun bukan berarti orang tua atau kakek-nenek Anda harus menderita lupus agar Anda bisa mendapatkannya. Faktanya, itu jarang terjadi, katanya.

Terkadang, orangtua atau saudara kandung akan memiliki kondisi autoimun lain yang memiliki faktor risiko genetik yang sama dengan lupus. Dalam kasus lain, anggota keluarga akan memiliki tes ANA positif, tetapi mereka tidak sakit sama sekali.

Dan terkadang, tidak ada jejak lupus atau autoimunitas sama sekali pada anggota keluarga.

“Genetika adalah komponen besar, tapi bukan segalanya. Orang-orang mewarisi kerentanan, tetapi faktor-faktor lainnya diperlukan untuk memunculkan penyakit itu sehingga penyakit itu diekspresikan,” kata Hughes. "Ada juga keacakan, atau 'nasib buruk'."

Kotribusi Hormon
Para peneliti tahu bahwa faktor lingkungan, berpasangan dengan gen, dapat berkontribusi pada timbulnya gejala lupus.

Fakta bahwa kebanyakan wanita didiagnosis selama tahun-tahun reproduksi mereka juga memberikan para peneliti petunjuk mengapa penyakit ini jauh lebih umum pada wanita muda daripada pria.

"Ini menunjukkan bahwa faktor reproduksi, terutama hormon, berperanan dalam membawa lupus pada orang-orang yang secara genetik cenderung terkena itu," kata Hughes.

Estrogen, khususnya, mungkin berkontribusi pada perkembangan lupus pada wanita yang rentan secara genetik, menurut tinjauan penelitian, yang diterbitkan oleh Hughes dan rekan-rekannya pada tahun 2014.

Baik estrogen endogen yang dibuat tubuh Anda dan estrogen sintetis dalam pengendalian kelahiran mendukung perkembangan lupus, kata Hughes.

Sebelum Anda menyiram pil KB Anda, ketahuilah bahwa penelitian ini tidak berarti bahwa estrogen menyebabkan lupus.

Ini adalah 'modulator risiko' yang dapat meningkatkan peluang Anda terkena penyakit jika Anda juga memiliki faktor risiko lain, kata Hughes.

“Estrogen saja tidak cukup untuk menyebabkan lupus, jika tidak kebanyakan wanita akan terkena lupus,” katanya. “Anda harus memiliki risiko genetik dan mungkin ada beberapa faktor lain yang terlibat. Estrogen hanyalah salah satu faktor tersebut.”

Jika Anda memiliki anggota keluarga dengan lupus, ada baiknya berbicara dengan dokter tentang apakah pengendalian kelahiran hormonal adalah metode yang tepat, kata Hughes.

Wanita Kulit Berwarna
Selain peningkatan faktor risiko yang sudah dihadapi wanita muda, para wanita kulit hitam, Hispanik, dan Asia lebih mungkin terkena lupus daripada wanita kulit putih - dan sering mengalami efek samping lebih parah.

Penyanyi Selena Gomez, yang mengumumkan pada September 2016 bahwa dia menjalani transplantasi ginjal karena lupusnya, menyoroti komplikasi parah yang dialami banyak wanita minoritas dari penyakit tersebut.

Dalam sepasang penelitian di Michigan dan Georgia, para peneliti menemukan wanita kulit hitam mengembangkan lupus diusia yang lebih muda daripada rekan kulit putih.

Mereka juga mengalami komplikasi yang lebih mengancam jiwa, termasuk penyakit ginjal terkait lupus dan gagal ginjal.

Sebuah studi terhadap wanita di Manhattan menemukan bahwa lupus mempengaruhi lebih banyak wanita Hispanik dan Asia daripada wanita kulit putih di wilayah New York City.

Seperti wanita yang diamati dalam penelitian sebelumnya, lupus mereka juga lebih mungkin parah dan menyebabkan komplikasi organ.

Sama seperti banyak pertanyaan seputar lupus, mengapa lebih banyak wanita kulit berwarna yang terkena lupus sulit untuk dijawab, kata Hughes.

Tetapi kebanyakan orang yang mempelajari pertanyaan tersebut setuju bahwa memang ada perbedaan etnis dan ras yang jelas dalam prevalensi, tingkat keparahan dan hasil lupus, katanya.

Dan perbedaan ini mencerminkan perbedaan dalam variabel genetik, sosial ekonomi dan lingkungan yang terkait erat dengan etnis dan ras.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk meneliti lebih lanjut mengapa jenis kelamin, ras dan etnis dapat mengubah kemungkinan penyakit, kata Hughes.

Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda memiliki kekhawatiran terkait kesehatan Anda, karena diagnosis dan pengobatan lupus dini dapat membantu mencegah beberapa komplikasi yang lebih parah.***

Berita Bugar Lainnya:

Apakah Lupus Terjadi pada Pria? Video Dokumenter Nick Cannon Ini Bisa Menjadi Acuan

Source: AlodokterMayoclinicRights as Rain - UWU Medicine

RELATED STORIES

Air Kencing Berbusa? Ada Jejak Darah? Saatnya untuk Memperiksakan Ginjal Anda

Air Kencing Berbusa? Ada Jejak Darah? Saatnya untuk Memperiksakan Ginjal Anda

Mengawasi kualitas air kencing dapat membantu mengidentifikasi masalah kesehatan yang buruk, termasuk urine berdarah, keruh, berbusa, dan bau.

Panduan Makan Rendah Karbohidrat Sehat bagi Mereka yang Memiliki Diabetes

Panduan Makan Rendah Karbohidrat Sehat bagi Mereka yang Memiliki Diabetes

Salah satu cara untuk mencapai kadar gula darah yang lebih baik bagi penderita diabetes adalah dengan menjalankan diet rendah karbohidrat.

Kebiasaan Menyikat Gigi yang Buruk Bisa Meningkatkan Peluang Terkena Kanker

Penelitian terbaru dari Harvard telah menyoroti satu kesalahan umum yang terkait kebersihan mulut yang bisa meningkatkan risiko sakit kanker.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Chelsea vs Tottenham Hotspur di Liga Inggris 2023-2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

Liga Inggris

Prediksi dan Link Live Streaming Chelsea vs Tottenham Hotspur di Liga Inggris 2023-2024

berikut ini prediksi dan link live streaming Chelsea vs Tottenham Hotspur pada pertandingan Liga Inggris 2023-2024.

Pradipta Indra Kumara | 02 May, 01:50

MPL Indonesia (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

Daftar Pemenang Penghargaan Mingguan MPL Indonesia Season 13

Di MPL Indonesia Season 13, ada beberapa penghargaan mingguan yang diberikan. Berikut ini adalah daftar pemenangnya.

Thoriq Az Zuhri | 02 May, 00:51

MDL Indonesia (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

MDL Indonesia Season 9: Hasil, Jadwal, Klasemen Lengkap

Gelaran MDL Indonesia Season 9 sedang dihelat. Ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkap turnamen kasta kedua Mobile Legends Indonesia.

Thoriq Az Zuhri | 02 May, 00:48

Laga Borussia Dortmuns vs Paris Saint-Germain (PSG) di leg pertama semifinal Liga Champions 2023-2024, di Stadion Signal Iduna Park, Kamis (2/5/2024) dini hari WIB. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

World

5 Catatan Laga Borussia Dortmund vs PSG di Semifinal Liga Champions 2023-2024

Berikut ini 5 catatan yang tercipta pada laga Borussia Dortmund vs Paris Saint-Germain (PSG), di semifinal Liga Champions 2023-2024.

Pradipta Indra Kumara | 01 May, 23:53

Tom Saintfiet - Timnas Filipina

World

Pelatih Timnas Filipina Mulai Pantau Pemain Keturunan di Eropa

Pelatih Timnas Filipina, Tom Saintfiet, berburu amunisi tambahan buat pasukannya jelang dua laga pamungkas Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Teguh Kurniawan | 01 May, 21:48

Kiper Manchester United David De Gea. (Dede Mauladi/Skor.id)

La Liga

David de Gea Berpeluang Kembali ke Atletico Madrid Gantikan Jan Oblak

David de Gea berstatus bebas transfer dan tidak memiliki klub sejak 1 Juli 2023.

Tri Cahyo Nugroho | 01 May, 21:34

FFWS alias Free Fire World Series (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

Esports

FFWS SEA Spring 2024: Hasil, Jadwal, Klasemen Lengkap

Gelaran FFWS SEA Spring 2024 sedang dihelat. Ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkap turnamen Free Fire se-Asia Tenggara ini.

Thoriq Az Zuhri | 01 May, 21:28

Turnamen Valorant, VCT 2024: Pacific Stage 1. (Hendy Andika/Skor.id).

Esports

VCT 2024 Pacific Stage 1: Hasil, Jadwal, Klasemen Lengkap

Gelaran VCT 2024 Pacific Stage 1 sedang dihelat. Ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkap turnamen Valorant Asia Pasifik ini.

Thoriq Az Zuhri | 01 May, 21:25

Turnamen PUBG Mobile, Ruthless Pro Series: Clash of Giants. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

RPS Clash of Giants Season 4: Hasil, Jadwal, dan Klasemen

Berikut ini adalah hasil, jadwal lengkap, format, dan klasemen turnamen PUBG Mobile, Ruthless Pro Series: Clash of Giants Season 4.

Thoriq Az Zuhri | 01 May, 21:22

Turnamen Dota 2, ESL One Birmingham 2024. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

ESL One Birmingham 2024: Hasil, Jadwal, Klasemen Lengkap

Turnamen Dota 2, ESL One Birmingham 2024, sedang dihelat. Berikut ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkapnya.

Thoriq Az Zuhri | 01 May, 21:21

Load More Articles