Kutukan, Legenda, dan Kisah Hantu Paling Menakutkan dalam Olahraga

Tri Cahyo Nugroho

Editor: Tri Cahyo Nugroho

Sejumlah kisah menakutkan pernah terjadi di beberapa kompetisi olahraga di Amerika Serikat. (Jovi Arnanda/Skor.id)
Sejumlah kisah menakutkan terjadi di beberapa kompetisi olahraga di Amerika Serikat: hantu Eddie Plank, kisah pemain klub Milwaukee Brewers, Oklahoma City Thunder, dan Bobby Layne. (Jovi Arnanda/Skor.id)

SKOR.id – Mungkin tidak sedikit dari Anda yang pernah mengalami kejadian menyeramkan dalam kehidupan sehari-hari. Entah itu merasakan kehadiran makhluk tidak kasat mata hingga mendatangi tempat-tempat yang dipercaya berhantu. 

Atau, Anda mungkin pernah mendengar cerita tentang kutukan terhadap satu tempat atau orang, yang memang tidak pernah bisa dibuktikan secara fisik karena tidak masuk di nalar. 

Di dalam olahraga, ada beberapa kutukan tergila, cerita hantu, dan hal paling menakutkan dalam olahraga. Untuk kali ini, Skor.id akan menyuguhkan dari insiden-insiden di luar negeri.

Milwaukee Brewers dan Hotel Pfister 

Hotel-hotel berhantu tersebar di seluruh lanskap negara Amerika Serikat (AS) yang besar. Sebagian besar dari tempat-tempat yang kerasukan ini telah disiarkan melalui kamera night vision dan buku. 

Namun apa jadinya jika atlet profesional menceritakan kisah horor kepada Anda? Bagi banyak orang yang pernah menginap di Hotel Pfister dan bersiap untuk bermain di Milwaukee Brewers, cerita-cerita itu benar-benar mimpi buruk.

Stacey Pressman dari ESPN The Magazine (ESPN.com) berbicara dengan sejumlah pemain Major League Baseball (MLB) tentang pengalaman mereka menginap di hotel tersebut. Bryce Harper, Brandon Phillips, hingga Pablo Sandoval, tidak peduli siapa itu. Setiap pemain yang berkomentar memiliki cerita seram untuk dikisahkan. 

Berdasarkan pengalaman mereka, ini mungkin saat yang tepat untuk menunjukkan bahwa jika Anda tinggal di wilayah Milwaukee, sebaiknya Anda menghindari Hotel Pfister.

Kutukan Billy Goat

Apa yang terjadi jika Anda mengeluarkan seorang pria dari Stadion Wrigley Field pada tahun 1945 karena membawa serta seekor kambing untuk menonton Game 4 World Series di sana? Klub MLB yang berkandang di stadion tersebut, Chicago Cubs, mendapat kutukan yang mencegah mereka memenangi World Series.

Asal usul mitos kutukan ini bermula ketika pemilik kedai bernama William “Billy Goat” Sianis—pemilik jaringan restoran Billy Goat Tavern—datang ke stadion dengan membawa maskot restorannya berupa kambing bernama Murphy. 

Kesal karena mengganggu, penonton sekaligus fans Cubs mengusir Billy dengan kambingnya. Tidak terima, Sianis kemudian melontarkan sumpah serapah bahwa Cubs tidak akan pernah lagi memenangi pertandingan. 

Setelah itu, percaya atau tidak, Cubs telah mengalami banyak cobaan dan kesengsaraan sejak Sianis melontarkan “kutukan” tersebut. 

Setelah kalah di Worls Series 1945 dari Detroit Tigers, Cubs menyelesaikannya dengan rekor menang-kalah 82-71 di tahun berikutnya, tapi ini hanya cukup untuk tempat ketiga.

Dalam dua dekade berikutnya, Cubs memainkan sebagian besar bisbol yang terlupakan, menjadi salah satu tim terburuk di Liga Nasional hampir setiap tahun. Dari tahun 1947 hingga 1966, mereka hanya mencatatkan satu musim kemenangan.

