Kim Kardashian Turun 7 Kilo dalam 3 Minggu demi Gaun Marilyn Monroe: Itu Standar yang Tidak Sehat!

Nurul Ika Hidayati

Editor:

  • Kim Kardashian tampil memukau dalam gaun Marilyn Monroe di Met Gala.
  • Tetapi sang sosialita itu menuai kekhawatiran dari fans dan pakar kesehatan.
  • Dia melakukan diet ketat demi mengenakan gaun kreasi Jean Louis.

SKOR.id - Pada malam Met Gala 2022 yang digelar di The Metropolitan Museum of Art pada hari Senin lalu, ratusan selebritas hadir dengan tampilan memukau dan over-the-top.

Dari bodysuit lateks dan ansambel celana Gigi Hadid, korset dan mantel empuk teatrikal hingga gaun reversibel Atelier Versace yang spektakuler dari Blake Lively.

Namun, di antara semua itu, kostum yang dikenakan oleh Kim Kardashian, yang dipinjam dari mendiang Marilyn Monroe, sulit dikalahkan.

Tepat 60 tahun setelah Marilyn pertama kali mengenakan gaun Jean Louis berhiaskan kristal ketika menyanyikan selamat ulang tahun kepada JFK pada 1962, Kim mengenakannya ke Met, menjadi satu-satunya orang yang memakainya.

Tercakup dalam lebih dari 6.000 kristal yang dijahit dengan tangan, saat ini gaun itu bernilai lebih dari $ 10 juta, New York Post melaporkan.

“Idenya benar-benar datang pada saya setelah gala pada bulan September tahun lalu. Saya berpikir, apa yang akan saya lakukan untuk tema Amerika jika bukan tampilan Balenciaga? Apa hal paling Amerika yang dapat Anda pikirkan? Itu Marilyn Monroe," Kim mengatakannya kepada Vogue.

Tetapi pakaian itu membutuhkan dedikasi yang serius dan tidak sehat untuk melakukannya. "Saya selalu berpikir Marilyn Monroe memiliki banyak lekuk tubuh," tambah Kim.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kim Kardashian (@kimkardashian)

“Saya pikir dia bisa lebih kecil di tempat-tempat di mana dia lebih besar dan lebih besar di tempat-tempat di mana dia terlihat lebih kecil. Jadi ketika tidak pas, saya ingin menangis karena (gaun) itu tidak bisa diubah sama sekali."

Solusinya, Kim memutuskan untuk mulai diet dan program olahraga baru yang diharapkan akan membantunya menurunkan berat badan yang cukup banyak agar dia bisa masuk ke dalam gaun tersebut tanpa mengubahnya.

“Saya mengenakan pakaian sauna dua kali sehari, berlari di treadmill, untuk menghilangkan semua gula dan karbohidrat, dan hanya makan sayuran dan protein bersih. Saya tidak kelaparan, tetapi diet saya sangat ketat," kata sang selebritas.

Setelah bobotnya susut tujuh kilogram dalam tiga minggu, Kardashian yang bertinggi badan 1,57 meter itu pun mampu mengenakan gaun Marilyn untuk acara yang paling dinanti di dunia mode.

Sementara Kim memuji diri sendiri karena menuntaskan "tantangan", pakar dan penggemar setianya justru khawatir wanita pengusaha itu malah mempromosikan budaya diet berbahaya yang coba dihilangkan oleh masyarakat kita dalam beberapa tahun terakhir.

“Mengubah tubuh Anda agar sesuai dengan pakaian lebih dari tidak disarankan. Itu beracun!  Membingkai penurunan berat badan yang ekstrem sebagai keputusan rasional mengirimkan pesan kepada wanita dan pria bahwa mereka harus mengubah tubuh mereka dan menderita karena mode jika mereka berharap layak dikagumi dan dipuji."

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kim Kardashian (@kimkardashian)

"Bahwa status default bagi siapa saja yang ingin tampil terbaik adalah kekurangan. Bahwa jika Anda ingin menjadi cantik, maka Anda lebih baik 'turun ke bisnis (diet)' jika mengutip kata Kardashian sendiri," penulis pemenang penghargaan dan editor majalah mode, Emily Cronin, mengatakan dalam sebuah artikel baru-baru ini di majalah Elle.

Kontroversi ini menunjukkan bahwa, terlepas dari kemajuan gerakan positif dan netralitas tubuh, budaya diet beracun itu masih memiliki cengkeraman yang sama kuatnya dengan budaya populer Amerika seperti dulu.

