Coba 10 Langkah Ini untuk Hidup Lebih Lama: Dari Menunda Sarapan hingga Make A List

Nurul Ika Hidayati

Editor:

  • Banyak cara dilakukan untuk mencapai hidup lebih lama, bebas dari penyakit dan juga menjaga berat badan tubuh tidak berlebihan.
  • Seorang ahli saraf ternama merekomendasikan untuk melakukan perubahan sederhana pada rutinitas harian kita.
  • Setidaknya, menurutnya, itu akan membantu orang meningkatkan harapan hidup.

SKOR.id - Makan 30 jenis buah dan sayuran berbeda seminggu, tidur lebih awal, dan mandi air dingin bisa menjadi kunci untuk hidup lebih lama, mencegah penyakit sekaligus menurunkan berat badan.

Ahli saraf terkemuka Dr Julia Jones mengatakan perubahan sederhana pada rutinitas harian kita akan lebih bermanfaat daripada mengeluarkan keringat di gym.

Dia mengatakan kepada Sun pada Sunday Health: "Hanya membuat penyesuaian sederhana pada rutinitas seumur hidup kita dapat menambah dekade dalam kehidupan sehat kita."

Julia telah menjalankan rencana umur panjang kesehatan cerdas itu selama delapan minggu untuk membantu orang meningkatkan harapan hidup mereka.

Di sini dia membagikan sepuluh tip teratasnya:

1. TUNDA SARAPAN
Menunda sarapan Anda beberapa kali seminggu dapat memberi sel waktu penuh yang mereka butuhkan untuk melakukan pekerjaan perbaikan penting, mengurangi risiko segala sesuatu mulai dari kanker hingga diabetes tipe 2.

Biarkan ada selang 16 jam semalam di antara waktu makan terakhir Anda.

Minum selama periode puasa itu boleh-boleh saja. Hanya, jangan mengisi jeda itu dengan tambahan gula ataupun susu.

Tetap dengan air, teh, dan kopi (tanpa gila). Banyak ilmuwan sekarang secara teratur makan satu makanan sehat sehari.

2. PROGRAM 30 PER MINGGU
Penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan keragaman bakteri usus yang lebih tinggi memiliki risiko penyakit yang lebih rendah.

Tetapi makan lima buah dan sayuran yang sama setiap hari tidak meningkatkan keragaman.

Anda harus mencoba 30 jenis berbeda seminggu untuk meningkatkan keragaman usus.

Buah dan sayuran beku berfungsi dengan baik, jadi belilah produk beku yang berbeda dalam jumlah besar untuk menekan biaya.

3. KELUARKAN NAFAS ANDA
Anda tak membutuhkan latihan gym full-time, tetapi selalu kehabisan napas dan terengah-engah, beberapa kali seminggu. Berhentilah menggunakan lift dan pilih naik tangga.

Berjalanlah lebih cepat. Semburan napas pendek akan sangat bermanfaat – cukup sesuaikan beberapa kecepatan langkah Anda untuk menjadikannya kebiasaan.

Bersepeda ke toko, alih-alih mengemudi.

4. MELINDUNGI KULIT
Semua organ kita menua dengan kecepatan yang berbeda. Ada jam biologis yang bekerja dengan kecepatan berbeda di dalam diri kita.

Kulit kita sebenarnya menua paling cepat dan ini berarti kita harus lebih berhati-hati.

Ketika kulit menderita, itu tidak hanya mengalami kerusakan pada selnya sendiri tetapi juga mengirimkan molekul sinyal yang merusak melalui aliran darah kita yang dapat mencapai bagian lain dari tubuh dan memicu masalah di tempat lain.

Selalu kenakan tabir surya SPF berkadar tinggi, bahkan saat mendung.

5. JAGA KESEHATAN USUS
Usus kita adalah rumah bagi banyak bakteri mikroba dan ketika mereka tidak seimbang, maka kesehatan kita dapat mengalami masalah.

Jaga kesehatan usus Anda dengan secara teratur mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung bakteri hidup yang dikenal sebagai probiotik – misalnya, minuman kombucha, kefir, yoghurt hidup, dan asinan kubis yang difermentasi (kimchi).