“Kutukan” Billy Goat mungkin baru berakhir pada 2016 silam. Cubs memenangi Seri Kejuaraan Liga Nasional 2016 dan World Series 2016 (ketiga setelah 1907 dan 1908), yang mengakhiri kekeringan trofi Liga Nasional selama 71 tahun dan paceklik World Series selama 108 tahun, keduanya merupakan rekor penantian gelar terlama dalam sejarah MLB.

Hantu Eddie Plank

Eddie Plank dari Gettysburg, Pennsylvania, AS, adalah pitcher (pelempar bola) kelas Hall of Fame yang meninggalkan bisbol pada tahun 1917. Plank meninggal dunia pada 1926.

Namun, seiring berjalannya cerita, semangatnya masih tetap hidup. Yang menakutkan, spirit Plank itu tidak hanya memotivasi para atlet bisbol asal Gettysburg, melainkan juga menghantui rumah terakhir yang ia tempati sebelum kematiannya.

Salah satu cerita itu muncul dari kontributor ESPN.com Don Barone yang berbicara langsung dengan pria yang tinggal di rumah lama Plank.

“Peter Stitt, seorang profesor Gettysburg College dan editor Gettysburg Review, sedang tidur bersama istrinya, dan anjing mereka bernama Roscoe Tanner (karena panjangnya cerita, jadi tidak ia tulis). Saat itulah ia mendengar suara aneh datang dari bawah,” ujar Barone. 

Di lain waktu, suara-suara itu bersifat lebih spesifik. “Bola terkadang membentur sarung tangan, memantul ke dinding, dan catcher akan mengejarnya dan mengambilnya,” kata Stitt kepada Barone.

Tentu saja cerita ini dinilai gila. Tetapi jika Anda menganggapnya terjadi di Gettysburg, itu tidak terlalu mengada-ada. Beberapa tahun kemudian, penulis Dan Gordon dan Mickey Bradley membantah cerita tersebut dan menganggapnya hanya tipuan. 

Namun, seperti kebanyakan publik AS ketahui, ini adalah Gettysburg. Tempat itu penuh dengan hantu. Dari sejumlah sumberi didapat informasi bila hantu Plank menyuruh profesor itu untuk menarik kembali ceritanya pada suatu malam ketika dia sedang menyalakan pemanas di ruang tamu keluarga.

Kutukan Bobby Layne untuk Detroit Lions

Detroit Lions telah lama menderita di National Football League (NFL) sejak mereka melepas quarterback Bobby Layne pada tahun 1958.

Pada saat pertukaran tersebut, Layne berusia 31 tahun dan manajemen ingin beralih dari orang yang membantu mereka memenangi kejuaraan berturut-turut beberapa musim sebelumnya.

Greg Barber dari ESPN.com menulis tentang kutukan Layne. Di dalamnya, dia berbicara tentang satu kemungkinan alasan mereka menukarnya ke Pittsburgh Steelers. 

“Pada tahun 1957, Layne mengalami patah kaki dan menyaksikan dari pinggir lapangan saat Tobin Rote membimbing Detroit meraih gelar liga ketiga dalam enam tahun,” katanya. 

Mengingat apa yang terjadi, tidak salah jika manajemen Lions menyingkirkan Layne. Masalahnya adalah Layne tidak setuju. Jadi, ketika dia mengatakan kepada media bahwa Lions tidak akan menang selama 50 tahun, saat itulah kutukan mulai terbentuk.

Selama 50 tahun setelah ia di-trade, Lions memiliki persentase kemenangan terburuk dalam NFL. Mereka juga belum pernah bermain di Super Bowl. 

Kutukan tersebut secara teknis telah berakhir pada tahun 2008. Namun, Lions belum mampu berbuat banyak sejak saat itu. Sampai mereka bisa bermain di pertandingan besar, penggemar selalu bisa menyalahkan Bobby Layne.

Hantu-hantu Hotel Langham 

Hotel Langham dianggap sebagai salah satu tempat paling spektakuler di seluruh London, Inggris. Namun, tempat itu juga salah satu yang paling berhantu.