Hanya sedikit berbeda. Untuk psikoanalis Fiorella Litvinoff, “di masa ini, obsesi dengan citra diri sendiri jadi begitu relevan sehingga dalam beberapa kasus kesehatan dipertaruhkan."

"Diet berlebihan, operasi yang berbahaya, dan berulang-ulang seakan menjadi alarm untuk peringatan tentang kelebihan dalam kaitannya dengan kemungkinan perubahan tubuh."

"Banyak kali fantasi menjadi orang lain untuk dicintai dan dikagumi disorot dalam kaitannya dengan ideal kecantikan yang akhirnya membentuk tubuh”.

Diet "sangat ketat" bisa sangat merusak kesehatan fisik dan mental, dan terbukti tak efektif dalam hal penurunan berat badan jangka panjang.

"Pada prinsipnya, program makan sangat ketat meningkatkan risiko menderita kekurangan nutrisi. Penelitian ilmiah juga menunjukkan kepada kita bahwa diet itu membuat tubuh mengalami tingkat stres lebih tinggi, sehingga mempengaruhi metabolisme," Delfina Fahey, seorang Sarjana Gizi, mengatakannya dalam dialog dengan Infobae.

Fahey menambahkan: “Dalam hal ini, rencana makan hipokalori akan memicu penurunan berat badan yang cepat, tetapi, karena sulit untuk dipertahankan, akan memunculkan perilaku lekas marah, kemurungan, lebih banyak kecemasan, kemudian ketika berat yang hilang itu dengan mudah dipulihkan, melebihi jumlah awal saat memulai rencana."

Sejalan dengan itu, ahli gizi Romina Pereiro menjelaskan: “Diet ketat yang didasarkan pada prioritas hanya mengkonsumsi beberapa makanan tanpa memperhitungkan jumlah yang disarankan dan membatasi pasokan beberapa nutrisi penting untuk berfungsinya tubuh kita."

"Ada juga banyak bukti bahwa jenis diet ini tidak berhasil dalam jangka panjang, sebaliknya meningkatkan rasa frustrasi dan, dalam banyak kasus, dapat membahayakan kesehatan."

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kim Kardashian (@kimkardashian)

Tujuan Kim bukan untuk bersenang-senang, tetapi untuk mengenakan gaun itu dan berjalan di karpet merah acara tersebut. Hal ini ditunjukkan pada saat kedatangannya, ketika dia menjelaskan bahwa dia tidak berniat untuk menghadiri pesta setelahnya.

Alasannya? Pesta donat favoritnya, dari Doughnuttery, dan sekitar 20 pizza dari Joe's Pizza NYC menunggunya di kamar hotelnya. Bagi Marta Martínez, duta Urban Sports Club, "perilaku ini, diikuti dengan memakan segala sesuatu yang sebelumnya telah dibatasi, itulah yang kami pahami sebagai masalah perilaku makan."

“Itu berarti memiliki hubungan yang berliku-liku dengan makanan, dan memperkuat perilaku itu dengan menunjukkannya sebagai hal positif yang menyebabkan orang akan memiliki hubungan yang buruk dengan makanan."

"Menikmati apa yang kita makan harus menjadi kebiasaan dan konstan, bukan sesuatu yang tepat waktu," kata sang spesialis dalam dialog dengan majalah Cosmopolitan.

Sebelum berkonsultasi dengan Infobae, pengacara Mara Fernández, seorang psikolog yang berspesialisasi pada gangguan makan, menyoroti: "Sikap itu datang untuk memberi nilai moral pada makanan, itu diklasifikasikan sebagai 'baik' atau 'buruk' menurut komposisinya , yang membuat kita berpikir bahwa makan sehat sama dengan diet, dan bahwa tubuh yang sehat adalah tubuh yang sangat kurus”.

“Paradigma ini -lanjutnya- dapat menimbulkan banyak konsekuensi negatif karena dapat mempengaruhi harga diri kita dan cara kita memandang citra tubuh kita."

"Diet identik dengan pembatasan, larangan, dan dapat memicu munculnya gejala gangguan makan, karena seringkali 'berat badan ideal' bukanlah berat badan yang sebenarnya atau mungkin dan metode berbahaya bagi kesehatan secara keseluruhan dapat terjadi."