Perhatikan juga bahwa jika makanan fermentasi tidak disimpan di bagian berpendingin toko, produk tersebut tidak akan mengandung bakteri hidup.

6. MAKE A LIST
Daftar membantu untuk mendeklarasikan pikiran kita dan mengurangi stres. Hanya menulis satu, akan menghasilkan perubahan di otak, mengurangi kadar hormon stres kortisol.

Dan, kemudian, setelah Anda berhasil mencentang beberapa di antaranya, dopamin kimia - yang memunculkan perasaan senang - akan dilepaskan di otak.

Pada akhirnya Anda akan merasakan gebrakan baru.

7. SEHATKAN OTAK DENGAN BERJALAN DI ALAM
Kerusakan pada otak dapat dimulai beberapa dekade sebelum gejala menjadi jelas, terutama jika kita kelebihan berat badan.

Otak telah terbukti menyusut saat lingkar pinggang melebar. Maka, pastikan otak Anda tetap mendapatkan suplai darah yang baik dan sinyal yang menenangkan dengan berjalan di luar ruangan di alam setiap hari.

Anda juga perlu menantang otak sepanjang hidup dengan mempelajari tugas-tugas baru yang kompleks untuk membangun koneksi baru. Cobalah mempelajari alat musik atau bahasa baru.

8. DINGIN – ATAU PANAS
Kondisi sangat panas atau teramat dingin, berpotensi mengancam jiwa bagi tubuh manusia.

Tetapi menempatkan diri kita di lingkungan ini untuk waktu yang singkat, mengaktifkan jalur umur panjang dalam sel kita untuk efek kesehatan yang positif.

Ubah pancuran Anda menjadi dingin, berenang di luar ruangan atau menjajal sauna panas.

9. LAKUKAN PUSH-UP SETIAP HARI
Kehilangan jaringan otot menyebabkan kelemahan dan peningkatan risiko jatuh dan patah tulang. Ini juga menurunkan efektivitas sistem kekebalan Anda.

Untuk mengalahkan penurunan itu, Anda perlu membebani otot secara teratur.

Lakukan gerakan lambat yang membuat otot terbesar Anda mencapai titik kelelahan. Maka cobalah melakukan push-up atau squat dengan sangat lambat sampai Anda tidak bisa melakukannya lagi.

10. MENGATASI STRES
Pelepasan bahan kimia stres merusak jaringan otak dan merusak bakteri usus Anda.

Pikirkan tentang melakukan senam pernapasan – hembuskan napas lebih lama dari yang Anda hirup. Juga, dengarkan musik dan rileks.***

Baca Juga Berita Bugar Lainnya:

6 Pola Hidup Sehat untuk Hindari Stres dan Cemas

Rawat Diri, Pola Hidup Sehat Menurut WHO

Source: The Sun US

RELATED STORIES

Lima Mitos Kanker yang Perlu Anda Ketahui dan Kapan Harus Mendapatkan Bantuan Medis

Lima Mitos Kanker yang Perlu Anda Ketahui dan Kapan Harus Mendapatkan Bantuan Medis

Seorang dokter urologi (spesialis sistem saluran kemih) telah memecahkan lima mitos kanker yang perlu diketahui semua orang dan mengungkapkan kapan harus mendapatkan bantuan medis.

Makan Terlalu Banyak Junk Food Bisa Memicu Demensia, Menurut Studi di Inggris

Makan Terlalu Banyak Junk Food Bisa Memicu Demensia, Menurut Studi di Inggris

Studi mengatakan makanan ultra-olahan membahayakan otak - dan mengurangi satu batang cokelat sehari dapat mengurangi risiko demensia sebesar 3%.

Berapa Lama Antibiotik Bekerja?

Berapa Lama Antibiotik Bekerja?

Antibiotik bekerja dengan cara membunuh bakteri atau mencegahnya menyebar, menurut dari NHS. Penting juga diingat bahwa obat ini tidak bekerja untuk mengobati penyakit.

Hummus, Hidangan Khas Timur Tengah yang Kaya Akan Nutrisi

Hummus, Hidangan Khas Timur Tengah yang Kaya Akan Nutrisi

Hummus tidak hanya lezat, tetapi juga serbaguna, dan dikemas dengan nutrisi.