Ketika tim kriket Inggris pergi ke sana, mereka merasakan betapa menakutkannya tempat tersebut. Menurut Sam Peters dari Daily Mail, beberapa anggota tim "meyakini hotel bintang lima mereka di pusat kota London berhantu, yang menyebabkan beberapa bintang kesulitan tidur di malam hari.”

Berbagai pemain berbagi pengalamannya dengan Peters dan semuanya sama-sama mengungkapkan keresahannya. “Dengar, ini mungkin tempat paling berkelas di kota, tapi jika ada hantu yang berkeliaran di lorong, itu pasti akan dicoret dari daftar saya,” kata salah seorang dari mereka.

Effie dari Oklahoma City

Sudah waktunya Anda semua bertemu Effie. Dia adalah pengurus rumah tangga di Hotel Skirvin Hilton di Oklahoma City yang tampaknya merupakan penggemar berat Thunder, klub bola basket kota itu yang turun di NBA.

Masalahnya, harus mengetahui dahulu siapa Effie sebenarnya. Effie sejatinya adalah hantu dan menurut John Branch dari New York Times, sudah lama bermain-main dengan para pemain NBA.

Ada banyak kenangan tentang Effie dan kejahatannya. “Bill Simmons dari ESPN menulis tentang malam yang gelisah di Skirvin, dikejutkan oleh suara bayi yang menangis di suatu tempat di kamarnya, dan lain-lain,” ujar Branch.

Kini, ambilah jersey Thunder Anda dan berdandanlah seperti Effie. Siapa tahu, mungkin dia akan memberikan pengaruh yang lebih besar untuk tim pada musim 2023-2024 ini dibandingkan dengan guard Thunder Shai Gilgeous-Alexander.

The Gipper

Pada bulan Desember 1920, bintang American football level universitas yang memperkuat University of Notre Dame, George Gipp, meninggal dunia hanya beberapa hari setelah timnya mengalahkan Northwestern Purple milik Northwestern University, di musim seniornya.

Kisah-kisah tentang bagaimana pemain yang mampu turun di banyak posisi namun utamanya halfback, quarterback, dan punter tersebut wafat memang saling bertentangan. 

Intinya, Gipp didiagnosis terinfeksi bakteri streptococcal pada tenggorokan dan terjangkit pneumonia. 

Seperti diketahui, pada era tahun 1920-an, kemajuan medis tidak seperti sekarang. Gipp pun tidak bisa dipulihkan meskipun saat meninggal itu Gipp baru berusia 25 tahun.

Bertahun-tahun kemudian, Presiden AS Ronald Reagan memerankan Gipp dalam film Knute Rockne, All American dan terus menggunakan kalimat terkenal “Win just one for the Gipper” ketika dia mencalonkan diri sebagai presiden.

Pada tahun-tahun berikutnya, ada cerita tentang hantu Gipp yang berjalan lamban di kampus. Entah itu benar atau hanya sekadar gosip, insiden-insiden itu semakin memperkuat warisan The Gipper.

Frontier Field

Frontier Field di Rochester, New York, AS, dianggap dihantui oleh karyawan dan pemburu hantu paranormal. 

Dalam film dokumenter singkatnya, Anda akan melihat banyak alasan mengapa orang menganggap tempat ini meresahkan. Seperti yang dikatakan narator dalam artikel tersebut, Anda percaya pada hantu atau tidak? 

“Namun jika Anda percaya (hantu ada), Frontier Field adalah tempat yang sebaiknya Anda hindari,” katanya.

RELATED STORIES

Kaleb Ramot Gemilang Sabet MVP IBL 2023, Ada ''Kutukan'' yang Menghantui

Kaleb Ramot Gemilang Sabet MVP IBL 2023, Ada ''Kutukan'' yang Menghantui

Kaleb Ramot Gemilang jadi sosok ketiga yang mampu dua kali menyabet predikat MVP liga basket profesional Indonesia.

5 Momen Menarik Piala Afrika: Senegal Akhiri Kutukan

5 Momen Menarik Piala Afrika: Senegal Akhiri Kutukan

Berikut ini 5 momen menarik di Piala Afrika, salah satunya momen Senegal yang akhiri kutukan.