Menurut Natalí Dentice, psikolog dan direktur Hubungan Kelembagaan di Pusat Khusus untuk Gangguan Makan (CEDA), “budaya diet mengacu pada diet ketat yang tujuan utamanya adalah penurunan berat badan dalam waktu singkat yang terkait dengan kanon kecantikan seperti badan langsing yang ketipisan ekstrim, perilaku yang sering berakhir menjadi bagian dari gangguan makan."

“Perilaku ini, yang sangat mewakili usulan budaya diet, sangat berisiko dan kami mendeteksi gejala bulimia dan anoreksia, karena mereka memiliki karakteristik membatasi dan kompensasi."

"Selain itu, Kim Kardashian menyebutkan dengan sangat baik konsekuensi dari kontrol yang berlebihan terhadap makanan dan emosi yaitu pesta makan, ketika berbicara tentang asupan makanan besar yang dia rencanakan setelah diet yang dia jalani ini, selesai,” jelas Dentice.

Masyarakat masih tunduk pada standar tubuh yang sangat tidak realistis yang berdampak besar pada kesehatan mental kita.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Vogue (@voguemagazine)

Dan ketika seorang influencer seperti Kim Kardashian memberi tahu dunia bahwa mereka dapat dengan santai menurunkan 15 pon (7 kg) dalam tiga minggu, hanya memperkuat gagasan bahwa penurunan berat badan yang cepat dan drastis tidak hanya mungkin; juga mudah dan glamor.

Namun, sementara cara penurunan berat badan dibicarakan di karpet merah tentu saja tidak banyak berubah sejak tahun 2000-an, yang terjadi adalah orang-orang tampaknya lebih sadar akan efeknya daripada sebelumnya.

"Penurunan berat badan Kim Kardashian adalah salah dan tidak benar membicarakannya di TV nasional di mana orang-orang muda akan menemukannya dan membawanya ke terapi untuk mempertahankan gangguan makannya," tulis seorang pengguna.

Yang lain berkata: "Fakta bahwa Kim Kardashian menghabiskan berminggu-minggu untuk menurunkan berat badan hanya agar dia bisa mengenakan gaun adalah alasan wanita mengalami disforia tubuh."

“Seperti apa pendekatan yang lebih sehat? Alih-alih berbagi taktik diet nan ketat, saya ingin dengar platform selebriti memberi tahu pewawancara karpet merah betapa hebatnya perasaan mereka dalam gaun mereka."

"Melihat bagaimana mereka membanggakan bisa bernafas, makan, duduk, menari, minum, bergerak, melakukan apapun yang mereka mau, karena tubuh mereka bukan halangan; mereka adalah motor."

"Untuk mengingatkan para penggemarnya bahwa kecantikan dan kesenangan diri tidak perlu melibatkan rasa sakit atau penyangkalan, dan bahwa kepercayaan tubuh yang sejati berasal dari menghargai apa yang dapat dilakukan tubuh Anda, daripada seberapa kecil ia dapat menyusut."

"Mengagungkan diet ketat atas nama mode tak hanya berbahaya, tetapi juga salah tempat. Mari berharap pesan seperti ini kembali ke lemari besi...seperti gaun Monroe," pungkas Cronin.***

Berita Kim Kardashian Lainnya:

Naomi Osaka dan Amanda Anisimova Hadiri Pesta Pribadi Kim Kardashian di Miami

Kim Kardashian Bantu Evakuasi 130 Pesepak Bola Wanita Afghanistan ke Inggris

Source: Infobae

RELATED STORIES

Latihan Terbaik untuk Memperkuat Lutut

Latihan Terbaik untuk Memperkuat Lutut

Masalah utama dengan lutut adalah bahwa, meskipun sangat kuat, mereka juga sangat rentan terhadap cedera dan segala jenis penyakit.

Studi Baru Mengungkap Gangguan Tidur Mungkin Terkait dengan Parkinson

Studi Baru Mengungkap Gangguan Tidur Mungkin Terkait dengan Parkinson

Penelitian yang dipimpin oleh Parkinson's Progression Markers Initiative, didanai oleh The Michael J. Fox Foundation, bekerja keras untuk menemukan hubungan nyata antara Parkinson dan gangguan perilaku tidur REM, atau RBD.

5 Latihan Betis untuk Kencangkan Kaki Kurus

5 Latihan Betis untuk Kencangkan Kaki Kurus

Latihan betis sangat diperlukan bagi seseorang yang memiliki pergelangan kaki kurus. Tujuannya tidak hanya untuk menambah volume, tetapi juga mengencangkan.

