Berderet Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan: Dari Ujung Rambut hingga ke Ujung Kaki

Nurul Ika Hidayati

Editor:

  • Ketumbang adalah satu satu rempah tertua di dunia dan telah digunakan selama lebih dari 7000 tahun.
  • Semua bagiannya dapat dimakan, meskipun dengan rasa bervariasi.
  • Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai manfaat tanpa batas dari ketumbar.

SKOR.id - Ini adalah salah satu rempah tertua di dunia dan telah digunakan selama sekitar 7000 tahun. Ketumbar (Coriandrum sativum L.) termasuk dalam famili tumbuhan Umbelliferae (Apiaceae). Asal-usulnya dapat ditelusuri ke wilayah Mediterania dan Eropa Selatan.

Semua bagian ketumbar dapat dimakan, meskipun dengan rasa bervariasi. Daun ketumbar (coriander) hijau, juga dikenal sebagai cilantro, biji ketumbar aromatik yang digunakan dalam hidangan berbasis kari, beragam hidangan Asia, sup, acar sayuran, sayuran matang, roti, dan semur.

Biji ketumbar memiliki rasa khas yang menguat setelah disimpan di area yang hangat. Pasta biji ketumbar dapat digunakan dalam adonan dan daunnya berbau tajam seperti jeruk.

Daun ketumbar yang dihaluskan dengan bawang putih, kacang tanah, dan jus lemon untuk membuat pasta yang bisa digunakan dalam saus burrito atau salsa. Juga kerap menjadi hiasan yang sempurna untuk sup, salad pasta, jus, dan berbagai macam hidangan Thailand.

Mengkonsumsi ketumbar juga punya banyak manfaat untuk seluruh tubuh. Dari menurunkan kadar gula hingga meningkatkan kekebalan, dari peremajaan rambut hingga pembersihan kulit. Intinya, kemungkinan manfaat ketumbar bagi kesehatan tidak terbatas.

Beberapa manfaat kesehatan dari daun ketumbar
Ketumbar merupakan sumber yang kaya serat makanan, mangan, besi, dan magnesium. Ini juga merupakan sumber Vitamin K, Vitamin C, dan protein.

Selain itu, mereka mengandung sejumlah kecil fosfor, kalsium, kalium, karoten, dan niasin.

Kualitas daun ketumbar juga memiliki peran untuk membantu meningkatkan kadar gula darah, meningkatkan kekebalan, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan pencernaan, meningkatkan fungsi ginjal, dan banyak lagi.

Sifat antioksidan & antibiotiknya dapat membantu mengobati masalah pencernaan dan juga sangat efektif untuk obat penyakit pernapasan dan kehilangan nafsu makan dan memori.

Penelitian membuktikan ketumbar dapat bermanfaat bagi kesehatan dengan cara berikut:

1. Menurunkan kadar gula darah
Biji ketumbar dan minyak dapat membantu menurunkan kadar gula darah, yang merupakan faktor risiko utama diabetes tipe 2. Orang dengan kadar gula darah rendah atau sedang menjalani pengobatan diabetes, harus menghindari ketumbar untuk lebih menurunkan kadar gula darah mereka karena rempah yang satu ini justru bekerja meningkatkan aktivitas enzim yang membantu menghilangkan gula dari darah.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh
Ketumbar menawarkan senyawa antioksidan yang mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas dan melawan peradangan dalam tubuh. Senyawa seperti terpinene dan quercetin mungkin memiliki efek antikanker, meningkatkan kekebalan dan neuroprotektif sesuai penelitian laboratorium.

Studi memverifikasi efek ekstrak biji ketumbar dalam menurunkan peradangan dan mengurangi pertumbuhan sel kanker di paru-paru, prostat dan payudara.

3. Meningkatkan kesehatan jantung
Ketumbar dapat menurunkan faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol tinggi. Karena ketumbar bersifat diuretik, ketumbar membantu tubuh membuang kelebihan natrium dan air dari tubuh yang membantu mengatur tekanan darah.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ketumbar dapat menurunkan kadar kolesterol. Orang yang makan herba pedas seperti ketumbar membantu mereka mengurangi asupan natrium.

