SKOR.id - Game Netflix kini masih merangkak dengan sepinya peminat game mobile besutan Netflix tersebut.
Sudah dua tahun sejak Netflix kali pertama mengumumkan mereka akan masuk ke dunia gaming, dengan jumlah game mereka tahun lalu meningkat drastis dari 24 judul menjadi 77 judul.
Meski begitu, peminat masih sangat sepi. Hal ini ternyata masih sesuai rencana Netflix, ujar Co-CEO, Greg Peters dilansir dari CNBC.
"Saat kami meluncurkan hal baru, kami perlu merangkak, berjalan, lalu baru berlari. Kami melihat ada kesempatan besar membangun pusat entertainment jangka panjang," ujar Peters.
Memang, selain game, Netflix juga mulai berencana masuk ke retail dan olahraga, tiga hal yang kini sedang mereka dorong untuk jadi pelengkap laman streaming mereka.
Netflix mengatakan bahwa game akan jadi strategi untuk subscriber tetap berhubungan dengan series favorit mereka selama jeda antar-musim, seperti "Stranger Things" yang sudah diadaptasi menjadi dua game.
Masalahnya, 75 persen pengguna menggunakan Netflix di TV mereka dan jarang menggunakan HP, membuat hanya sedikit yang berminat bermain game mereka.
Sampai September 2023, game-game besutan Netflix sudah diunduh sebanyak 70,5 juta kali. Jumlah ini jauh di bawah studio game lain di jangka waktu serupa.
Contohnya, dalam jangka waktu tersebut, game dari Playrix (Gardenscapes) sudah diunduh 531 juta kali, game dari King (Candy Crush) diunduh 438 juta kali, dan game dari Supercell (Clash of Clans) diunduh 388 juta kali.
Rata-rata, 2,2 juta user bermain satu atau lebih game Netflix per hari saat ini. Jumlah ini mengalami puncaknya pada Januari 2023 dengan 2,7 juta user, dan mengalami penurunan drastis hingga 1,45 juta user per hari pada bulan Maret lalu.
Jumlah ini sangat kecil, kurang dari satu persen dari 247,15 juta subscriber yang dimiliki oleh Netflix saat ini meski jumlah varian game terus mengalami peningkatan.