Telat Makan Bikin Sakit Kepala, Ini Penjelasan dan Tips Mengatasinya

Sakit kepala bisa menyerang efek telat makan dan itu banyak dialami dalam kehidupan sehari-hari.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

McLaren MCL38

Formula 1

Kualifikasi F1 GP Hongaria 2024: Duo McLaren di Front Row, Akhiri Penantian 12 Tahun

Lando Norris mengklaim pole position keduanya musim ini setelah unggul tipis atas rekan setimnya, Oscar Piastri, dalam kualifikasi di Hungaroring.

I Gede Ardy Estrada | 20 Jul, 18:34

Pemain Jepang di Liga Italia, dari Kazuyoshi Miura, Hidetoshi Nakata, Shunsuke Nakamura, Yuto Nagatomo, hingga Keisuke Honda. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

Liga Italia

Zion Suzuki dan 13 Pemain Jepang yang Bermain di Liga Italia

Zion Suzuki mengikuti jejak 13 pemain Jepang lain di Liga Italia, mulai dari Kazuyoshi Miura, Yuto Nagatomo, hingga Daichi Kamada.

Pradipta Indra Kumara | 20 Jul, 17:55

Kiper Jepang, Zion Suzuki, resmi perkuat Parma. (Jovi Arnanda/Skor.id).

Liga Italia

Profil Zion Suzuki, Kiper Jepang yang Membela Parma

Berikut ini profil Zion Suzuki, kiper asal Jepang yang membela Parma.

Pradipta Indra Kumara | 20 Jul, 16:22

Salah satu lukisan perenang legendaris AS, Michael Phelps, karya seniman Brian Fox (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

Art

8 Lukisan Michael Phelps di Olimpiade 2008 Bertanda Tangan Dirinya Dijual

Seniman AS, Brian Fox, membuat delapan lukisan Phelps, masing-masing dijual Rp4 miliar.

Kunta Bayu Waskita | 20 Jul, 15:35

Alumni Liga TopSkor. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Liga TopSkor

Alumni Liga TopSkor Kembali Tentukan Kemenangan Timnas U-19 Indonesia

Kadek Arel dan Iqbal Gwijangge adalah Alumni Liga TopSkor yang menjadi penentu kemenangan Timnas U-19 Indonesia melawan Kamboja U-19.

Nizar Galang | 20 Jul, 15:29

kamboja u-19 vs indonesia u-19

AQUA X TIMNAS INDONESIA

Skor Stats: Rating Pemain dan MotM Kamboja U-19 vs Indonesia U-19 di ASEAN U-19 Championship 2024

Timnas U-19 Indonesia mengalahkan Kamboja U-19 pada Grup A ASEAN U-19 Championship 2024, Sabtu (20/7/2024) malam.

Taufani Rahmanda | 20 Jul, 15:20

ASEAN U-19 Championship 2024. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Timnas Indonesia

ASEAN U-19 Championship 2024: Jadwal, Hasil dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen ASEAN U-19 Championship 2024, yang terus diperbarui seiring berjalannya turnamen.

Taufani Rahmanda | 20 Jul, 14:43

Bagian belakang dan permukaan arloji mewah Seamaster Diver 300M "Paris 2024" Edisi Khusus (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

Fashion

Mengenal Omega Seamaster dan Speedmaster, Timekeeper Olimpiade 2024

Masing-masing mewujudkan semangat keunggulan yang identik dengan Omega dan Olimpiade.

Kunta Bayu Waskita | 20 Jul, 13:34

Pro Futsal League 2023-2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

National

Pro Futsal League 2023-2024: Jadwal, Hasil, dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Pro Futsal League 2023-2024 terus diperbaharui seiring berjalannya kompetisi.

Taufani Rahmanda | 20 Jul, 13:20

Kolaborasi PUBG Mobile X Lamborghini (PUBG Mobile)

Esports

PUBG Mobile Umumkan Kolaborasi dengan Lamborghini

Lamborghini merupakan perusahaan automobil kesekian yang berkolaborasi dengan PUBG Mobile.

Gangga Basudewa | 20 Jul, 13:19

Load More Articles