4. Melindungi kesehatan otak
Parkinson dan Alzheimer dikaitkan dengan peradangan yang dapat dicegah dengan sifat anti-inflamasi ketumbar. Studi laboratorium mengamati bahwa ekstrak ketumbar dapat melindungi terhadap kerusakan sel saraf dan meningkatkan memori dan mengelola kecemasan.

Karena aktivitas antioksidan, penurun kolesterol dan anti-inflamasi dari ketumbar, neuron kurang terpapar stres oksidatif yang mengarah ke umur dan memori yang lebih baik. Efek kognitif pada memori dan sistem saraf ini sedang dicoba untuk meningkatkan kesehatan pasien dengan penyakit Alzheimer.

5. Meningkatkan pencernaan dan kesehatan usus
Biji ketumbar digunakan untuk mengekstrak minyak yang bisa mempercepat dan memodulasi pencernaan yang sehat. Teh biji ketumbar secara signifikan mengurangi sakit perut, kembung dan ketidaknyamanan. Ekstrak ketumbar juga digunakan sebagai perangsang nafsu makan dalam pengobatan konvensional Iran.

6. Meningkatkan fungsi ginjal
Biji ketumbar efektif untuk mengobati infeksi saluran kemih karena meningkatkan laju filtrasi ginjal yang memungkinkan pembentukan urin lebih cepat. Ini mengarah pada retensi air yang lebih rendah dalam tubuh dan memungkinkannya membuang racun dan mikroba. Ini membantu menjaga sistem saluran kemih tetap bersih.

MANFAAT UNTUK RAMBUT
Manfaatkan manfaat ketumbar untuk rambut yang lebih sehat, kuat, dan ternutrisi dengan trik DIY yang mudah ini.

1. Pasta daun ketumbar
Gunakan resep ini untuk peremajaan rambut dan masalah rambut lainnya.
Resep:
a) Hancurkan beberapa helai daun ketumbar segar dan campurkan dengan setengah gelas air. Campurkan untuk membuat pasta dan oleskan secara merata ke kulit kepala Anda.
b) Biarkan campuran selama 15 menit dan bilas rambut Anda. Anda bisa menggunakan pasta ini dua kali seminggu.

2. Jus ketumbar
Resep: 
a) Tambahkan air dan sedikit gula ke daun ketumbar cincang halus untuk membuat jus ketumbar.
b) Minum jus 3 sampai 4 kali seminggu di sore hari.

3. Minyak biji ketumbar
Resep: 
a) Hancurkan 2 sdt biji ketumbar dan tambahkan ke sekitar 100 ml minyak zaitun atau kelapa.
c) Biarkan selama 2 minggu dan pijat minyak infus ini ke seluruh kulit kepala dengan ujung jari. Keramas keesokan paginya atau dalam beberapa jam.

Cem-ceman rambut dari ketumbar
Resep: 
a) Rebus segenggam ketumbar segar dalam air selama 15 sampai 20 menit. Biarkan dingin dan tuangkan rebusan ke dalam botol.
b) Oleskan ke kulit kepala dan pijat selama 10 menit sebelum dibilas dengan sampo. Anda dapat menggunakan solusi ini 2-3 kali seminggu.

MANFAAT UNTUK KULIT
Bunga ketumbar
Ketumbar adalah sumber zat besi yang meningkatkan kadar hemoglobin dan mencegah anemia yang menyebabkan kulit kusam. Mengunyah daun ketumbar segar saat perut kosong juga membantu menyembuhkan kulit berminyak dan kering, serta jerawat dan pigmentasi.

Karena unsur antijamur dan antimikroba ketumbar, ia bertindak sebagai desinfektan dan detoksifikasi yang juga dikenal untuk mengobati eksim.

Manfaat ketumbar untuk kulit tercantum di bawah ini:

1. Mendetoksifikasi kulit
Ketumbar kaya akan antioksidan kuat seperti vitamin C serta melawan radikal bebas yang merusak kulit. Ketumbar juga efektif untuk wajah berminyak karena kemampuannya menyerap minyak berlebih.

Antiseptik alami, agen antimikroba dan antijamur, ketumbar menenangkan/mendinginkan kulit. Ini juga membantu dalam mengobati masalah kulit seperti dermatitis, eksim dan cacar.

