SKOR.id - Turnamen sepak bola ASEAN Championship atau yang biasa dikenal dengan Piala AFF berganti nama.
Hal itu dikarenakan adanya sponsor baru dari perusahaan mobil asal Korea Selatan Hyundai.
Nama turnamen yang bergulir dua tahun sekali itu pun berganti menjadi ASEAN Championship Hyundai Cup 2026.
Perubahan nama tersebut juga diresmikan oleh Presiden AFF Major General Khiev Sameth di Pusat Manufaktur Hyundai, Karawang, Senin (26/5/2025) pagi.
"Atas nama Federasi Sepak Bola ASEAN dan seluruh anggota kami, kami merasa terhormat menyambut Hyundai sebagai mitra utama ASEAN Championship Hyundai Cup," ujar Khiev Sameth.
"Komitmen Hyundai terhadap komunitas sepak bola global selaras dengan misi AFF untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan sepak bola di seluruh Asia Tenggara. Bersama Hyundai, kami siap menulis babak baru yang menginspirasi generasi mendatang dan memperkuat komunitas kami,” jelasnya.
“ASEAN Championship Hyundai Cup mewujudkan aspirasi tertinggi para pemain, penggemar, dan negara-negara di kawasan ini. Bersama Hyundai, kami siap menulis babak baru yang menarik, yang akan menginspirasi generasi mendatang, memperkuat komunitas kami, dan dengan bangga mempersembahkan semangat tak terbatas ASEAN kepada dunia," ia menambahkan.

Diketahui, pesta sepak bola negara-negara ASEAN itu sudah diputuskan digelar pada 25 Juli hingga 26 Agustus 2026.
Selain itu, melalui kerja sama yang difasilitasi oleh mitra komersial eksklusif AFF, SPORTFIVE, Hyundai juga menjadi Mitra Utama untuk dua kejuaraan sepak bola besar ASEAN lainnya, yakni ASEAN Club Championship Shopee Cup dan ASEAN Women’s MSIG Serenity Cup.
Sponsorship di dunia sepak bola menjadi elemen inti strategi Hyundai sejak tahun 1999 melalui kerja samanya dengan FIFA dan diperluas dengan menjadi sponsor resmi CONMEBOL Libertadores di Amerika Latin. Kali ini mereka pun bekerja sama dengan Piala AFF.
“Sepak bola bagi Hyundai lebih dari sekadar olahraga, ini adalah platform yang menyatukan dan memberdayakan komunitas. Dengan lebih dari 26 tahun kemitraan global, kami melihat ASEAN sebagai wilayah di mana semangat sepak bola hidup dan berkembang," kata Presiden Hyundai Motor Asia Pacific, Sunny Kim.
"Sponsorship ini selaras dengan visi kami, ‘Progress for Humanity,’ yang mendukung pendidikan, inklusi, dan pertumbuhan berkelanjutan,” ungkapnya.
Sementara itu, Legenda sepak bola Indonesia, Bambang Pamungkas yang turut menyambut kehadiran Hyundai di Piala AFF mengatakan kerja sama ini menjadi bukti bahwa AFF masih terus diminati.
"Ini hal bagus karena salah satu perusahan besar gabung ke AFF. Ini juga bagus buat perkembangan sepak bola ASEAN secara umum," tutur Bambang Pamungkas.