Tak Cuma Sebagai Garnish, Ini Beberapa Manfaat Daun Parsley untuk Kesehatan

Tak Cuma Sebagai Garnish, Ini Beberapa Manfaat Daun Parsley untuk Kesehatan

Parsley yang biasanya hanya digunakan sebagai hiasan makanan ternyata punya beragam manfaat untuk kesehatan.

Beberapa Dampak Buruk Kebisingan bagi Kesehatan

Kebisingan dapat menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan manusia.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Liga TopSkor

Garnier Men Liga TopSkor U-17: Menuju Putaran Kedua, Persaingan Grup Top Makin Panas

Jarak poin di dalam klasemen yang tak jauh membuat persaingan di dua laga terakhir Grup Top semakin memanas.

Sumargo Pangestu | 14 May, 05:29

Unggul FC Malang vs Hongyen Thakam di laga uji coba internasional pada 13 Mei 2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

National

Kalah dari Juara Liga Futsal Thailand, Unggul FC Malang Bermasalah dengan Kontrol Emosi

Unggul FC Malang beruji coba lawan Hongyen Thakam di Unggul Sport Center, Malang, Senin (13/5/2024).

Taufani Rahmanda | 14 May, 04:28

Liga 1 2023-2024. (M. Yusuf/Skor.id)

Liga 1

Liga 1 2023-2024: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Klub Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Liga 1 2023-2024 yang terus diperbarui seiring berjalannya kompetisi, plus profil tim peserta.

Taufani Rahmanda | 14 May, 03:38

Bursa transfer futsal atau pergerakan keluar-masuk pemain di Liga Futsal Indonesia. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

National

Update Bursa Transfer Paruh Musim Pro Futsal League 2023-2024

Aktivitas 12 tim peserta Pro Futsal League 2023-2024 pada bursa transfer paruh musim, yang terus diperbaharui.

Taufani Rahmanda | 14 May, 03:38

Pemain ONIC Esports, Lutpiii. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Esports

Profil Lutpiii, Bintang Anyar ONIC Esports

ONIC Esports punya bintang anyar untuk masa depan mereka dalam diri Lutpiii. Mari simak profil pemain Mobile Legends ini.

Thoriq Az Zuhri | 14 May, 01:39

Turnamen Valorant, VCT 2024: Masters Shanghai. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Esports

Daftar Tim yang Lolos VCT 2024: Masters Shanghai

Siapa saja tim-tim Valorant dari seluruh dunia yang lolos ke gelaran VCT 2024: Masters Shanghai? Berikut ini daftarnya!

Thoriq Az Zuhri | 14 May, 01:37

Liga Inggris 2023-2024 dimulai sejak 11 Agustus 2023 lalu. (Zulhar Kurniawan/Skor.id).

Liga Inggris

Liga Inggris 2023-2024: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Klub Lengkap

Berikut ini klasemen Liga Inggris 2023-2024, jadwal dan hasil per pekan serta profil klub lengkap.

Irfan Sudrajat | 14 May, 00:52

Pertandingan pekan ke-37 Liga Inggris 2023-2024 antara Aston Villa vs Liverpool di Stadion Villa Park, Selasa (14/5/2024) dini hari WIB. (Hendy Andika/Skor.id).

Liga Inggris

Aston Villa vs Liverpool: Jurgen Klopp Puji Karakter Pemain The Reds

Aston Villa dan Liverpool bermain imbang 3-3 pada laga pekan ke-37 Liga Inggris 2023-2024, Jurgen Klopp tetap mengambil sisi positif dari pertandingan ini.

Pradipta Indra Kumara | 14 May, 00:48

Turnamen Valorant, VCT 2024: Pacific Stage 1. (Hendy Andika/Skor.id).

Esports

3 Pemain Valorant Indonesia Juara VCT 2024: Pacific Stage 1

Turnamen Valorant, VCT 2024: Pacific Stage 1, berakhir dengan ada tiga pemain asal Indonesia yang berhasil jadi juara bersama tim Paper Rex.

Thoriq Az Zuhri | 14 May, 00:05

Pertandingan Barcelona vs Real Sociedad di La Liga 2023-2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

La Liga

Barcelona vs Real Sociedad: Blaugrana Kembali ke Peringkat 2 Klasemen La Liga

Barcelona berhasil mengalahkan Real Sociedad pada jornada ke-35 La Liga (Liga Spanyol) 2023-2024.

Pradipta Indra Kumara | 13 May, 23:55

Load More Articles