2. Mengangkat kulit mati
Ketumbar membuat eksfoliator kulit yang bagus. Butiran kecil biji ketumbar bertindak sebagai scrub dan membersihkan kulit secara mendalam. Lulur ini efektif mengangkat sel kulit mati dan komedo serta meremajakan kulit Anda. Kehadiran vitamin dan mineral penting dalam ketumbar juga efektif untuk mengembalikan elastisitas kulit.

3. Mengobati ruam dan kulit terbakar matahari
Dikemas dengan antioksidan berlimpah, mineral yang meningkatkan kesehatan kulit dan vitamin C, ketumbar adalah agen anti-bakteri, detoksifikasi, dan anti-inflamasi yang hebat. Anda cukup merendam kapas dalam air biji ketumbar dan mengoleskannya di wajah Anda untuk menghilangkan ruam dan kulit terbakar.

4. Mengurangi garis halus & kerutan
Biji ketumbar efektif untuk mengobati garis-garis halus dan kulit kendor. Ini mengandung vitamin A yang menjaga selaput lendir kulit. Dan, juga menunda timbulnya kerutan, mengurangi garis-garis halus dan pigmentasi. Itu juga membuat kulit terhidrasi dan bersinar dengan menghilangkan sel-sel kulit mati.

5. Mengurangi keasaman
Ketumbar efektif dalam mengurangi keasaman. Kemerahan, benjolan dan jerawat terbentuk karena pembentukan asam dalam tubuh. Asupan ketumbar dapat mengurangi keasaman dan menghilangkan berbagai erupsi kulit. Anda dapat mengaplikasikannya dalam kombinasi dengan air mawar atau cendana sebagai masker wajah untuk menghindari alergi dan kekeringan.

Anda juga dapat memasukkan ketumbar dalam menu harian Anda dengan langkah-langkah sederhana ini:

Daun ketumbar untuk kulit: Efektif membuat kulit halus. Campurkan segenggam daun ketumbar segar dengan setengah cangkir oatmeal, seperempat cangkir susu, dan seperempat cangkir mentimun cincang. Oleskan campuran tersebut pada wajah Anda, biarkan kering dan bilas dengan air.
Ketumbar dan lidah buaya: Campurkan ketumbar segar dengan kombinasi gel lidah buaya dan oleskan pada kulit untuk mengurangi garis-garis halus dan mengurangi kerutan.
Ketumbar dan jus lemon: Campurkan ketumbar tanah dengan beberapa tetes jus lemon dan oleskan pada jerawat dan komedo. Ketumbar akan membantu menyingkirkan sel-sel mati dan meremajakan kulit. Campuran ini bekerja sempurna untuk mencerahkan bibir Anda juga. Jus ketumbar juga bisa dioleskan pada wajah jika Anda memiliki kulit berminyak.
Ketumbar dan susu: Tambahkan susu, madu, dan jus lemon dengan ketumbar bubuk dan oleskan pada wajah untuk kulit yang sehat dan bercahaya.
Ketumbar dan nasi: Giling nasi dengan yoghurt efektif dalam mengendurkan otot dan sel wajah serta menyegarkan kulit. Campurkan dengan ketumbar dan oleskan campuran itu seperti masker wajah.
Minyak ketumbar: Minyak ketumbar dapat dioleskan pada wajah, bibir dan seluruh tubuh mengobati sel kulit mati, kulit terbakar, luka dan bekas luka.

Resep pembersih wajah:
Untuk wajah yang bersih, cuci dan giling segenggam daun ketumbar, campurkan dengan jus tomat. Tambahkan juga beberapa tetes jus lemon, aduk rata. Oleskan pasta ini pada wajah selama 15-20 menit dan bersihkan dengan air dingin untuk menghilangkan jerawat.
Untuk menghilangkan komedo, tambahkan bubuk oat dan putih telur ke dalam pasta daun ketumbar. Oleskan pada wajah sebagai scrub. Anda dapat scrub ini dua kali seminggu untuk menghilangkan komedo dan whiteheads secara alami.
Untuk kulit bercahaya, gabungkan yoghurt, gel lidah buaya, dan pasta ketumbar hijau dalam mangkuk. Tambahkan tanah liat kaolin, air mawar dan aduk rata. Oleskan pada wajah dan bilas setelah kering. Anda dapat menggunakan paket ini dua kali seminggu untuk cahaya instan di wajah Anda.