Arsenal Harus Waspadai Kutukan Community Shield

Arsenal merebut Community Shield 2023, Minggu (6/8/2023). Apakah kutukan masih berlaku?

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Liga 1 2023-2024. (M. Yusuf/Skor.id)

Liga 1

Liga 1 2023-2024: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Klub Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Liga 1 2023-2024 yang terus diperbarui seiring berjalannya kompetisi, plus profil tim peserta.

Taufani Rahmanda | 28 Apr, 23:59

AFC Futsal Asian Cup atau Piala Asia Futsal. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

World

Piala Asia Futsal 2024: Jadwal, Hasil dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Piala Asia Futsal 2024, yang terus diperbarui seiring berjalannya turnamen.

Taufani Rahmanda | 28 Apr, 23:48

Cover Timnas U-17 Putri Indonesia.

Timnas Indonesia

Timnas Putri U-17 Indonesia Harus Lebih Sering Komunikasi di Lapangan

Dua pekan melakoni pemusatan latihan di Bali, Timnas Putri U-17 Indonesia masih banyak pekerjaan rumah.

Teguh Kurniawan | 28 Apr, 21:43

Frank Skinner dan David Baddiel bekerja sama dengan Ian Broudie dari Lightning Seed memproduseri lagu Three Lions yang menjadi hits pada Euro 1996. (Hendy AS/Skor.id)

Culture

Penyanyi Three Lions Serukan Lagu Baru untuk Inggris di Euro 2024

Lagu Timnas Sepak Bola Inggris yang paling ikonik Three Lions telah bertahan selama hampir 30 tahun.

Tri Cahyo Nugroho | 28 Apr, 20:47

Pegulat bintang WWE Cody Rhodes siap berkarier di Hollywood. (Hendy AS/Skor.id)

Culture

Bintang WWE Cody Rhodes Melangkah ke Hollywood

Pegulat WWE Cody Rhodes bakal membintangi Naked Gun bersama Pamela Anderson dan Liam Neeson.

Tri Cahyo Nugroho | 28 Apr, 20:40

Nike Zoom GT Cut “Cool Grey” melanjutkan kesuksesan produk “Greater Than” (GT). (Hendy AS/Skor.id)

Culture

Nike Zoom GT Cut 3 Kembali ke Nuansa Klasik ‘Cool Grey’

Di Indonesia, Nike Zoom GT Cut 3 “Cool Grey” dibanderol Rp3 jutaan.

Tri Cahyo Nugroho | 28 Apr, 20:31

ragnar oratmangoen - fortuna sittard

National

Hanya Main 11 Menit, Ragnar Oratmangoen Telan Kekalahan bersama Fortuna Sittard

Ragnar Oratmangoen kembali menjadi pengganti saat Fortuna Sittard kalah di pekan ke-31 Eredivisie 2023-2024, Minggu (28/4/2024).

Teguh Kurniawan | 28 Apr, 19:05

Liga Inggris 2023-2024 dimulai sejak 11 Agustus 2023 lalu. (Zulhar Kurniawan/Skor.id).

Liga Inggris

Liga Inggris 2023-2024: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Klub Lengkap

Berikut ini klasemen Liga Inggris 2023-2024, jadwal dan hasil per pekan serta profil klub lengkap.

Irfan Sudrajat | 28 Apr, 17:51

Liga TopSkor

Liga TopSkor U-16 2024: Tanpa Striker Murni FIFA Farmel Tumbangkan Diklat ISA

FIFA Farmel berhasil meraih poin penuh usai mengalahkan Diklat ISA pada lanjutan laga grup Top Liga TopSkor U-16 2024.

Nizar Galang | 28 Apr, 17:21

Putaran nasional Liga 3 atau Liga 3 Nasional. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

National

Rekrut 7 Pemain Anyar, Persikota Bidik Gelar Juara Liga 3 Nasional 2023-2024

Persikota Tangerang akan melakoni laga pembuka melawan Persab Brebes pada Senin (29/4/2024) siang di Stadion Benteng Reborn.

Teguh Kurniawan | 28 Apr, 16:11

Load More Articles