Menggunakan biji ketumbar dalam kehidupan sehari-hari
Biji ketumbar mengandung linalool, senyawa aktif yang memiliki aktivitas analgesik, bekerja pada reseptor nyeri pusat dan bertindak sebagai penghilang rasa sakit alami.

1. Teh Ketumbar
Menyeduh secangkir teh ketumbar panas sangat bagus untuk mengatasi kasus pencernaan seperti keasaman, gangguan pencernaan, dan kram menstruasi. Tambahkan sendok biji ketumbar ke dalam 2 gelas air mendidih. Anda juga bisa menambahkan adas dan serai untuk menambah rasa. Konsumsi teh yang baru diseduh dan pilih biji ketumbar berkualitas baik untuk hasil yang optimal.

2. Air Rebusan Ketumbar
Air ketumbar, jika dikonsumsi secara teratur efektif dalam mengatur diabetes, penurunan berat badan dan tekstur kulit.

3. Minyak Ketumbar
Sifat anti-inflamasi dari biji ketumbar membantu meredakan nyeri sendi dan membuatnya merasa segar kembali. Minyak rambut ketumbar juga dapat digunakan untuk menutrisi kulit kepala, merangsang folikel rambut untuk meningkatkan pertumbuhan.

Saran Pemakaian
Harap dicatat bahwa sementara biji ketumbar cukup aman untuk digunakan, beberapa orang mungkin akan memiliki reaksi alergi terhadap konsumsinya dengan kepekaan yang lazim terhadap kacang dan biji-bijian.

Asupan berlebihan bisa membuat kulit sensitif terhadap sinar matahari. Orang dengan gula darah rendah kronis juga harus menghindari konsumsi yang berlebihan karena menurunkan kadar gula.

Biji ketumbar sudah tersedia di pasaran secara utuh atau digiling. Tetapi kami menyarankan untuk membeli utuh karena bubuknya mudah kehilangan rasanya.

Hindari membeli biji ketumbar yang berwarna hijau muda karena rasanya cukup pahit. Ketumbar bubuk bisa disimpan di lemari es.

Tumbuhkan biji ketumbar sendiri
Ketumbar dapat dengan mudah ditanam di rumah, asal ada tempat dengan sinar matahari cukup dan tanah yang dikeringkan dengan baik.

Benih dapat dipanen dalam 1,5 hingga 2 bulan saat masih hijau dan dapat disimpan dalam kantong kertas hingga berwarna cokelat keemasan.

Setelah berubah menjadi cokelat keemasan, mereka dapat dipindahkan ke wadah kedap udara dan disimpan di tempat yang sejuk dan gelap.***

Baca Juga Berita Bugar Lainnya:

3 Manfaat Mengonsumsi Daun Ketumbar, Salah Satunya Bagus bagi Jantung

5 Manfaat dari Rutin Konsumsi Air Rebusan Ketumbar

Source: All That Grows

RELATED STORIES

15 Fakta Menarik tentang Mentimun yang Mungkin Terlupakan

15 Fakta Menarik tentang Mentimun yang Mungkin Terlupakan

Siapa yang menyangka bahwa mentimun baik untuk lebih dari sekadar kesehatan kita? Bisa menyembuhkan mabuk, bau mulut dan selulit? Itu hanya sebagian dari beberapa fakta menarik tentang timun yang jarang diketahui orang.

10 Manfaat Makan Sushi untuk Kesehatan

10 Manfaat Makan Sushi untuk Kesehatan

Sushi adalah makanan yang sangat populer di seluruh dunia. Tak hanya enak, makan sushi juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh.

Perlukah Anda Ngemil atau Makan Berat sebelum Berolahraga di Gym? Ini Penjelasannya

Perlukah Anda Ngemil atau Makan Berat sebelum Berolahraga di Gym? Ini Penjelasannya

Anda membutuhkan bahan bakar yang cukup untuk membuat latihan Anda bertahan lama. Atau perut kosong bisa menyebabkan kelelahan, gangguan, dan mungkin cedera.

Empat Manfaat Luar Biasa Kacang Mete untuk Kesehatan

Empat Manfaat Luar Biasa Kacang Mete untuk Kesehatan

Berikut ini manfaat kacang mete buat kesehatan.

Gula Punya Sifat Adiktif seperti Kokain, Berikut Tips Menghentikan Kebiasaan Candu Makanan Manis

4,558 / 5,000 Translation results Gula sama adiktifnya dengan kokain – pelajari cara menghentikan kebiasaan itu dan meningkatkan kesehatan Anda

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

ryo fujii - preah khan reach svay rieng

World

Mantan Pemain PSIS Semarang Bawa Timnya Raih Gelar Dobel di Kamboja

Dibuang PSIS Semarang, Ryo Fujii bangkit di Kamboja dengan mengawinkan gelar juara liga dan piala liga.

Teguh Kurniawan | 13 May, 18:27

Pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti. (Hendy Andika/Skor.id).

La Liga

Carlo Ancelotti Sebut Lima Pemain Real Madrid yang Bisa Jadi Pelatih Bagus

Selain Toni Kroos dan Luka Modric, ada tiga nama pemain Real Madrid lain yang diyakini Carlo Ancelotti mampu menjadi pelatih yang baik.

Tri Cahyo Nugroho | 13 May, 18:21

Nike belum lama ini merilis seragam kandang Paris Saint-Germain untuk musim 2024-2025. (Hendy AS/Skor.id)

Culture

Jersey Kandang PSG untuk 2024-2025 Terlihat Lebih Klasik

Jersey musim depan PSG itu sudah dipakai perdana oleh tim pria dan wanita pada laga kandang terakhir musim ini.

Tri Cahyo Nugroho | 13 May, 17:28

Pelatih Bayer Leverkusen, Xabi Alonso, bawa timnya belum terkalahkan sepanjang musim ini. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

World

Bayer Leverkusen Menuju 53 Laga Tidak Terkalahkan pada 2023-2024

Xabi Alonso berpeluang membawa Bayer Leverkusen mencatat rekor tidak terkalahkan sepanjang musim 2023-2024 ini dalam 53 pertandingan.

Irfan Sudrajat | 13 May, 16:38

Air Jordan 1 High OG "Black Toe Reimagined". (Hendy AS/Skor.id)

Sneakers

Air Jordan 1 High OG ‘Black Toe Reimagined’ Dirilis Oktober 2024

Waktu peluncuran Air Jordan 1 High OG “Black Toe Reimagined” ini merupakan tanggal bersejarah peringatan 40 tahun sepatu ini.

Tri Cahyo Nugroho | 13 May, 16:27

Pelatih Bologna, Thiago Motta. (Hendy Andika/Skor.id).

Liga Italia

Bikin Sejarah di Bologna, Thiago Motta dalam Bidikan Juventus

Thiago Motta berhasil membawa Bologna untuk kali pertama setelah 60 tahun tampil kembali di ajang Liga Champions.

Irfan Sudrajat | 13 May, 15:08

Cover artikel Jakarta Popsivo Polwan.

Other Sports

Rekap Pekan 3 Proliga 2024: Jakarta Popsivo Polwan Juara Putaran 1

Jakarta Popsivo Polwan jadi sorotan utama pekan ketiga Proliga 2024 karena mampu mengunci predikat juara putaran 1.

Doddy Wiratama | 13 May, 15:00

Sigit Ardian, Rivan Nurmulki, dan Dio Zulfikri

Other Sports

Rekap Pekan 3 Proliga 2024: 3 Tim Masih Berpeluang Jadi Juara Putaran 1

Jakarta STIN BIN, Jakarta LavAni Allo Bank Electric, dan Palembang Bank SumselBabel berpeluang juara putaran 1 Proliga 2024.

Doddy Wiratama | 13 May, 13:52

Lagu resmi Olimpiade Paris 2024, Parade, dinilai mirip dengan OST film legendaris keluaran 1993, Jurassic Park. (Hendy AS/Skor.id)

Culture

Lagu Resmi Olimpiade Paris 2024 Dituding Jiplak OST Jurassic Park

Banyak akun dari platform X yang mengkritik sekaligus mengejek lagu resmi Olimpiade Paris 2024 itu.

Tri Cahyo Nugroho | 13 May, 13:46

Free Fire. (Deni Sulaeman/Skor.id)

Esports

Garena Umumkan Free Fire Bakal Diadaptasi Menjadi Anime

Garena mengumumkan kolaborasi dengan perusahaan Kadokawa Corporation.

Gangga Basudewa | 13 May, 13:04

Load More Articles